logo madu vitummy
Search
Close this search box.

Minum Air Kelapa Saat Demam Efektif Turunkan Panas? Cek Faktanya

minum air kelapa saat demam

Saat Moms atau si Kecil demam, pasti pernah disarankan untuk minum air kelapa. Sebab, banyak orang meyakini bahwa cara ini efektif untuk menurunkan suhu tubuh ketika demam. 

Namun, benarkah minum air kelapa saat demam efektif untuk turunkan panas? Artikel berikut akan membahas berbagai fakta air kelapa untuk menurunkan demam. Selain itu, juga berbagai fakta manfaat lain air kelapa

Minum Air Kelapa Saat Demam Bisa Menurunkan Panas?

Demam adalah meningkatnya suhu tubuh seseorang dengan tidak normal. Adapun pada orang dewasa, yaitu lebih dari 36,5 derajat Celcius, sedangkan pada anak-anak di atas 37,2 derajat Celcius. 

Saat demam, Moms dan si Kecil pasti merasakan tubuh mengalami dehidrasi. Kondisi ini dipicu meningkatnya suhu tubuh, sehingga cairan yang ada di dalam tubuh keluar lebih banyak dibandingkan dengan yang masuk. 

Selain itu, suhu tubuh yang tinggi juga memicu produksi keringat berlebih. Akibatnya, kadar elektrolit dalam tubuh terus menurun. Padahal, cairan tubuh seperti elektrolit dan senyawa lainnya sangat diperlukan untuk proses metabolisme. 

manfaat air kelapa ijo untuk demam

Tubuh yang tidak punya dukungan untuk melakukan metabolisme tentunya semakin memperparah dehidrasi ketika demam. Oleh karenanya, Moms dan si Kecil perlu memperbaiki kondisi tersebut. 

Lalu, bolehkah minum air kelapa saat demam? Dilansir dari laman University of California, memenuhi kebutuhan cairan dalam tubuh ketika demam sangat penting untuk dilakukan ya, Moms. 

Salah satu caranya nih Moms ternyata dengan minum air kelapa. Alasannya, tidak hanya air kelapa yang dirasa menyegarkan, tapi juga karena mengandung glukosa dan elektrolit yang tinggi. 

Keduanya sangat dibutuhkan oleh tubuh, terutama ketika Moms atau si Kecil sedang demam. Pasalnya, glukosa dari air kelapa dapat membantu memberikan energi bagi tubuh. Adapun elektrolit menjadikan tubuh tetap terhidrasi. 

Memenuhi kebutuhan cairan tubuh saat demam akan sangat bermanfaat. Sebab, tubuh sedang banyak kehilangan cairan, baik dari suhu tubuh yang meningkat maupun dari produksi keringat berlebih. 

Jadi, minum air kelapa saat demam sangatlah direkomendasikan ya, Moms

Manfaat Air Kelapa untuk Kesehatan 

minum air kelapa saat demam

Selain minum air kelapa saat demam bisa menurunkan suhu tubuh yang tinggi, Moms juga bisa mengambil berbagai manfaat lainnya. Beberapa manfaat air kelapa memang bisa memberikan manfaat untuk kesehatan seperti berikut. 

1. Baik untuk Sumber Nutrisi 

Manfaat air kelapa yang pertama adalah baik untuk menutrisi tubuh. Pasalnya, terdapat banyak kandungan nutrisi yang sangat diperlukan untuk oleh tubuh.

Seperti dilansir dari laman Healthline, setiap satu gelas (240 ml) air kelapa mengandung 60 kalori. Adapun jumlah kalori tersebut bersumber dari beberapa makronutrien berikut. 

  • 15 gr karbohidrat 
  • 8 gr gula 
  • 4% kalsium 
  • 4% magnesium 
  • 2% fosfor 
  • 15% kalium 

Meski demikian, Moms juga perlu tahu bahwa berbagai kandungan nutrisi tersebut ada dalam air kelapa muda. Air dari buah kelapa yang masih muda inilah yang mengandung banyak mineral penting untuk tubuh. 

Oleh karenanya, selain air kelapa muda bermanfaat untuk menurunkan demam, juga bisa untuk sumber nutrisi bagi tubuh. Nutrisi merupakan salah satu kunci faktor yang mempengaruhi kebugaran jasmani.

2. Sebagai Antioksidan Tubuh 

Menurut laman Healthline, beberapa penelitian menunjukkan hasil bahwa air kelapa mengandung sifat antioksidan. Setiap tubuh memerlukan antioksidan untuk membantu memodifikasi radikal bebas agar tidak menimbulkan bahaya. 

Pasalnya, semakin banyak radikal bebas yang ada dalam tubuh akan memicu stres oksidatif. Akibatnya, tubuh mengalami kerusakan sel yang dapat meningkatkan risiko beberapa penyakit. 

Radikal bebas merupakan molekul tidak stabil yang diproduksi dalam sel. Proses produksi ini terjadi saat tubuh melakukan metabolisme. Hasilnya adalah faktor-faktor penyebab penyakit. 

