logo madu vitummy
Search
Close this search box.

Pengaruh Asam Lambung Terhadap BAB, Menilik Hubungan Keduanya

pengaruh asam lambung terhadap BAB

Asam lambung merupakan salah satu gangguan sistem pencernaan yang sering dialami banyak orang ya, Moms. Penyebabnya adalah naiknya asam lambung ke esofagus atau kerongkongan sehingga menyebabkan iritasi. 

Kondisi tersebut biasanya memberikan pengaruh tertentu pada kesehatan tubuh. Adapun pengaruh asam lambung terhadap BAB adalah yang paling banyak dialami oleh penderitanya. 

Tapi Moms, benarkah susah BAB karena asam lambung? Nah, artikel berikut akan membahas mengenai hal tersebut. Selain itu, juga tentang cara melancarkan BAB saat asam lambung. 

Yuk, simak selengkapnya di bawah ini!

Pengaruh Asam Lambung Terhadap BAB, Bikin Susah BAB?

Susah Buang Air Besar (BAB) umumnya dikenal dengan istilah sembelit. Kondisi ini terjadi ketika seseorang mengalami kesulitan buang air besar. Penyebabnya bisa bermacam-macam nih Moms, seperti pola makan yang tidak sehat, kurang serat dan air putih, dan kurang aktivitas. 

Selain itu, masyarakat juga meyakini bahwa susah BAB sering disebabkan oleh asam lambung. Kondisi ini sebenarnya perlu dipahami lebih lanjut ya, Moms. Pasalnya, asam lambung sebenarnya tidak menjadi faktor pemicu secara langsung, namun secara tidak langsung. 

Seperti menurut dr. Sungadi Santoso dalam kanal Youtube SBH20 Health, sembelit bisa disebabkan oleh beberapa faktor. Salah satu faktor yang dr. Sung sebutkan adalah mengonsumsi obat sakit maag seperti antasida. 

Obat antasida adalah obat sakit maag yang apabila dikonsumsi bisa menyebabkan sembelit. Oleh karenanya, kondisi ini membuktikan bahwa meskipun tidak secara langsung, namun gangguan pada lambung seperti maag atau dalam hal ini asam lambung dapat menyebabkan sembelit. 

Moms, berarti bisa dikatakan bahwa susah BAB karena asam lambung bisa terjadi meskipun tidak secara langsung

Cara Melancarkan BAB Saat Asam Lambung 

asam lambung bisa sebabkan BAB

Setelah tahu pengaruh asam lambung terhadap BAB, kini saatnya Mom memahami cara mengatasinya. Sebab ada beberapa cara melancarkan BAB dilansir dari berbagai sumber seperti berikut. 

Mengonsumsi Makanan Tinggi Serat 

Serat (fiber) adalah bagian atau senyawa dari makanan nabati yang tidak dapat dicerna atau diserap oleh tubuh. Beberapa jenis makanan yang tinggi serat antara lain kacang polong, buah-buahan, dan sayur-sayuran. 

Mengonsumsi berbagai makanan tersebut termasuk cara melancarkan BAB, terutama apabila dilakukan setiap hari. Pasalnya, dalam video yang berbeda dr. Sung menyebutkan bahwa setiap hari tubuh selalu membutuhkan serat. 

Dilansir dari laman IHC Telemed, fungsi serat dalam tubuh adalah membantu mencegah atau meredakan masalah pencernaan. Beberapa masalah yang dimaksud seperti sembelit, diare, dan sindrom iritasi usus besar (IBS). 

Oleh karena itu, cara melancarkan BAB bisa dilakukan dengan mengonsumsi makanan tinggi serat. 

Mengonsumsi Makanan Tinggi Omega-3 

Omega-3 adalah keluarga asam lemak esensial yang memainkan peran penting dalam tubuh. Selain itu, juga dapat memberikan sejumlah manfaat kesehatan, salah satunya membantu melumasi usus besar. 

