logo madu vitummy
Search
Close this search box.

Cara Memijat Agar Cepat Haid Sendiri, Cewek Wajib Tahu Nih

cara memijat agar cepat haid sendiri

Bagaimana cara memijat agar cepat haid sendiri bagi wanita? Haid adalah suatu proses terjadinya pendarahan pada uterus yang mengalir dari rahim karena tidak adanya pembuahan dan keluar melalui vagina.

Kondisi haid adalah suatu siklus normal yang terjadi pada wanita, dan umumnya terjadi di setiap bulan. Akan tetapi beberapa para wanita ada yang mengalami masalah pada haidnya, dimana haid tidak lancar.

Nah ternyata terdapat cara memijat agar cepat haid sendiri, sehingga haid menjadi lebih mudah dan siklusnya menjadi lebih teratur.

Manfaat Pijat untuk Haid

cara memijat agar cepat haid sendiri secara alami

Walaupun terdapat bagian yang harus dihindari ketika memijat untuk menstruasi pada wanita, namun sah-sah saja melakukan pijatan dengan memilih titik-titik pijatan yang disarankan, yang mana memiliki manfaat seperti:

  • Membantu memperlancar menstruasi
  • Mengatasi pegal-pegal pada tubuh
  • Mengurangi rasa sakit pada pinggang
  • Menghindari stress ketika datang bulan

Kamu bisa melakukan pijatan-pijatan ringan selama 30 menit pada pagi hari, sehingga dapat membantu dan membuat badan lebih fresh, meningkatkan konsentrasi, dan membuat tidur menjadi lebih nyenyak.

Inilah Cara Memijat Agar Cepat Haid Sendiri

cara memijat agar cepat haid sendiri

Untuk beberapa wanita pasti ingin mengetahui caranya, karena memijat dapat membuat rileks bagian otot yang tegang.

Secara umum, setiap wanita memiliki persamaan gejala ketika haid, dan sebagian besarnya merasakan nyeri pada bagian perut dibagian bawah.

Maka dengan pijatan-pijatan di bagian perut dapat membantu agar cepat haid, akan tetapi terdapat beberapa titik pijatan yang bisa dilakukan untuk membuat cepat haid sendiri.

cara memijat agar cepat haid sendiri diantaranya dapat dilakukan pada bagian:

  • Kepala
  • Pundak
  • Telapak tangan
  • Telapak kaki

Dengan memijat area tersebut, rahim akan lebih mudah dalam mendorong darah haid keluar. Selain itu, dapat juga melakukan pijatan ringan pada bagian punggung tangan yang berada tepat pada tulang pergelangan tangan.

Dan bagian tubuh yang disarankan untuk dipijat adalah pada bagian kepala dan pundak, hal ini karena dua titik pijatan tersebut dapat memberikan perasaan rileks sehingga membuat perut menjadi nyaman, dengan hal tersebut, darah haid akan cepat keluar.


Menurut medis, memijat pada bagian perut merupakan tindakan yang tidak bermanfaat, hal ini didasari dengan letak rahim yang ada di dalam perut tepatnya di belakang kantong kemih, sehingga tidak memungkinkan untung dijangkau.

Tak hanya menurut medis, ada juga pendapat soal memijat agar cepat haid sendiri menurut islam. Hal itu ternyata dibolehkan selagi dilakukan oleh mahramnya, dan juga tidak menyimpang dari norma sosial. Sehingga kamu bisa melakukan pijatan pada titik-titik yang disarankan untuk memperlancar dan mempermudah proses haid.

Baca Juga Artikel Lainnya: Nafsu Makan Meningkat Tanda Haid?

Selain Memijat, Berikut Tips LAIN Memperlancar Haid Secara Alami

cara memijat agar cepat haid sendiri dengan mudah

Setelah mengetahui cara memijat agar cepat haid sendiri, guna memperlancar siklus haid perlu didukung dengan asupan dan vitamin.

Jika kamu tidak ingin menggunakan pijatan sendiri, maka bisa dengan menggunakan bahan alami berikut untuk mempercepat terjadinya haid, berikut ini adalah cara agar siklus haid lancar secara alami:

1. Memperbanyak Asupan Vitamin C

Melansir dari situs kesehatan, Vitamin C yang dikonsumsi dalam dosis yang cukup bisa meningkatkan kadar hormon estrogen dan menurunkan kadar hormon progesteron.

Dengan hal tersebut, kondisi ini bisa memberikan rahim kontraksi dan mempercepat siklus haid.

Untuk mencoba metode asupan Vitamin C, maka bisa memperbanyak konsumsi vitamin C dalam sehari-hari. Bisa dengan mengonsumsi buah-buahan seperti jeruk, buah-buahan berry, dan sayuran seperti brokoli, kubis, paprika merah dan hijau, tomat, bayam, dan blackcurrant.

2. Campur Masakan dengan Bumbu Kunyit

Kunyit adalah bahan alami yang sering menjadi obat tradisional, dengan asupan kunyit yang cukup dapat meningkatkan kadar estrogen dan progesteron pada tubuh.

Jika jahe dikonsumsi dengan cara dibuat teh, maka bahan kunyit cocok untuk menjadi bumbu tambahan pada masakan, seperti kari, tumis, dan lainnya.

3. Mengonsumsi Teh Jahe

Selain kunyit, jahe adalah salah satu obat tradisional yang sering dijadikan sebagai bahan herbal alami, dan jahe juga diyakini dapat mempercepat datangnya haid, serta memicu konstraksi pada rahim.

Agar jahe enak ketika dikonsumsi, bisa dengan mengolahnya menjadi teh hangat, caranya adalah dengan:

  • Merebus jahe yang sudah dikupan dan diiris
  • Lalu saring agar terpisah dari ampas jahe.
  • Tambahkan madu & lemon untuk menambah rasa pada teh jahe

4. Relaksasi

Stress terkadang membuat wanita menjadi telat haid, maka dari itu jauhkan diri dari stress adalah hal penting untuk menjaga siklus haid tetap aman dan lancar.

Stress dapat memicu hormon kortisol yang menghambat hormon estrogen dan progesteron, untuk menjaga agar stress dapat terkendali maka bisa dengan melakukan teknik relaksasi.

Beberapa teknik relaksasi yang bisa dilakukan seperti meditasi dan yoga, selain itu latihan napas dalam juga bisa membuat tubuh menjadi lebih rileks dan meredakan stress.

5. Jaga Berat Badan Ideal dan Makanan Bergizi

cara memijat agar cepat haid sendiri hidup sehat

Agar siklus haid tetap terjaga dan berat badan ideal, maka sebaiknya pilihlah makanan yang penuh gizi, dan hindari makanan yang memiliki bahan pengawet serta bahan-bahan kimia berbahaya.

Hindari gaya hidup tidak sehat seperti merokok, konsumsi alkohol, dan jarang berolahraga.

Ubah pola makan menjadi pola makan yang baik, pilih jenis makanan bergizi seperti buah, daging, dan sayuran agar berat badan tetap terjaga dan pencernaan menjadi lancar.

Bisa juga dengan mengonsumsi air kelapa muda yang mana memiliki banyak manfaat bagi kesehatan tubuh, terutama untuk kesehatan reproduksi.

Itulah informasi seputar cara memijat agar cepat haid sendiri dan tips dalam menjaga siklus haid agar tetap lancar, semoga bermanfaat.

Share:
Facebook
Twitter
LinkedIn

Tinggalkan komentar

On Key

Related Posts

Chat Customer Service
Konsultasi Vitummy
Halo Kak, Promo Madu Vitummy Masih Adakah?