logo madu vitummy
Search
Close this search box.

Pantangan Setelah Minum Obat Cacing, Catat Agar Pengobatan Tak Sia-Sia

pantangan setelah minum obat cacing

Minum obat cacing merupakan upaya untuk membantu membunuh cacing parasit yang ada di dalam tubuh. Pasalnya, cacingan memang bisa terjadi, baik pada anak-anak maupun orang dewasa. 

Namun, tahukah Moms akan pantangan setelah minum obat cacing? Sebagai orang tua, Moms harus tahu nih mengenai hal tersebut. Tujuan utamanya adalah agar si Kecil terbebas dari cacingan dan pengobatan yang sudah dilakukan tidak sia-sia.

Apa itu Obat Cacing? 

Sebelum menjawab pertanyaan tersebut, sebaiknya Moms mengetahui terlebih dahulu mengenai cacingan. Dilansir dari laman Patient, cacing merupakan parasit yang masuk ke dalam tubuh manusia. 

Selain itu, cacing parasit juga mampu hidup serta memakan beberapa organ dalam tubuh yang dimasukinya. Kondisi ini menyebabkan terjadinya infeksi cacing yang umumnya disebut cacingan. 

Apa Itu Cacingan

Nah, orang yang mengalami infeksi cacing (cacingan) harus diobati dengan mengonsumsi obat cacing. Secara umum, obat yang difungsikan untuk mengobati cacingan sering disebut dengan anthelmintik. 

Menurut Jurnal Biologi Papua, anthelmintik adalah obat yang dapat memusnahkan cacing, baik dalam tubuh manusia maupun hewan. Kebanyakan obat ini diberikan kepada penderitanya langsung melalui mulut. 

Meski demikian, waktu terbaik minum obat cacing adalah saat makan atau setelahnya. Beberapa bahkan perlu diberikan bersama dengan pencahar, yaitu obat pencuci perut atau urus-urus (seperti kastroli, garam inggris). 

Jadi, apa itu obat cacing? Moms bisa memahami bahwa obat cacing adalah obat yang difungsikan untuk membunuh cacing parasit dalam tubuh dengan kandungan anthelmintik. 

Pantangan Setelah Minum Obat Cacing 

pantangan setelah minum obat cacing

Sebagai orang tua, Moms pasti bertanya-tanya adakah pantangan setelah mengonsumsi obat cacing, terutama pada anak-anak? Dilansir dari laman Vinmec International Hospital, obat cacing biasanya akan mulai bekerja setelah 8–12 jam. 

Selanjutnya, sekitar 24–72 jam kemudian, obat cacing akan membunuh berbagai cacing parasit dalam tubuh. Hal ini dikarenakan kandungan yang terdapat di dalamnya sangat efektif untuk membunuh cacing, seperti yang saat ini beredar di pasaran. 

Meski demikian, Moms harus memperhatikan pantangan setelah minum obat cacing sebagai berikut. 

1. Tidak Menjaga Kebersihan  

Jangan lupa bahwa faktor paling sering penyebab cacingan adalah tidak menjaga kebersihan ya, Moms. Kondisi ini menjadikannya sebagai suatu hal yang tidak boleh dilakukan kembali, terutama setelah mengonsumsi obat cacing. 

Seperti dilansir dari laman Alodokter, menjaga kebersihan bisa dilakukan dengan mencuci tangan dan kaki secara rutin, memotong kuku, dan menggunakan alas kaki ketika ke luar rumah. 

Berbagai cara tersebut akan mencegah kembalinya kontak antara tubuh dengan parasit, baik masih dalam keadaan telur maupun sudah menjadi cacing parasit. 

Pasalnya, tidak menjaga kebersihan dengan baik menjadikan konsumsi obat yang telah dilakukan akan terkesan sia-sia. Oleh karena itu, Moms pastinya tidak menginginkan akan terjadinya hal tersebut. 

2. Mengonsumsi Makanan Tidak Higienis 

Makanan tidak higienis masih sering dikonsumsi masyarakat, seperti yang telah dikerubungi lalat, dijual di pinggir jalan secara terbuka tanpa kemasan, dan telah jatuh ke alas.

