Apakah Madu Bisa Menurunkan Panas? Cek Faktanya Disini

Demam atau panas yang sering terjadi pada anak-anak memang sering membuat orang tua khawatir ya, Moms? Pasalnya, si Kecil jadi lebih rewel dibanding biasanya. Kondisi ini juga yang membuat orang tua biasanya tidak bisa beristirahat. 

Sebagai orang tua, Moms pasti tidak jarang mendapat banyak rekomendasi penurun panas. Sebab ada banyak obat, minuman, dan bahan alami yang dinilai berkhasiat untuk demam. Salah satu yang sering direkomendasikan adalah madu. 

Namun, apakah madu bisa menurunkan panas? Nah, artikel berikut akan membahas mengenai hal ini. Tujuannya untuk mengetahui tentang kandungan dan khasiat madu kaitannya untuk mengatasi demam. 

Oleh karena itu, simak selengkapnya di bawah ini ya, Moms! 

Apa itu Demam? 

Demam Tinggi Pada Anak dan Dewasa

Dilansir dari artikel Reducing a Fever: Household Remedies Can Help, demam merupakan respon pertahanan tubuh manusia. 

Respon tersebut ditandai dengan peningkatan suhu tubuh, yaitu sampai lebih dari 38°C. Selain itu, juga disertai gejala yang khas dengan kelelahan yang parah. Kondisi inilah yang menjadikan seseorang sulit untuk beraktivitas. 

Meski demikian, demam dapat dikatakan sebagai suatu hal yang baik. Hal ini seperti dinyatakan dalam laman CSS Health Advice & Offers, demam biasanya berkaitan dengan gejala menggigil. 

Saat menggigil, tubuh manusia biasanya memproduksi lebih banyak sel darah putih. Hal ini dikarenakan sistem kekebalan tubuh sangat membutuhkannya untuk melawan virus atau bakteri. 

Virus atau bakteri merupakan patogen yang dapat menyebabkan penyakit. Saat patogen masuk ke dalam tubuh maka secara bersamaan sistem kekebalan tubuh melakukan perlawanan. 

Gejala menggigil terjadi sebagai reaksi perlawanan sistem kekebalan tubuh terhadap patogen penyebab penyakit. Akibat reaksi ini, seseorang bisa mengalami demam sebagai bentuk alami perlawanan sistem kekebalan tubuh. 

Baca Juga Artikel Terkait: Suhu Tubuh Normal Pada Anak.

Pertolongan Pertama ketika Demam 

Sebagai bentuk reaksi tubuh yang wajar, demam harus tetap ditangani dengan tepat. Salah satunya dengan pertolongan pertama. Moms, pertolongan pertama seperti apa sih yang bisa dilakukan? Ada beberapa cara yang bisa orang tua lakukan, terutama ketika di rumah. 

1. Memberikan Selimut 

Ketika suhu tubuh si Kecil perlahan mulai naik atau demam, Moms dapat membalutkan selimut. Tindakan ini bisa dilakukan dengan catatan disertai gejala menggigil. Selain itu, juga harus dipastikan agar selimut tidak membuat suhu tubuhnya semakin panas. 

Cara ini harus dilakukan dengan tepat. Sebab, memberikan selimut terlalu tebal dan tidak memberi ruang sirkulasi udara dalam tubuh justru akan memperburuk keadaan. 

Oleh karena itu, memberikan selimut secukupnya dapat menjadi pertolongan pertama ketika si Kecil demam. 

2. Berbaring di Tempat Nyaman 

Tempat yang nyaman, seperti sofa dan tempat tidur menjadi pilihan selanjutnya sebagai pertolongan pertama untuk demam. Hal ini bertujuan agar si Kecil lebih nyaman untuk beristirahat, terutama saat sedang tidak enak badan. 

Beristirahat di tempat yang nyaman akan membantu tubuh mengurangi perasaan tidak nyaman. Selain itu, juga dapat membantu si Kecil agar bisa beristirahat dengan maksimal. 

3. Mengompres dengan Air Hangat 

Kompres air hangat sangat efektif sebagai pertolongan pertama terhadap demam. Cara ini bisa dilakukan dengan handuk kecil yang dicelupkan dalam air hangat. Selanjutnya, handuk diperas dan diletakkan di kening si Kecil yang demam. 

Penerapan pertolongan pertama ini harus dipastikan air yang digunakan adalah hangat. Artinya, tidak terlalu panas atau terlalu dingin. Sehingga, bisa digunakan untuk mengompres, terutama pada anak-anak. 

Apakah Madu Bisa Menurunkan Panas? 

madu - komposisi vitummy

Madu mendukung sistem kekebalan tubuh dan membantu menurunkan demam. Hal ini menjadikan madu bisa dijadikan sebagai minuman untuk pertolongan pertama. 

Seperti dilansir dari laman National Library of Medicine, madu secara umum digunakan dalam pengobatan tradisional untuk beberapa penyakit. Salah satu penyakitnya adalah demam. 

Madu memang tidak secara langsung dapat mengobati demam. Akan tetapi, dapat membantu menguatkan sistem kekebalan tubuh. 

Resep Madu Untuk Menurunkan Panas

apakah madu bisa menurunkan panas

Cara pengaplikasiannya, Moms bisa mencampurkan madu dengan susu. Adapun resep madu susu dilansir dari laman CSS Health Advice & Offers sebagai berikut. 

Bahan: 

  • 200 ml susu hangat 
  • 1-2 sendok teh madu 

Cara Penyajian: 

  • Larutkan madu dalam susu hangat. 
  • Minum sesuai kebutuhan. 

Itulah resep susu madu yang dapat membantu memaksimalkan sistem kekebalan tubuh. Sebab, minuman ini mengandung antibakteri, antiinflamasi, dan efek menenangkan. Beberapa kandungan tersebut sangat baik untuk melawan patogen. 

Hasilnya, mengonsumsi madu dicampur susu dapat membantu meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Kondisi sistem kekebalan tubuh yang baik akan mudah melawan patogen penyebab penyakit. 

Rekomendasi Artikel: Cara Mengembalikan Selera Makan Saat Sakit.

Madu Vitummy: Madu untuk Daya Tahan Tubuh 

madu vitummy multivitamin lengkap untuk anak kekurangan vitamin

Moms, bagaimana sih cara meningkatkan sistem kekebalan atau daya tahan tubuh? Caranya bisa dengan mengonsumsi Madu Vitummy. Madu ini terbuat dari bahan herbal, yaitu madu hutan asli dan ekstrak bahan alami. 

Madu Vitummy dilengkapi dengan formula Selenium Silver Pro yang ampuh meningkatkan daya tahan tubuh. Mengonsumsi Madu Vitummy secara rutin akan menjadikan tubuh lebih tahan terhadap patogen. Hasilnya, tubuh jadi tidak mudah demam dan sakit. 

Oleh karena itu, Madu Vitummy bisa menjadi jawaban terkait pertanyaan apakah madu bisa menurunkan panas? Yuk, dapatkan produk Madu Vitummy sekarang juga melalui website resminya di maduvitummy.id!


Share on:

Seorang content writer brand support Madu Vitummy di Erdigma Indonesia. Dia menulis artikel tentang kesehatan, pola asuh, dan gaya hidup sehat. Selain itu, dia juga menyukai riset, membaca buku, dan menulis.

Tinggalkan komentar