5+ Rekomendasi Kegiatan Seru Untuk Anak

Moms, tidak hanya orang tua, ternyata rasa jenuh pun kerap dialami oleh anak-anak lho. Jika dibiarkan, rasa jenuh ini bisa membuat si kecil stres sehingga ia mungkin akan menunjukan perilaku yang kurang menyenangkan, seperti rewel, sering merengek, atau bahkan tidak berselera makan.

Untuk mengatasi hal tersebut, moms dan dads bisa mengatasinya dengan melakukan berbagai kegiatan seru untuk anak, baik di rumah ataupun di luar rumah.

Melakukan Games Bersama Anak

Ada banyak permainan yang bisa dilakukan oleh moms dan dad bersama si kecil. Selain mengasah kemampuan berpikir, permainan tersebut bisa melatih kesabaran si kecil. Misalnya:

Permainan Puzzle

Permainan puzzle merupakan salah satu kegiatan seru untuk anak yang bisa dimainkan bersama moms and dad. Ketika bermain puzzle, si kecil akan menggunakan imajinasinya untuk mengembangkan strategi dalam menyusun dan menyelesaikan puzzle.

Selain itu, permainan ini bisa membantu meningkatkan kekompakan antara si kecil dengan moms dan dads, lho. Ketika bermain puzzle, kalian akan belajar bekerja sama dalam menyusun potongan puzzle.

Ketika puzzle sudah terselesaikan, jangan lupa untuk memberikan pujian atas keberhasilan kalian dalam memecahkan masalah tersebut. Pujian tersebut bisa berupa kecupan, pelukan, atau hadiah sederhana untuk si kecil agar kegiatan tersebut terasa semakin menyenangkan.

Permainan Menyusun Balok

Selain menjadi kegiatan seru untuk anak, permainan menyusun balok ternyata memiliki banyak manfaat, lho. Misalnya, mengasah kemampuan motorik, meningkatkan nalar spasial, membantu si kecil untuk belajar matematika, dan mempertajam koordinasi tangan dan mata.

Tebak Gambar

Dilansir dari jurnal penelitian yang dilakukan oleh Universitas Islam Nahdlatul Ulama Jepara, tentang Efektivitas Permainan Tebak Gambar untuk Meningkatkan Kemampuan Berbahasa Anak di RA Mambaul Ulum Mantingan Tahunan Jepara, permainan tebak gambar merupakan kegiatan bermain yang menyenangkan menggunakan media gambar berupa tiruan barang, bisa itu berbentuk orang, binatang, tumbuhan, dan lain sebagainya.

Selain menjadi kegiatan seru untuk anak, permainan ini dapat mengembangkan kemampuan berpikir anak dalam memperoleh pengetahuan, meningkatkan kemampuan si kecil dalam memecahkan masalah, melatih kemampuan dalam bertanya dan menjawab pertanyaan, hingga membantu perkembangan bahasa si kecil.

Untuk melakukan kegiatan ini, moms dapat menggunakan media buku yang berisikan gambar atau media gadget yang dapat menampilkan gambar.

Mommy juga harus tahu nih, Anak takut nasi vs Anak tidak suka nasi!

Permainan Mengelompokkan Benda

Moms, nyatanya kemampuan mengelompokkan atau mengklasifikasikan benda sangat dibutuhkan oleh anak usia dini karena kemampua ini bisa mengasah dan meningkatkan kemampuan mengamati atau menganalisis pada anak tentang persamaan dan perbedaan.

Selain itu, permainan ini dapat membantu si kecil untuk memahami apa fungsi dan hubungan dari benda yang dikelompokkan.

Meski demikian, menurut penelitian yang dilakukan oleh Dyah Ayu Anggraeni dan Dewi Komalasari, dari PG PAUD Fakultas Ilmu Pendidikan Surabaya, tentang Peningkatan Kemampuan Mengelompokkan Benda Melalui Bermain Kepingan Geometri Di Kelompok A, ternyata 10 dari 15 orang anak tidak mampu mengelompokkan benda yang sama bentuknya.

Oleh karena itu, permainan mengelompokkan benda ini dapat menjadi pilihan terbaik sebagai kegiatan seru untuk anak yang dapat dilakukan di rumah untuk mengatasi rasa bosan atau jenuh pada si kecil. Selain seru, permainan ini dapat membantu meningkatkan kemampuan kognitif si kecil.

Mengenalkan Seni Adalah Kegiatan Seru untuk Anak

vitummy | 5+ Rekomendasi Kegiatan Seru Untuk Anak

Bukan hanya sekedar kegiatan seru untuk anak, mengenalkan seni pada anak, seperti menggambar, bernyanyi, menari, atau bermain peran dapat ternyata membantu mengembangkan dan meningkatkan kemampuan imajinasi si kecil lho.

