logo madu vitummy
Search
Close this search box.

Nafsu Makan Meningkat Tanda Haid? Ini Faktanya

nafsu makan meningkat tanda haid atau hamil

Sebagian wanita menandai masa haid atau kehamilan dengan meningkatnya nafsu makan. Mungkin, Moms adalah salah satu dari banyak wanita tersebut. Namun, apakah pernyataan tersebut benar?

Masa haid atau hamil memang sangat sering dikaitkan dengan hormon tubuh yang meningkat ya, Moms. Kondisi ini dianggap menjadi penyebab meningkatnya nafsu makan seseorang. 

Meski hal tersebut adalah benar, akan tetapi masih banyak orang yang belum memahami mengenai tanda haid atau hamil. 

Oleh karena itu, artikel berikut akan membahas tentang nafsu makan meningkat tanda haid atau hamil? Simak selengkapnya di bawah ini ya, Moms! 

Vitummy Diskon Hingga Rp198.000 Hari Ini! Bebaskan Si Kecil dari Susah Makan dan Daya Tahan Tubuh Lemah. Lihat Promonya Disini.

Apa Itu Nafsu Makan Meningkat?

benarkah nafsu makan meningkat tanda haid

Moms, apa sih yang dimaksud nafsu makan? Menurut penelitian dalam Jurnal Kebidanan dan Kesehatan Tradisional, nafsu makan merupakan suatu keadaan dalam tubuh yang mendorong seseorang untuk memuaskan keinginannya, yaitu dalam hal makan.  Kondisi ini dipengaruhi oleh banyak hal, salah satunya hormon tubuh. 

Nah, perlu Moms ketahui bahwa satu dari banyak hormon tubuh yang meningkat adalah ghrelin. Hormon ini memiliki fungsi untuk meningkatkan nafsu makan (Jumlahnya akan meningkat ketika lambung kosong dan akan menurun ketika sudah makan)

Hormon ghrelin termasuk yang diproduksi di perut, tepatnya pada bagian usus. Setelah diproduksi di perut, hormon ini memberikan sinyal ke otak. Aktivitas ini bekerja terutama saat perut dalam keadaan kosong dan memerlukan makanan. 

Oleh karena itu, meningkatnya hormon ghrelin di perut sangat memengaruhi meningkatnya nafsu makan seseorang.

Nafsu Makan Meningkat Tanda Haid?


Haid atau datang bulan memang sering ditandai dengan keinginan seseorang untuk makan. Beberapa jenis makanan yang diinginkan, seperti yang memiliki rasa manis, gurih, dan berbagai jenis makanan lain. 

Kondisi tersebut menunjukkan terjadinya peningkatan nafsu makan dibanding biasanya. Meski demikian, harus tetap memperhatikan pola makan saat haid. Tujuannya untuk mencegah terjadinya obesitas, diabetes, dan masalah kesehatan lain. 

Oleh karena itu, nafsu makan meningkat tanda haid atau hamil adalah benar. Dalam hal ini, meningkatnya nafsu makan termasuk salah satu tanda haid yang sering dialami banyak wanita. 

Selain Nafsu Makan Meningkat, Berikut Tanda Haid Lainnya 

Moms, benarkah nafsu makan meningkat tanda haid atau hamil? Untuk menjawab pertanyaan ini, Moms harus mengetahui terlebih dahulu tentang haid dan tanda-tandanya.

Dilansir dari laman Siloam Hospitals, haid atau menstruasi merupakan kondisi keluarnya darah dari vagina yang terjadi secara rutin setiap bulan. Meski bentuknya adalah darah, akan tetapi proses ini adalah normal terjadi pada organ reproduksi wanita. 

Nah, haid sering ditandai dengan beberapa hal loh, Moms. Masih dilansir dari laman yang sama, terdapat beberapa tanda haid yang sering terjadi seperti berikut. 

1. Munculnya Jerawat 

Munculnya jerawat pada wajah merupakan tanda pertama haid pada wanita ya, Moms. Penyebabnya adalah meningkatnya kadar hormon progesteron dalam tubuh, sehingga meningkatkan produksi minyak alami di wajah. 

Minyak alami yang menumpuk di wajah akan menyumbat pori-pori kulit. Akibatnya, muncul beberapa atau bahkan banyak jerawat di wajah. 

2. Nyeri dan Kencang pada Payudara 

Tanda haid selanjutnya adalah rasa tidak nyaman pada payudara, yaitu muncul rasa nyeri dan kencang. Tanda ini sangat sering dialami oleh banyak wanita. 

Rasa tidak nyaman disebabkan meningkatnya hormon estrogen dan progesteron. Selain itu, juga hormon prolaktin yang merangsang produksi Air Susu Ibu (ASI) dan pertumbuhan payudara. 

