5+ Rekomendasi Lagu Agar Anak Cepat Bicara

Moms, merangsang kemampuan bicara anak dapat dilakukan dengan berbagai cara, salah satunya dengan menggunakan media lagu. Tidak hanya sekedar mencairkan suasana, mendengarkan dan menyanyikan lagu dapat membantu agar anak cepat bicara.

Mengapa tidak? Lagu dapat membuat terngiang-ngiang di telinga dan otak pendengarnya. Dengan demikian, lagu membantu merangsang daya ingat anak, termasuk mengingat kosakata dan pelafalan lirik lagu.

Ada banyak lagu anak-anak yang sampai saat ini masih terngiang-ngiang dan terbawa hingga dewasa, seperti lagu cicak-cicak di dinding, pelangi-pelangi, dan lagu anak lainnya. Lagu-lagu tersebut secara tidak sadar membantu kita saat kecil agar dapat berbicara dengan cepat.

Ketika dinyanyikan bersama orang tua, anak akan diarahkan untuk menyanyikan lagu dengan menggunakan pelafalan yang benar.

Misalnya, ketika ia menyanyikan lagu dengan lirik “titak-titak di dinding diam melayap”, kita pasti akan mengoreksi dan mengajarinya untuk mengucapkan pelafalan yang tepat, seperti “cicak-cicak di dinding, diam-diam merayap”.

Dengan demikian, lagu memiliki peran penting dalam hal agar anak cepat bicara.

Seperti yang dijelaskan oleh Tika Putri Wahyuningtyas, Retno Tri Wulandari, dan Wuri Astuti, dalam penelitian Pengembangan Gerak dan Lagu untuk Menstimulas Kemampuan Berbicara Anak Usia 4-5 Tahun, Universitas Negeri Malang, bahwa gerak dan lagu dapat digunakan untuk merangsang kemampuan berbicara anak usia 4-5 tahun.

Lantas, lagu apa saja yang dapat digunakan untuk melatih agar anak cepat bicara?

Rekomendasi Lagu Agar Anak Cepat Bicara

Moms, mari kita bernostalgia bersama si kecil dengan menyanyikan lagu anak-anak yang sekarang mungkin jarang didengar.

Berikut adalah list judul lagu yang sesuai untuk dinyanyikan anak-anak:

Nama-Nama Hari

Ketika kecil, kita pasti pernah belajar menyanyikan lagu nama-nama hari. Entah itu di lingkungan TK atau mungkin di lingkungan rumah. Ternyata, selain melatih agar anak cepat bicara, lagu ini dapat membantu si kecil untuk mengetahui nama-nama hari dalam satu minggu.

Berikut adalah lirik lagu Nama-nama Hari:

Senin selasa
rabu kamis
jumat sabtu minggu
itu nama-nama hari

Tik-Tik Bunyi Hujan

vitummy | 5+ Rekomendasi Lagu Agar Anak Cepat Bicara

Lagu tik-tik bunyi hujan membantu mengenalkan tentang hujan pada anak, seperti bentuk hujan suara hujan, dan hal yang terjadi apabila terkena air hujan. Lagu ini sangat cocok untuk dinyanyikan bersama si kecil ketika hujan turun.

Berikut adalah lirik lagu Tik-tik Bunyi Hujan:

Tik.. tik.. tik..
Bunyi hujan di atas genting
Airnya turun
Tidak terkira
Cobalah tengok
Dahan dan ranting
Pohon dan kebun
Basah semua

Bangun Tidur

Tak hanya membantu agar anak cepat bicara, lagu bangun tidur dapat mengajarkan anak tentang kebiasaan baik yang harus dilakukan setelah bangun tidur, seperti membersihkan diri dan membantu orang tua.

Lirik lagu Bangun Tidur:

Bangun tidur kuterus mandi
Tidak lupa menggosok gigi
Habis mandi kutolong Ibu
Membersihkan tempat tidurku

Lihat Kebunku

Lagu Lihat Kebunku merupakan lagu yang memperkenalkan tentang apa saja yang ada di halaman bunga. Moms bisa mengajak si kecil untuk menyanyikan lagu ini sambil berdiri atau berjalan di halaman rumah.

Lirik lagu Lihat Kebunku

Lihat kebunku penuh dengan bunga
Ada yang putih dan ada yang merah
Setiap hari kusiram semua
Mawar melati, semuanya indah

Selamat Ulang Tahun

vitummy | 5+ Rekomendasi Lagu Agar Anak Cepat Bicara

Lagu Selamat Ulang Tahun merupakan salah satu lagu yang paling banyak disukai dan diinginkan oleh anak-anak karena mengingatkannya pada pesta ulang tahun yang meriah.

Dengan demikian, lagu ini sangat sempurna untuk membantu agar anak cepat bicara dengan lebih jelas, sebab ketika anak menyanyikan lagu ini, ia akan terlibat secara emosional.

