logo madu vitummy
Search
Close this search box.

5+ Manfaat dan Panduan Yoga saat Hamil

yoga saat hamil

Sudahkah mom tahu mengenai manfaat yoga saat hamil? Jika belum, yuk kita simak sama-sama.

Mendengar kata yoga pasti langsung tersirat bayangan pose duduk dan relaksasi. Yoga memang dikenal sebagai olahraga yang berfungsi untuk menenangkan pikiran dan tubuh dengan cara menggabungkan aktivitas meditasi dan latihan pernafasan.

Yoga memiliki manfaat yang sangat banyak, termasuk untuk memelihara kesehatan ibu hamil dan calon buah hati. Yoga saat hamil bermanfaat untuk melatih pernafasan dan menguatkan area pinggul agar ibu hamil siap secara mental dan fisik dalam menghadapi persalinan. Baik itu persalinan normal maupun operasi caesar.

Untuk lebih jelasnya lagi, berikut adalah manfaat yoga saat hamil.

Manfaat Yoga saat Hamil

Selain untuk menjaga kesehatan janin dan melatih pernafasan pada ibu hamil, manfaat yoga antara lain:

Melancarkan sirkulasi darah di dalam tubuh

Mom, sirkulasi darah yang tidak lancar dapat menyebabkan aliran darah ke janin terganggu sehingga janin mengalami kekurangan oksigen dan tumbuh kembangnya terganggu. Meskipun sedang hamil, mom tetap harus melakukan beberapa aktivitas untuk melancarkan peredaran darah, salah satunya adalah yoga saat hamil.

Menurunkan tekanan darah sehingga ibu hamil terhindar dari risiko preeklamsia

Preeklamsia merupakan tekanan darah tinggi yang berkembang selama masa kehamilan. Kondisi ini sangat berbahaya karena dapat menyebabkan ibu hamil kejang hingga risiko meninggal dunia. Untuk mengurangi risiko tersebut, yoga saat hamil dapat menjadi cara alternatif untuk menjaga tekanan darah agar tetap stabil.

Membantu memperbaiki postur tubuh

Ketika hamil, postur tubuh mengalami perubahan struktur karena tubuh lebih banyak melakukan aktivitas dengan menggunakan otot bagian belakang. Untuk membantu memperbaiki itu, mom sebaiknya melakukan aktivitas yoga saat hamil. Yoga memiliki manfaat untuk memperbaiki struktur tubuh.

Meningkatkan kualitas tidur

Ketika yoga, ibu hamil akan melakukan meditasi, yaitu aktivitas memusatkan perhatian dan kesadaran. Meditasi ini terbukti ampuh dalam meningkatkan kadar hormon melatonin yang berfungsi mengatur pola tidur sehingga kualitas tidur ibu hamil meningkat.

Mengurangi rasa cemas dan stress pada ibu hamil

Saat hamil kadar hormon dalam tubuh berubah. Perubahan tersebut dapat berpengaruh pada kadar zat kimia di otak yang berfungsi untuk mengatur perasaan sehingga menyebabkan ibu hamil cenderung mudah cemas, gelisah, dan khawatir.

Yoga saat hamil sangatlah bermanfaat untuk mengurangi rasa cemas dan stress. Ketika yoga tubuh akan melepaskan hormon endorfin dan zat-zat toxic lainnya sehingga dapat meningkatkan mood dan membuat tubuh serta pikiran menjadi rileks.

Itulah sederet manfaat yoga saat hamil. Selain itu, yoga saat hamil juga bermanfaat untuk mengurangi keluhan nyeri punggung, kram perut, sakit kepala, dan juga pegal-pegal.

Kapan Waktu yang Tepat untuk Melakukan Yoga saat Hamil

Prenatal yoga ini sebaiknya dilakukan ketika masa kehamilan sudah melewati trimester pertama atau ketika usia kehamilan sudah diatas 12 minggu. Untuk melakukan prenatal yoga, ibu hamil sebaiknya didampingi oleh instruktur yoga agar gerakan pose atau gerakan yoga dilakukan dengan tepat sehingga tidak membahayakan tubuh ibu hamil dan janin. Bila sudah terbiasa, ibu hamil dapat melakukan yoga sendiri di rumah selama 3 kali dalam seminggu dengan durasi 30 menit.

Hindari yoga berlebihan karena dapat membuat tubuh kelelahan dan memicu kontraksi bahkan cedera atau trauma.

