logo madu vitummy
Search
Close this search box.

9+ Obat Tradisional Anak Demam Malam dan Cara Membuatnya

obat tradisional anak demam malam

Demam di malam hari menjadi salah satu kondisi yang sering dialami banyak anak-anak di luar sana. Meskipun di siang hari normal, tetap saja demam saat malam bisa terjadi. Untuk membantu mengatasinya, menggunakan obat tradisional anak demam malam bisa menjadi pilihan yang baik.

Jangan apa-apa minum obat, apa lagi anak-anak ya, Moms!” Pernyataan ini pasti pernah atau sering didengar oleh banyak orang tua. Pasalnya, mengonsumsi obat kimia terlalu sering justru berpotensi menimbulkan berbagai masalah kesehatan lain.

Nah, untuk menghindari potensi tersebut bisa dilakukan dengan mengonsumsi obat tradisional. Meskipun dikatakan obat tradisional, akan tetapi manfaatnya tidak kalah dari obat-obat kimia. 

Cara tradisional mengatasi anak demam di malam hari juga mudah, Moms bahkan bisa membuatnya sendiri di rumah sebagai pertolongan pertama untuk Si Kecil.

Artikel berikut akan membahas tentang obat tradisional. Kira-kira apa saja sih obat tradisional anak demam malam ya, Moms? 

Yuk, simak uraian lengkapnya di bawah ini! 

Mengapa Anak Demam Malam?

demam pada anak

Moms, orang tua mana sih yang tidak khawatir ketika anaknya sakit? Setiap orang tua pasti merasa khawatir ya, Moms. Kondisi ini terutama terjadi saat anak mengalami demam di malam hari. Sebab, mereka menjadi lebih sering rewel dibanding biasanya. 

Mengapa anak demam di malam hari ya, Moms? Nah, perlu diketahui bahwa demam pada anak sebenarnya adalah hal yang wajar. Alasannya, demam menjadi salah satu bentuk reaksi tubuh terhadap serangan infeksi virus atau bakteri. 

Saat suatu virus atau bakteri masuk ke dalam tubuh, keduanya akan menyerang sistem kekebalan tubuh. Tujuannya adalah untuk menginfeksi tubuh, sehingga anak-anak berisiko untuk jatuh sakit. 

Serangan virus dan bakteri tersebut sebenarnya dihadang oleh daya tahan tubuh (imun). Dilansir dari laman RSUP Dr. Sardjito, daya tahan tubuh adalah kemampuan dari tubuh seseorang yang berfungsi untuk membentengi tubuh dari serangan virus atau kuman. 

Daya tahan tubuh yang baik menjadikan badan tetap sehat, sehingga bisa melakukan berbagai aktivitas sehari-hari. Salah satunya, yaitu untuk melawan virus, bakteri, atau kuman yang masuk ke tubuh. 

Perlawanan sistem daya tahan tubuh terhadap faktor-faktor tersebut memicu demam. Anak-anak memiliki risiko lebih tinggi mengalami demam dikarenakan daya tahan tubuhnya belum terlalu sempurna layaknya orang dewasa. 

Sisi positifnya, demam pada anak di malam hari berarti menunjukkan daya tahan tubuhnya sedang bekerja dengan baik. Pasalnya, demam yang terjadi adalah respon dalam melawan serangan penyakit dalam tubuh. Kondisi ini menjadikan demam sebagai hal yang wajar terjadi. 

Meski demikian, demam pada anak di malam hari yang terjadi secara terus-menerus juga tidak boleh dibiarkan. Kondisi ini bisa menjadi gejala khusus mengenai suatu penyakit yang lebih serius. Oleh karena itu, anak perlu segera mendapat penanganan medis. 

Obat Tradisional Anak Demam Malam 

infografis obat tradisional anak demam malam

Selaku orang tua, Moms pasti telah mencoba berbagai cara untuk mengatasi si Kecil ketika demam di malam hari. Beberapa di antaranya, seperti melakukan pertolongan pertama dan memberikan berbagai jenis obat. 

Nah, pernahkah Moms memberikan obat tradisional anak demam malam? Ada banyak jenis obat tradisional yang bisa dimanfaatkan loh, Moms. Adapun beberapa jenisnya sebagai berikut. 

1. Wedang (Minuman) Jahe 

Jahe memiliki kandungan zat antimikroba dan antiinflamasi di dalamnya. 

Seperti dilansir dari laman Siloam Hospitals, fungsi jahe dapat membantu menurunkan demam secara alami. 

Jahe bisa dikonsumsi dengan disajikan dalam bentuk minuman. Caranya adalah dengan diparut atau digiling sampai halus. Selanjutnya, Moms bisa menyeduhnya dengan air panas atau air hangat. 

2. Bawang Putih 

Salah satu jenis rempah ini mengandung senyawa antivirus, antibiotik, dan antiseptik. Fungsinya adalah untuk melawan infeksi penyebab demam. 

Moms bisa menggunakan bawang putih dengan cara membuatnya dalam bentuk potongan atau yang telah dihaluskan. Hasilnya dapat dicampurkan pada makanan si Kecil. 

Suatu penelitian bahkan membuktikan bahwa bawang putih bisa ditempelkan pada telapak kaki anak. Untuk menghindari agar tidak jatuh, bisa diatasi dengan memasangkan kaus kaki. 

