logo madu vitummy
Search
Close this search box.

Manfaat Susu bagi Ibu Hamil, Yuk Ketahui!

manfaat susu

Tahukah mom bahwa salah satu sumber gizi yang dianjurkan untuk dikonsumsi saat hamil adalah susu ibu hamil?

Manfaat susu bagi ibu hamil adalah untuk memenuhi asupan kalsium yang berfungsi untuk memenuhi kebutuhan mineral bayi. Melansir dari sehatq, wanita yang melahirkan ketika berusia 19 tahun atau lebih tua membutuhkan sekitar 1.000 mg kalsium. Pernyataan tersebut didukung oleh United States Department of Agriculture bahwa ibu hamil dianjurkan untuk mengonsumsi tiga cangkir susu rendah lemak setiap hari untuk mendapat asupan kalsium, protein, dan vitamin D. Ketiga nutrisi tersebut sangat penting untuk menunjang kesehatan janin dan ibu hamil.

Manfaat Minum Susu bagi Ibu Hamil

Ada banyak manfaat susu untuk ibu hamil. Salah satunya adalah sebagai sumber nutrisi tambahan untuk ibu dan calon bayi. Lantas apa saja manfaat susu untuk ibu hamil? Berikut adalah penjelasannya.

Terhindar dari penyakit rakhitis

Susu merupakan sumber kalsium dan vitamin D. Mencukupi kebutuhan vitamin D selama masa kehamilan dapat menurunkan risiko rakhitis pada bayi setelah lahir. Rakhitis merupakan penyakit tulang melunak dan melemah pada anak-anak yang disebabkan oleh kekurangan vitamin D.

Vitamin D memicu penyerapan kalsium dan fosfor pada tubuh. Jika tubuh kekurangan vitamin D secara terus-menerus, akan membuat tubuh mengalami kesulitan mempertahankan tingkat kalsium dan fosfor yang berada pada tulang sehingga terjadi penyakit rakhitis.

Mencegah diabetes

Manfaat mengonsumsi susu selama masa kehamilan dapat membuat bayi memiliki kadar insulin (hormon yang dapat menurunkan kadar gula darah) yang lebih tinggi di dalam darahnya sehingga ia terhindar dari risiko penyakit diabetes tipe 2.

Menguatkan rahim dan janin

Manfaat susu untuk ibu hamil yaitu dapat membantu menguatkan rahim. Susu mengandung protein tinggi yang baik untuk kesehatan rahim, meningkatkan pasokan darah, dan menyuplai makanan pada janin. Selama masa kehamilan, ibu hamil membutuhkan protein dengan jumlah sekitar 65 gram per hari.

Mendukung perkembangan janin

vitummy | Manfaat Susu bagi Ibu Hamil, Yuk Ketahui!
Ilustrasi Perkembangan Janin

Susu kaya akan protein, asam amino, lemak, dan mengandung semua vitamin seperti vitamin A, B, dan D sangat penting untuk mendukung perkembangan janin.

Mencegah risiko anemia pada ibu hamil

Kurangnya asupan gizi seperti zat besi dan asam folat dapat membuat ibu hamil terkena anemia. Anemia terjadi akibat kebutuhan sel darah merah yang meningkat secara drastis.

Mencegah masalah lambung

Manfaat susu saat hamil dapat bertindak sebagai antasida yang efektif untuk mengatasi mulas dan penyakit lambung lainnya.

Mendukung tinggi badan anak di kemudian hari

vitummy | Manfaat Susu bagi Ibu Hamil, Yuk Ketahui!
Ilsutrasi Tinggi Badan Anak Naik

Menurut studi yang dilakukan oleh European Journal of Clinical Nutrition, wanita yang rutin mengonsumsi susu saat hamil akan melahirkan bayi yang lebih tinggi dibanding dengan bayi dari para ibu yang jarang mengonsumsi susu.

Kapan Waktu yang Tepat Minum Susu saat Hamil?

Faktanya, manfaat susu dapat memenuhi kebutuhan energi serta zat gizi bagi ibu hamil dan janin. Ketika dinyatakan hamil, mom mungkin akan bertanya-tanya kapan sebaiknya mulai minum susu untuk ibu hamil?

Ibu hamil disarankan untuk minum susu sejak usia kehamilan trimester 1. Pada usia ini janin sudah mulai tumbuh dan berkebang sehingga kebutuhan gizi ibu hamil meningkat sebanyak 15% dari biasanya.

Tips Memilih Susu untuk Ibu Hamil

Agar manfaat susu dapat bekerja optimal dalam memenuhi kebutuhan gizi ibu hamil dan janin, berikut adalah tips memilih susu untuk ibu hamil:

Pilih susu yang rendah lemak

vitummy | Manfaat Susu bagi Ibu Hamil, Yuk Ketahui!
Ilustrasi Kemasa Susu Rendah Lemak

Mengonsumsi susu setiap hari memang baik untuk kehamilan, namun terlalu banyak mengonsumsi lemak juga dapat menyebabkan risiko obesitas. Alih-alih susu full cream, susu tanpa lemak atau rendah lemak adalah pilihan yang tepat dan lebih sehat untuk ibu hamil.

Pastikan susu yang dipilih mengandung tinggi kalsium

Salah satu manfaat susu untuk ibu hamil adalah untuk mencukupi asupan kalsium. Ibu hamil membutuhkan setidaknya 1.000 – 1.300 mg kalsium setiap harinya. Kalsium berperan penting dalam menunjang pertumbuhan janin.

