10+ Tips Menjaga Kesehatan Pencernaan

Pencernaan merupakan salah satu organ tubuh yang sangat penting bagi manusia. Oleh karena itu, peran Moms dalam menjaga kesehatan pencernaan juga sama pentingnya, loh. 

Pencernaan yang tidak dijaga dapat mengakibatkan terganggunya sistem kesehatan tubuh secara menyeluruh. 

Nah, menjaga kesehatan pencernaan berarti sama dengan menjaga kesehatan tubuh. 

Ada banyak tips menjaga kesehatan pencernaan yang mudah dilakukan loh, Moms. Yuk, pahami pada artikel berikut! 

Apa Itu Organ Pencernaan?

menjaga kesehatan pencernaan

Moms, sebelum membahas tentang tips menjaga kesehatan pencernaan perlu diketahui juga loh tentang organ pencernaan. 

Apa sih organ pencernaan itu? 

Organ pencernaan merupakan organ pada sistem pencernaan yang memiliki peran penting dalam proses mengolah makanan hingga menjadi energi. 

Proses pencernaan ini terbilang sangat kompleks, sehingga Moms perlu tau nih tentang organ-organ pencernaan yang ada dalam tubuh. 

Organ-organ pencernaan dalam tubuh manusia, yaitu mulut, kerongkongan, lambung, usus halus, pankreas, hati, kantung empedu, usus besar, rektum, dan anus. 

Setiap organ pencernaan tersebut memiliki fungsinya masing-masing dalam sistem pencernaan. 

Bagaimana Cara Menjaga Kesehatan Pencernaan?

menjaga kesehatan pencernaan

Moms, agar organ-organ pencernaan bekerja sesuai fungsinya maka kesehatan pencernaan juga perlu dijaga. 

Ada banyak cara menjaga kesehatan pencernaan. 

Nah, berikut beberapa caranya, Moms. 

Baca Lagi Moms: Ingin Kulit Tetap Sehat Saat Puasa, Ini Tips Menjaga dan Merawatnya

Makan Makanan Berserat 

Moms pasti sering mendengar himbauan untuk konsumsi makanan berserat bukan? Makanan berserat sangat baik untuk menjaga kesehatan pencernaan. 

Hal ini dikarenakan fungsi makanan berserat adalah menjaga keseimbangan bakteri baik dalam usus, sehingga dapat mempermudah proses metabolisme. 

Apa saja sih Moms, makanan berserat itu? 

Dilansir dari Siloam Hospital, jenis makanan berserat diantaranya alpukat, apel, pir, kacang almond, pisang, wortel, oat, ubi jalar, kacang polong, dan raspberry. 

Berbagai makanan tersebut termasuk makanan tinggi serat yang tidak dapat dicerna atau diserap oleh tubuh.

Mengonsumsi Makanan Alami 

Moms, tau nggak apa itu makanan alami? Makanan alami adalah makanan yang dikonsumsi tanpa melalui proses pengolahan atau penambahan bahan lain, seperti garam dan gula. 

Nah, makanan alami nih, Moms, bermanfaat untuk melindungi lambung dari berbagai masalah pencernaan. 

Adapun contoh makanan alami, diantaranya buah-buahan dan sayur-sayuran. 

Mengonsumsi Air Secukupnya 

vitummy | 10+ Tips Menjaga Kesehatan Pencernaan

Tubuh manusia memiliki kandungan air yang cukup tinggi. Oleh sebab itu, mencukupi kebutuhan air dalam tubuh sangat perlu Moms lakukan, loh. 

Salah satu cara yang bisa Moms lakukan adalah dengan mengonsumsi air putih secara teratur. 

Menurut Kemenkes RI, orang dewasa perlu mengonsumsi air putih sekitar delapan gelas berukuran 230 ml per hari atau total 2 liter. Meski demikian, makanan juga dapat memberikan asupan cairan pada tubuh yaitu sekitar 20% selain dari minuman. 

Nah, Moms, tubuh yang kandungan airnya tercukupi bermanfaat untuk membantu membuang racun serta menghilangkan efek samping pengobatan yang dapat mengganggu fungsi hati. 

Selain itu, manfaat minum air putih juga membantu melancarkan BAB sehingga mencegah sembelit. 

Mengatur Pola Makan 

Mom, siapa nih yang sering makan seenaknya? Makan juga harus diatur loh, baik dari jam makan maupun porsi makannya. 

Jam makan bisa diatur dengan membagi waktu makan menjadi tiga, yaitu pagi (sarapan), siang (makan siang), dan malam (makan malam). Catatan ya, Moms, untuk makan malam jangan dilakukan larut malam karena justru bisa membahayakan pencernaan. 

Adapun porsi makan bisa diatur agar ideal, yaitu tidak berlebihan. Hal ini karena makan berlebihan bisa membuat asam lambung naik. 

Dengan Moms mengatur pola makan tersebut maka dapat menjaga kesehatan pencernaan lambung dari terjadinya asam lambung naik. 

