logo madu vitummy
Search
Close this search box.

Anak Makan Terlalu Lama? Berikut 3+ Cara Ampuh Mengatasi, Pahami!

Anak Makan Terlalu Lama

Moms, apa sih tantangan yang sering dihadapi ketika anak sedang makan? Salah satunya pasti karena anak makan terlalu lama ya, Moms. 

Kondisi semacam ini memang kerap kali menjadikan kesabaran orang tua layaknya sedang diuji. Pasalnya, waktu makan anak berlangsung lama dan tentunya menyita banyak waktu.

Selain itu, sebagai orang tua pastinya khawatir akan kondisi kesehatan gigi anak. Biasanya karena anak makan terlalu lama bisa mengakibatkan kerusakan gigi. 

Namun, alih-alih harus memarahi anak, Moms perlu mengetahui beberapa hal berikut terkait anak makan terlalu lama. Simak di bawah ini ya, Moms!

Banyak Manfaat: Inilah Tips Mengajarkan Anak Berhitung, Penting Lhoo!

Penyebab Anak Makan Terlalu Lama

Makan Terlalu Lama

Anak-anak biasanya memerlukan waktu 15-30 menit untuk makan. Akan tetapi, beberapa anak makan terlalu lama, bahkan hingga 40-60 menit. Kondisi ini sering membuat banyak orang tua frustasi. 

Moms perlu mengetahui beberapa penyebab anak makan terlalu lama untuk mencegah si kecil mengalami hal ini. 

Berikut beberapa penyebabnya ya, Moms. 

Banyak Gangguan di Sekitar Anak 

Penyebab anak makan terlalu lama yang paling sering terjadi adalah karena banyaknya gangguan di sekitar anak. Gangguan ini umumnya disebut distraksi. 

Adapun distraksi yang umum ada di sekitar anak, di antaranya televisi, gadget, dan mainan. Selain itu, kondisi ruangan yang terlalu banyak orang juga bisa menjadi pengganggu anak ketika makan. 

Pasalnya, berbagai distraksi tersebut menjadikan anak tidak fokus terhadap makanannya dan aktivitasnya. Sehingga, anak makan terlalu lama karena lebih fokus terhadap gangguan yang ada di sekitarnya. 

Masa Tumbuh Gigi 

Moms, anak-anak adalah masa di mana proses tumbuh gigi masih sering terjadi. Kondisi ini sering menjadikan anak tidak nyaman dengan mulutnya, misalnya karena ada rasa sakit pada gusi dan sariawan. 

Nah, hal semacam ini kemudian menjadi penyebab anak makan terlalu lama. Tidak beda dengan orang dewasa yang mengurangi makan ketika memiliki masalah di mulutnya. 

Bosan Terhadap Makanannya 

Penyebab anak makan terlalu lama lainnya, yaitu adanya rasa bosan terhadap makanannya. Hal ini sering terjadi terutama pada balita. Sebabnya, balita belum bisa menerima banyak variasi makan. 

Berbagai jenis makanan balita didominasi dengan makanan yang sehat dan mudah dicerna. Jenis makanan ini biasanya dibuat dengan sedikit bumbu, sehingga aman dicerna oleh sistem pencernaannya. 

Oleh karena itu, tidak banyak variasi rasa atau jenis yang bisa dikonsumsi. Kondisi ini tentunya mengakibatkan rasa bosan terhadap makanan yang itu-itu saja. 

Makanan yang Terlalu Keras untuk Anak 

Seperti telah disebutkan bahwa makanan anak dibuat agar mudah dicerna oleh sistem pencernaannya. Hal ini dikarenakan sistem pencernaan anak masih belum terlalu kuat layaknya orang dewasa. 

Sebagai salah satu sistem pencernaan, mulut pada anak belum mampu mencerna (mengunyah) makanan yang terlalu keras. Oleh karena itu, makanan yang terlalu keras bisa menjadi penyebab anak makan terlalu lama. 

Porsi Makan Terlalu Banyak 

Porsi makan terlalu banyak juga bisa menjadi penyebab anak makan terlalu lama ya, Moms. Alasannya karena anak merasa terintimidasi dengan porsi yang banyak di depannya. 

Sehingga, muncul perasaan bahwa anak harus menghabiskan makanan tersebut. Akibatnya anak lebih memilih mengemut makanannya dibanding menelannya. 

Itulah beberapa penyebab anak makan terlalu lama yang harus Moms ketahui. Dengan mengetahui hal ini, Moms bisa mencegah si kecil makan terlalu lama. 

Akibat Anak Makan Terlalu Lama 

Makan Terlalu Lama

Makan terlalu lama memang hal yang wajar terjadi pada anak-anak. Akan tetapi, hal ini tidak boleh dibiarkan begitu saja ya, Moms. 

Akibat anak makan terlalu lama yang dibiarkan di antaranya sebagai berikut. 

Mengalami Karies Gigi 

Seperti telah disebutkan ya, Moms, bahwa akibat anak makan terlalu lama dapat memengaruhi kesehatan gigi. Misalnya, anak bisa mengalami karies gigi. 

Karies gigi sering disebabkan karena anak suka mengemut makanannya. Selain itu, juga karena kurangnya perawatan gigi. 

Kondisi ini sering mengakibatkan gigi menjadi berlubang dan menimbulkan rasa nyeri atau ngilu pada gigi. 

