logo madu vitummy
Search
Close this search box.

Manfaat Madu untuk Anak 2 Tahun dan Rekomendasi Produknya

Manfaat Madu untuk Anak 2 Tahun

Madu merupakan cairan yang memiliki banyak manfaat, baik untuk anak-anak, remaja, maupun dewasa. Alasannya, madu mengandung berbagai zat yang berguna bagi kesehatan tubuh. 

Lalu, apa sih manfaat madu untuk anak 2 tahun ya, Moms? Ada banyak manfaat yang bisa diberikan madu jika dikonsumsi anak-anak. 

Nah, artikel berikut akan membahas mengenai hal tersebut. Tujuannya adalah untuk mendapatkan manfaat maksimal dari madu dengan memahami cara mengonsumsinya. 

Oleh karena itu, simak selengkapnya di bawah ini ya, Moms! 

Madu dan Kandungannya 

Manfaat Madu Murni

Moms, apa sih kandungan nutrisi dalam madu? Nah, sebelum membahas mengenai manfaat madu untuk anak 2 tahun, sebaiknya Moms mengetahui dahulu tentang madu dan kandungannya. 

Dilansir dari laman Kemenkes RI, madu merupakan cairan yang kental dan berwarna kuning pucat atau kuning keemasan. Madu memiliki rasa dan bau yang khas, yaitu yang dihasilkan oleh lebah madu atau tawon. 

Sudah sejak lama madu dikenal memiliki banyak khasiat atau manfaat. Sebab, madu mengandung berbagai senyawa dan nutrisi yang sangat diperlukan oleh tubuh. Sehingga, banyak yang akan didapatkan oleh setiap orang yang mengonsumsinya. 

Moms sudah tahu belum apa saja senyawa atau nutrisi yang terkandung dalam madu? Kemenkes RI dalam artikelnya berjudul Manfaat Madu Bagi Kesehatan menyebutkan bahwa terdapat beberapa kandungan dalam madu seperti berikut. 

1. Kalori yang Tinggi 

Nilai kalori yang terdapat dalam 1.000 gram madu adalah sekitar 3.280 kalori. Angka ini menunjukkan bahwa apabila terdapat 1 kg madu maka nilai kalorinya setara dengan 50 butir telur; 5,575 liter susu; 1,680 kg daging. 

Angka tersebut menunjukkan nilai kalori yang tinggi ya, Moms. Meski demikian, tingginya angka kalori dalam madu sebenarnya didukung oleh kandungan gizi utama. Pasalnya, madu mengandung gizi utama yang berbentuk aneka senyawa karbohidrat. 

Moms, apa itu aneka senyawa karbohidrat? Bentuknya bermacam-macam ya, Moms. Beberapa di antaranya yang terdapat di dalam madu, seperti gula fruktosa, sukrosa, dan dekstrin karbohidrat. 

Berbagai senyawa tersebut menjadikan madu memiliki banyak khasiat atau manfaat untuk kesehatan manusia. 

2. Mengandung Banyak Nutrisi 

Madu tidak hanya mengandung nilai kalori yang tinggi, akan tetapi juga mengandung banyak nutrisi. Bentuk nutrisi dalam madu, yaitu vitamin, asam, mineral, dan enzim. Berbagai nutrisi tersebut sangat diperlukan untuk meningkatkan kesehatan tubuh. 

Oleh karena itu, madu sering dijadikan sebagai obat tradisional, antibodi, dan penghambat pertumbuhan sel kanker. 

3. Mengandung Asam Organik 

Madu mengandung asam organik yang tinggi. Adapun bentuknya, seperti asam glikolat, asam format, asam laktat, asam sitrat, asam asetat, asam oksalat, asam malat, asam tartarat. Berbagai jenis asam organik ini berfungsi membantu metabolisme tubuh. 

Selain itu, madu juga mengandung asam organik lainnya seperti berikut. 

  • Asam laktat, berfungsi untuk menghambat pertumbuhan sel kanker dan tumor karena mengandung zat laktobasilin. 
  • Asam amino bebas, berfungsi untuk membantu menyembuhkan penyakit dan sebagai bahan pembentuk neurotransmitter atau senyawa yang berperan dalam meningkatkan fungsi otak. 

Itulah beberapa jenis asam organik yang terdapat di dalam madu serta manfaatnya bagi kesehatan tubuh. Adapun manfaat lainnya, yaitu sebagai antioksidan, termasuk chrysin, pinobanksin, vitamin c, katalase dan pinoembrin. 

4. Mengandung Mineral 

Madu mengandung tinggi mineral yang dapat diidentifikasi dari warnanya yang lebih gelap. Hal ini jika dibandingkan dengan jenis madu buatan. Sebab, warna gelap pada madu dipengaruhi oleh asap sari bunga yang dihisap oleh lebah. 

Adapun sumber mineral dalam bunga tersebut, yaitu berupa zat besi, tembaga, dan mangan. Berbagai senyawa ini sangat erat kaitannya dengan pewarnaan darah (hemoglobin). 