Berolahraga Secara Rutin 

Perlu Moms ketahui bahwa berolahraga secara rutin bisa menjaga kesehatan pencernaan loh. Hal ini dikarenakan aktivitas olahraga membantu untuk melancarkan BAB. 

Selain itu, olahraga juga dapat membantu mengurangi gejala konstipasi serta mencegah terjadinya kondisi peradangan usus. 

Kondisi ini menjadikan organ pencernaan usus dan anus sehat dan bisa bekerja sesuai fungsinya. 

Tidak Merokok

Tidak merokok termasuk usaha menjaga kesehatan pencernaan loh, Moms. 

Dilansir dari jurnal penelitian Pancreatology, risiko terkena pankreatitis paling besar adalah para perokok aktif. Adapun pankreas adalah salah satu organ pencernaan manusia. 

Pankreas yang terkena asap rokok terus-menerus dapat mengakibatkan peradangan yang bersifat akut atau kronis.  

Dengan tidak merokok maka Moms dapat menjaga kesehatan organ pencernaan pankreas agar berfungsi menyerap gizi untuk tubuh dengan baik. 

Mengonsumsi Obat dengan Bijak 

Moms, hati merupakan salah satu organ pencernaan manusia. Adapun fungsinya adalah untuk menyaring tubuh dari bahaya zat kimia dan racun. 

Menjaga kesehatan pencernaan dapat dilakukan dengan menjaga kesehatan organ hati. Caranya dengan mengonsumsi obat secara bijak. 

Mengonsumsi obat secara bijak berarti melakukan pengobatan secara mandiri dengan tetap berkonsultasi dengan dokter, apoteker, atau perawat. 

Hal ini dikarenakan obat yang dikonsumsi oleh seseorang akan memengaruhi fungsi hati sebagai penyaring zat kimia. 

Mengonsumsi Makanan Bernutrisi Tinggi

Tubuh memerlukan asupan nutrisi setiap hari untuk menjaga kondisi tubuh agar tetap prima. Selain itu, juga untuk menjaga kesehatan pencernaan. 

Peran Moms dalam menjaga kesehatan pencernaan di sini bisa dilakukan dengan mengonsumsi makanan bernutrisi tinggi. 

Apa sih Moms makanan bernutrisi tinggi itu? 

Makanan bernutrisi tinggi adalah makanan yang mengandung karbohidrat, protein, lemak, vitamin, dan mineral. 

Apabila kebutuhan tubuh akan nutrisi tersebut terpenuhi secara seimbang maka bermanfaat untuk menjaga kesehatan pencernaan. 

Mengelola Emosi Diri 

Moms, tau nggak kalau emosi yang sering tidak bisa dikendalikan bisa berakibat stres? Nah, biasanya stres yang dialami seseorang akan berakibat pada pencernaan. 

Beberapa gangguan pencernaan dikarenakan stres, diantaranya maag, diare, dan sembelit. Gangguan ini terjadi karena adanya aliran darah dan energi ke pencernaan saat seseorang merasa stres. 

Oleh karena itu, mengelola emosi diri agar tidak stres menjadi tindakan yang penting dalam menjaga kesehatan pencernaan. 

Memperbanyak Konsumsi Lemak Sehat 

vitummy | 10+ Tips Menjaga Kesehatan Pencernaan

Lemak sehat diperlukan tubuh untuk membantu melakukan penyerapan nutrisi dalam tubuh, misalnya Omega-3. 

Omega-3 berfungsi untuk mengurangi dan menurunkan risiko peradangan usus sebagai organ pencernaan manusia. 

Itu sebabnya, Moms perlu sering-sering mengonsumsi lemak sehat, seperti salmon, makarel, sarden, serta beberapa kacang-kacangan. 

Mengonsumsi Probiotik 

Probiotik adalah bakteri yang hidup dalam saluran pencernaan manusia. Mengonsumsi probiotik dapat membantu menjaga kesehatan pencernaan secara alami. 

Organ pencernaan yang mendapat manfaat dari konsumsi probiotik adalah usus, sehingga melancarkan fungsi pencernaan dalam tubuh. 

Makanan yang mengandung probiotik, yaitu tempe dan yogurt. 

Itulah Moms, beberapa tips yang bisa dilakukan untuk menjaga kesehatan pencernaan. Tapi, Moms juga bisa loh minum Madu Vitummy sebagai solusinya. 

Madu Vitummy mengandung ekstrak buah pepaya, rimang temulawak, dan rimang temu hitam yang bermanfaat untuk melancarkan pencernaan. 

Yuk Mom, mulai minum Madu Vitummy untuk menjaga kesehatan pencernaan tubuh!


Share on:

Seorang content writer brand support Madu Vitummy di Erdigma Indonesia. Dia menulis artikel tentang kesehatan, pola asuh, dan gaya hidup sehat. Selain itu, dia juga menyukai riset, membaca buku, dan menulis.

Tinggalkan komentar