logo madu vitummy
Search
Close this search box.

11 Manfaat Puasa bagi Kesehatan Fisik dan Mental

Manfaat puasa

Bulan Ramadhan hampir tiba, nih. Kurang lebih, tinggal seminggu lagi. Itu tandanya, umat muslim (yang sudah memenuhi syarat) di seluruh dunia wajib melaksanakan ibadah puasa.

Ngomong-ngomong tentang puasa Ramadhan, ternyata bukan hanya sekedar ibadah dan dilakukan untuk mendapatkan pahala, tapi puasa pun memiliki manfaat yang baik bagi kesehatan fisik maupun psikologis.

Dilansir dari Kementerian Kesehatan RI, manfaat puasa untuk kesehatan fisik di antaranya adalah mengatasi resistensi insulin, meningkatkan hormon pertumbuhan, dan membakar lemak berlebih dalam tubuh.

Sementara untuk kesehatan psikologis, manfaat puasa di antaranya adalah bisa menenangkan pikiran, mengurangi kecemasan, dan memberikan efek bahagia.

Penasaran apa saja sih manfaat puasa? Yuk, kita simak bersama manfaat puasa.

Baca Juga: Kenali Ciri Ciri Diabetes di Usia Muda, Cegah Sejak Dini!

Berbagai Manfaat Puasa bagi Kesehatan

vitummy | 11 Manfaat Puasa bagi Kesehatan Fisik dan Mental

Manfaat puasa bagi kesehatan tubuh sangatlah banyak. Puasa membuat seseorang mengalami pembatasan asupan makanan dan kalori.

Pembatasan asupan makanan tersebut membantu mengurangi radikal bebas yang berbahaya bagi tubuh, menurunkan berat badan, menjaga kadar gula darah, dan menurunkan kolesterol.

Berikut adalah berbagai manfaat puasa bagi kesehatan:

Menurunkan Berat Badan

vitummy | 11 Manfaat Puasa bagi Kesehatan Fisik dan Mental

Puasa terkenal bisa menurunkan berat badan. Itulah mengapa puasa kerap dijadikan sebagai cara diet yang populer untuk menurunkan berat badan.

Dilansir dari Kementerian Kesehatan RI, puasa bisa meningkatkan metabolisme tubuh sehingga pembakaran lemak dan kalori dalam tubuh pun ikut meningkat.

Mengontrol Gula Darah dan Terhindar dari Diabetes

Manfaat puasa adalah bisa membantu tubuh untuk mengontrol gula darah. Dilansir dari Universitas Muhammadiyah Surabaya, puasa membantu tubuh untuk lebih bijak dalam mengonsumsi gula.

Dengan begitu, tubuh akan terhindar dari resistensi insulin yang bisa menyebabkan diabetes melitus.

Selain itu, perubahan pola makan selama bulan Ramadhan pun bisa memperbaiki kondisi resistensi insulin pada penderita diabetes.

Mengurangi Peradangan

Selain mengontrol gula darah, manfaat puasa Ramadhan bagi kesehatan adalah bisa mengurangi peradangan.

Meski peradangan bisa disebabkan oleh banyak hal, tapi pola makan yang tidak sehat merupakan sumber radikal bebas yang bisa menyebabkan peradangan.

Meningkatkan Kesehatan Jantung

Manfaat puasa Ramadhan yang lainnya adalah bisa meningkatkan kesehatan jantung. Ketika puasa, metabolisme tubuh akan meningkat dan gula darah pun terkontrol dengan baik.

Menurut Fatin, dosen yang sedang menempuh Student PhD Nursing Program Kaohsiung Medical University Taiwan, gula darah yang terkontrol dengan baik bisa menurunkan risiko penyakit jantung dan gangguan pembuluh darah.

Meningkatkan Fungsi Otak

Dilansir dari Kementerian Kesehatan RI, manfaat puasa adalah bisa meningkatkan fungsi otak.

Ketika puasa, seseorang harus menahan haus dan lapar. Kondisi tersebut ternyata bisa memicu pertumbuhan sel saraf baru di otak dan memperbaiki fungsi otak, termasuk melindungi otak dari berbagai penyakit.

Meningkatkan Hormon Pertumbuhan

vitummy | 11 Manfaat Puasa bagi Kesehatan Fisik dan Mental

Dilansir dari Halodoc, manfaat puasa yaitu bisa meningkatkan hormon pertumbuhan manusia (HGH). Sebab, HGH sangat efektif dalam mengatur metabolisme, membangun massa otot, meningkatkan kekuatan otot, membakar lemak, dan menurunkan berat badan tanpa kehilangan otot.

