Cara Menaikkan Berat Badan Anak dengan Langkah Sehat

Cara menaikkan berat badan anak mungkin menjadi hal yang paling dicari oleh para orang tua. Mengapa tidak? Anak berbadan kecil dan kurus sering dinilai sebagai anak yang kurang sehat, kurang gizi, cacingan, atau bahkan tidak bahagia.

Padahal, tidak semua anak kurus itu tidak sehat. Bisa jadi, ia hanya kekurangan asupan kalori. Mengutip dari laman hellosehat, anak usia 2-3 tahun umumnya membutuhkan sekitar 1.000 kkal per hari, sedangkan yang berusia 4-8 tahun kurang lebih membutuhkan 1.200—1.400 kkal tiap hari.

Nah, untuk menambah berat badan, anak butuh asupan kalori tambahan sekitar 300—500 kkal per harinya.

Akan tetapi, sebelum melakukan hal tersebut, moms sebaiknya berkonsultasi terlebih dahulu ke dokter untuk mengetahui kondisi kesehatan serta penyebab kurangnya berat pada anak sehingga dapat menaikkan berat badan anak dengan cara yang tepat.

Masalahnya, untuk mencapai berat badan yang ideal dan sehat, membutuhkan cara yang sehat agar si kecil terhindar dari risiko penyakit, seperti obesitas atau diabetes.

Mommy Harus Tahu, 4+ Rekomendasi Kegiatan Seru untuk Anak, agar Menyenangkan!

Cara Menaikkan Berat Badan Anak dengan Menambah Asupan Gizi

Cara Menaikkan berat badan anak

Moms, cara paling efektif untuk menaikkan berat badan anak adalah dengan menambah asupan gizi, seperti:

Menambah Asupan Lemak

Makanan berlemak merupakan salah satu makanan yang paling sering dihindari oleh orang-orang yang sedang diet.

Mengapa tidak?

Pasalnya, lemak ini dikenal sebagai hal yang paling cepat menaikkan berat badan.

Ada dua jenis lemak yang biasa dikonsumsi , lemak baik dan lemak jahat. Lemak baik atau dikenal juga sebagai lemak tak jenuh, dapat diperoleh dari zat omega-6 dan zat omega-3.

Lemak ini merupakan lemak penting yang sangat dibutuhkan oleh tubuh karena tubuh tidak dapat memproduksinya sendiri.

Lemak tidak jenuh memiliki fungsi untuk menjaga arteri agar tetap bersih, menghasilkan kolesterol baik, dan mengurangi kolesterol jahat.

Dengan makanan yang mengandung lemak baik, si kecil akan terbebas dari risiko obesitas dan penyakit jantung.

Nah, untuk menambah asupan lemak baik ini, gunakanlah minyak zaitun, minyak kanola, dan mentega, daripada minyak sawit atau minyak kelapa.

Sementara lemak jahat atau lemak jenuh merupakan lemak yang berasal dari berbagai sumber makanan, seperti daging, keju, susu, minuman manis, makanan fast food, dan makanan-makanan yang digoreng dengan minyak goreng biasa.

Jika dikonsumsi terlalu banyak, lemak tersebut dapat meningkatkan kolesterol jahat pada tubuh si kecil.

Jadi meskipun makanan lemak dapat menaikkan berat badan, namun perlu diperhatikan jumlah asupannya ya moms, jangan sampai terlalu berlebihan.

Sumber lemak tak sehat mungkin akan cepat menambah berat badan, namun tidak menambah gizi yang dibutuhkan oleh anak.

Menambah asupan karbohidrat

Apakah moms pernah melihat si kecil lemas karena belum makan nasi? Nasi merupakan salah satu makanan yang mengandung banyak karbohidrat. Karbohidrat ini merupakan zat gizi yang berfungsi sebagai sumber energi untuk tubuh.

Karbohidrat menyumbang sekitar 4 kkal untuk setiap gramnya. Meski tidak sebanyak kandungan kalori dari lemak, menambah asupan karbohidrat menjadi salah satu cara menaikkan berat badan anak yang paling efektif.

Selain nasi, ada banyak jenis makanan yang mengandung karbohidrat tinggi. Misalnya, roti gandum, pisang, kentang, ubi jalar, singkong, serta oats.

Makanan-makanan tersebut bisa dijadikan sebagai camilan sehat tinggi karbohidrat yang baik untuk menaikkan berat badan si kecil.

