logo madu vitummy
Search
Close this search box.

Mengatasi Imun Tubuh Lemah: 8 Tips untuk Kesehatan yang Lebih Baik

mengatasi imun tubuh lemah

Moms, siapa sih yang tidak ingin memiliki imun tubuh yang baik? Setiap orang pasti menginginkannya ya, Moms. Alasannya, imun tubuh yang kuat adalah aset berharga yang membantu melindungi tubuh dari berbagai penyakit dan infeksi. 

Akan tetapi, banyak faktor yang dapat melemahkan sistem kekebalan tubuh manusia, sehingga membuat seseorang lebih rentan terhadap berbagai masalah kesehatan. 

Nah, pada artikel ini akan dibahas mengenai cara mengatasi imun tubuh lemah. Moms penasaran apa saja caranya? 

Simak di bawah ini ya, Moms! 

Apa itu Imun Tubuh Lemah?

mengatasi imun tubuh lemah

Sebelum membahas mengenai cara mengatasi imun tubuh lemah, sebaiknya Moms memahami terlebih dahulu mengenai definisinya. 

Sistem imun tubuh lemah adalah kondisi di mana sistem kekebalan tubuh tidak dapat melawan patogen (virus, bakteri, dll.) dengan efektif seperti yang seharusnya. 

Kondisi ini menyebabkan tubuh menjadi sering terkena infeksi penyakit yang berkepanjangan, bahkan masalah kesehatan yang lebih serius. 

Berikut adalah beberapa tanda dan gejala umum imun tubuh lemah. 

  • Sering terkena infeksi, yaitu orang dengan imun tubuh lemah cenderung sering mengalami flu, pilek, atau infeksi lainnya.
  • Sulit sembuh dari sakit atau cedera, yaitu proses pemulihan dari penyakit atau cedera bisa lebih lama dan lebih sulit bagi mereka dengan sistem kekebalan yang lemah.
  • Menunjukkan gejala yang parah, yaitu ketika seseorang terkena penyakit, gejalanya cenderung lebih parah dan berkepanjangan.
  • Mengalami masalah autoimun, yaitu imun tubuh yang terlalu aktif di mana sistem kekebalan tubuh menyerang jaringan tubuh sendiri.

Itulah beberapa tanda seseorang mengalami imun tubuh lemah sebelum lebih lanjut membahas mengenai cara mengatasi imun tubuh lemah. 

Baca Juga: Sistem Imun Tubuh: Pertahanan Alami yang Harus Diperhatikan!

Penyebab Imun Tubuh Lemah 

mengatasi imun tubuh lemah

Moms, perlu diketahui bahwa terdapat berbagai faktor yang dapat menyebabkan imun tubuh menjadi lemah. Memahami faktor-faktor ini adalah langkah pertama dalam mengatasi masalah ini. 

Berikut adalah beberapa penyebab umum imun tubuh lemah:

Kurang Asupan Nutrisi 

Diet yang buruk atau kurang nutrisi dapat melemahkan sistem kekebalan tubuh. Alasannya, nutrisi seperti vitamin C, vitamin D, zinc, dan protein sangat penting untuk fungsi imun yang optimal.

Kurang Olahraga 

Kehidupan yang kurang aktif dapat menghambat sirkulasi darah dan pergerakan sel-sel imun dalam tubuh. Kondisi ini tentunya semakin melemahkan sistem imun tubuh. 

Sering Begadang/Kurang Tidur 

Tidur yang kurang dari 7-9 jam per malam dapat mengganggu fungsi sistem kekebalan tubuh. Hal ini semakin parah apabila dilakukan terus-menerus karena dapat mengganggu kesehatan tubuh lainnya. 

Stres 

Stres yang berkepanjangan dapat mengurangi kemampuan sistem kekebalan tubuh untuk melawan infeksi. Hal ini yang menjadikan stres erat kaitannya dengan imun tubuh. 

Mengalami Penyakit Kronis 

Penyakit kronis adalah suatu penyakit yang diderita dalam kurun waktu lama, yaitu sekitar lebih dari enam bulan atau bahkan bertahun-tahun. Contohnya adalah diabetes, penyakit jantung, atau gangguan autoimun dapat melemahkan sistem kekebalan tubuh.

Usia 

Seiring bertambahnya usia, sistem kekebalan tubuh cenderung menjadi kurang efisien. Hal ini banyak dipengaruhi faktor-faktor lain dalam tubuh kaitannya dengan ketidakmampuan berbagai organ tubuh melakukan fungsinya. 

Lingkungan Tempat Tinggal 

Paparan terhadap polusi udara, bahan kimia berbahaya, atau alergen dapat mempengaruhi kesehatan sistem kekebalan tubuh. Kondisi ini disebabkan banyaknya polutan yang masuk dalam tubuh dan merusak berbagai sel atau jaringan tubuh. 

Itulah beberapa penyebab imun tubuh lemah sebelum membahas tentang cara mengatasi imun tubuh lemah yang akan diuraikan pada poin selanjutnya. 

