logo madu vitummy
Search
Close this search box.

11+ Cara Melindungi Anak Dari Hewan Peliharaan, Penting Untuk Diketahui!

melindungi anak dari hewan peliharaan

Hewan peliharaan memang menjadi salah satu tantangan kesehatan dalam keluarga ya, Moms. Alasannya, hewan peliharaan sangat berpotensi menyebarkan virus atau penyakit pada manusia, terutama bagi para pemeliharanya. 

Padahal, anak-anak biasanya sangat menyukai hewan peliharaan. Mereka sering bermain, istirahat, dan melakukan berbagai aktivitas bersama. Kondisi ini menjadikan setiap orang tua harus waspada. 

Salah satu caranya adalah dengan melindungi anak dari hewan peliharaan. Lalu, bagaimana caranya ya, Moms? 

Yuk, simak di bawah ini! 

Apa itu Hewan Peliharaan? 

melindungi anak dari hewan peliharaan

Moms, sudah tahu belum apa itu hewan peliharaan? Dilansir dari laman repository untag-sby hewan peliharaan adalah hewan yang dipelihara oleh manusia yang harus dirawat dan dipenuhi kebutuhan hidupnya serta memiliki tempat yang layak. 

Definisi tersebut menunjukkan bahwa hewan peliharaan dapat dianggap sebagai teman manusia. Pasalnya, jenis hewan ini biasanya sangat setia kepada pemiliknya. Meskipun, ada beberapa karakteristik lain, seperti menarik, suara indah, lucu, dan menggemaskan. 

Adapun beberapa contoh hewan peliharaan, yaitu anjing, kucing, burung, ikan, kelinci, hamster, dan lain sebagainya. Mereka dipelihara dengan tujuan memang sebagai teman manusia. 

Oleh karena itu, setiap orang yang memiliki hewan peliharaan harus memperhatikan kesehatannya. Tindakan ini sebagai upaya, salah satunya untuk melindungi anak dari hewan peliharaan. 

Berikut beberapa contoh cara merawat hewan peliharaan. 

Membuatkan Kandang Hewan

Hewan peliharaan idealnya dibuatkan kandang untuk tempat tinggalnya. Hal ini sebaiknya dilakukan jauh dari rumah agar lebih mudah membuang kotorannya. Selain itu, juga agar tidak terlalu dekat dengan anak-anak. 

Membuat kandang hewan peliharaan dengan baik adalah bentuk upaya melindungi anak dari hewan peliharaan. 

Rutin Memberikan Makanan dan Minuman 

Hewan peliharaan termasuk salah satu makhluk hidup ciptaan Tuhan. Kondisi ini menjadikannya pemeliharanya harus rutin memberikan makanan dan minuman. Jenis makanan dan minumannya harus disesuaikan dengan kebutuhan gizinya. 

Tindakan ini sangat bermanfaat untuk menjaga kesehatan hewan. Memiliki hewan yang sehat termasuk upaya melindungi anak dari hewan peliharaan. 

Melakukan Perawatan Secara Rutin 

Hewan peliharaan merupakan jenis hewan yang dinikmati keindahannya. Kondisi ini menjadikan pemeliharanya, termasuk anak-anak sangat sering berinteraksi langsung. Akibatnya, hewan harus dirawat secara rutin. 

Beberapa perawatan yang harus dilakukan, di antaranya membersihkan bulu, kuku, mata, telinga, hidung, mulut, dan lubang pembuangan. Bagian-bagian ini sering dijadikan sebagai tempat kotoran dan virus penyebab penyakit, baik pada hewan maupun pada pemeliharanya. 

Oleh karena itu, melindungi anak dari hewan peliharaan juga bisa dilakukan dengan perawatan secara rutin. 

Menjaga Kebersihan Kandang 

Kandang merupakan tempat tinggal hewan peliharaan, sehingga harus dijaga kebersihannya. Caranya bisa dilakukan dengan memeriksa secara berkala keadaan kandang, menyapu kotoran yang ada di dalamnya, dan menyemprotkan disinfektan. 

