logo madu vitummy
Search
Close this search box.

Ramadhan Sebentar Lagi, Inilah 5+ Tips Sehat Saat Puasa

tips sehat saat puasa

Moms, bulan Ramadhan tinggal sebentar lagi, nih. Pada bulan tersebut, umat muslim di seluruh dunia diwajibkan untuk melaksanakan puasa, yaitu menahan lapar dan haus dari terbit fajar hingga menjelang matahari terbenam.

Dengan begitu, tubuh akan mendapatkan asupan cairan dan makanan yang terbatas sehingga tubuh bisa mengalami kekurangan vitamin dan mineral.

Kondisi tersebut tentunya bisa menyebabkan terganggunya kesehatan seseorang.

Padahal, jika dilaksanakan dengan benar, puasa tersebut bukan hanya mendatangkan pahala, tapi juga bisa memberikan dampak positif bagi kesehatan, lho.

Lantas, apa yang harus dilakukan agar tetap sehat saat puasa? Yuk, kita simak bersama tips sehat saat puasa dalam uraian berikut ini.

Baca Juga: Demam Keong, Penyakit Endemik di Sulawesi

Tips Sehat Saat Puasa

Moms, puasa memang salah satu kewajiban bagi umat muslim yang sudah mencapai syarat wajib puasa.

Namun, tak hanya untuk ibadah, puasa juga bisa memberikan manfaat bagi kesehatan tubuh, seperti mengontrol gula darah, menurunkan dan menjaga berat badan, serta mengurangi peradangan. Berikut adalah tips sehat saat puasa:

Menjaga Pola Makan Sehat Saat Puasa

Sehat saat puasa

Moms, meskipun sedang melaksanakan ibadah puasa, namun penting bagi kita untuk menjaga pola makan yang baik, seperti pola makan sahur, buka puasa, atau makan malam jika diperlukan.

Menjaga Pola Makan Sahur

Moms, makan sahur memiliki peran yang sangat penting dalam menjaga stamina tubuh saat menjalankan puasa dan melakukan aktivitas sehari-hari.

Oleh karena itu, jangan melewatkan makan sahur sebelum menjalankan puasa agar tubuh tetap sehat.

Konsumsilah makanan yang mengandung serat tinggi seperti buah dan sayur ketika sahur.

Hindari mengonsumsi makanan yang mengandung banyak minyak karena bisa menyumbat pembuluh darah dan panas dalam.

Menjaga Pola Makan Buka Puasa

Meskipun lapar seharian karena berpuasa, sebaiknya hindari makan secara berlebihan alias balas dendam karena bisa menyebabkan kenaikan berat badan, gangguan pencernaan, mual, dan muntah.

Dengan begitu, ketika buka puasa, makanlah makanan dengan secukupnya secara bertahap. Mulai dari mengonsumsi air putih dan sedikit makanan manis.

Jangan lupa konsumsi Madu Vitummy saat sahur dan buka puasa untuk membantu mengembalikan nutrisi dan menjaga daya tahan tubuh agar tubuh tetap sehat selama puasa.

Menjaga Pola Makan Malam

Ketika berpuasa, kita memang harus menahan lapar seharian, dari terbit fajar hingga tenggelamnya matahari.

Meski begitu, bukan berarti kita boleh atau bisa mengonsumsi makanan secara berlebihan di malam hari.

Mengonsumsi makanan terlalu banyak di malam hari dapat menyebabkan seseorang mengalami obesitas, gangguan pencernaan, bahkan bisa meningkatkan risiko peningkatan insulin dan glukosa.

Konsumsi Air dalam Jumlah Cukup

Sehat saat puasa

Selain menjaga pola makan agar tetap sehat saat puasa, penting bagi kita untuk membuat tubuh tetap terhidrasi. Sebab, hampir sebagian besar tubuh kita terdiri dari 60% air.

Jadi, pastikan mengonsumsi banyak cairan sebelum mulai berpuasa. Moms bisa memenuhi cairan dengan cara mengonsumsi air mineral, susu, atau jus tanpa pemanis tambahan.

Hindari mengonsumsi minuman yang mengandung kafein, seperti kopi, teh, atau soda karena bisa meningkatkan frekuensi buang air kecil.

Makanan Sehat Saat Puasa

makanan sehat saat puasa

Moms, makanan manis dan gorengan memang menjadi salah satu makanan khas untuk disajikan saat buka puasa.

Padahal, saat buka puasa atau sahur, kita dianjurkan untuk mengonsumsi makanan sehat agar bisa mengembalikan energi dan menjaga kesehatan tubuh.

Nah, selain gorengan dan es ada banyak makanan sehat yang bisa dikonsumsi ketika sahur atau buka puasa agar kebutuhan gizi tubuh tetap tercukupi dengan baik, seperti:

1. Kurma

Kurma merupakan makanan khas bulan puasa yang mengandung banyak nutrisi penting untuk tubuh, seperti karbohidrat sederhana, kalori, serat, protein, dan vitamin B yang baik untuk kesehatan tubuh.

Selain itu, kurma juga bisa membuat tubuh merasa kenyang lebih cepat sehingga bisa mencegah kita untuk mengonsumsi makanan secara berlebihan.