5. Komponen Kimia

Komponen kimia juga termasuk salah satu kandungan madu. Bentuknya seperti antioksidan fenolat. Nah, fungsi dari komponen kimia ini adalah memiliki daya aktif yang tinggi. Selain itu, juga meningkatkan perlawanan tubuh terhadap tekanan oksidasi (oksidasi stres). 

Manfaat Madu untuk Anak 2 Tahun 

khasiat madu untuk anak 2 tahun

Setelah mengetahui berbagai kandungan di dalamnya, lalu apa manfaat madu untuk anak 2 tahun ya, Moms? Perlu diketahui bahwa banyak manfaat yang bisa didapatkan si Kecil ketika mengonsumsi madu secara rutin. 

1. Memenuhi Kebutuhan Energi Harian

Madu mengandung senyawa alami, yaitu fruktosa dan glukosa. Keduanya merupakan sumber karbohidrat yang diperlukan tubuh sebagai bahan bakar atau energi. Hal ini seperti telah disebutkan bahwa karbohidrat termasuk dalam sumber kalori dalam madu. 

Mengonsumsi madu secara rutin dapat memenuhi kebutuhan energi harian dalam tubuh. Sehingga, si Kecil bisa melakukan aktivitas sehari-hari dengan mudah.

2. Meningkatkan Daya Tahan Tubuh 

Selain memenuhi kebutuhan energi, manfaat madu juga dapat meningkatkan daya tahan tubuh anak. Hal ini dikarenakan madu mengandung zat yang berperan meningkatkan daya tahan tubuh. Selanjutnya, juga mengandung antioksidan yang dapat menangkal radikal bebas. Cocok untuk mengatasi masalah seperti anak sering demam (Selengkapnya bisa cek artikel ciri demam karena kecapekan pada anak). 

3. Meredakan Batuk dan Pilek 

Manfaat madu selanjutnya adalah dapat meredakan batuk dan pilek. Seperti diketahui bahwa kedua jenis penyakit tersebut termasuk dalam gangguan pernapasan. Nah, madu ternyata dapat meredakan peradangan pada saluran pernapasan. 

Madu dapat meredakan peradangan pada anak-anak apabila dikonsumsi 1,5-2 sendok teh saat akan tidur. Selain meredakan, hal ini juga dapat membuat si Kecil tidur lebih lelap. 

Baca Juga: Obat Tradisional Anak Demam Malam.

4. Menjaga Kesehatan Pencernaan 

Menjaga kesehatan pencernaan dapat dilakukan dengan mengambil manfaat atau khasiat madu, terutama anak-anak. Seperti kita tahu, kondisi pencernaan anak belum terlalu sempurna layaknya orang dewasa. Oleh karena itu, perlu menjaga kesehatannya. 

Salah satu cara yang bisa dilakukan adalah dengan mengonsumsi madu. Alasannya, madu mengandung probiotik alami yang dapat meredakan gangguan pencernaan, seperti konstipasi dan nyeri perut pada anak. 

5. Menyembuhkan Luka Lebih Cepat 

Manfaat madu yang satu ini sangat diperlukan oleh tubuh, terutama pada anak-anak. Alasannya, mereka sedang dalam masa aktif bermain sehingga sangat rentan jatuh atau luka. 

Mengonsumsi madu secara rutin dapat mendukung proses penyembuhan luka akibat jatuh atau lainnya dengan lebih cepat. Selain itu, juga dapat mencegah terjadinya infeksi pada luka. 

Itulah beberapa manfaat madu untuk anak 2 tahun yang harus Moms ketahui. Banyak sekali manfaatnya kan, Moms? Mengetahui hal ini pasti menjadikan Moms tertarik untuk memberikan madu pada si Kecil. 

Madu Vitummy untuk Anak 2 Tahun 

Madu Vitummy merupakan madu untuk meningkatkan nafsu makan dan daya tahan tubuh yang sangat bagus untuk anak. Hal ini dikarenakan Madu Vitummy dilengkapi dengan formula Selenium Silver Pro. 

Formula tersebut dirancang dari kandungan yang terdapat dalam Madu Vitummy, seperti madu hutan asli, ekstrak buah pepaya, bawang putih, rimpang temulawak, rimpang temu hitam, dan rasa jeruk. 

Madu hutan asli yang digunakan sebagai bahan pembuatnya menjadikan Madu Vitummy punya banyak manfaat. Oleh karena itu, Madu Vitummy memiliki banyak manfaat untuk anak 2 tahun. 

Yuk, dapatkan produk Madu Vitummy sekarang juga melalui website resminya di www.maduvitummy.id! 

Baca Juga: Apakah Madu Bisa Menurunkan Panas?

Share:
Facebook
Twitter
LinkedIn

Tinggalkan komentar

On Key

Related Posts

Chat Customer Service
Konsultasi Vitummy
Halo Kak, Promo Madu Vitummy Masih Adakah?