logo madu vitummy
Search
Close this search box.

5+ Penyebab Anak Susah BAB, Wajib Diwaspadai, Pahami Cara Mengatasinya!

Anak Susah BAB

Moms, pernah nggak merasakan susahnya buang air besar? Hampir setiap orang pasti pernah mengalami hal ini dan berharap tidak akan mengalaminya lagi. Pasalnya, susah BAB termasuk masalah pencernaan yang dirasa sangat menyakitkan. 

Nah coba bayangkan, bagaimana jika hal ini terjadi pada anak-anak, Moms? Anak susah BAB tentunya menjadi mimpi buruk bagi setiap orang tua. Alasannya, tidak semua anak bisa mengungkapkan sesuatu yang dirasakannya pada orang tuanya. 

Lalu, bagaimana cara mengatasi anak susah BAB? Artikel berikut akan membahas mengenai hal tersebut beserta penyebabnya. 

Simak di bawah ini ya, Moms! 

Apa Penyebab Anak Susah BAB? 

Obat Penambah Nafsu Makan

Sebelum membahas lebih jauh tentang penyebabnya, Moms sudah tau belum apa itu susah BAB? Pada umumnya, susah buang air besar (BAB) lebih dikenal dengan istilah sembelit. 

Dilansir dari laman siloam hospitals, sembelit (konstipasi) merupakan kondisi masalah pencernaan yang dialami seseorang terkait keluhan susah buang air besar (BAB). 

Masalah pencernaan ini tidak hanya dialami oleh orang dewasa, akan tetapi bisa juga dialami anak-anak. Anak susah BAB biasanya ditandai dengan beberapa hal, seperti jadwal BAB yang tidak rutin, harus mengejan dengan berlebihan, dan fesesnya terlihat keras serta kering. 

Berbagai kondisi tersebut tentunya disebabkan oleh banyak faktor. Berikut beberapa penyebab anak susah BAB dilansir dari beberapa sumber. 

Yuk Baca Lagi: Kenapa Anak Mudah Sakit, Apa Penyebabnya? Ketahui Dampak Dan Cara Mengatasinya

Kurang Konsumsi Serat 

Penyebab utama anak susah BAB adalah karena kekurangan serat. Hal ini biasanya terjadi dikarenakan jenis makanan yang dikonsumsinya, yaitu makanan rendah serat atau bahkan tidak mengandung serat sama sekali. 

Padahal, kandungan serat dalam makanan sangat diperlukan tubuh. Beberapa fungsi serat dalam tubuh, seperti menjaga kesehatan pencernaan dengan membantu melancarkan pencernaan. Selain itu, juga membantu melunakkan feses. 

Oleh karena itu, kurangnya asupan serat dalam tubuh menyebabkan feses menjadi kering dan keras. Akibatnya, anak bisa mengalami sembelit karena kondisi feses yang sulit dikeluarkan. 

Sedang Belajar Mengonsumsi Makanan Padat 

Penyebab anak susah BAB selanjutnya adalah karena sedang belajar mengonsumsi makanan padat. Seperti kita tahu, anak-anak biasanya mengonsumsi air susu ibu (ASI) sebelum mengonsumsi makanan padat. 

Perubahan jenis makanan, yaitu dari ASI menjadi makanan padat inilah yang kemudian menyebabkan sembelit. Sebabnya, sistem pencernaan anak belum beradaptasi dengan jenis makanan yang padat. 

Meski demikian, pada umumnya masalah sembelit pada bayi dikarenakan sedang belajar mengonsumsi makanan padat adalah wajar. Oleh karena itu, orang tua tidak perlu panik. 

Kekurangan Cairan (Dehidrasi) 

Penyebab lain anak susah BAB adalah kekurangan cairan atau dehidrasi. Hal ini dikarenakan peran cairan sangat diperlukan dalam sistem pencernaan. Seperti kita ketahui, cairan berfungsi untuk melembapkan saluran cerna. 

Kekurangan cairan akan mengakibatkan saluran cerna menjadi kering, sehingga feses yang dihasilkan juga akan kering. Dampaknya, anak bisa sembelit karena feses sulit dikeluarkan. 

Alergi Susu Sapi 

Alergi susu sapi juga bisa menjadi penyebab anak susah BAB loh, Moms. Hal ini dikarenakan sistem pencernaan anak belum mampu memecah laktosa. Padahal, susu sapi mengandung laktosa sebagai salah satu kandungan gula. 

Akibatnya, anak yang tidak bisa mentoleransi laktosa dalam susu sapi akan susah buang ar besar. Selain itu, juga bisa mengalami kembung, mual, hingga muntah. 

Jarang Aktivitas Fisik 

Jarang aktivitas fisik bisa menjadi penyebab lain anak susah BAB. Alasannya, minimnya aktivitas fisik yang dilakukan anak-anak dapat memengaruhi peredaran darah pada saluran pencernaan. 

Saluran pencernaan yang peredaran darahnya tidak lancar dapat mengakibatkan kontraksi pada usus tidak maksimal. Dampaknya, feses sulit untuk dikeluarkan. 