3. Membantu Menurunkan Gula Darah 

Manfaat air kelapa selanjutnya adalah membantu menurunkan gula darah ya, Moms. Hal ini akan sangat dirasakan, terutama bagi para penderita diabetes. Diabetes merupakan penyakit kronis yang terjadi karena kadar gula berlebih dalam tubuh. 

Masih dalam laman yang sama, yaitu Healthline, hasil penelitian menunjukkan bahwa minum air kelapa tidak hanya bisa menurunkan gula darah, tapi juga membantu mengontrolnya. 

Kondisi tersebut tentunya karena kandungan magnesium yang dapat meningkatkan sensitivitas insulin dalam tubuh. Tapi, Moms juga harus ingat bahwa air kelapa mengandung karbohidrat yang jika dipecah menjadi gula dalam tubuh. 

Oleh karenanya, bagi penderita diabetes tetap harus berkonsultasi dengan dokter sebelum minum air kelapa ya, Moms. 

4. Membantu Mencegah Risiko Batu Ginjal 

Batu ginjal adalah masalah pada organ ginjal. Kondisi ini disebabkan oleh tingginya kadar zat kimia pembentuk kristal dalam urin. Adapun bentuknya seperti asam urat, kalsium fosfat, dan kalsium oksalat. 

Moms, mencegah terjadinya penyakit tersebut bisa dilakukan dengan mengonsumsi cukup air. Salah satunya yang lebih baik adalah minum air kelapa.

Sebabnya, air kelapa mendorong seseorang untuk meningkatkan intensitas buang air kecil. Hal ini akan mendukung terbuangnya kalium, klorida, dan sitrat yang dapat memicu batu ginjal apabila tertimbun dalam tubuh. 

5. Mendukung Kesehatan Jantung 

Minum air kelapa juga bermanfaat untuk menjaga kesehatan jantung. Pasalnya, terdapat kandungan potasium yang bermanfaat untuk mengendalikan tekanan darah. Adapun kandungannya sebanyak 500 mg setiap 8 ons. 

Kalium telah terbukti menurunkan tekanan darah pada penderita tekanan darah tinggi atau normal. 

6. Mencegah Dehidrasi Setelah Berolahraga 

Minum air kelapa setelah berolahraga memberikan banyak manfaat, salah satunya mencegah dehidrasi. Seperti Moms ketahui, air kelapa mengandung tinggi elektrolit. Kandungan ini bermanfaat untuk mencegah dehidrasi setelah berolahraga. 

Alasannya, saat seseorang melakukan aktivitas fisik maka tubuh kehilangan banyak elektrolit. Padahal, elektrolit sangat penting untuk menjaga keseimbangan cairan dalam tubuh. Bentuknya, seperti kalium, magnesium, natrium dan kalsium. 

Moms, tubuh yang elektrolitnya terpenuhi maka akan terhindar dari dehidrasi atau kekurangan cairan. Kondisi ini biasanya menyebabkan lemas atau tidak bertenaga. Oleh karenanya, setelah olahraga sangat disarankan minum air kelapa. 

7. Sumber Cairan Tubuh yang Lezat 

Air kelapa yang secara langsung diminum dari buahnya memang dirasa sangat menyegarkan. Sebab, terdapat rasa sedikit manis dengan pedas yang halus. Selain itu, juga sangat rendah kalori dan karbohidrat. 

Rasa tersebut bisa dinikmati ketika Moms mengonsumsinya langsung dari buah kelapa yang baru dipetik. Tapi, apabila terlalu sulit untuk mendapatkannya maka Moms bisa membeli produk minuman air kelapa yang dijual di pasaran. 

Rekomendasi Artikel: Demam bisa disebabkan karena banyak hal, salah satunya kecapekan Yuk! kenali ciri ciri demam karena kecapekan pada anak.

Jadi, itulah beberapa manfaat minum air kelapa dan fakta soal minum air kelapa saat demam yang ternyata bisa menurunkan panas! Meskipun demam adalah kondisi yang umum dialami, baik oleh anak-anak maupun orang dewasa, tapi tetap perlu dicegah. 

Salah satunya dengan minum air kelapa secara rutin. Namun, apabila masih tetap mengalami demam maka Moms bisa mencoba memberikan Madu Vitummy, terutama untuk si Kecil. 

Pasalnya, Madu Vitummy adalah madu herbal yang dibuat dari madu hutan asli dan ekstrak bahan alami. Adapun bahan yang digunakan, seperti ekstrak buah pepaya, bawang putih, rimpang temulawak, temu hitam, dan rasa jeruk. 

Berbagai bahan tersebut kemudian diformulasikan hingga mengandung Selenium Silver Pro. Formula ini ampuh untuk meningkatkan daya tahan tubuh dan nafsu makan anak. 

Si Kecil yang daya tahan dan nafsu makannya baik tentunya akan terhindar dari demam. Selain itu, juga akan mencegah dari risiko terkena penyakit lainnya. 

Yuk, cegah demam pada si Kecil dengan Vitummy dan dapatkan produknya melalui website reminya di www.maduvitummy.id

Share:
Facebook
Twitter
LinkedIn

Tinggalkan komentar

On Key

Related Posts

Chat Customer Service
Konsultasi Vitummy
Halo Kak, Promo Madu Vitummy Masih Adakah?