Manfaat tersebut nih Moms, tentunya akan membantu proses pembuangan yang lebih baik dan lancar. Oleh karenanya, memberikan jenis makanan tinggi omega-3, antara lain ikan, kacang-kacangan, dan biji-bijian dapat membantu melancarkan BAB. 

Mengonsumsi Air Mineral 

Air mineral (air putih) sangat diperlukan untuk menghidrasi tubuh. Pasalnya, sebagian besar komposisi dalam tubuh manusia terdiri oleh air, sehingga perlu dicukupi kebutuhannya dengan mengonsumsinya sesuai kebutuhan. 

Selain bermanfaat untuk memenuhi kebutuhan cairan dalam tubuh, minum air putih juga jadi cara memperlancar BAB. Sebab, pemenuhan kebutuhan air dalam sistem pencernaan akan mendukung tekstur feses yang lebih lunak. Hasilnya, BAB bisa dilakukan dengan lancar dan teratur. 

Baca Juga: Cara Mengatasi Diare Setelah Minum Susu.

Menghindari Makanan Berlebih 

Makan berlebih atau terlalu banyak bisa memicu kekenyangan ya, Moms. Kondisi pencernaan yang terlalu penuh akibat kekenyangan ini akan membuat lambung tidak bisa melakukan kerjanya dengan baik. 

Fungsi lambung yang tidak sempurna tersebut tentunya membuat makanan yang masuk tidak dapat dicerna dengan baik, baik oleh lambung maupun usus. Hasilnya, BAB menjadi tidak lancar. 

Oleh karenanya, menghindari makan berlebih akan mendukung pencernaan yang lebih lancar. 

Mengurangi Konsumsi Makanan Tertentu 

Beberapa makanan seperti daging merah, lemak hewan, dan makanan yang digoreng (deep frying) bisa menyebabkan peradangan pada usus. Alasannya, jenis makanan ini tidak mudah dicerna oleh usus. 

Moms, mengganti konsumsi makanan tersebut dengan makanan tinggi serat akan lebih baik untuk pencernaan. Bahkan, bisa mendukung BAB yang lancar. Oleh karenanya, cara ini menjadi salah satu yang bisa dilakukan di rumah. 

Minum Madu 

Madu yang dicampur dengan air hangat dan dikonsumsi pagi hari dapat membantu melancarkan pencernaan. Caranya adalah menuangkan 1 sendok madu ke dalam 1.5 gelas air hangat. Campuran air dan madu ini bisa langsung dikonsumsi pagi hari bahkan sebelum makan atau perut kosong. 

Senyawa dalam madu akan membantu menurunkan produksi asam lambung. Hasilnya, Moms bisa dengan lancar buang air besar. 

Artikel Lainnya: Bolehkah Meminum Vitamin Saat Diare?

Minum Madu Vitummy 

Madu Vitummy adalah madu herbal yang dibuat dari madu hutan asli dan ekstrak bahan alami, yaitu ekstrak buah pepaya, bawang putih, rimpang temulawak, rimpang temu hitam, dan rasa jeruk. 

Berbagai bahan tersebut diformulasikan dalam Vitummy sehingga menghasilkan formula Selenium Silver Pro. Formula ini bermanfaat untuk meningkatkan daya tahan tubuh dan nafsu makan. 

Selain itu, juga dapat membantu melancarkan pencernaan. Hal ini dikarenakan kandungan madu, ekstrak buah pepaya, dan temulawak memiliki senyawa yang sangat diperlukan sistem pencernaan. 

Yuk, konsumsi Vitummy penambah nafsu makan dan solusi pencernaan sehat

Share:
Facebook
Twitter
LinkedIn

Tinggalkan komentar

On Key

Related Posts

Chat Customer Service
Konsultasi Vitummy
Halo Kak, Promo Madu Vitummy Masih Adakah?