Cara Mengatasi Imun Tubuh Lemah 

mengatasi imun tubuh lemah

Setelah memahami uraian poin-poin sebelumnya, untungnya ada langkah-langkah yang dapat diambil untuk mengatasi imun tubuh lemah. Berikut beberapa tips yang dapat dilakukan. 

Mengonsumsi Makanan Sehat 

Konsumsi makanan sehat yang kaya akan vitamin, mineral, dan antioksidan sangat baik untuk meningkatkan imun tubuh. Selain itu, juga buah-buahan, sayuran, sumber protein berkualitas, dan makanan berbasis biji-bijian. 

Hal ini menjadikan mengonsumsi makanan sehat termasuk cara mengatasi imun tubuh lemah. 

Rutin Berolahraga 

Olahraga merupakan aktivitas tubuh yang sangat sering dianjurkan untuk mendukung kesehatan dan kebugaran tubuh. Meskipun, tidak hanya itu karena melakukan olahraga ringan hingga sedang secara teratur dapat mengatasi imun tubuh lemah. 

Alasannya, setiap orang yang melakukan olahraga dapat meningkatkan sirkulasi darah. Aktivitas ini kemudian membantu sistem kekebalan tubuh berfungsi lebih baik.

Tidur yang Cukup 

Tidur merupakan aktivitas istirahat yang sangat disarankan dalam kesehatan. Hal ini dikarenakan tidur memberikan banyak manfaat terhadap tubuh, salah satunya mengatasi imun tubuh lemah. 

Adapun tidur yang disarankan untuk istirahat adalah tidur yang dilakukan pada malam hari. Idealnya, tidur dilakukan selama 7–9 jam, sehingga tubuh memulihkan diri dan memperkuat sistem kekebalan.

Mengelola Stres 

Stres merupakan kondisi di mana perasaan yang umumnya dapat dirasakan saat berada di bawah tekanan, merasa kewalahan, atau kesulitan menghadapi suatu situasi. Kondisi ini seharusnya dikelola dengan baik. 

Beberapa cara untuk mengelola stres, seperti meditasi, yoga, atau terapi. Melakukan aktivitas ini akan membantu mengatasi imun tubuh lemah. 

Tidak Merokok dan Minum Alkohol 

Rokok dan alkohol merupakan dua hal yang secara umum diketahui memberikan dampak buruk terhadap kesehatan. Salah satunya adalah dapat menurunkan kesehatan imun dalam tubuh. 

Kondisi tersebut menjadikan aktivitas tidak merokok dan minum alkohol merupakan upaya mengatasi imun tubuh lemah. Alasannya, kebiasaan merokok dan konsumsi alkohol berlebihan dapat melemahkan sistem kekebalan tubuh.

Vaksinasi 

Vaksinasi merupakan upaya melindungi tubuh dengan menguatkan sistem kekebalan tubuh. Hal ini kemudian mengharuskan setiap orang mendapat vaksin wajib, terutama bagi balita yang sangat rentan terkena serangan penyakit. 

Tidak hanya itu, orang dewasa juga tidak terlepas dari mendapatkan vaksin, terutama pada kondisi-kondisi tertentu, seperti COVID-19. Hal ini dilakukan untuk mengatasi imun tubuh lemah. 

Meski demikian, untuk vaksinasi diperlukan konsultasi dan rekomendasi pihak-pihak terkait, terutama medis. Tujuannya agar tidak terjadi kesalahan dan perlindungan yang tepat sasaran. 

Lingkungan Tempat Tinggal yang Nyaman 

Upayakan untuk menghindari paparan polusi udara, bahan kimia berbahaya, dan alergen jika memungkinkan. Pasalnya, berbagai polutan yang terdapat di dalamnya apabila sampai masuk kedalam tubuh akan mengakibatkan kerusakan sel-sel dalam tubuh. 

Menghindari berbagai hal tersebut dapat dilakukan dengan memilih lingkungan tempat tinggal yang nyaman. Nyaman yang dimaksud adalah baik secara kesehatan sehingga tidak mengganggu kesehatan tubuh. 

Oleh karena itu, tinggal atau berada di lingkungan yang nyaman termasuk dalam upaya mengatasi imun tubuh lemah. 

Mengonsumsi Madu Vitummy 

Madu Vitummy merupakan vitamin yang dilengkapi formula Selenium Silver Pro. Formula ini dirancang untuk meningkatkan daya tahan tubuh, baik untuk anak-anak maupun orang dewasa. 

Selain itu, Vitummy juga dibuat dari madu hutan murni dengan ekstrak bahan alami, seperti buah pepaya, bawang putih, rimpang temulawak, temu hitam, dan rasa jeruk. Berbagai bahan tersebut diformulasikan dalam satu botol yang kaya akan manfaat. 

Yuk, dapatkan produk Vitummy sekarang juga melalui website resminya di www.maduvitummy.id

Share:
Facebook
Twitter
LinkedIn

Tinggalkan komentar

On Key

Related Posts

Chat Customer Service
Konsultasi Vitummy
Halo Kak, Promo Madu Vitummy Masih Adakah?