logo madu vitummy
Search
Close this search box.

3 Sendok Makan Nasi Berapa Kalori? Penting Untuk yang Peduli Energi

3 sendok makan nasi berapa kalori

Mengetahui jumlah kalori pada setiap makanan yang dikonsumsi pasti sangat penting ya, Moms. Terutama bagi mereka yang sedang berusaha mencapai berat badan idealnya atau untuk mencukupi kebutuhan energi. Pasalnya, kalori yang masuk dalam tubuh akan sangat memengaruhi berat badan. 

Meski nasi merupakan makanan pokok sebagian besar masyarakat Indonesia, namun konsumsinya harus tetap dikendalikan ya, Moms. Sebab, terlalu sedikit makan nasi akan memicu kurangnya berat badan, kemudian sebaliknya. 

Moms, tahu tidak 3 sendok makan nasi berapa kalori? Sebagai makanan pokok, nasi dipilih tidak hanya karena hasil pertanian yang umum ditemui di Indonesia. Melainkan, banyak kandungan nutrisi yang penting terdapat di dalamnya ya, Moms. 

Berbagai nutrisi tersebut apabila dikonsumsi tentunya dapat mendukung pemenuhan kebutuhan dalam tubuh. Hasilnya, tubuh bisa lebih kuat dan sehat untuk melakukan berbagai aktivitas sehari-hari. 

Kandungan dalam Nasi

Moms, apa saja yang terkandung dalam nasi? Menurut laman Nilai Gizi, nasi mengandung nutrisi sebagai berikut. 

Per 100 g BDD (Berat Dapat Dimakan)


% AKG*
Energi180 kkal8.37 %
Lemak total0.30 g0.45 %
Vitamin A0 mcg0 %
Vitamin B10.05 mg5 %
Vitamin B20.10 mg10 %
Vitamin B32.60 mg17.33 %
Vitamin C0 mg0 %
Karbohidrat total39.80 g12.25 %
Protein3 g5 %
Serat pangan0.20 g0.67 %
Kalsium25 mg2.27 %
Fosfor27 mg3.86 %
Natrium1 mg0.07 %
Kalium38 mg0.81 %
Tembaga100 mcg12.50 %
Besi0.40 mg1.82 %
Seng0.60 mg4.62 %
B-Karoten0 mcg
Karoten total
Air56.70 g
Abu0.20 g

* Persen AKG berdasarkan kebutuhan energi 2150 kkal. Kebutuhan energi anda mungkin lebih tinggi atau lebih rendah.

* Percent Daily Values are based on a 2150 calorie diet. Your daily values may be higher or lower depending on your calorie needs. 

Artikel Terkait: Cara Mengatasi Anak Susah Makan Nasi Usia 1 Tahun.

Apa itu Kalori? 

Setelah melihat daftar nutrisi yang terdapat dalam nasi, Moms mungkin bertanya-tanya berapa jumlah kalorinya? Pasalnya, pada tabel sebelumnya memang tidak secara langsung disebutkan mengenai jumlah kalori. 

Lalu, apa yang dimaksud dengan kalori? Kalori merupakan nilai yang menunjukkan jumlah energi dari makanan dan minuman yang dikonsumsi. Kemudian, melalui proses metabolisme tubuh, kalori berubah menjadi energi. 

Proses perubahan tersebut bertujuan untuk mendukung kinerja dan fungsi organ tubuh. Nah, sisa dari inilah yang nantinya akan disimpan dalam bentuk lemak. 

Moms, itulah yang menjadikan konsumsi makanan dan minuman mengandung kalori dapat menaikkan berat badan. Meski demikian, Moms tidak perlu khawatir, sebab ada cara menghitung kalori. 

Hitungan ini dilakukan karena kebutuhan setiap manusia akan kebutuhan kalori berbeda-beda. Misalnya, anak dengan berat badan kurang sebaiknya mengonsumsi makanan atau minuman dengan kalori tinggi. 

Sebaliknya, mereka yang punya berat badan berlebih sebaiknya mengonsumsi makanan atau minuman rendah kalori. Tujuannya adalah untuk menjaga berat badan ideal sebagai salah satu tolok ukur kesehatan. 

Kebutuhan Kalori Setiap Hari

kandungan kalori dalam nasi berapa

Nasi termasuk jenis makanan mengandung kalori ya, Moms. Hal ini menjadikan konsumsi nasi perlu diperhitungkan karena kebutuhan kalori setiap orang berbeda-beda. 

Meski demikian, menurut Peraturan Menteri Kesehatan RI Tahun 2019, angka rata-rata kecukupan energi bagi masyarakat Indonesia adalah 2100 (dua ribu seratus) kilo kalori per orang per hari. 

Angka tersebut tentunya berbeda dengan kebutuhan kalori anak-anak. Seperti dilansir dari laman Hello Sehat, berikut jumlah kalori yang baik untuk tubuh, terutama untuk anak usia 0–10 tahun. 