2. Telur

Selain kurma, telur juga termasuk ke dalam makanan sehat saat puasa. Telur mengandung protein yang cukup tinggi.

Selain itu, mengonsumsi telur saat buka puasa bisa membantu tubuh merasa kenyang lebih cepat sehingga moms bisa mengatur porsi makan dengan baik.

3. Ikan

Makanan sehat saat puasa lainnya adalah ikan. Ikan merupakan sumber protein dan vitamin B sehingga sangat bagus untuk dikonsumsi saat buka puasa.

Tak hanya itu, ikan seperti tuna, salmon, dan sarden sangat baik untuk dikonsumsi karena mengandung lemak omega 3 yang bisa membantu menjaga kesehatan jantung, otak, serta memperkuat tulang dan sendi.

4. Sayuran Hijau

Sayuran hijau mengandung banyak vitamin A, C, K, B, kalium dan serat sehingga sangat baik untuk dikonsumsi saat buka puasa atau sahur.

Selain itu, sayuran hijau juga mengandung zat besi sehingga bisa mencegah anemia meski sedang menjalankan ibadah puasa.

5. Sup

Moms, sup merupakan salah satu menu makanan yang sehat untuk tubuh. Sebab, tak hanya berisikan olahan sayur, moms juga bisa menambahkan campuran daging yang bisa membantu moms dan keluarga merasa kenyang lebih lama.

Selain mengandung berbagai macam sayur dan daging, sup juga mengandung air yang cukup banyak sehingga bisa membantu memenuhi asupan cairan tubuh.

Dengan begitu, sup sangat cocok untuk dikonsumsi ketika sahur. Namun, sup yang disarankan adalah sup biasa yang terbuat dari kaldu atau air, bukan sejenis krim sup yang kental.

6. Kacang-kacangan

Moms, kacang-kacangan mengandung karbohidrat kompleks dan protein yang bersifat menyenangkan. Dengan begitu, kacang-kacangan sangat cocok untuk dikonsumsi saat sahur.

Tak hanya itu, kacang-kacangan juga terkenal akan kandungan serat tingginya sehingga bisa membantu menjaga kesehatan pencernaan moms dan keluarga.

Adapun jenis kacang yang ideal untuk dikonsumsi adalah kacang edamame. Kacang ini bisa membantu tubuh merasa kenyang lebih lama sehingga baik untuk mengatur pola makan selama menjalankan ibadah puasa.

Menjaga Pola Tidur

vitummy | Ramadhan Sebentar Lagi, Inilah 5+ Tips Sehat Saat Puasa

Selain mengatur pola makan dan mengonsumsi makanan yang sehat saat puasa, menjaga pola tidur juga sangat penting untuk dilakukan agar tubuh tetap sehat saat puasa.

Selama puasa Ramadhan, kita diharuskan untuk bangun lebih awal untuk sahur setiap harinya. Dengan begitu, tubuh akan mengalami kekurangan istirahat jika tidak menerapkan pola tidur yang baik.

Kekurangan tidur dan istirahat ini bisa mengganggu aktivitas, fokus, bahkan kesehatan tubuh.

Nah, berikut ini adalah beberapa tips untuk memiliki kualitas tidur yang baik meski harus bangun lebih awal:

  • Memajukan waktu tidur
  • Menyempatkan tidur di siang hari
  • Tidak mengonsumsi kafein, seperti kopi dan teh
  • Membuat lingkungan tidur yang nyaman

Melakukan Olahraga

sehat saat puasa

Moms, meskipun sedang berpuasa, tubuh tetap harus melakukan aktivitas fisik, minimal 30 menit. Selain menyehatkan, melakukan aktivitas fisik dengan teratur bisa membantu meningkatkan kualitas tidur saat puasa.

Meski demikian, hindari jenis olahraga yang terlalu berat, terutama sebelum tidur. Moms dan keluarga bisa melakukan olahraga ringan di pagi hari, sekitar 4-5 jam sebelum tidur.

Adapun olahraga yang baik untuk dilakukan saat puasa adalah jalan santai, bersepeda, jogging, pilates, dan latihan beban.

Nah, itulah informasi tentang tips sehat saat puasa. Untuk menambah informasi dan pengetahuan tentang pola asuh atau kesehatan anak selama bulan Ramadhan, selalu kunjungi laman blog kami pada website maduvitummy.id.

Madu Vitummy merupakan madu yang mengandung ekstrak rempah-rempah pilihan, seperti temulawak, temu hitam, bawang putih, dan pepaya yang bermanfaat untuk menjaga kesehatan pencernaan, meningkatkan nafsu makan, meningkatkan daya tahan tubuh, dan mencegah anak dari risiko infeksi cacingan.

Yuk, rutin minum Madu Vitummy sehari dua kali untuk mendapatkan daya tahan tubuh yang kuat dan bebas cacingan.

Share:
Facebook
Twitter
LinkedIn

Tinggalkan komentar

On Key

Related Posts

Chat Customer Service
Konsultasi Vitummy
Halo Kak, Promo Madu Vitummy Masih Adakah?