logo madu vitummy
Search
Close this search box.

Anak Mudah Sakit, Apa Penyebabnya? Ketahui Dampak Dan Cara Mengatasinya

Anak Mudah Sakit

Apakah Moms sedang khawatir karena anak mudah sakit? Anak-anak memang sangat rentan terkena sakit ya, Moms. Hal ini sebenarnya disebabkan sistem kekebalan tubuhnya belum terlalu kuat layaknya orang dewasa. 

Selain karena sistem kekebalan tubuh yang belum kuat, banyak juga penyebab lainnya loh, Moms. Apa saja penyebab anak mudah sakit? 

Artikel berikut akan membahas beberapa penyebab anak mudah sakit, dampaknya, dan cara mengatasinya. Mengetahui hal-hal ini akan membantu Moms mencegah si kecil sering mengalami sakit.

Yuk, simak di bawah ini ya, Moms! 

Penyebab Anak Mudah Sakit 

Anak Mudah Sakit

Moms, sudah tau belum apa saja penyebab anak mudah sakit? Perlu Moms ketahui, banyak yang menyebabkan hal ini terjadi. Adapun beberapa penyebabnya sering tidak disadari oleh banyak orang tua, yaitu seperti berikut. 

Rendahnya Imunitas Tubuh

Penyebab anak mudah sakit yang pertama adalah rendahnya imunitas tubuh (sistem imun). Anak-anak pada umumnya belum memiliki sistem imun yang baik. Meskipun, seiring bertambahnya usia maka sistem imunnya akan menguat. 

Kondisi tersebut menyebabkan orang tua harus memperhatikan sistem imun si kecil. Pasalnya, sistem imun yang tidak dijaga dapat mengakibatkan penyakit imun pada anak. 

Dilansir dari laman primary hospital, World Health Organization (WHO) menyebutkan ada empat hal yang menyebabkan penyakit imun pada anak. Adapun empat penyebabnya, yaitu genetik, stres, mikroorganisme, dan kimia. 

Baca Juga: Obat Penggemuk Badan di Apotik, Waspadai 5 Efek Sampingnya!

Paparan Lingkungan Sekitar 

Penyebab anak mudah sakit selanjutnya adalah adanya paparan lingkungan sekitar. Hal ini dikarenakan ada beberapa aspek lingkungan yang dapat memengaruhi kondisi kesehatan seseorang, terutama anak-anak. 

Aspek yang sering terjadi adalah adanya perubahan cuaca yang ekstrim. Misalnya cuaca sangat panas yang tiba-tiba berubah menjadi sangat dingin. Perubahan cuaca ekstrim ini tidak mudah untuk diterima anak-anak. 

Kondisi tersebut dipengaruhi oleh sistem kekebalan tubuh anak yang belum terlalu kuat layaknya orang dewasa. Akibatnya, anak mudah sakit. 

Lingkungan Tempat Tinggal yang Kotor 

Lingkungan tempat tinggal yang kotor juga berpotensi menjadi penyebab anak mudah sakit. Pasalnya, banyak sumber penyakit, seperti bakteri, virus, jamur, kuman, dan lain sebagainya yang tumbuh di lingkungan kotor. 

Apabila kondisi tersebut dibiarkan terus-menerus maka sumber-sumber penyakit dapat menyerang tubuh anak. Hal ini bisa terjadi, baik melalui udara maupun sentuhan secara langsung. 

Paparan Asap Rokok 

Banyak orang tua yang termasuk dalam perokok aktif, termasuk orang tua yang memiliki anak kecil di rumah. Seperti telah sering disebutkan, asap rokok sangat berbahaya, terutama bagi anak-anak. 

Bahaya asap rokok pada anak sering diacuhkan oleh banyak orang tua. Padahal, paparan asap rokok yang terlalu sering bisa menjadi penyebab anak mudah sakit. Hal ini bisa terjadi dikarenakan asap rokok mengandung banyak racun di dalamnya. 

Anak-anak masih sangat rentan untuk menerima racun dari asap rokok. Dampaknya, anak bisa mengalami penyakit, seperti gangguan saluran pernapasan, bronkitis, atau pneumonia. 

Konsumsi Makanan Tidak Sehat 

Makanan sangat memengaruhi kondisi kesehatan tubuh anak. Makanan yang baik dan sehat akan menghasilkan tubuh yang sehat. Sebaliknya, makanan yang tidak baik dan tidak sehat akan menjadikan anak mudah sakit. 

Beberapa jenis makanan yang tidak sehat untuk anak-anak, di antaranya adalah junk food, fast food, gorengan, mi instan. Makanan jenis ini mengandung garam, gula, dan lemak yang tinggi. Selain itu, juga memiliki gizi dan nutrisi yang rendah. 

Sering mengonsumsi makanan tersebut menyebabkan kebutuhan gizi dan nutrisi dalam tubuh tidak terpenuhi. Akibatnya, anak mudah sakit. 

Tidak Imunisasi 

Imunisasi merupakan program yang diadakan pemerintah untuk membuat seseorang menjadi kebal terhadap suatu penyakit. Hal ini menjadikan imunisasi pada umumnya dilakukan pada anak-anak. 