Berbagai makanan tersebut apabila sampai dikonsumsi dapat menyebabkan cacingan. Terus-terusan mengonsumsinya menjadikan obat cacing yang telah diminum sebelumnya tidak akan memberikan efek apa pun. 

Oleh karenanya, hal yang tidak boleh dilakukan setelah minum obat cacing adalah mengonsumsi makanan tidak higienis. 

3. Tidak Rutin Mengonsumsi Obat Cacing 

Secara umum, obat cacing umumnya dikonsumsi 6 bulan sekali ya, Moms. Kebiasaan ini harus dilakukan terutama bagi anak-anak atau orang dewasa yang berpotensi tinggi terkena cacingan. Misalnya, tinggal di tempat yang banyak penderita kecacingan dan lingkungan yang kotor. 

Pantangan bagi orang-orang yang tinggal di tempat tersebut adalah tidak mengonsumsi obat cacing secara rutin. Pasalnya, tujuan dari rutinitas konsumsi obat cacing adalah untuk proteksi tubuh dari infeksi cacing parasit dalam tubuh. 

Oleh karena itu, Moms harus rutin memberikan obat cacing pada si Kecil untuk proteksi tubuhnya. 

4. Tidak Menjaga Nutrisi Tubuh 

Cacingan merupakan salah satu penyakit yang dapat merusak tubuh. Pasalnya, cacing-cacing yang hidup dalam sistem pencernaan dapat mengambil sebagian besar nutrisi yang masuk ke dalam tubuh. 

Setelah mengonsumsi obat cacing untuk mengatasi masalah tersebut, Moms juga harus tahu bahwa tidak menjaga asupan nutrisi termasuk yang tidak boleh dilakukan. 

Sebab untuk mengganti banyaknya nutrisi yang diambil cacing sebelumnya maka penderita cacingan justru harus mengonsumsi lebih banyak nutrisi. Asupan nutrisi yang banyak akan memperbaiki sistem dalam tubuh yang rusak. 

Oleh karena itu, setelah minum obat cacing pantang untuk tidak menjaga asupan nutrisi dalam tubuh. 

5. Tidak Minum 

Dilansir dari laman Vinmec International Hospital, seseorang seharusnya mengonsumsi air setelah minum obat cacing ya, Moms. Hal ini untuk menghindari terjadinya anoreksia, mual, dan rasa tidak nyaman yang bisa dialami setelah minum obat cacing. 

Kondisi tersebut termasuk salah satu yang harus diperhatikan, bahkan masuk dalam hal yang seharusnya tidak dilakukan. 

Madu Vitummy untuk Mencegah Cacingan 

vitummy_untuk_anak_cacingan

Madu Vitummy merupakan madu herbal yang dibuat dari madu hutan asli dan ekstrak bahan alami, seperti buah pepaya, bawang putih, rimpang temulawak, rimpang temu hitam, dan rasa jeruk. 

Berbagai kandungan tersebut menjadikan Madu Vitummy memiliki formula Selenium Silver Pro. Formula ini dirancang untuk meningkatkan daya tahan tubuh dan nafsu makan anak-anak. 

Salah satu caranya adalah dengan melancarkan sekaligus menyehatkan sistem pencernaannya ya, Moms. Bentuknya seperti mencegah si Kecil dari terkena cacingan. 

Pasalnya, terdapat kandungan anthelmintik di dalamnya yang berasal dari ekstrak bawang putih. Kandungan ini memang berfungsi untuk mencegah sekaligus membunuh, baik telur maupun cacing dalam tubuh. 

Sebagai suatu produk herbal, Madu Vitummy sangat aman dikonsumsi setiap hari. Inilah yang membedakan antara Madu Vitummy dengan obat cacing pada umumnya.

Tunggu apa lagi? Yuk, bebaskan anak dari cacingan dengan Madu Vitummy yang bisa didapatkan melalui website resmi kami!

Share:
Facebook
Twitter
LinkedIn

Tinggalkan komentar

On Key

Related Posts

Chat Customer Service
Konsultasi Vitummy
Halo Kak, Promo Madu Vitummy Masih Adakah?