logo madu vitummy
Search
Close this search box.

Makan Sebelum Olahraga Bikin Gemuk, Fakta atau Mitos Ya?

makan sebelum olahraga bikin gemuk

Salah satu tujuan orang berolahraga adalah menjaga berat badan ideal. Dan soal itu, sebagian orang memilih makan dulu sebelum olahraga, karena untuk setidaknya ada stamina. Namun, ada anggapan kalau makan sebelum olahraga bikin gemuk.

Hal ini akhirnya menimbulkan perasaan serba salah. Nah, lalu bagaimana faktanya? Apakah memang benar makan sebelum olahraga bisa bikin gemuk?

Apakah Makan Sebelum Olahraga Bikin Gemuk?  

Terdapat sejumlah pendapat yang terkait dengan topik ini ya, Moms. Meski demikian, berikut akan disajikan sudut pandang yang umumnya disepakati oleh banyak ahli kesehatan. 

Seperti menurut American Council on Exercise, beberapa orang percaya bahwa makan sebelum olahraga dapat membuat gemuk. Hal ini membuat mereka khawatir bahwa asupan kalori sebelum beraktivitas fisik akan disimpan sebagai lemak tubuh. Padahal, hal ini tidak sepenuhnya benar ya, Moms.

Menurut Jessica Crandall, seorang ahli diet dan kesehatan dari Academy of Nutrition and Dietetics, “Makan sebelum olahraga sebenarnya dapat membantu mengatur nafsu makan dan membantu mengendalikan jumlah makanan yang dikonsumsi.” 

Hal tersebut dikarenakan ketika seseorang terlalu lapar, mereka cenderung makan lebih banyak setelah berolahraga, yang pada akhirnya dapat mengakibatkan asupan kalori yang lebih tinggi.

Oleh karena itu, gemuk yang disebabkan oleh makan sebelum olahraga hanyalah mitos belaka ya, Moms.

Manfaat Makan Sebelum Olahraga 

apakah boleh makan sebelum olahraga

Alih-alih bikin gemuk nih Moms, makan sebelum olahraga justru memberikan beberapa manfaat, loh. Nah, apa saja manfaatnya? 

Berikut ada beberapa manfaat makan sebelum olahraga dilansir dari berbagai sumber. 

1. Meningkatkan Energi 

Makan sebelum olahraga dinilai efektif dapat memberikan sumber energi yang dibutuhkan tubuh untuk beraktivitas nih, Moms. Beberapa jenis makanan, yaitu yang mengandung karbohidrat kompleks, protein, dan lemak sehat.

Seperti dilansir dari laman Mayo Clinic, makan sebelum olahraga dapat memberikan sumber energi tambahan yang diperlukan untuk meningkatkan kinerja selama latihan. Manfaat ini tentunya akan sangat membantu Moms dalam kelancaran berolahraga. 

Sebab, tanpa asupan makanan yang cukup maka tubuh juga akan kekurangan energi. Akibatnya, Moms bisa kelelahan hingga aktivitas olahraga menjadi terganggu. 

2. Mencegah Kelaparan

Salah satu alasan utama untuk makan sebelum olahraga adalah untuk mencegah rasa lapar yang mengganggu. Pasalnya, rasa lapar bisa mengganggu konsentrasi dan membuat Moms merasa lemas selama latihan. 

Oleh karenanya, Moms yang sudah makan sebelum olahraga bisa lebih fokus dibanding yang belum makan. Selain itu, bisa juga membuat Moms bergerak lebih aktif dan lebih cepat saat berolahraga. 

3. Membantu Aktivitas dengan Baik 

Olahraga memang aktivitas yang bisa dibilang tidak mudah dan ringan ya, Moms. Kondisi ini mengharuskan setiap orang mempersiapkan aktivitas olahraga dengan baik. Caranya adalah dengan makan sebelum olahraga.

Alasannya, makanan yang dikonsumsi dalam tubuh seperti karbohidrat dan air akan membantu dalam melakukan aktivitas olahraga. Karbohidrat memberikan energi untuk beraktivitas lebih lama dan dan intensif. 

Caranya adalah dengan makan sebelum berolaharaga. Alasannya, seperti dilansir dari laman Mayo Clinic, makan bisa membantu 

Konsumsi makanan setelah berolahraga penting untuk memulihkan otot dan mengisi kembali glikogen yang terbakar selama aktivitas fisik. Namun, makan sebelum olahraga juga dapat membantu proses pemulihan dengan memberikan nutrisi yang diperlukan untuk memperbaiki dan membangun kembali otot.

Baca Juga: Efek Samping Makan Nasi Tiwul.

Tips Makan Sebelum Olahraga

Efek makan sebelum olahraga

Meskipun memberikan beberapa manfaat, tapi makan sebelum olahraga harus sesuai aturan yang disarankan ya, Moms. Hal ini untuk menghindari kondisi-kondisi yang tidak Moms inginkan. 