Pastikan susu mengandung zat besi yang tinggi

Manfaat susu untuk ibu hamil adalah dapat membatu mencukupi asupan zat besi. Pertumbuhan janin mengakibatkan produksi darah secara signifikan sehingga membutuhkan zat besi yang tinggi untuk memproduksi sel darah merah. Jika kebutuhan zat besi ini tidak terpenuhi, ibu hamil akan mengalami anemia.

Anemia pada ibu hamil dapat mempengaruhi janin dan proses persalinan, seperti bayi lahir prematur atau berat badan lahir rendah (BBLR).

Perhatikan kandungan proteinnya

Selain untuk memenuhi kebutuhan zat besi, manfaat susu untuk ibu hamil adalah untuk memenuhi asupan proteinnya. Protein dalam susu dapat membantu memperkuat rahim, meningkatkan suplai darah, dan menyehatkan bayi.

Asupan protein yang rendah pada ibu hamil dapat meningkatkan risiko bayi dengan berat badan lahir rendah. Ibu hamil membutuhkan setidaknya asupan protein sebanyak 1,1g/ berat badan/hari atau sekitar 50-70 gram per hari.

Pilih susu dengan vitamin D yang cukup

Seperti yang telah disebutkan sebelumnya bahwa vitamin D memiliki peran penting untuk proses perkembangan janin. Selain itu, asupan vitamin D yang cukup dapat mencegah risiko berat badan lahir rendah.

Pilih susu yang mengandung vitamin B6 atau piridoksin

Makanan atau minuman yang mengandung vitamin B6 atau piridoksin sangat disarankan untuk dikonsumsi oleh ibu hamil karena dapat membantu menghilangkan mual saat hamil. Selain meredakan mual, vitamin B6 juga berfungsi untuk membantu membentuk energi dari lemak dan menjaga keseimbangan kadar gula darah.

Pastikan untuk memilih susu dengan kandungan asam folat

Ketika memilih susu, pastikan kandungan asam folat tertera dalam takaran gizi. Asam folat merupakan gizi yang sangat dibutuhkan oleh ibu hamil untuk mendukung pertumbuhan dan perkembangan otak janin.

Pilih susu yang sudah dipasteurisasi

Selain karena kandungan nutrisi, memilih susu yang telah dipasteurisasi merupakan hal yang wajib. Susu yang telah dipasteurisasi dinilai aman untuk dikonsumsi oleh ibu hamil karena telah melalui proses pemanasan susu dengan suhu tinggi sehingga dapat memperlambat pertumbuhan bakteri.

Pilih varian rasa susu yang disukai

Sering kali ibu hamil mengalami dysgeusia alias perubahan indera pengecapan akibat perubahan hormon kehamilan. Beberapa rasa dari makanan atau minuman akan dirasa berbeda sehingga ibu hamil mengalami perubahan selera makan. Oleh sebab itu, ketika memilih susu, sebaiknya pertimbangkan rasa susu yang disukai agar ibu hamil tidak mengalami kesulitan untuk mengonsumsinya.

Rekomendasi Jenis Susu untuk Ibu Hamil

vitummy | Manfaat Susu bagi Ibu Hamil, Yuk Ketahui!
Ilustrasi Kemasan Jenis Susu

Ada banyak produk dan jenis susu ibu hamil yang dapat dijumpai di supermarket atau toko penyedia susu lainnya. Sebelum memilih jenis susu, pastikan ibu hamil mempelajari dulu kandungan dan manfaat susu. Berikut adalah beberapa jenis susu yang dapat dijadikan opsi sebagai pendukung masa kehamilan.

  • Susu sapi kaya akan asam amino, vitamin A, D, dan E.
  • Susu kambing termasuk kedalam kategori susu UHT bergizi tinggi yang mengandung protein, vitamin A, vitamin B2, dan Medium Chain Triglyceride (kelompok asam lemak dengan rantai karbon c6-Clz yang bersifat jenuh). Susu ini juga memiliki manfaat untuk menurunkan kolesterol dan mempercepat metabolisme tubuh.
  • Susu kedelai merupakan susu bebas lemak yang terbuat dari sari kedelai. Manfaat susu kedelai dapat digunakan sebagai antioksidan, dan memiliki kadar protein yang hampir sama dengan susu sapi.
  • Susu beras merupakan jenis susu yang berbahan dasar beras. Susu ini mengandung karbohidrat lebih banyak daripada susu sapi namun rendah protein. Kandungan gizi lain dari susu beras diantaranya vitamin B, kalsium, dan antioksidan.
  • Susu almond sangat direkomendasikan bagi ibu hamil yang memiliki alergi terhadap gluten atau kedelai. Susu ini mengandung asam folat, vitamin B, vitamin E, protein, kalsium, zat besi, kaya akan serat, dan bebas lemak.

Itulah manfaat susu dan tips untuk memilih susu sesuai dengan kebutuhan gizi harian ibu hamil. Melahirkan bayi yang sehat tentu menjadi tugas penting bagi para orang tua. Meski demikian, pastikan kesehatan anggota keluarga lainnya tetap terjaga ya.

Untuk menjaga kesehatan keluarga agar tetap aktif dan bebas penyakit. Konsumsilah Madu Vitummy setiap pagi dan malam sebelum tidur. Dengan Vitummy, nafsu makan naik, mommy bebas panik.

Share:
Facebook
Twitter
LinkedIn

Tinggalkan komentar

On Key

Related Posts

Chat Customer Service
Konsultasi Vitummy
Halo Kak, Promo Madu Vitummy Masih Adakah?