logo madu vitummy
Search
Close this search box.

Nyeri Perut Sebelah Kiri? Waspadai! Bisa Jadi Tanda Gangguan Kesehatan

nyeri perut sebelah kiri

Apakah moms pernah mengeluhkan nyeri perut sebelah kiri? Jangan panik! Nyeri perut sebelah kiri umumnya disebabkan oleh hal ringan, seperti kembung atau akibat dari mengonsumsi makanan pedas, dan bisa sembuh dengan sendirinya dalam waktu 1-2 hari.

Namun, jika keluhan nyeri perut terus terasa hingga beberapa hari dan disertai dengan gejala lain, maka moms harus waspada. Sebab, nyeri perut sebelah kiri juga bisa menjadi tanda masalah kesehatan.

Terlebih, perut sebelah kiri merupakan tempat berkumpulnya organ-organ penting, seperti ginjal kiri, pankreas, usus besar (kolon), limpa, sebagian kecil lambung, kelenjar adrenal dan bagian kiri hati.

Sementara pada perempuan, perut sebelah kiri merupakan lokasi ovarium bagian kiri.

Jadi, saat salah satu organ tersebut mengalami gangguan, maka bisa memicu keluhan nyeri perut sebelah kiri.

Baca Juga: Mengenal Munggahan, Tradisi Menyambut Bulan Suci Ramadhan bagi Masyarakat Muslim Sunda

Penyebab Nyeri Perut Sebelah Kiri Atas

vitummy | Nyeri Perut Sebelah Kiri? Waspadai! Bisa Jadi Tanda Gangguan Kesehatan

Moms, penyebab nyeri perut sebelah kiri atas bisa dipicu oleh berbagai hal, seperti tukak lambung dan radang lambung, pankreatitis, atau angina.

Untuk lebih jelasnya lagi, yuk simak bersama dalam uraian berikut ini!

Gastritis

Moms, nyeri perut sebelah kiri atas bisa menandakan adanya gangguan kesehatan lambung yang disebut gastritis.

Dilansir dari penelitian Program Profesi Apoteker Fakultas Farmasi, Universitas 17 Agustus 1945, gastritis merupakan peradangan, iritasi, atau pengikisan lapisan lambung akut yang bisa menimbulkan rasa nyeri pada area perut.

Umumnya, kondisi ini disebabkan oleh infeksi bakteri H. pylori, bakteri yang menyerang lapisan lambung.

Selain nyeri perut, kondisi ini bisa juga disertai dengan gejala lain, seperti mual, muntah, dan perut terasa penuh.

Pankreatitis

Selain gastritis, nyeri perut sebelah kiri juga bisa disebabkan oleh pankreatitis atau radang kelenjar pankreas. Secara medis, radang kelenjar pankreas bisa menyebabkan sakit perut sebelah kiri atas yang menjalar ke punggung.

Adapun gejala lain dari pankreatitis ini adalah demam, diare, mual, muntah, dan perut semakin terasa sakit ketika disentuh.

Jadi, jika moms atau anggota keluarga mengalami kondisi tersebut, jangan diabaikan, segera periksa ke dokter, ya.

Sebab, radang kelenjar pankreas ini termasuk ke dalam jenis penyakit atau kondisi medis yang berbahaya dan bisa berakibat fatal jika tidak segera diobati.

Angina

Dilansir dari Siloam Hospital, angina merupakan nyeri dada yang terasa seperti diremas dan ditekan akibat dari kurangnya aliran darah ke otot jantung.

Selain selain nyeri dada, kondisi ini juga bisa menimbulkan keluhan nyeri perut sebelah kiri atas, serta rasa tidak nyaman pada leher dan rahang.

Menurut Eka Hospital, angina bukanlah penyakit yang mengancam jiwa, namun bisa menjadi tanda atau gejala awal dari penyakit kardiovaskular yang serius.

Nyeri Perut Sebelah Kiri Bawah

vitummy | Nyeri Perut Sebelah Kiri? Waspadai! Bisa Jadi Tanda Gangguan Kesehatan

Selain pada bagian atas, nyeri perut sebelah kiri pun bisa terjadi pada bagian bawah. Nah, kondisi ini juga bisa menandakan adanya gangguan kesehatan tertentu, seperti:

Divertikulitis

Dilansir dari Yankes Kemkes, divertikulitis merupakan peradangan atau infeksi yang terjadi pada divertikula, alias kantung-kantung yang terbentuk di sepanjang saluran pencernaan, terutama usus besar.

Sebenarnya, divertikula bukanlah organ yang sudah ada sejak lahir, namun umumnya terbentuk pada orang yang berusia 40 tahun ke atas karena dinding ususnya sudah melemah.

Nah, kondisi ini biasanya ditandai dengan nyeri perut sebelah kiri bawah, dan biasanya muncul setelah makan atau bergerak. Pada beberapa kasus, kondisi ini bisa menyebabkan buang air besar berdarah, lho.

Kelebihan Gas

Moms, kelebihan gas pada perut bisa menyebabkan sakit perut sebelah kiri bawah. Pasalnya, gas bisa ditemukan di seluruh saluran pencernaan, mulai dari perut hingga rektum.