Berbagai cara tersebut juga harus disesuaikan dengan jenis hewan peliharaan. Pasalnya, menjaga kebersihan kandang adalah kewajiban yang harus dilakukan. Selain itu, juga sebagai upaya melindungi anak dari hewan peliharaan. 

Memastikan Kondisi Hewan Peliharaan Sehat 

Kesehatan hewan peliharaan adalah kunci kesehatan pemeliharanya atau sebaliknya. Hal ini menjadikan setiap pemelihara harus memastikan kondisi kesehatan hewan peliharaannya. 

Salah satu cara yang bisa dilakukan adalah dengan rutin membawanya ke dokter hewan, minimal tiga bulan sekali. Cara ini sangat disarankan untuk memastikan kondisi kesehatan hewan. 

Selain itu, juga untuk mencegah hewan terkena atau membawa infeksi virus penyakit pada pemeliharanya. Oleh karena itu, memastikan kondisi hewan peliharaan selalu sehat adalah upaya melindungi anak dari hewan peliharaan. 

Itulah beberapa cara melindungi anak dari hewan peliharaan berdasarkan cara merawatnya. Nah, kira-kira Moms dan keluarga sudah menerapkan cara-cara tersebut atau belum? Sebaiknya segera melakukannya ya, Moms, terutama apabila memiliki hewan peliharaan. 

Melindungi Anak dari Hewan Peliharaan 

vitummy | 11+ Cara Melindungi Anak Dari Hewan Peliharaan, Penting Untuk Diketahui!

Moms, bagaimana sih cara melindungi anak dari hewan peliharaan? Sebelumnya telah dijelaskan berdasarkan cara merawatnya ya, Moms. Kali ini, akan diuraikan tentang cara-cara yang melibatkan anak. 

Apa saja cara melindungi anak dari hewan peliharaan? Simak di bawah ini ya, Moms! 

Melatih Mencuci Tangan Secara Rutin 

Melatih cuci tangan secara rutin termasuk cara untuk melindungi anak dari hewan peliharaan. Hal ini akan sangat efektif apabila dalam mencuci tangan dilakukan dengan sabun. Alasannya, sabun dapat membantu membersihkan kuman, bakteri, dan virus. 

Meskipun terlihat sederhana, tindakan ini sangat diperlukan untuk mencegah penularan berbagai virus atau bakteri. Penularan sangat berpotensi, terutama pada anak-anak yang daya tahan tubuhnya kurang baik. 

Bentuk-bentuk penularannya, biasanya terjadi melalui air liur, cakaran kuku, dan kotoran hewan yang berada di sekitar tempat bermain anak. Oleh karena itu, untuk melindungi anak dari hewan peliharaan bisa dilakukan dengan melatihnya mencuci tangan secara rutin. 

Menjaga Jarak dan Membersihkan Binatang Peliharaan 

Hewan peliharaan sudah sewajarnya memiliki kedekatan dengan pemiliknya. Meski demikian, tetap perlu ada jarak di antara keduanya. Hal ini mengingat adanya risiko penularan kuman dan bakteri, terutama pada anak-anak. 

Mencegah risiko terjadinya hal tersebut bisa dilakukan dengan menjaga jarak antara anak-anak dengan hewan peliharaannya. Selain itu, juga bisa dilakukan dengan membersihkan hewan secara rutin. 

Oleh karena itu, kedua upaya tersebut termasuk melindungi anak dari hewan peliharaan. 

Menyediakan Ruang Bermain Khusus 

Cara melindungi anak dari hewan peliharaan selanjutnya adalah dengan menyediakan ruang bermain khusus. Ruangan ini dibuat agar anak dan hewan peliharaannya bisa bermain bersama secara leluasa. 