Memiliki Masalah Kesehatan 

Anak susah BAB selanjutnya disebabkan karena memiliki masalah kesehatan tertentu. Adapun beberapa masalah kesehatan yang menyebabkan anak susah BAB, yaitu hipotiroid dan usus besar yang menyempit. 

Moms, anak susah BAB yang disebabkan karena masalah kesehatan lain harus ditangani secara serius. Sebab, apabila tidak ditangani secara serius maka bisa berakibat fatal. 

Itulah beberapa penyebab anak susah BAB yang harus Moms ketahui agar si kecil terhindar dari masalah pencernaan yang satu ini. 

Cara Mengatasi Anak Susah Bab 

Anak Susah BAB

Setelah mengetahui penyebabnya, Moms juga harus tahu cara mengatasi anak susah BAB. Hal ini akan sangat bermanfaat apabila si kecil memang terlanjur mengalami masalah pencernaan ini. 

Bagaimana cara mengatasi anak susah BAB? Berikut akan diuraikan beberapa caranya yang dilansir dari berbagai sumber. 

Rutin Memberikan Makanan Tinggi Serat 

Moms, seperti telah disebutkan bahwa makanan rendah serat merupakan pemicu anak susah BAB. Oleh karena itu, rutin memberikan makanan tinggi serat akan mendukung kesehatan pencernaan anak. 

Pencernaan yang sehat tentunya akan menjadikan anak lancar BAB. Kondisi ini akan mendukung anak aktif ketika aktivitas sehari-hari. 

Memastikan Anak Minum Air Putih Secukupnya 

Minum air putih secukupnya termasuk cara mengatasi anak susah BAB. Hal ini dikarenakan salah satu penyebab masalah pencernaan ini adalah dehidrasi (kekurangan cairan). 

Mengonsumsi air putih yang cukup akan membantu proses pencernaan lebih mudah. Selain itu, kebutuhan cairan tubuh yang terpenuhi juga akan menghasilkan feses yang tidak terlalu kering. Hasilnya, anak jadi mudah BAB. 

Berolahraga Secara Rutin 

Berolahraga secara rutin sangat bermanfaat untuk anak susah BAB. Pasalnya, aktivitas ini dapat membantu melancarkan peredaran darah, terutama pada bagian organ-organ pencernaan. 

Peredaran darah yang lancar pada pencernaan berfungsi mendukung lancarnya BAB pada anak. Oleh karena itu, setiap orang tua disarankan untuk mengajak anaknya melakukan aktivitas olahraga secara rutin. 

Mengidentifikasi Jenis Makanan yang Membuat Anak Alergi 

Sebagai orang tua, Moms harus mengidentifikasi makanan yang membuat anak alergi. Hal ini dikarenakan banyak jenis makanan yang membuat anak alergi, salah satunya susu. Dampak dari alergi susu adalah anak susah BAB. 

Oleh karena itu, mengidentifikasi jenis makanan akan membantu Moms untuk menyiapkan menu makanan si kecil yang sehat. 

Memberikan Pijatan di Perut 

Banyak orang mengatasi anak susah BAB dengan cara memberikan pijatan lembut pada perut anak. Hal ini memang diindikasi sangat efektif melancarkan pencernaan anak. Meski demikian, Moms harus melakukannya ketika anak dalam kondisi rileks. 

Mengganti Susu yang Dikonsumsinya 

Anak-anak biasanya masih dalam masa mengonsumsi susu formula sebagai salah satu makanan pendamping (MPASI). Nah, telah Moms ketahui bahwa susu bisa menjadi salah satu penyebab anak susah BAB. 

Oleh karena itu, mengganti susu yang dikonsumsi si kecil bisa menjadi cara mengatasi anak mengalami gangguan pencernaan tersebut. 

Memberikan Vitummy untuk Anak Susah BAB 

Anak Susah BAB

Vitummy merupakan vitamin yang dibuat dari madu herbal dengan ekstrak bahan alami, seperti buah pepaya, bawang putih, temulawak, dan temu hitam. Beberapa bahan tersebut sangat bermanfaat untuk melancarkan pencernaan. 

Salah satu cara mengatasi masalah pencernaan seperti anak susah BAB bisa dilakukan dengan memberikan Vitummy secara rutin. Hal ini dikarenakan ekstrak buah pepaya di dalamnya mengandung enzim, seperti papain, chymopapain, caricain, dan glycyl endopeptidase yang bermanfaat melancarkan pencernaan. 

Oleh karena itu, apabila sudah terlanjur anak susah BAB maka jangan ragu untuk memberikan Vitummy yang mengandung ekstrak buah pepaya untuk melancarkan pencernaan. Yuk, dapatkan produk Vitummy sekarang juga melalui website resminya di www.maduvitummy.id

Share:
Facebook
Twitter
LinkedIn

Tinggalkan komentar

On Key

Related Posts

Chat Customer Service
Konsultasi Vitummy
Halo Kak, Promo Madu Vitummy Masih Adakah?