Tidak Terpenuhinya Nutrisi dalam Tubuh 

Moms, akibat anak makan terlalu lama yang harus diwaspadai adalah tidak terpenuhinya nutrisi dalam tubuh. Sebabnya, karena asupan makanan ke dalam tubuh menjadi berkurang, sehingga nutrisi dalam tubuh tidak terpenuhi. 

Nah, tidak tidak terpenuhinya kebutuhan nutrisi dalam tubuh mengakibatkan pertumbuhan dan perkembangan anak bisa terganggu. Padahal anak-anak adalah masa yang sangat memerlukan nutrisi untuk tumbuh kembangnya. 

Anak Susah Makan 

Akibat lain anak makan terlalu lama adalah anak menjadi susah makan. Kondisi ini dipengaruhi banyak hal, salah satunya distraksi. Distraksi di sekitar anak yang dibiarkan begitu saja menjadikan anak lama-kelamaan membenci aktivitas makan itu sendiri.

Itulah beberapa akibat anak susah makan yang harus Moms ketahui agar si kecil bisa terhindar dari hal ini. 

Bagaimana Cara Mengatasi Anak Makan Terlalu Lama?

Makan Terlalu Lama

Lalu bagaimana solusinya jika sudah terlanjur anak memiliki kebiasaan makan terlalu lama? Sebenarnya, cara mengatasi anak makan terlalu lama yang harus dilakukan pertama oleh orang tua adalah mengetahui penyebabnya. 

Dengan mengetahui penyebabnya, Moms bisa meminimalkan agar anak menghindari hal tersebut. Akan tetapi, jika masih bingung, Moms bisa menggunakan beberapa cara berikut. 

Menyingkirkan Berbagai Gangguan di Sekitar Anak 

Moms, distraksi merupakan salah satu penyebab anak makan terlalu lama. Oleh karena itu, cara mengatasinya adalah dengan menyingkirkan berbagai gangguan di sekitar anak. 

Misalnya, Moms bisa menjauhkan anak dari televisi, mainan, dan gadget. Selain itu, bisa juga dengan menciptakan suasana yang tenang dan nyaman. Hal ini bisa dilakukan dengan meminimalkan jumlah orang yang berada di sekitar anak. 

Tujuannya agar anak bisa fokus terhadap makanannya dan aktivitas makan. Dengan ini maka asupan makanan dalam tubuh akan bertambah, sehingga kebutuhan nutrisinya terpenuhi. 

Berikan Makanan Sesuai Porsi Ideal Anak 

Moms, memberikan makanan sesuai porsi ideal anak bisa menjadi salah satu cara mengatasi anak makan terlalu lama, loh. Pasalnya, anak jadi merasa bahwa makanannya tidak terlalu banyak atau terlalu sedikit. 

Selain itu, dengan porsi ideal ini, juga menumbuhkan perasaan anak untuk mampu menghabiskan makannya. Oleh karena itu, Moms perlu memberikan porsi makan ideal untuk anak. 

Memberikan Makanan yang Bervariasi 

Jangan lupa ya, Moms, bahwa salah satu penyebab anak makan terlalu lama adalah karena bosan dengan makanan yang itu-itu saja. Sehingga, cara mengatasinya bisa dengan memberikan makanan yang bervariasi. 

Anak-anak memang belum bisa mencerna makanan yang terlalu banyak mengandung variasi bumbu. Oleh karena itu, Moms bisa melakukan variasi pada jenis makananya. Misalnya, Moms bisa mengganti nasi dengan nasi merah, jagung, atau ubi. 

Menentukan Durasi Makan Anak 

Pada umumnya, anak-anak hanya memerlukan waktu untuk makan sekitar 15-30 menit. Apabila sudah setengah waktu makan, namun makanannya masih banyak maka Moms harus mengingatkan si kecil. 

Misalnya, Moms bisa memberi tahu si kecil bahwa waktu makannya hampir habis. Oleh karena itu, anak harus segera menghabiskan makanannya. 

Hal tersebut termasuk menentukan durasi makan anak sebagai salah satu cara mengatasi anak makan terlalu lama. 

Mengajak Anak Makan Bersama 

Cara mengatasi anak makan terlalu lama yang terakhir adalah dengan mengajak anak makan bersama. Dengan cara ini, orang tua bisa langsung memberi contoh kepada anak ketika makan. 

Anak biasanya akan mengikuti sesuatu yang dilihatnya secara langsung. Selain itu, anak juga merasa ditemani, sehingga mendorong untuk makan dengan lahap dan meningkatkan nafsu makan. 

Itulah beberapa cara mengatasi anak makan terlalu lama yang bisa Moms aplikasikan di rumah. Cara tersebut bertujuan agar kebutuhan asupan makanan dalam tubuh tetap terpenuhi. 

Memenuhi kebutuhan asupan makanan dalam tubuh juga bisa dilakukan dengan menambah nafsu makan anak. Moms bisa memberikan Madu Vitummy sebagai vitamin penambah nafsu makan

Madu Vitummy dibuat dari madu herbal dan ekstrak bahan alami yang bermanfaat untuk menambah nafsu makan anak. Yuk, Moms, beri si kecil Madu Vitummy secara rutin dan dapatkan manfaatnya!

Share:
Facebook
Twitter
LinkedIn

Tinggalkan komentar

On Key

Related Posts

Chat Customer Service
Konsultasi Vitummy
Halo Kak, Promo Madu Vitummy Masih Adakah?