logo madu vitummy
Search
Close this search box.

Perbedaan Kalori dan Karbohidrat

perbedaan kalori dan karbohidrat

Siapa nih yang suka bingung mengenai perbedaan kalori dan karbohidrat? Dua hal ini memang sedikit menjebak ya, Moms. Pasalnya, keduanya berkaitan dengan energi yang dikonsumsi atau masuk dalam tubuh manusia. 

Meski demikian, Moms perlu ketahui bahwa perbedaan kalori dan karbohidrat itu bisa diidentifikasi dengan mudah. Nah, bagaimana cara mengidentifikasinya? 

Artikel berikut akan membahas mengenai hal tersebut dengan tujuan agar Moms tidak kedsulitan lagi membedakan keduanya. 

Oleh karena itu, simak uraiannya di bawah ini ya, Moms! 

Karbohidrat 

Makanan Yang Tidak Mengandung Karbohidrat

Moms, sudah tahu kan apa itu karbohidrat? Dilansir dari laman simdos unud, karbohidrat berasal dari dua kata, yaitu karbon dan air. Hal ini menjadikan karbohidrat secara sederhana didefinisikan sebagai polimer gula. 

Baca Juga Nih: Cara Merebus Daun Balakacida, Kenali Juga Manfaatnya!

Pada umumnya, karbohidrat dipahami sebagai senyawa karbon yang mengandung sejumlah besar gugus hidroksil. Masih dalam laman yang sama, karbohidrat paling sederhana bisa berupa aldehid (disebut polihidroksialdehid atau aldosa) atau berupa keton (disebut polihidroksiketon atau ketosa).

Fungsi utama karbohidrat adalah sebagai cadangan energi tubuh dalam jangka pendek. Alasannya, gula merupakan sumber energi bagi setiap tubuh manusia. Adapun fungsi sekunder dari karbohidrat adalah sebagai cadangan energi jangka menengah. 

Selain itu, fungsi lain karbohidrat dalam tubuh adalah sebagai komponen struktural sel. 

Kalori

perbedaan kalori dan karbohidrat

Setelah mengetahui karbohidrat, kini Moms akan memahami tentang kalori. Apa yang dinamakan kalori? Dilansir dari laman ners unair, kalori adalah nilai atau satuan yang menunjukkan seberapa banyak jumlah energi yang bisa diperoleh dari makanan dan minuman. 

Setiap tubuh manusia membutuhkan kalori untuk melakukan berbagai aktivitas sehari-hari. Meski demikian, nilai gizi suatu makanan tidak hanya terbatas pada kalori, akan tetapi perlu berbagai jenis nutrisi lain. Beberapa di antaranya adalah mineral, serat, dan protein. 

Perbedaan Kalori dan Karbohidrat 

infografis perbedaan kalori dan karbohidrat

Perbedaan kalori dan karbohidrat harus dipahami oleh setiap orang ya, Moms. Alasannya, kedua hal ini memanglah berbeda, meskipun sering dimaknai sama atau bingung membedakannya. 

Lalu, apa saja perbedaan kalori dan karbohidrat? Berikut akan disajikan beberapa perbedaannya.

  1. Perbedaan kalori dan karbohidrat yang pertama, yaitu disebutkan bahwa kalori adalah satuan pengukuran, sedangkan karbohidrat adalah jenis makronutrien. 
  2. Perbedaan kalori dan karbohidrat yang kedua, yaitu kalori dapat diperoleh dari berbagai sumber, seperti protein, karbohidrat, dan lemak, sedangkan karbohidrat melepaskan energi dalam jumlah tertentu. 
  3. Perbedaan kalori dan karbohidrat yang ketiga, yaitu kalori berasal dari berbagai sumber, seperti protein, karbohidrat, dan lemak, sedangkan karbohidrat berasal dari makanan yang diperkaya dengan karbohidrat.
  4. Perbedaan kalori dan karbohidrat yang keempat, yaitu karbohidrat adalah menyediakan energi untuk melakukan tugas, sedangkan peran utama kalori adalah menjaga laju metabolisme dan fungsi tubuh.

Itulah beberapa perbedaan kalori dan karbohidrat yang perlu diketahui. Untuk lebih jelasnya simak tabel berikut yang dilansir dari laman askanydifference. 

Parameter perbandinganKarbohidratKalori
MengacuKarbohidrat adalah salah satu jenis makronutrien Kalori adalah satuan ukuran energi
Definisi Karbohidrat terdiri dari oksigen, hidrogen, dan karbon, oleh karena itu, mereka adalah senyawa organik. Setelah mogok, mereka memberikan energi. Kalori diperoleh dari berbagai sumber seperti protein, karbohidrat, dan lemak, dan energi yang dilepaskan digunakan untuk melakukan beberapa tugas. 
sumberKarbohidrat diperoleh dari diet yang diperkaya dengan karbohidrat. Sedangkan kalori diperoleh dari berbagai sumber protein, karbohidrat, dan lemak. 
Peran Karbohidrat melepaskan energi agar tubuh kita bekerja.Kalori menjaga laju metabolisme dan fungsi tubuh kita. 
Ditemukan Sereal, kentang, mie, buah-buahan, rotiSelai kacang, permen, gorengan, dan daging olahan. 

Apakah Moms sudah memahami perbedaan kalori dan karbohidrat berdasarkan tabel di atas? Moms pasti lebih mudah memahaminya kan. Tabel di atas merupakan tabel yang dibuat untuk memudahkan seseorang memahami perbedaan keduanya.

Share:
Facebook
Twitter
LinkedIn

Tinggalkan komentar

On Key

Related Posts

Chat Customer Service
Konsultasi Vitummy
Halo Kak, Promo Madu Vitummy Masih Adakah?