logo madu vitummy
Search
Close this search box.

7+ Cara Mengatasi Sakit Dada Sebelah Kanan Menurut Islam, Ampuh!

Sakit Dada Sebelah Kanan Menurut Islam

Islam dan kesehatan adalah dua hal yang saling terkait. Pasalnya, Islam mengajarkan ikhtiar untuk mencegah atau sembuh dari penyakit. Hal ini seperti esensi doa setiap umat Islam agar dipanjangkan umurnya. 

Membahas tentang Islam dan kesehatan, bagaimana Islam memandang sakit dada sebelah kanan? Sakit dada sebelah kanan menurut Islam sebenarnya sama dengan yang diungkapkan secara medis. 

Sakit dada sebelah kanan menurut Islam bisa disebabkan oleh banyak faktor. Meski demikian, cara mengatasinya tidak melulu dengan obat-obatan. Ada beberapa cara lain untuk mengatasi hal ini. 

Apa saja caranya? Simak di bawah ini ya, Moms! 

Sakit Dada Sebelah Kanan Menurut Islam 

Sakit Dada Sebelah Kanan Menurut Islam

Moms, sebelumnya sudah tau belum apa itu sakit (nyeri) dada? Sakit dada sebelah kanan menurut Islam tidak berbeda dengan medis, yaitu sakit (nyeri) yang terjadi di dada sebelah kanan dikarenakan kondisi medis tertentu. 

Dilansir dari laman alodokter.com, beberapa kondisi medis yang dapat menyebabkan sakit dada sebelah kanan, yaitu ketegangan otot, cedera, naiknya asam lambung, stres dan kecemasan, batu empedu, pneumonia, serta patah tulang rusuk. 

Berbagai kondisi tersebut merupakan penyebab seseorang mengalami sakit dada sebelah kanan menurut Islam. 

Tanda dan Gejala Sakit Dada Sebelah Kanan Menurut Islam 

Sakit Dada Sebelah Kanan Menurut Islam

Setelah mengetahui beberapa penyebabnya, sakit dada sebelah kanan menurut Islam ditandai dengan banyak gejala. Berikut beberapa tanda atau gejala sakit dada sebelah kanan menurut Islam. 

Saat Merubah Posisi Tidur Terasa Nyeri pada Dada 

Nyeri dada saat merubah posisi tidur merupakan tanda atau gejala sakit dada sebelah kanan menurut Islam. Seperti Moms ketahui, Islam menganjurkan agar posisi tidur miring ke kanan. Orang yang mengalami sakit dada sebelah kanan akan merasa nyeri untuk melakukan hal ini. 

Rasa Perih di Rongga Dada 

Rasa perih di rongga dada atau belakang tulang dada adalah gejala sakit dada sebelah kanan menurut Islam yang selanjutnya. Hal ini bisa dirasakan dengan sensasi rasa perih di dalamnya. 

Dada Terasa Sakit dan Menusuk 

Gejala sakit dada sebelah kanan menurut Islam yang selanjutnya adalah dada terasa sakit. Bentuknya seperti dada yang sedang ditekan sangat kuat. 

Sesak Napas

Sesak napas menjadi gejala lain sakit dada sebelah kanan menurut Islam. Hal ini bisa terjadi saat seseorang sedang tidur dengan posisi berbaring. 

Itulah beberapa tanda atau gejala sakit dada sebelah kanan menurut Islam yang harus Moms ketahui. 

Cara Mengatasi Sakit Dada Sebelah Kanan Menurut Islam 

Moms, bagaimana jika tanda atau gejala yang telah diuraikan sebelumnya benar-benar terjadi? Jangan dulu khawatir ya, Moms! Sebenarnya, ada beberapa cara mengatasi sakit dada sebelah kanan menurut Islam. 

Bagaimana cara mengatasinya? Moms bisa menyimak di bawah ini! 

Baca Juga Yuk: Obat Susah BAB untuk Anak dan Orang Dewasa Paling Ampuh Dikompres dengan Air Dingin 

Sakit dada sebelah kanan menurut Islam bisa diatasi dengan cara dikompres menggunakan air dingin. Hal ini dapat dilakukan terutama apabila sakit dada yang terjadi dikarenakan ketegangan otot. 

Banyak hal yang bisa mengakibatkan otot menjadi tegang, seperti karena mengangkat benda-benda berat atau menggendong anak. Melakukan kompres dingin akan membantu mengurangi peradangan pada dada. Selain itu, juga mengurangi rasa sakit. 

Caranya bisa dilakukan dengan mengompres menggunakan air dingin pada bagian dada. Tindakan ini harus dilakukan beberapa kali dalam sehari. 

Minum Teh Chamomile 

Dilansir dari laman alodokter, sakit dada sebelah kanan menurut Islam bisa diatasi dengan cara mengonsumsi teh chamomile. Teh jenis ini apabila dikonsumsi dapat memberikan manfaat menenangkan. 

Kondisi ini tentunya menjadikan seseorang berkurang rasa cemasnya. Dampaknya, bisa tidur lebih nyenyak, meredakan sakit perut, dan mengurangi risiko ketegangan otot. 