  • Usia 0-6 bulan: 550 Kkal per hari
  • Usia 7-11 bulan: 725 Kkal per hari
  • Usia 1-3 tahun: 1125 Kkal per hari
  • Usia 4-6 tahun: 1600 Kkal per hari
  • Usia 7-10 tahun: 1850 Kkal per hari

Itulah angka kebutuhan kalori per hari pada anak-anak. Nah, Moms bisa melihat bahwa angka tersebut menunjukkan perbedaan kalori masing-masing usia. 

Perbedaan kebutuhan kalori tersebut dipengaruhi oleh usia masing-masing anak. Misalnya nih Moms pada bayi yang masih mengonsumsi ASI eksklusif. Pemenuhan kebutuhan kalori pada bayi bersumber dari air susu ibu. 

Oleh karenanya, Moms yang masih dalam periode menyusui sebaiknya perlu menambah asupan kalori setiap harinya. Sebab, kalori dalam ibu menyusui akan menjadi sumber, baik bagi tubuhnya maupun bagi si Kecil. 

3 Sendok Makan Nasi Berapa Kalori?

pentingnya memenuhi kebutuhan kalori dari nasi

Untuk mengadopsi pola makan yang sehat, penting untuk mengetahui jumlah kalori yang terkandung dalam nasi yang dikonsumsi setiap hari. Salah satu strategi untuk mencapai berat badan ideal adalah dengan memperhitungkan asupan kalori secara cermat, yang harus disesuaikan dengan tingkat aktivitas fisik yang dilakukan.

Menurut laporan dari Fat Secret, satu piring nasi putih biasanya mengandung sekitar 135 kalori. Banyak orang memilih untuk mengurangi konsumsi nasi putih menjadi hanya satu sendok, sebagai upaya untuk menjaga berat badan.

Umumnya, nasi putih dihidangkan dengan sayuran, lauk, dan buah. Satu sendok nasi putih biasanya berisi sekitar 24 kalori, sehingga tiga sendok makan nasi putih akan memiliki sekitar 72 kalori.

Jumlah kalori dalam setiap tiga sendok nasi putih tersebut bisa menjadi takaran, baik untuk Moms maupun si Kecil ketika makan. 

Baca Juga: Makan Sebelum Olahraga Bikin Gemuk, Fakta atau Mitos?

Makanan Lain yang Mengandung Kalori 

Selain nasi putih, berikut adalah beberapa makanan yang mengandung kalori. 

1. Kentang

Siapa yang bisa menolak kentang? Selain enak, kentang juga punya kalori yang tidak main-main. Potongan kentang rebus atau kentang tumbuk bisa jadi alternatif keren buat nasi. Paling penting, Moms jangan lupa untuk mencoba variasi olahan kentang yang berbeda-beda.

2. Roti Gandum

Roti gandum jadi pilihan keren untuk mengganti nasi. Selain membuat kenyang, roti gandum juga kaya akan serat dan nutrisi lainnya. Jadi, buat yang menginginkan variasi makanan nasi, roti gandum bisa jadi jawaban yang pas

3. Oatmeal

Tidak hanya untuk sarapan, oatmeal juga bisa jadi pilihan untuk menggantikan nasi. Selain gampang dimasak, oatmeal punya kalori yang cukup untuk menambah. Makanya, jangan ragu untuk mencoba oatmeal sebagai alternatif makanan sehari-hari ya, Moms.

4. Quinoa

Selain oatmeal, quinoa bisa jadi pilihan untukmu yang sedang mencari alternatif makanan mengandung kalori. Kandungan protein dan seratnya tinggi membuat kenyang lebih lama.

5. Roti Tortilla

Kalau Moms dan keluarga bosan sama nasi, coba deh pilih roti tortilla sebagai penggantinya. Bisa diisi apa saja, baik sayuran, daging, hingga keju, semua cocok. 

Selain itu, juga gampang dibawa-bawa sehingga bisa jadi pilihan buat bekal makan siang atau camilan sehat. 

Mengonsumsi berbagai makanan tersebut bisa menggantikan nasi untuk sumber kalori, sehingga kebutuhan dalam tubuh akan kalori tercukupi. 

Rekomendasi Artikel Lainnya: Efek Samping Makan Nasi Tiwul.

Namun, apabila kebutuhan kalori dalam tubuh belum tercukupi, Moms bisa memberikan Madu Vitummy. Madu ini dibuat dari madu hutan asli dan ekstrak bahan alami yang dilengkapi dengan formula Selenium Silver Pro. 

Formula tersebut bermanfaat untuk membantu meningkatkan nafsu makan anak dan daya tahan tubuhnya. Yuk, penuhi kebutuhan kalori si Kecil dengan meningkatkan nafsu makannya! 

Dapatkan produk Madu Vitummy melalui website resminya di www.maduvitummy.id! 

Share:
Facebook
Twitter
LinkedIn

Tinggalkan komentar

On Key

Related Posts

Chat Customer Service
Konsultasi Vitummy
Halo Kak, Promo Madu Vitummy Masih Adakah?