Lirik lagu Selamat Ulang Tahun

Selamat ulang tahun
Kami ucapkan
Selamat panjang umur
Kita kan doakan
Selamat sejahtera, sehat sentosa
Selamat panjang umur, dan bahagia

Dua Mata Saya

Lagu ini memberikan banyak manfaat, seperti mengenalkan anak pada anggota tubuhnya, meningkatkan kemampuan berhitung, mengenal angka, dan tentunya melatih agar anak cepat bicara.

Lirik lagu Dua Mata Saya

Dua mata saya, hidung saya satu
Dua kaki saya pakai sepatu baru
Dua telinga saya yang kiri dan kanan
Satu mulut saya, tidak berhenti makan

Kepala, Pundak, Lutut, Kaki

Selain lagu Dua Mata Saya, lagu Kepala Pundak Lutut Kaki juga membantu anak untuk mengenal anggota tubuh dan melatih agar anak cepat bicara. Ketika menyanyikan lagu ini, jangan lupa untuk melakukan gerakan yang menunjukkan anggota tubuh yang diucapkan.

Lirik lagu Kepala, Pundak, Lutut Kaki:

Kepala, pundak, lutut, kaki, lutut, kaki
Kepala, pundak, lutut, kaki, lutut, kaki
Mata, telinga, mulut, hidung, dan pipi
Kepala, pundak, lutut, kaki, lutut, kaki

ABC Song

vitummy | 5+ Rekomendasi Lagu Agar Anak Cepat Bicara

Dengan menyanyikan lagu ini, anak akan belajar untuk mengenal, mengingat, dan mengucapkan jenis-jenis huruf dengan benar. Dengan demikian, lagu ini sangat bermanfaat untuk menstimulus agar anak cepat bicara.

Nah, ketika menyanyikan lagu ini, jangan lupa untuk menggunakkan media flashcard atau poster huruf agar anak dapat belajar membaca huruf.

Abang Tukang Bakso

Lagu ini merupakan lagu rekomendasi terakhir dari Mindy yang akan membantu agar anak cepat bicara. Lagu ini memiliki irama lagu yang ceria sehingga bagus untuk mengembalikan mood anak.

Selain itu, dalam lagu Abang Tukang Bakso terdapat lirik yang mengajarkan agar anak jangan suka berbohong.

Lirik lagu Abang Tukang Bakso:

Abang tukang bakso, mari-mari sini, aku mau beli
Abang tukang bakso, cepat dong kemari
Sudah tak tahan lagi

Satu mangkok saja, lima ribu perak
Yang banyak baksonya
Tidak pakai saos, tidak pakai sambel
Tapi minta pakai kol

Bakso bulat seperti bola pingpong
Kalau lewat membikin perut kosong
Jadi anak janganlah suka bohong
Kalau bohong digigit kambing ompong

Satu-Satu Aku Sayang Ibu

vitummy | 5+ Rekomendasi Lagu Agar Anak Cepat Bicara

Lagu ini sangat sempurna untuk dinyanyikan oleh anak agar ia cepat bicara, sebab, lagu ini memiliki nada maupun lirik yang sangat sederhana sehingga mudah diucap dan dihafal oleh anak-anak.

Selain itu, lagu ini pun membantu mengenalkan kasih sayang, terutama kasih sayang anak terhadap ibu dan anggota keluarganya.

Lirik lagu Satu-satu Aku Sayang Ibu:

Satu-satu aku sayang ibu
Dua-dua juga sayang ayah
Tiga-tiga sayang adik kakak
Satu dua tiga sayang semuanya

Nah, itulah beberapa rekomendasi lagu yang dapat digunakan untuk merangsang agar anak cepat bicara. Lagu dapat membantu meningkatkan kemampuan berbahasa, merangsang perkembangan otak kiri, mempertajam ingatan, meningkatkan kemampuan matematika, dan memperbaiki suasana hati anak-anak.

Selain itu, untuk membantu menaikan kemampuan berbahasa pada anak, anak membutuhkan asupan gizi seimbang dan daya tahan tubuh yang baik agar pertumbuhan dan perkembangannya optimal.

Untuk membantu memenuhi kebutuhan tersebut, minumlah Madu Vitummy setiap pagi dan malam sebelum tidur.

Madu Vitummy terbuat dari madu alami yang dikombinasikan dengan ekstrak tanaman herbal pilihan, seperti temulawak, rimpang temu hitam, bawang putih, dan buah pepaya, yang dipercaya secara turun temurun untuk menaikan nafsu makan, menjaga kesehatan, dan mencegah anak cacingan.

Yuk mom’s selalu sedia Madu Vitummy di rumah!


Share on:

Seorang pembelajar yang tertarik dengan hal-hal kesehatan dan digital, serta gemar dalam membuat konten artikel terkait gaya hidup sehat.

Tinggalkan komentar