Menambah Asupan Protein

Dilansir dari laman hellosehat, cara menaikkan berat badan anak adalah dengan mengonsumsi makanan kaya protein, seperti telur, ikan, daging, kacang, dan susu. Protein menyumbang sekitar 4 kkal untuk setiap gramnya.

Selain didapatkan dari makanan utama, asupan protein tambahan ini bisa didapatkan melalui camilan sehat untuk si kecil. Misalnya, camilan buah dengan kandungan tinggi protein, seperti buah alpukat, pisang, atau kiwi.

Cara Menaikkan Berat Badan Anak dengan Mengatur Porsi dan Pola Makan

Cara Menaikkan berat badan anak

Selain menambah asupan gizi makanan, ternyata pola makan pun berpengaruh terhadap berat badan si kecil lho. Mengatur pola makan memang identik dengan proses menurunkan berat badan atau diet.

Namun, mengatur pola makan pun ternyata dapat dijadikan sebagai cara untuk menambah berat badan si kecil yang ideal.

Biasakan si kecil untuk makan makanan utama tiga kali sehari dan dua kali makanan selingan atau camilan. Selain itu, cobalah untuk memberi porsi makan si kecil lebih besar dari porsi biasanya.

Jika memang si kecil tidak dapat makan dalam porsi besar, cobalah untuk memberikan makanan dalam porsi kecil namun sering. Contohnya, 6-8 porsi kecil makan dan camilan setiap hari.

Cara Menaikkan Berat Badan Anak dengan Melakukan Aktivitas

Cara Menaikkan berat badan anak

Salah satu cara menaikkan berat badan anak adalah dengan rutin melakukan aktivitas, entah itu bermain atau berolahraga.

Ketika si kecil melakukan aktivitas, ia akan menggerakan tubuhnya secara optimal sehingga nafsu makan anak pun meningkat.

Dengan demikian, kesempatan untuk menambah asupan kalori untuk menaikkan berat badan pun meningkat.

Penting untuk diingat! Meskipun melakukan aktivitas sangat baik untuk kesehatan dan berat badan si kecil, namun tetap hindari melakukan aktivitas berlebihan yang dapat membuat si kecil terlalu kelelahan.

Aktivitas berlebihan yang tidak didukung dengan asupan gizi yang cukup dapat menurunkan berat badan si kecil dengan mudah.

Cara Menaikkan Berat Badan Anak dengan Mendapatkan Tidur yang Cukup

Cara Menaikkan berat badan anak

Mengutip dari laman Orami, cara menaikkan berat badan anak adalah dengan membiarkan ia mendapatkan tidur yang cukup. Tidur cukup dapat menjaga kesehatan mental anak sehingga ia terhindar dari stres.

Nah, stres ini menjadi salah satu penyebab yang dapat membuat si kecil susah makan. Dengan demikian, kesempatan untuk menambah kalori dan berat badan pun berkurang.

Cara Menaikkan Berat Badan Anak dengan Minum Susu Formula

Moms, ketika si kecil sudah berhenti minum ASI, bukan berarti kita harus menghentikan asupan gizi dari susu. Susu merupakan salah satu sumber karbohidrat dan lemak yang dapat membantu menaikkan berat badan anak.

Selain untuk menaikkan berat badan, susu juga sangat baik untuk membantu si kecil melakukan aktivitas fisik dan otak lebih optimal karena susu merupakan sumber energi yang baik bagi anak yang sedang aktif.

Minum Madu Vitummy sebagai Cara Menaikkan Berat Badan Anak Paling Efektif

Cara Menaikkan berat badan anak

Mengonsumsi Madu Vitummy secara rutin termasuk ke dalam kategori cara menaikkan berat badan anak yang ampuh.

Madu Vitummy terbuat dari madu alami yang diformulasikan dengan ekstrak tanaman herbal, seperti temulawak, temu hitam, bawang putih, dan pepaya.

Yang dipercaya secara turun temurun untuk menaikkan nafsu makan, menjaga kesehatan pencernaan, meningkatkan daya tahan tubuh, dan melindungi anak dari infeksi cacingan.

Dengan Madu Vitummy, berat badan naik, kesehatan anak terjaga dengan baik, jadi mommy bebas panik. Yuk miliki Madu Vitummy sekarang juga!


Share on:

Seorang pembelajar yang tertarik dengan hal-hal kesehatan dan digital, serta gemar dalam membuat konten artikel terkait gaya hidup sehat.

Tinggalkan komentar