logo madu vitummy
Search
Close this search box.

5+ Manfaat Madu bagi Kesehatan dan Kecantikan

Manfaat Madu

Tahukah moms bahwa manfaat madu telah diketahui sejak 4.000 tahun yang lalu?

Penemuan tablet kuno dari bangsa Sumeria menunjukkan bahwa hampir 30% orang Sumeria menggunakan madu sebagai perawatan medis.

Tak hanya bangsa Sumeria, sejarah juga menyebutkan bahwa pada masa Mesir kuno, madu digunakan untuk mengobati penyakit kulit dan mata, serta digunakan sebagai perban alami yang dioleskan pada luka gores atau luka bakar.

Cairan manis yang dibuat oleh lebah madu menggunakan nektar tumbuhan berbunga ini mengandung banyak nutrisi, seperti asam amino, vitamin, mineral, zat besi, seng, dan antioksidan. Itulah alasan mengapa madu memiliki banyak manfaat bagi kesehatan.

Lebih lengkapnya lagi, berikut adalah penjelasan tentang manfaat madu bagi kesehatan, yuk kita simak sama-sama!

Berbagai Manfaat Madu untuk Kesehatan

vitummy | 5+ Manfaat Madu bagi Kesehatan dan Kecantikan
Manfaat Madu bagi Kesehatan

Madu memiliki banyak manfaat bagi kesehatan tubuh dan kerap digunakan dalam pengobatan rumahan dan pengobatan alternatif. Beberapa manfaat madu yang dapat moms dan keluarga peroleh di antaranya:

Simak Juga Nih!

Yuk Baca: Temu Hitam, Rempah yang Penuh Manfaat

Kaya akan antioksidan

Madu murni berkualitas tinggi (segar dan tidak melalui proses pemanasan), mengandung banyak senyawa tanaman bioaktif dan antioksidan penting, seperti flavonoid dan asam fenolik. Antioksidan ini berguna untuk mencegah kerusakan sel dan jaringan tubuh yang disebabkan oleh radikal bebas.

Menjaga kadar gula darah

Menurut jurnal penelitian National Institutes of Health dalam situs National Library of Medicine, madu dapat meningkatkan kadar adiponektin, hormon yang dapat mengurangi peradangan dan meningkatkan regulasi gula darah. Antioksidan yang dikandung oleh madu dapat melindungi tubuh dari sindrom metabolik dan diabetes tipe II.

Meskipun madu lebih baik dari gula rafinasi untuk penderita diabetes, mengonsumsi madu harus tetap dalam jumlah sedang dan tidak boleh berlebihan.

Menjaga kesehatan jantung

Menurut jurnal National Institutes of Health, madu dapat mencegah penyakit jantung. Madu dapat membantu menurunkan tekanan darah, memperbaiki kadar lemak darah, dan mengatur detak jantung.

Senyawa fitonutrien dalam madu dipercaya dapat meningkatkan kesehatan jantung dengan cara melancarkan aliran darah dan mencegah terbentuknya aterosklerosis (penyempitan dan pengerasan pembuluh darah akibat penumpukan plak di dinding pembuluh darah).

Selain itu, madu mentah mengandung propolis, zat resin yang dihasilkan lebah dari pohon dan tanaman. Propolis ini diduga dapat mengurangi kadar kolesterol jahat dan lemak dalam darah.

Manfaat madu untuk meredakan batuk

vitummy | 5+ Manfaat Madu bagi Kesehatan dan Kecantikan
Ilustrasi Anak Batuk

Batuk merupakan masalah kesehatan yang paling sering menyerang anak-anak, terutama ketika memasuki musim pancaroba. Batuk ringan biasanya akan sembuh dengan sendirinya. Namun tetap saja batuk tersebut kerap mengganggu kenyamanan bahkan menyebabkan sulit tidur pada penderitanya.

Untuk meredakan batuk, moms dapat memberikan madu pada si kecil. Madu mengandung antioksidan yang bermanfaat untuk meredakan peradangan yang dapat memicu batuk.

Selain itu, sebuah penelitian menunjukkan bahwa madu memiliki efektifitas seperti dextromethorphan yang kerap digunakan sebagai pereda batuk.

Hindari memberikan madu pada anak di bawah usia 1 tahun karena beresiko menyebabkan keracunan botulisme.

Mempercepat penyembuhan luka

Beberapa penelitian menunjukkan bahwa madu dapat mempercepat penyembuhan luka. Kandungan senyawa dalam madu dipercaya dapat merangsang pembentukan kulit baru yang dapat menutup luka.

Selain itu, kandungan propolis dalam madu dapat membunuh bakteri pada luka. Pengobatan luka bakar menggunakan madu ini telah dilakukan sejak zaman Mesir kuno.

Memelihara kesehatan sistem pencernaan

Dikutip dari alodokter, madu disebut-sebut memiliki probiotik yang dapat mendukung pertumbuhan bakteri baik di dalam usus.

Probiotik merupakan bakteri yang bermanfaat bagi kesehatan pencernaan. Bakteri baik ini bisa kita dapatkan melalui makanan, minuman, atau suplemen. Contoh bakteri probiotik adalah Lactobacillus dan Bifidobacterium.

Manfaat Madu bagi Ibu Hamil

vitummy | 5+ Manfaat Madu bagi Kesehatan dan Kecantikan
Ilustrasi Ibu Hamil

Manfaat madu bukan hanya baik bagi kesehatan secara umum, namun juga memiliki manfaat yang baik bagi kesehatan ibu hamil dan janin.