Adapun beberapa kriteria ruangan bermain dengan hewan peliharaan, seperti jauh dari tempat tidur, jauh dari tempat hewan buang air, dan jauh dari ruang makan pemeliharanya. Kriteria ini bertujuan untuk mencegah penyebaran bakteri atau virus pada hewan terhadap manusia. 

Oleh karena itu, menyediakan ruangan bermain khusus anak-anak dengan hewan peliharaannya termasuk upaya melindungi anak dari hewan peliharaan. 

Mengajarkan Cara Benar Bermain dengan Hewan Peliharaan 

Bermain dengan hewan peliharaan tidak bisa dilakukan dengan sembarangan. Sebabnya, setiap hewan memiliki caranya sendiri dalam berinteraksi sekaligus melakukan perlawanannya.

Salah satu contohnya adalah kucing dapat menyerang manusia ketika ekornya dipegang. Hal ini menjadi penting untuk setiap orang mengajarkan anaknya cara yang benar bermain dengan kucing, misalnya dengan memberikan pengertian untuk tidak memegang ekor. 

Tindakan semacam ini akan mencegah anak terkena gigitan kucing yang marah ketika dipegang ekornya. Oleh karena itu, mengajarkan cara yang benar bermain dengan hewan termasuk upaya melindungi anak dari hewan peliharaan. 

Mengajarkan Anak untuk Menghargai Hewan Peliharaan 

Hewan peliharaan dikenal sebagai hewan yang sangat setia kepada pemiliknya. Meski demikian, sifat alaminya untuk menyerang ketika diusik tidak hilang dari dalam dirinya. Kondisi ini menjadikan setiap orang penting untuk menghargai hewan peliharaan. 

Salah satu cara yang bisa dilakukan adalah dengan mengajarkan anak untuk menghargai hewan peliharaan. Sebaliknya, hewan peliharaan juga harus diajarkan cara menghargai pemiliknya. 

Tindakan tersebut akan mencegah hewan peliharaan untuk menyerang, baik dalam bentuk menggigit atau mencakar. Keduanya berpotensi menularkan virus atau penyakit pada manusia. 

Oleh karena itu, mengajarkan anak untuk menghargai hewan termasuk upaya melindungi anak dari hewan peliharaan. 

Menjaga Jarak dengan Hewan Peliharaan Baru 

Hewan peliharaan baru biasanya masih dalam adaptasi dengan lingkungannya, termasuk dengan pemiliknya. Hal ini menjadikan anak-anak harus menjaga jarak. Tujuannya agar tidak mengganggu hewan yang tidak sedang ingin bermain. 

Selain itu, juga untuk menghindari anak mendapat serangan dari hewan yang belum mengenalinya. Alasannya adalah untuk keamanan. Oleh karena itu, tindakan ini merupakan upaya melindungi anak dari hewan peliharaan. 

Minum Madu Vitummy untuk Melindungi Anak dari Hewan Peliharaan 

melindungi anak dari hewan peliaraan

Bermain dengan hewan peliharaan memang berpotensi terkena infeksi atau virus ya, Moms. Hal ini sering terjadi, terutama pada anak-anak. Pasalnya, mereka belum memiliki daya tahan tubuh yang baik. 

Minum Madu Vitummy bisa menjadi solusi untuk melindungi anak dari hewan peliharaan. Hal ini dikarenakan Madu Vitummy merupakan vitamin yang dilengkapi dengan Selenium Silver Pro yang ampuh meningkatkan daya tahan tubuh. 

Anak dengan daya tahan tubuh yang baik akan terhindar dari ancaman berbagai infeksi atau virus dari hewan ketika bermain. Oleh karena itu, minum Madu Vitummy setiap hari penting sebelum bermain dengan hewan peliharaan. 

Yuk, dapatkan produk Vitummy sekarang juga melalui website resminya di www.maduvitummy.id!

Share:
Facebook
Twitter
LinkedIn

Tinggalkan komentar

On Key

Related Posts

Chat Customer Service
Konsultasi Vitummy
Halo Kak, Promo Madu Vitummy Masih Adakah?