Kondisi tersebut mengakibatkan rasa nyeri dan kencang pada payudara. Hal ini biasanya dialami oleh wanita selama masa PMS. Kemudian, berlanjut sampai hari pertama siklus menstruasi. 

3. Kram Perut 

Haid, selanjutnya juga sering ditandai dengan kram perut, meskipun tidak semua wanita mengalaminya. Alasannya, meningkatnya hormon prostaglandin dalam tubuh. 

Fungsi hormon ini adalah untuk memicu kontraksi rahim. Selain itu, juga berfungsi untuk meluruhkan dinding rahim. 

Meskipun tidak dialami semua wanita dan dapat dikatakan tanda yang wajar, akan tetapi hal ini harus diwaspadai. Pasalnya, beberapa kasus menunjukkan gejala kram perut yang berlebihan, sehingga terasa sangat menyakitkan. 

4. Sembelit atau Diare  

Kedua hal ini merupakan tanda lain haid yang sering dirasakan oleh banyak wanita. Sebabnya adalah naiknya hormon prostaglandin yang memicu diare dan hormon progesteron yang memicu sembelit. 

5. Mood Swing 

Sebagian besar wanita pasti mengalami tanda haid yang satu ini, yaitu perubahan suasana hati (mood swing). Hal ini disebabkan perubahan hormon progesteron dan estrogen yang terjadi dalam tubuh. 

Kedua hormon tersebut memicu seseorang menjadi lebih sensitif, mudah sedih, senang, dan marah. Oleh karena itu, sangat disarankan untuk istirahat dengan cukup, mengonsumsi makanan sehat, bahkan melakukan meditasi untuk menenangkan diri. 

6. Perut Kembung 

Perut kembung yang sering terjadi ketika akan haid disebabkan meningkatnya hormon estrogen dan progesteron dalam tubuh. Hormon ini mampu menahan air dan garam dalam tubuh lebih banyak dari biasanya. Akibatnya, perut menjadi kembung. 

7. Sakit Kepala 

Menjelang haid, sakit kepala biasanya dikeluhkan oleh banyak wanita. Hal ini dikarenakan terganggunya fungsi hormon serotonin pada bagian otak. Gangguan ini disebabkan terjadinya perubahan hormon estrogen dalam tubuh. 

8. Sensitif terhadap Cahaya, Suara, dan Sentuhan 

Meningkatnya hormon estrogen dan progesteron dalam tubuh ketika akan haid memicu seseorang lebih sensitif. Bentuknya seperti lebih sensitif pada cahaya, suara, ataupun sentuhan. Sebabnya, kondisi fisik dan sistem saraf terpengaruh oleh meningkatnya hormon. 

9. Kelelahan 

Tanda haid terakhir yang sering terjadi adalah rasa lelah yang kerap mengganggu pola tidur. Kondisi ini menjadikan tubuh sulit untuk melakukan aktivitas sehari-hari secara maksimal.

Sampai disini, pertanyaan tentang nafsu makan meningkat tanda haid terjawab, ya! Moms kini sudah tahu kalau meningkatnya nafsu makan memang benar adanya menjadi salah satu tanda dari haid atau hamil.

Baca Juga Artikel Lainnya: Cara Memijat Agar Cepat Haid Sendiri Menurut Islam.

Vitummy untuk Meningkatkan Nafsu Makan

Vitummy, Obat Penambah Nafsu Makan Paling Recommended!

Moms, pernahkah mengalami kegelisahan dimana si kecil susah makan dan sering sakit? Nafsu makan yang menurun tidak boleh dibiarkan ya, Moms! Karena bisa memicu berbagai penyakit berbahaya bagi Si Kecil. Sebut saja stunting, cacingan, dan daya tahan tubuh yang lemah.

Untuk itu, Vitummy hadir sebagai vitamin penambah nafsu makan terbaik untuk si kecil. Vitummy terbuat dari kombinasi berbagai bahan herbal pilihan yaitu Madu murni, ekstrak pepaya, ekstrak temulawak, ekstrak bawang putih, dan ekstrak temu hitam. Bahan alami tersebut bisa membantu si kecil meningkatkan nafsu makan dan meningkatkan daya tahan tubuhnya.

Vitummy, Produk Vitamin Penambah Nafsu Makan Terbaik! Beli Vitummy Sekarang di channel penjualan resmi Vitummy.

Share:
Facebook
Twitter
LinkedIn

Tinggalkan komentar

On Key

Related Posts

Chat Customer Service
Konsultasi Vitummy
Halo Kak, Promo Madu Vitummy Masih Adakah?