Panduan Gerakan Yoga Saat Hamil

Berikut ini adalah panduan yoga saat hamil yang dapat dilakukan di rumah:

Cat cow

vitummy | 5+ Manfaat dan Panduan Yoga saat Hamil
Cat Cow Pose

Cat cow merupakan pose yoga yang bermanfaat untuk mengurangi pegal, terutama bagi ibu hamil yang sering mengeluhkan sakit punggung. Ketika hamil dan perut semakin membesar, tulang punggung akan menopang berat badan yang lebih besar sehingga menimbulkan keluhan pegal dan nyeri punggung.

Pose cat cow ini dilakukan dengan cara menekuk dan meregang punggung agar -otot dipunggung menjadi lemas dan lentur.

Warrior II

vitummy | 5+ Manfaat dan Panduan Yoga saat Hamil
Warior II Pose

Warrior pose merupakan pose berdiri yang bagus untuk dilakukan di masa trimester pertama dan tentunya aman untuk dilakukan di umur usia kehamilan berapapun. Pose the Warrior Pose sangat bermanfaat untuk memperkuat otot kaki serta paha bagian dalam.

Cara melakukan the Warrior pose ini adalah: Renggangkan kaki, dan lebarkan tangan ke arah depan dan belakang. Tarik kaki kiri dan tekuk kaki kanan dengan masing-masing hitungan delapan detik. Setelah itu, ganti kaki, tarik nafas dalam-dalam agar badan ibu hamil tetap rileks.

Pose bridge

vitummy | 5+ Manfaat dan Panduan Yoga saat Hamil
Bridge Pose

Pose bridge merupakan posisi yoga yang memiliki manfaat untuk melatih otot vagina, paha, dan lutut. Pose ini juga aman untuk dilakukan di umur kehamilan berapapun.

Pose ini dilakukan dengan cara terlentang, tekuk kedua kaki, tangan berada tepat di samping badan, kemudian angkat pinggul dan hitung selama delapan detik. Ulangi gerakan sebanyak enam kali.

King pigeon

vitummy | 5+ Manfaat dan Panduan Yoga saat Hamil
King Pigeon

Pose king pigeon sangat bermanfaat untuk melenturkan otot pinggul di mana ketika hamil, ibu hamil cenderung sering merasa pegal di area punggung dan pinggang. Selain itu, pose ini juga bermanfaat untuk memperbaiki postur tulang punggung yang maju karena beban perut yang semakin membesar.

Lakukan yoga ini dengan cara duduk tegak, kaki kanan dilipat ke depan dan kaki kiri diluruskan ke belakang. Hitung selama delapan detik dengan posisi kaki bergantian antara kiri dan kanan.

Balancing table pose

vitummy | 5+ Manfaat dan Panduan Yoga saat Hamil
Balancing Table Pose

Balancing table pose sangat bermanfaat untuk melatih otot perut yang dibutuhkan selama masa persalinan.

Untuk melakukan pose ini, posisikan tubuh dengan gerakan merangkak, regangkan kaki kanan ke belakang dan raih lengan kiri ke depan. Tahan nafas selama 3-5 detik, lalu lakukan pose kaki bergantian.

Goddes pose

vitummy | 5+ Manfaat dan Panduan Yoga saat Hamil
Goddes Pose

Goddes pose merupakan gerakan gerakan yoga yang berfungsi untuk memperkuat tubuh bagian bawah. Selain itu, pose ini juga bermanfaat untuk membangun kekuatan pada inti tubuh, seperti glutes, paha depan, paha belakang, perut, dan punggung.

Bound angle pose

vitummy | 5+ Manfaat dan Panduan Yoga saat Hamil
Bound Angle Pose

Bound angle pose merupakan latihan postur tubuh yang berfungsi untuk melatih pernapasan. Ketika melakukan pose ini, ibu hamil juga dapat melakukan pijatan pada kaki dan betis untuk meningkatkan sirkulasi darah dan meredakan ketegangan akibat bertambahnya beban pada perut.

Itulah panduan dan manfaat yoga saat hamil. Yoga saat hamil memang memiliki manfaat yang baik untuk kesehatan ibu dan calon buah hati.

Tak hanya ibu hamil dan calon buah hati, kesehatan keluarga lainnya juga perlu dijaga. Untuk menjaga kesehatan keluarga, Vitummy hadir sebagai madu pelindung kesehatan keluarga yang terbuat dari ekstrak tanaman jamu pilihan dan berkualitas sehingga mampu membantu meningkatkan daya tahan tubuh dan melindungi keluarga dari penyakit.

Yuk miliki madu Vitummy sebagai pelengkap perlindungan keluarga!

Share:
Facebook
Twitter
LinkedIn

Tinggalkan komentar

On Key

Related Posts

Chat Customer Service
Konsultasi Vitummy
Halo Kak, Promo Madu Vitummy Masih Adakah?