Cara Mengembalikan Selera Makan Saat Sakit, Harus Mommy Ketahui! 

Siapa sih yang masih selera makan ketika sedang sakit? Setiap orang dalam keadaan sakit pasti nafsu makannya menurun ya, Moms. Hal ini paling sering terjadi pada anak-anak, yaitu dikarenakan kondisi pencernaannya tidak dalam keadaan baik. 

Padahal, nutrisi dalam makanan justru sangat dibutuhkan ketika sakit. Sebabnya imun perlu nutrisi untuk melawan sumber penyakit yang menyerang tubuh. Kondisi ini mengharuskan si Kecil tetap mengonsumsi makanan ya, Moms. 

Lalu, bagaimana cara mengembalikan selera makan saat sakit? Banyak cara yang bisa menjadi solusi untuk Moms di rumah. 

Simak selengkapnya pada artikel berikut ya, Moms! 

Mengapa Tidak Nafsu Makan Saat Sakit? 

Mengapa Tidak Nafsu Makan Saat Sakit 

Perlu Moms ketahui bahwa sakit pada anak-anak umumnya disebabkan infeksi virus. Kondisi ini menjadikan mereka mudah lesu, mual, dan tidak nafsu makan. Akibatnya, daya tahan tubuh bisa menurun. 

Padahal, daya tahan tubuh sangat diperlukan bagi tubuh, terutama ketika sakit. Sebab, daya tahan tubuh inilah yang berfungsi melakukan perlawanan terhadap serangan virus penyebab penyakit. 

Semakin kuat daya tahan tubuh si Kecil maka akan semakin jarang sakit. Sebaliknya, semakin lemah daya tahan tubuhnya akan semakin sering terkena penyakit. Selain itu, nafsu makannya juga akan terus menurun. 

Oleh karenanya, sakit menjadi penyebab menurunnya nafsu makan seseorang. 

Cara Mengembalikan Selera Makan Saat Sakit 

cara mengembalikan selera makan saat sakit

Saat anak sakit, ada banyak cara untuk mengembalikan selera makannya loh, Moms. Seperti dilansir dari laman Ciputra Hospital, terdapat tujuh cara yang bisa Moms lakukan seperti berikut. 

1. Hindari Paksaan 

Memaksa anak untuk makan adalah tindakan yang kurang tepat ya, Moms. Terlebih apabila si Kecil sedang dalam keadaan sakit. Alasannya, paksaan yang dilakukan orang tua justru akan membuatnya trauma. 

Kondisi tersebut akan memunculkan masalah baru, yaitu traumatis. Padahal, perasaan trauma biasanya mengakibatkan daya tahan tubuhnya semakin menurun. Hal ini akan memperburuk keadaan tubuhnya. 

Paksaan biasanya dilakukan dalam bentuk porsi makanan. Orang tua sering memaksa anak untuk makan dalam jumlah yang banyak, terutama ketika sakit. Hal ini justru menjadikan anak mendapat pengalaman yang kurang menyenangkan. 

Oleh karena itu, menghindari memaksa si Kecil untuk makan termasuk cara mengembalikan selera makannya saat sakit. 

2. Membuatkan Makanan Favorit Anak 

Moms, siapa sih yang tidak suka makan makanan favorit? Setiap orang pasti menyukainya ya, Moms. Tidak terkecuali anak-anak saat mereka sedang sakit. Seperti disebutkan bahwa sakit membuat mereka tidak selera makan. 

Salah satu cara mengatasi tidak nafsu makan adalah dengan menyajikan makanan favorit. Makanan ini akan menggugah selera makannya. Oleh karena itu, si Kecil pasti akan ingin makan meskipun dalam kondisi sedang sakit. Mommy bisa memberikan makanan favorit atau beberapa makanan penambah nafsu makan.

3. Berikan Makanan yang Mudah Dicerna 

Anak-anak memiliki pencernaan yang belum terlalu sempurna layaknya orang dewasa. Kondisi ini menjadi salah satu penyebab mereka tidak selera makan, terutama saat sakit. Sehingga, Moms bisa memberikan makanan yang mudah dicerna. 

Jenis-jenis makanan yang mudah dicerna, seperti bubur, sayur dan nasi yang dihaluskan. Makanan jenis ini akan lebih disukai mereka yang sakit, sehingga dapat mengembalikan selera makannya. 

Baca Juga: Bolehkah Minum Vitamin Saat Diare?

4. Menawarkan Porsi Kecil 

Porsi makanan akan sangat mempengaruhi selera seseorang untuk makan. Seperti telah disebutkan, semakin banyak porsi yang disajikan maka anak semakin malas untuk makan. 

Oleh karena itu, menawarkan porsi kecil akan mengembalikan selera makannya saat sakit. 

5. Mendengarkan Keinginan Anak 

Anak yang sedang sakit biasanya ingin makan makanan yang disukainya. Hal ini bisa dijadikan cara untuk mengembalikan selera makan. Moms bisa mulai mendengarkan keinginan si Kecil akan makanan yang ingin dia makan. 

6. Memberikan Makanan Mengandung Probiotik 

Makanan probiotik sangat bermanfaat untuk mengatasi gangguan pencernaan. Contohnya adalah yoghurt. Memberikan makanan mengandung probiotik akan mengembalikan selera makannya saat sakit. Untuk referensi masakan, Moms bisa berikan ia masakan berkuah yang disukai anak.

7. Berikan Ia Madu Vitummy 

madu herbal vitummy suplemen penambah nafsu makan

Madu Vitummy adalah madu untuk daya tahan tubuh yang dilengkapi dengan formula Selenium Silver Pro. Hal ini dikarenakan Madu Vitummy dibuat dari madu hutan asli dan ekstrak bahan alami, seperti buah pepaya, bawang putih, rimpang temulawak, rimpang temu hitam, dan rasa jeruk. 

Kandungan temu-temuan yang terdapat di dalamnya memiliki kurkumin yang dapat meningkatkan nafsu makan. Selain itu, juga mengandung minyak atsiri yang bersifat koleretik. 

Sifat tersebut berfungsi untuk mempercepat sekresi empedu, sehingga lambung lebih cepat kosong. Kondisi ini memicu pencernaan bekerja lebih cepat dan melakukan absorpsi lemak di usus. 

Hasilnya, berbagai hormon dapat terekspresi sehingga mampu meningkatkan nafsu makan. Oleh karena itu, Madu Vitummy bisa dijadikan sebagai salah satu cara mengembalikan selera makan saat sakit. 


Share on:

Seorang content writer brand support Madu Vitummy di Erdigma Indonesia. Dia menulis artikel tentang kesehatan, pola asuh, dan gaya hidup sehat. Selain itu, dia juga menyukai riset, membaca buku, dan menulis.

Tinggalkan komentar