3. Air Beras 

Dilansir dari laman Siloam Hospitals, air beras bisa dimanfaatkan sebagai obat tradisional untuk mengatasi anak demam malam. Pada umumnya, masyarakat mengenalnya sebagai air tajin. Nah, air ini mendukung detoksifikasi dalam tubuh. 

Detoksifikasi merupakan proses yang dapat mengurangi toksin atau sebuah zat penyebab kerusakan pada jaringan sekitarnya. Bentuknya adalah mengeluarkan racun dari tubuh dan menurunkan demam. 

4. Daun Kelor 

Daun kelor juga sering digunakan sebagai obat tradisional untuk menurunkan demam anak. Alasannya, terdapat kandungan vitamin, mineral, dan senyawa lain yang bergizi. 

Kandungan tersebut menjadikan daun kelor sering ditambahkan ke dalam sayur bening. Seperti menurut laman Kata Data, fungsinya adalah untuk membantu menurunkan demam karena mengandung antioksidan dan antibakteri. 

5. Lada Hitam 

Masakan khas Indonesia biasanya dibumbui dengan berbagai rempah. Nah, perlu Moms ketahui bahwa salah satunya bisa dijadikan sebagai obat demam malam, loh. 

Bentuknya adalah lada hitam, yaitu rempah yang mengandung sifat antibiotik dan antibakteri. Selain itu, juga mengandung vitamin C yang dapat membantu meningkatkan daya tahan tubuh. 

Daya tahan tubuh yang baik akan mencegah terjadinya infeksi virus, bakteri, atau kuman dalam tubuh. Kondisi ini menjadikan seseorang atau anak-anak terutama menjadi jarang demam. 

Caranya dengan menyeduh satu sendok bubuk lada hitam dengan segelas air panas. Kemudian, Moms bisa menambahkan daun tulsi dan diaduk hingga merata. Diamkan beberapa saat agar tidak terlalu panas ketika diminum. 

6. Oregano 

Daun ini mengandung senyawa carvacrol yang berfungsi untuk mengatasi infeksi virus penyebab demam. 

Caranya oregano direbus dengan dengan bubuk kunyit. Kemudian, Moms bisa memberikan air rebusan tersebut pada si Kecil dua kali sehari. Minum secara rutin air rebusan ini dapat memberikan khasiat maksimal. 

7. Kunyit 

Kunyit merupakan rempah-rempah yang paling populer di Indonesia. Pasalnya, tanaman ini tumbuh hampir di seluruh wilayah daerah. Perlu Moms ketahui bahwa rempah yang satu ini ternyata bisa menjadi obat tradisional anak demam malam. 

Sebagai obat tradisional, kunyit memiliki sifat antibakteri, antiinflamasi, dan antioksidan. Tidak hanya itu, terdapat pula sifat antimikroba. Sifat ini berfungsi mencegah replikasi fungi, bakteri, dan virus. 

Manfaat lain adalah kunyit dapat membantu meningkatkan daya tahan tubuh. Kondisi ini akan mencegah si Kecil dari demam karena daya tahan tubuhnya baik. 

8. Kayu Manis 

Kayu manis mengandung antibakteri, antivirus, antiinflamasi, dan analgesik. Kandungan tersebut berfungsi untuk mencegah atau mengatasi infeksi dalam tubuh. Salah satunya yang terjadi ketika demam, sehingga dapat menurunkan demam pada si Kecil. 

Caranya, campurkan kayu manis dengan air panas. Moms bisa menambahkan madu sebagai campuran untuk menambah cita rasanya. 

9. Biji Ketumbar 

Rempah ini membantu meningkatkan daya tahan tubuh apabila dikonsumsi, terutama ketika demam.  Akibatnya, daya tahan tubuh meningkat serta dapat menurunkan demam. Sebabnya terdapat kandungan minyak alami yang bersifat antibiotik. Sehingga, apabila dikonsumsi dalam tubuh dapat membantu tubuh melawan infeksi virus penyebab demam. 

Nah, itulah beberapa obat tradisional anak demam malam yang harus Moms ketahui. Tujuannya adalah untuk memberikan pertolongan atau respon utama pada si Kecil.

Madu Vitummy untuk Daya Tahan Tubuh Anak, bantu Cegah Demam!

Menurunkan demam anak dengan berbagai upaya yang telah disebutkan tentunya belum cukup ya, Moms. Perlu ada dukungan lain untuk mencegah si Kecil dari demam. Moms, tahu tidak bagaimana caranya? 

Caranya bisa dengan memberikan Madu Vitummy secara rutin ya, Moms. Alasannya, Madu Vitummy mengandung formula Selenium Silver Pro. Formula ini dirancang untuk meningkatkan daya tahan tubuh. 

Selain itu, Madu Vitummy juga dibuat dari bahan herbal, yaitu madu hutan asli dan ekstrak bahan alami, seperti buah pepaya, bawang putih, rimpang temulawak, rimpang temu hitam, dan rasa jeruk. 

Berbagai bahan tersebut, sebagian besarnya adalah obat tradisional anak demam malam. Oleh karena itu, mengonsumsi Madu Vitummy secara rutin dapat meningkatkan daya tahan tubuh, sehingga mencegah si Kecil dari infeksi penyebab demam. 

Yuk, dapatkan Madu Vitummy sekarang juga melalui website resminya di www. maduvitummy.id!

Share:
Facebook
Twitter
LinkedIn

Tinggalkan komentar

On Key

Related Posts

Chat Customer Service
Konsultasi Vitummy
Halo Kak, Promo Madu Vitummy Masih Adakah?