Dengan mengenalkan seni, si kecil akan memiliki banyak kesempatan untuk mengembangkan kreativitasnya. Selain itu, kegiatan ini diketahui dapat mengasah kemampuan kognitif dan kemampuan memecahkan masalah sederhana pada anak.

Tunggu apalagi, yuk kita intip kegiatan seni apa saja yang bisa dilakukan bersama si kecil.

Menggambar

Menggambar merupakan salah satu kegiatan yang banyak digemari oleh anak-anak. Tidak hanya menyenangkan, menggambar dapat membantu si kecil untuk meningkatkan kemampuan motorik, daya imajinasi, dan kreativitasnya lho.

Untuk melakukan kegiatan ini, moms hanya perlu menyediakan kertas polos, pensil warna atau crayon, serta beberapa contoh gambar untuk referensi si kecil.

Dengan kegiatan ini, si kecil akan belajar memahami konsep, seperti jarak, perbandingan ukuran, dan perbandingan tekstur.

Mewarnai

Sama seperti kegiatan menggambar, kegiatan mewarnai juga banyak digemari oleh anak-anak. Mewarnai disebut-sebut dapat membantu mengurangi stress pada anak, meredakan ketegangan otot, membuat si kecil menjadi lebih rileks, dan mengasah konsentrasi si kecil.

Selain itu, kegiatan ini pun dapat membantu meningkatkan pengetahuan tentang warna-warna pada si kecil. Misalnya, daun yang berwarna hijau, laut dan langit yang berwarna biru, hingga batang pohon yang berwarna coklat.

Membuat Prakarya

Membuat prakarya merupakan kegiatan seru untuk anak yang sudah pasti akan digemari oleh anak-anak. Mengapa tidak? Anak kecil memiliki daya imajinasi yang sangat luas sehingga kegiatan ini sangat sempurna untuk mengeluarkan ide-ide kreatifnya.

Ada banyak jenis kerajinan tangan sederhana yang dapat dibuat oleh orang tua bersama si kecil, mulai dari membuat kerajinan dari lipatan kertas, membuat kerajinan dari kain perca, hingga membuat kerajinan dari hasil bermain tanah liat.

Belajar Alat Musik

Jika moms atau dads memiliki keterampilan dalam memainkan alat musik, maka mengajarkan alat musik merupakan hal yang tepat untuk menghilangkan rasa bosan atau jenuh pada si kecil.

Mengutip dari laman IPEKA Integrated Christian School, mempelajari dan bermain alat musik terbukti dapat mengembangkan fungsi kognitif pada anak. Ada banyak jenis alat musik yang dapat dimainkan oleh si kecil. Misalnya pianika, harmonika, xilofon,drum, atau piano.

Bernyanyi Bersama

Bernyanyi merupakan kegiatan seru untuk anak yang dapat mencairkan suasana yang dapat dilakukan kapan saja dan di mana saja. Kegiatan ini dapat membantu melatih kemampuan berbicara, melatih daya ingat, hingga melatih pendengaran si kecil.

Menari Bersama

Dilansir dari laman halodoc, menari merupakan kegiatan menyenangkan yang melibatkan gerak fisik dan alunan musik. Jika dilihat dari sudut pandang kesehatan, menari bermanfaat untuk melatih keterampilan motorik anak, seperti menggerakan kaki dan tangan si kecil.

Selain itu, menari juga dapat menurunkan stress dan meningkatkan mood si kecil lho. Kegiatan seru untuk anak ini dipercaya dapat meningkatkan daya ingat dan melatih keseimbangan tubuh si kecil.

Play Role

Sering melihat si kecil berbicara sendirian sambil main boneka-bonekaan? Jangan heran ya moms. Ia hanya sedang bermain peran atau role-play.

Selain menjadi kegiatan seru untuk anak, permainan ini sangat baik untuk melatih perkembangan sosial emosional serta mengasah kreativitas dan daya imajinasi anak.

Olahraga Bersama Anak

vitummy | 5+ Rekomendasi Kegiatan Seru Untuk Anak

Selain dapat meningkatkan kebugaran dan daya tahan tubuh, olahraga juga dapat menjadi kegiatan seru untuk anak. Ada banyak jenis olahraga yang mudah dilakukan bersama orang tua dan si kecil. Misalnya:

Bermain Bola

Bermain bola merupakan kegiatan seru yang banyak digemari oleh anak-anak, khususnya anak laki-laki. Selain menghilangkan rasa bosan, kegiatan ini dapat membantu si kecil untuk memiliki kemampuan kerja sama dan kemampuan koordinasi antara mata dan anggota tubuhnya.