Mencegah Kanker

Menurut sebuah penelitian yang dilakukan pada hewan, manfaat puasa yaitu bisa mencegah pertumbuhan sel-sel kanker. Sebab, selama berpuasa, aktivitas pembelahan sel-sel dalam tubuh, termasuk sel kanker akan berkurang karena terbatasnya asupan nutrisi.

Selain itu, ketika berpuasa, metabolisme tubuh meningkat menjadi lebih baik sehingga sel kanker menjadi sulit untuk tumbuh.

Manfaat puasa tentang mencegah sel kanker ini, masih membutuhkan penelitian yang lebih lanjut.

Menurunkan Tekanan Darah

vitummy | 11 Manfaat Puasa bagi Kesehatan Fisik dan Mental

Dilansir dari Dinas Kesehatan Provinsi Sumatera Utara, kebanyakan orang yang berpuasa akan mengalami tekanan darah rendah, terutama selama minggu pertama puasa.

Menurutnya, puasa menyebabkan asupan garam ke dalam tubuh akan berkurang secara signifikan, sedangkan tubuh akan tetap membuang garam melalui urine yang dikeluarkan.

Konsumsi garam secara berlebih bisa meningkatkan kadar natrium dalam sel dan mengganggu keseimbangan cairan.

Cairan yang masuk ke dalam sel kemudian akan mengeringkan diameter pembuluh darah arteri sehingga jantung memompa darah lebih kuat dan tekanan darah pun menjadi tinggi.

Dengan begitu, puasa bermanfaat untuk menurunkan tekanan darah karena asupan garam ke dalam tubuh berkurang.

Mengurangi Produksi Protein Berbahaya

Puasa membantu tubuh untuk mengurangi produksi protein yang berbahaya. Di dalam tubuh, terdapat banyak protein dan hasil metabolisme yang bisa menyebabkan peradangan, terutama peradangan di otak.

Nah, dengan berpuasa, asupan kalori dalam tubuh pun terbatas sehingga bisa menghambat produksi radikal bebas dan protein yang mengiritasi, seperti sitokin inflamasi.

Mengistirahatkan dan Menyehatkan Pencernaan

Dilansir dari Halodoc, puasa membantu tubuh untuk mengistirahatkan sistem pencernaan karena selama puasa, tidak ada asupan makanan atau minuman yang diproses oleh sistem pencernaan.

Selain mengistirahatkan pencernaan, manfaat puasa juga bisa mengurangi peradangan pada pencernaan, mengurangi stres pada pencernaan, dan memaksimalkan metabolisme tubuh untuk mencerna makanan.

Menjaga Kesehatan Mental

vitummy | 11 Manfaat Puasa bagi Kesehatan Fisik dan Mental

Selain pada kesehatan fisik, manfaat puasa juga bisa berdampak pada kesehatan mental, lho.

Puasa bisa membantu menurunkan kadar hormon stres, serta membantu merangsang hormon endorfin, hormon yang baik untuk meredakan rasa cemas dan meningkatkan energi positif dalam tubuh sehingga seseorang merasa tenang dan bahagia.

Pasalnya, puasa membantu seseorang untuk mengendalikan diri, termasuk pikiran, perasaan dan perilaku sehingga  tubuh akan menghasilkan lebih banyak hormon endorfin. 

Itulah informasi tentang manfaat puasa untuk kesehatan. Untuk menambah informasi dan pengetahuan tentang pola asuh atau kesehatan anak, terutama kesehatan anak selama puasa, selalu kunjungi laman blog kami.

Madu Vitummy merupakan madu yang mengandung ekstrak rempah-rempah pilihan, seperti temulawak, temu hitam, bawang putih, dan pepaya yang bermanfaat untuk menjaga kesehatan pencernaan.

Meningkatkan nafsu makan, meningkatkan daya tahan tubuh, dan mencegah anak dari risiko infeksi cacingan.

Yuk, rutin minum Madu Vitummy sehari dua kali untuk mendapatkan daya tahan tubuh yang kuat dan bebas cacingan.

Share:
Facebook
Twitter
LinkedIn

Tinggalkan komentar

On Key

Related Posts

Chat Customer Service
Konsultasi Vitummy
Halo Kak, Promo Madu Vitummy Masih Adakah?