Berikut adalah manfaat madu bagi ibu hamil yang wajib moms ketahui:

Mengurangi morning sickness

Mengonsumsi madu yang dicampur dengan teh lemon atau teh jahe disebut-sebut dapat meredakan morning sickness.

Pada awal kehamilan atau trimester pertama, ibu hamil biasanya akan mengalami mual-mual dan muntah, atau disebut sebagai morning sickness. Kondisi ini terjadi akibat peningkatan hormon beta HCG pada ibu hamil.

Para ahli percaya bahwa morning sickness di awal kehamilan merupakan pertanda baik karena menandakan adanya plasenta yang tubuh dengan baik dan normal. Meski demikian, morning sickness tetap mengganggu kenyamanan bagi ibu hamil.

Mengontrol kenaikan berat badan

Madu mengandung kalori dan gula yang lebih rendah dibandingkan dengan gula pasir biasa. Beberapa penelitian menunjukan bahwa mengonsumsi madu dapat mencegah kenaikan berat badan dan mengurangi nafsu makan. Hal ini sangatlah baik untuk mengontrol kenaikan berat badan berlebih saat hamil.

Dalam 100 gram madu atau sekitar 5 sendok makan, terdapat sekitar 300 kalori dan 80 gram gula. Jumlah ini lebih sedikit jika dibandingkan dengan 100 gram gula yang mengandung sekitar 390 kalori. Oleh sebab itu, madu dapat menjadi pilihan yang lebih sehat untuk menggantikan gula sebagai pemanis.

Meski demikian, mengonsumsi madu secara berlebihan juga tidak baik karena dapat menyebabkan penumpukan kalori di dalam tubuh. Jadi sewajarnya aja ya moms.

Manfaat madu untuk mencegah anemia

Melansir dari jurnal Fakultas Kedokteran Universitas Lampung, madu mengandung zat besi, vitamin C, vitamin B kompleks, dan asam folat yang dapat membantu pembentukan sel darah merah dan mencegah anemia pada ibu hamil.

Meningkatkan kualitas tidur

Madu disebut-sebut dapat meningkatkan kadar insulin dalam tubuh. Ketika kadar insulin meningkat, tubuh akan merangsang pelepasan tryptophan (hormon yang dapat membantu tubuh rileks dan memberi sinyal bagi tubuh untuk waktunya tidur).

Manfaat Madu untuk Kecantikan

vitummy | 5+ Manfaat Madu bagi Kesehatan dan Kecantikan
Ilustrasi Madu untuk Kecantikan

Manfaat madu tidak hanya untuk kesehatan, namun memiliki manfaat untuk kecantikan. Madu dipercaya dapat melembabkan dan mencerahkan kulit wajah. Untuk lebih lengkapnya, berikut adalah manfaat madu untuk kecantikan.

Mencerahkan dan memutihkan kulit wajah

Menggunakan madu sebagai masker wajah dapat mencerahkan dan memutihkan kulit. Kandungan vitamin, seperti vitamin C dan vitamin E dalam madu dapat membantu menghambat proses hiperpigmentasi di kulit yang disebabkan karena terlalu sering terpapar sinar matahari.

Mencegah penuaan dini

Menurut beberapa artikel kecantikan, madu disebut-sebut dapat mengeksfoliasi kulit wajah secara maksimal. Dengan demikian, madu dapat merangsang terbentuknya sel kulit baru yang lebih sehat sehingga kulit wajah pun terhindar dari tanda-tanda penuaan dini, seperti garis halus atau keriput.

Mengatasi jerawat

Madu mengandung asam glukoronat tinggi yang memiliki efek sebagai antibakteri. Sifat antibakteri dan antiradang dalam madu ini efektif untuk mengurangi gejala jerawat yang kerap mengganggu penampilan dan membuat tubuh merasa tidak nyaman.

Moms dapat menggunakan madu sebagai masker selama 2-3 kali dalam seminggu.

Melembutkan dan mencerahkan bibir

Madu memiliki manfaat untuk melembabkan dan mencerahkan bibir. Caranya, campurkan 1 sendok teh gula dan madu, kemudian oleskan ke bibir secara lembut dan merata kurang lebih selama 3-5 menit.

Pastikan sel-sel kulit mati pada bibir terangkat. Kemudian bilas dengan air bersih atau mengusapnya dengan handuk basah secara perlahan. Untuk hasil yang maksimal, gunakan pelembab bibir agar bibir tetap lembab dan merah merona.

Mencegah kerusakan kulit akibat paparan radikal bebas

Madu kaya akan antioksidan yang memiliki manfaat untuk mencegah kulit akibat paparan radikal bebas.

Itulah informasi terkait manfaat madu bagi kesehatan dan kecantikan. Madu tergolong aman dan tidak menimbulkan efek samping. Meski demikian, hindari memberikan madu pada bayi atau anak di bawah 1 tahun karena dapat menyebabkan botulisme.

Botulisme merupakan keracunan yang menyerang saraf tubuh dan dapat mengancam nyawa. Selain itu, madu juga dapat menimbulkan reaksi alergi bagi orang yang alergi terhadap serbuk sari.

Untuk menjaga daya tahan tubuh dan meningkatkan nafsu makan anak, yuk konsumsi Madu Vitummy setiap pagi dan malam sebelum tidur.

Mengonsumsi Madu Vitummy, anak bebas aktif, mommy bebas panik.

Share:
Facebook
Twitter
LinkedIn

Tinggalkan komentar

On Key

Related Posts

Chat Customer Service
Konsultasi Vitummy
Halo Kak, Promo Madu Vitummy Masih Adakah?