Bermain Air atau Berenang Bersama

Pernahkah moms memperhatikan ketika si kecil berendam di dalam bak atau ember ia akan terlihat sangat bahagia? Tak hanya itu, ia pun biasanya akan terlihat sangat betah bahkan jika tidak diminta untuk selesai ia akan bermain hingga berjam-jam.

Menurut dr. Gary Kirkilas, DO, dokter anak di Rumah Sakit Anak Phoenix di Arizona, AS, yang dilansir dari laman popmama, bermain air bisa menjadi pengalaman yang dapat merangsang perasaan untuk bayi.

Selain itu, dr. Gary pun menambahkan bahwa air merupakan salah satu hal yang sudah familiar bagi si kecil sejak ia dalam kandungan.

Dengan demikian, bermain air atau berenang merupakan salah satu kegiatan seru untuk anak yang tidak boleh dilewatkan.

Bersepeda

Bersepeda merupakan kegiatan olahraga menyenangkan yang memiliki banyak manfaat untuk si kecil maupun orang tuanya.

Manfaat bersepeda untuk si kecil di antaranya adalah untuk melatih keseimbangan, melatih konsentrasi, dan meningkatkan imun.

Lakukanlah kegiatan ini di tempat yang luas dan terbuka, misalnya taman yang memiliki banyak pohon teduh. Dengan demikian, si kecil dapat menikmati udara luar yang segar dan terhindar dari stress akibat jenuh berada di rumah.

Selin itu, bermain hoolahop, senam, dan joging juga termasuk kedalam kategori kegiatan seru untuk anak yang bagus untuk dilakukan bersama orang tua dan si kecil.

Berkebun adalah Bagian dari Kegiatan Seru untuk Anak

vitummy | 5+ Rekomendasi Kegiatan Seru Untuk Anak

Jika si kecil suka bermain tanah, jangan langsung dilarang atau dimarahi karena takut kotor ya moms, namun cobalah untuk mengalihkan kegiatan itu menjadi hal yang lebih positif, salah satunya adalah berkebun.

Berkebun memiliki banyak manfaat untuk si kecil, seperti melatih kemampuan motorik, menambah pengetahuan tentang buah dan sayur, serta mendorong si kecil agar mau makan sayur.

Meski demikian, jangan lupa untuk mencuci tangan dan kaki, atau mungkin mandi, apabila telah selesai melakukan kegiatan berkebun agar si kecil terhindar dari risiko cacingan.

Masak-masakan sebagai Kegiatan Seru untuk Anak

Hampir semua anak pasti menyukai kegiatan masak-masakan, termasuk kita waktu kecil. Bahkan anak laki-laki pun menyukai kegiatan ini karena belajar masak bukan hanya untuk anak perempuan.

Nah, ternyata, kegiatan masak-masakan ini memiliki banyak manfaat untuk tumbuh kembang si kecil, di antaranya adalah melatih kemampuan sosial dan kerja sama, melatih kemampuan dan keterampilan motorik, serta meningkatkan kreativitas dan imajinasi.

Piknik Sebagai Kegiatan Seru untuk Anak

vitummy | 5+ Rekomendasi Kegiatan Seru Untuk Anak

Siapa sih yang tidak menyukai piknik? Hampir semua kalangan menyukai kegiatan ini, termasuk anak-anak. Untuk itu, cobalah sesekali meluangkan waktu untuk piknik bersama si kecil di tengah kesibukan moms dan dads.

Miliki waktu berkualitas bersama si kecil dengan piknik di taman atau pantai. Jangan lupa untuk membawa bekal makanan dan minuman untuk dinikmati bersama.

Selain itu, moms juga dapat membawa sepeda, terutama jika piknik di taman dengan lahan yang luas sehingga si kecil pun dapat sekalian bersepeda di sana.

Itulah beberapa informasi tentang kegiatan seru untuk anak. Jangan lupa untuk selalu memberikan Madu Vitummy setiap pagi dan malam untuk membantu meningkatkan daya tahan tubuh dan melindungi kesehatan sehingga si kecil dapat bebas beraktivitas di luar ruangan tanpa takut sakit.

Madu Vitummy terbuat dari madu dan ekstrak tanaman herbal pilihan, seperti temulawak, temu hitam, bawang putih, dan pepaya yang dipercaya secara turun temurun untuk meningkatkan nafsu makan, melancarkan pencernaan, dan melindungi tubuh dari infeksi cacingan.

Yuk miliki Madu Vitummy sekarang juga!


Share on:

Seorang pembelajar yang tertarik dengan hal-hal kesehatan dan digital, serta gemar dalam membuat konten artikel terkait gaya hidup sehat.

Tinggalkan komentar