Berikut ada beberapa tips yang bisa Moms terapkan untuk keluarga. 

1. Memilih Jenis Makanan

Makanan yang dikonsumsi sebelum olahraga sebaiknya mengandung karbohidrat kompleks, protein, dan lemak sehat ya, Moms. Sebaliknya, perlu hindari makanan yang tinggi gula atau lemak jenuh karena memicu merasa lamban dan tidak nyaman selama berolahraga. 

Selain itu, porsi makanan juga sebaiknya disesuaikan dengan kebutuhan energi harian dan intensitas latihan. Sebab, masing-masing orang memiliki kebutuhan energi yang berbeda-beda. 

Perbedaan tersebut disebabkan oleh perbedaan aktivitas dan intensitas olahraga yang dilakukan. Oleh karenanya, Moms harus bisa mengira-ngira kebutuhan energi harian yang diperlukan. 

2. Mengatur Porsi Makanan

Konsumsi makanan dalam jumlah yang tepat sebelum olahraga sangatlah penting. Sebab, terlalu sedikit makanan bisa membuat Moms kekurangan energi, sementara terlalu banyak makan bisa membuat perut terasa kembung dan membuat gerakan menjadi tidak nyaman. 

Moms bisa nih memilihlah porsi makanan yang cukup untuk memberikan energi yang dibutuhkan. Hal ini tanpa memberikan efek terlalu kenyang pada tubuh. 

3. Mengatur Intensitas Olahraga

Intensitas olahraga juga memainkan peran penting dalam menentukan apakah makan sebelum olahraga akan membuat gemuk. 

Jika Moms melakukan latihan yang intens, kemungkinan besar asupan makanan sebelumnya akan terbakar sebagai sumber energi selama aktivitas fisik. 

Namun, jika melakukan latihan ringan hingga sedang, tubuh mungkin akan menggunakan lebih sedikit energi dari makanan yang baru saja dikonsumsi, dan sisa energi tersebut mungkin disimpan sebagai lemak.

Oleh karena itu, mengatur intensitas olahraga bisa memengaruhi konsumsi makanan sebelumnya. 

4. Mengatur Waktu yang Tepat 

Manfaat makan sebelum olahraga bisa didapatkan dengan mengatur waktu makannya. Moms bisa mengusahakan untuk makan 1-3 jam sebelum sesi latihan. 

Tujuan melakukan hal tersebut  agar tubuh memiliki cukup waktu untuk mencerna makanan dan menghindari rasa tidak nyaman selama olahraga. 

Rekomendasi Artikel: Minum Madu Setelah Makan, Bolehkah?

5. Makan Camilan yang Baik 

Cemilan memang sering diidentikkan dengan sesuatu yang negatif ya, Moms. Padahal banyak jenis cemilan yang juga positif apabila dikonsumsi oleh tubuh, terutama ketika dikonsumsi sebelum makan. 

Pasalnya nih Moms, beberapa jenis camilan justru memberikan energi pada tubuh. Selain itu, mengonsumsinya sebelum olahraga juga dapat mencegah dari rasa lapar. Sebabnya ada jenis camilan yang mengandung karbohidrat. 

Mengonsumsi camilan sangat membantu untuk melakukan olahraga lebih dari 60 menit. Kondisi ini bisa terjadi dengan memilih beberapa camilan berikut. 

  • energy bar 
  • pisang 
  • apel 
  • biskuit gandum utuh 
  • granola bar rendah lemak 
  • sandwich selai kacang 

Moms bisa memilih salah satu dari banyak makanan diatas untuk dimakan sebelum olahraga, baik untuk keluarga maupun anak. Nah, untuk urusan anak sebenarnya bisa ditambah dengan memberikan Madu Vitummy. 

Madu ini mengandung formula Selenium Silver Pro yang bisa membantu meningkatkan daya tahan tubuh dan meningkatkan nafsu makan anak. Sebab dibuat dari madu hutan asli dan berbagai bahan alami. 

Adapun bahan dari vitamin penambah nafsu makan Vitummy, seperti ekstrak buah pepaya, bawang putih, rimpang temulawak, rimpang temu hitam, dan rasa jeruk. Hal tersebut menjadikannya cocok untuk mendukung anak berolahraga. 

Nah, sudah terjawab mengenai makan sebelum olahraga bikin gemuk atau tidak. Kini saatnya mulai rutin berolahraga ya, Moms! Jangan takut gemuk karena hal itu tidaklah benar.

Artikel Berikut Mungkin Sedang Moms Cari Juga:

Share:
Facebook
Twitter
LinkedIn

Tinggalkan komentar

On Key

Related Posts

Chat Customer Service
Konsultasi Vitummy
Halo Kak, Promo Madu Vitummy Masih Adakah?