Mengonsumsi Kacang Almon

Masih dilansir dari laman yang sama, cara mengatasi sakit dada sebelah kanan menurut Islam adalah dengan mengonsumsi kacang almon. Sebabnya, kacang almon termasuk dalam jenis makanan basa. 

Jenis makanan ini dapat meredakan dan menetralkan asam lambung yang naik ke kerongkongan. Oleh karena itu, mengonsumsi kacang almon dipercaya dapat mengatasi sakit dada yang disebabkan karena asam lambung. 

Mengonsumsi Obat Antinyeri 

Mengonsumsi obat antinyeri juga bisa menjadi cara mengatasi sakit dada sebelah kanan menurut Islam. Hal ini bisa dilakukan selain cara-cara mandiri yang telah diuraikan sebelumnya. 

Manfaat mengonsumsi obat ini adalah dapat mengurangi rasa sakit dada yang disebabkan karena ketegangan otot. Adapun beberapa bentuk obatnya, seperti parasetamol dan ibuprofen. 

Mengonsumsi Obat Antisida 

Obat antasida bisa dikonsumsi sebagai cara untuk mengatasi sakit dada sebelah kanan menurut Islam. Catatannya, obat ini bisa dikonsumsi apabila penyebab sakit dada adalah naiknya asam lambung. 

Alasannya, obat antasida berfungsi untuk menurunkan asam lambung dengan cepat, sehingga sakit dada sebelah kanan bisa segera diatasi. Adapun bentuk obat ini adalah aluminium hidroksida, kalsium karbonat, dan magnesium hidroksida. 

Mengonsumsi Asam Ursodeoksikolat 

Cara mengatasi sakit dada sebelah kanan menurut Islam lainnya adalah dengan mengonsumsi asam ursodeoksikolat. Jenis asam ini termasuk obat yang digunakan untuk batu empedu. 

Seperti disebutkan bahwa salah satu penyebab sakit dada sebelah kanan bisa dikarenakan batu empedu. Oleh karena itu, obat ini digunakan untuk mencegah pembentukan batu empedu pada seseorang. 

Mengonsumsi Obat Antidepresan 

Obat antidepresan mungkin telah diketahui oleh banyak orang, terutama yang sering mengalami kecemasan. Perlu diketahui bahwa obat ini bisa digunakan untuk mengatasi sakit dada sebelah kanan menurut Islam. 

Pasalnya, penyebab sakit dada sebelah kanan salah satunya dikarenakan stres atau kecemasan. Nah, untuk mengatasi hal ini bisa dilakukan dengan mengonsumsi obat antidepresan. 

Beberapa bentuk obat antidepresan, yaitu fluoxetin, duloxetin, atau sertraline. 

Berkonsultasi dengan Dokter 

Cara mengatasi sakit dada sebelah kanan menurut Islam juga bisa dilakukan dengan berkonsultasi atau memeriksakannya pada dokter. Hal ini disarankan untuk dilakukan apabila seseorang telah merasakan sakit dada kanan yang berangsur-angsur. 

Selain itu, berkonsultasi dengan dokter akan membuat seseorang lebih aman dan secara serius mendapat penanganan terbaik. 

Itulah beberapa cara mengatasi sakit dada sebelah kanan menurut Islam yang harus Moms ketahui. Apabila hal ini sampai terjadi maka Moms sudah tau tindakan yang harus dilakukan. 

Waspadai Hal Berikut Saat Sakit Dada Sebelah Kanan Menurut Islam 

Sakit Dada Sebelah Kanan Menurut Islam

Sakit dada sebelah kanan menurut Islam apabila sampai terjadi maka perlu mewaspadai beberapa hal. Adapun beberapa hal yang harus diwaspai dilansir dari laman alodokter.com sebagai berikut. 

  • Kesulitan untuk menelan sesuatu 
  • Lama mengalami sesak napas 
  • Demam, menggigil, dan batuk berdahak 
  • Sakit yang tidak kunjung membaik 
  • Rasa nyeri yang dirasakan sampai rahang, lengan kiri, dan punggung 
  • Denyut jantung dan tekanan darah sangat rendah 
  • Detak jantung tidak teratur, pusing, mual, pucat, dan keringat berlebih 

Itulah beberapa hal yang harus diwaspadai saat sakit dada sebelah kanan. Mewaspadai hal tersebut dapat mencegah seseorang mengalami kondisi yang tidak diinginkan. 

Meski demikian, menjaga daya tahan tubuh secara menyeluruh akan lebih efektif untuk menghindarkan seseorang mengalami sakit dada sebelah kanan.

Caranya dengan mengonsumsi Vitummy dengan formula Selenium Silver Pro yang ampuh meningkatkan daya tahan tubuh.

Yuk, dapatkan produk Vitummy sekarang juga melalui website resmi www.maduvitummy.id!

Share:
Facebook
Twitter
LinkedIn

Tinggalkan komentar

On Key

Related Posts

Chat Customer Service
Konsultasi Vitummy
Halo Kak, Promo Madu Vitummy Masih Adakah?