Hernia

vitummy | Nyeri Perut Sebelah Kiri? Waspadai! Bisa Jadi Tanda Gangguan Kesehatan

Dilansir dari Siloam Hospital, sakit perut sebelah kiri bisa disebabkan oleh hernia, yaitu kondisi di mana usus atau jaringan lunak lainnya menembus dinding otot perut yang lemah dan menimbulkan benjolan di sekitar perut.

Benjolan atau tonjolan tersebut bisa menyebabkan sakit perut pada bagian kiri, terutama saat batuk, membungkung, atau mengangkat beban berat.

Kondisi ini membutuhkan perawatan lebih lanjut apabila benjolan tidak kunjung hilang, nyeri semakin bertambah parah, dan menimbulkan berbagai gejala, seperti sembelit, muntah, dan kesulitan buang air besar.

Nyeri Perut Sebelah Kiri Pada Wanita

vitummy | Nyeri Perut Sebelah Kiri? Waspadai! Bisa Jadi Tanda Gangguan Kesehatan

Selain tanda gangguan kesehatan saluran pencernaan, nyeri perut sebelah kiri pada wanita bisa menandakan adanya masalah pada organ reproduksi, saluran kemih, masalah kulit, atau pembuluh darah.

Dilansir dari Healthline, sakit perut sebelah kiri yang dialami oleh wanita umumnya terjadi akibat:

Kram Menstruasi

Moms, sakit perut sebelah kiri bawah bisa terjadi akibat kram menstruasi. Kondisi ini biasanya terjadi sebelum dan selama periode menstruasi.

Kista Ovarium

Kista ovarium merupakan kantong berisi cairan yang muncul pada indung telur atau ovarium. Umumnya, kista ini muncul selama wanita mengalami masa subur atau menstruasi.

Adapun gejala dari penyakit ini adalah sakut perut di area perut bawah, termasuk perut bawah sebelah kiri, serta perubahan pola menstruasi, seperti pendarahan yang lebih banyak atau lebih sedikit dari kondisi normal.

Endometriosis

Moms, endometriosis merupakan kondisi ketika jaringan yang biasanya melapisi bagian dalam rahim, tumbuh di luar rahim. Kondisi ini bisa menimbulkan sakit perut dan kemandulan.

Selain itu, gejala lain dari gangguan kesehatan ini adalah kram menstruasi yang sangat menyakitkan dan semakin memburuk seiring berjalannya waktu, sakit saat berhubungan seksual, dan sakit ketika buang air besar atau kecil.

Kehamilan Ektopik

Dilansir dari Eka Hospital, kehamilan ektopik merupakan kondisi di mana embrio tumbuh di luar rahim. Kondisi ini ditandai dengan sakit perut sebelah kiri dengan mendadak.

Namun, selain sakit perut, kondisi ini juga bisa menimbulkan nyeri punggung, pendarahanvagina, serta nyeri payudara.

Itulah beberapa kondisi gangguan kesehatan yang ditandai dengan sakit perut sebelah kiri.

Selain menandakan penyakit-penyakit yang telah disebutkan di atas, sakit perut sebelah kiri juga bisa menandakan adanya tinja yang mengeras, pneumonia, cedera, serangan jantung, bahkan kanker.

Untuk menjaga kesehatan pencernaan sehingga terhindar dari kondisi nyeri perut sebelah kiri, jangan lupa untuk selalu mengonsumsi Madu Vitummy dua kali sehari, pagi dan malam sebelum tidur.

Madu Vitummy merupakan madu yang mengandung ekstrak rempah-rempah pilihan, seperti temulawak, temu hitam, bawang putih, dan pepaya yang bermanfaat untuk menjaga kesehatan pencernaan, meningkatkan nafsu makan, meningkatkan daya tahan tubuh, dan mencegah anak dari risiko infeksi cacingan.

Yuk, rutin minum Madu Vitummy sehari dua kali untuk mendapatkan daya tahan tubuh yang kuat dan bebas cacingan.

Pertanyaan Seputar Sakit Perut Sebelah Kiri

Apakah Nyeri Perut Sebelah Kiri Berbahaya?

Pada kebanyakan kasus, nyeri perut sebelah kiri tidak berbahaya karena biasanya hanya disebabkan oleh masalah ringan, seperti perut kembung.

Meski begitu, nyeri perut pada bagian kiri juga perlu diwaspadai apabila disertai dengan gejala-gejala lainnya, seperti demam, mual, diare, dan muntah.

Sebab, pada perut bagian kiri, terdapat organ-organ penting.

Dimanakah letak Lambung? Apakah Terletak Di Sebelah Kiri?

Lambung terletak di sisi kiri perut bagian atas.

Organ Apa Saja yang Ada di Perut Sebelah Kiri?

Limpa, pankreas, ginjal kiri, bagian atas usus besar (kolon), bagian kiri hati dan kelenjar adrenal.

Share:
Facebook
Twitter
LinkedIn

Tinggalkan komentar

On Key

Related Posts

Chat Customer Service
Konsultasi Vitummy
Halo Kak, Promo Madu Vitummy Masih Adakah?