Seperti kita tahu, anak-anak merupakan masa yang rentan terkena penyakit. Sehingga, imunisasi sangat diperlukan untuk mencegah anak terkena serangan penyakit. Oleh karena itu, anak tidak diimunisasi berpotensi menjadi penyebab anak mudah sakit. 

Itulah beberapa penyebab anak mudah sakit yang harus Moms ketahui. Mengetahui penyebabnya dapat menjadikan Moms bisa melakukan berbagai upaya preventif agar si kecil selalu sehat. 

Dampak Anak Mudah Sakit 

Anak Mudah Sakit

Setelah mengetahui penyebabnya, kini saatnya Moms mengetahui dampak anak mudah sakit. Apa saja dampaknya ya, Moms? Sebenarnya, banyak dampak yang bisa terjadi apabila anak mudah sakit. 

Berikut beberapa dampak anak mudah sakit yang dibiarkan terus-menerus. 

Anak Mudah Rewel 

Moms, seperti kita tahu bahwa anak-anak biasanya menjadi rewel ketika sedang sakit. Kondisi ini disebabkan karena mereka belum bisa mengatakan kepada orang tuanya mengenai kondisi yang dirasakannya, terutama ketika anak mudah sakit. 

Pendiam, Lemah, dan Lesu 

Dampak anak mudah sakit selanjutnya adalah anak menjadi terlihat pendiam, lemah, dan lesu. Keadaan ini sering menjadikan banyak orang tua sangat khawatir terhadap anak-anaknya. 

Tidak Bisa Beraktivitas Normal 

Anak mudah sakit biasanya harus mengurangi aktivitasnya, terutama untuk beberapa aktivitas di luar rumah. Hal ini bisa terjadi karena aktivitas di luar rumah biasanya akan menambah buruk kondisi kesehatannya. 

Banyak Ketinggalan Pelajaran 

Anak mudah sakit juga bisa berdampak pada ketinggalan pelajaran. Hal ini terjadi terutama pada anak-anak usia sekolah. Pasalnya, mereka sering tidak masuk sekolah dan tidak mengikuti kegiatan belajar. 

Itulah beberapa dampak anak mudah sakit yang harus Moms ketahui. 

Cara Mengatasi Anak Mudah Sakit 

Anak Mudah Sakit

Moms, bagaimana jika sudah terlanjur anak sering mengalami sakit? Jangan khawatir dulu ya, Moms. Ada banyak cara mengatasi anak mudah sakit. Lalu, apa saja caranya? Berikut akan diuraikan beberapa caranya dilansir dari laman sehatq.com.  

Tidur Berkualitas 

Moms, cara mengatasi anak yang mudah sakit bisa dilakukan dengan memastikan si kecil memiliki tidur yang berkualitas. Apa itu tidur berkualitas? Tidur berkualitas adalah tidur yang dilakukan pada waktu normal (malam hari) selama delapan jam. 

Memberikan Makanan Sehat dan Bergizi 

Makanan sehat dan bergizi akan membantu mengatasi anak yang mudah sakit. Pasalnya, jenis makanan ini dapat memenuhi kebutuhan gizi dan nutrisi dalam tubuhnya. Kebutuhan nutrisi dan gizi yang terpenuhi menjadikan anak lebih sehat dan tidak mudah sakit. 

Menghindari Paparan Asap Rokok 

Seperti telah disebutkan bahwa paparan asap rokok merupakan salah satu penyebab anak sering sakit. Oleh karena itu, menghindarkan si kecil terkena paparan asap rokok termasuk cara mengatasinya. 

Pastikan Anak Mendapat Imunisasi 

Memastikan anak mendapatkan imunisasi adalah cara untuk meningkatkan kekebalan atau daya tahan tubuh anak. Cara ini akan mendukung anak terhindar dari penyakit, sehingga tidak mudah sakit. 

Menciptakan Lingkungan yang Bersih 

Lingkungan sekitar yang biasa menjadi tempat bermain anak, seperti di rumah, halaman, dan tempat bermain pastikan dalam keadaan bersih. Kebersihan lingkungan yang terjaga dapat mencegah anak sering sakit karena terhindar dari sumber penyakit. 

Memberikan Vitummy dengan Formula Selenium Silver Pro

Cara mengatasi anak mudah sakit yang terakhir adalah dengan memberikan Vitummy. Vitummy merupakan vitamin penambah nafsu makan yang dilengkapi dengan formula Selenium Silver Pro. Formula ini sangat ampuh meningkatkan daya tahan tubuh anak dan orang dewasa.

Hal tersebut dikarenakan Vitummy dibuat dari madu herbal dengan ekstrak bahan alami, seperti ekstrak bawang putih, temulawak, dan temu hitam. Ekstrak bahan-bahan ini mengandung selenium yang ampuh meningkatkan daya tahan tubuh.

Yuk, dapatkan produk Vitummy sekarang juga melalui website resminya di www.maduvitummy.id!

Share:
Facebook
Twitter
LinkedIn

Tinggalkan komentar

On Key

Related Posts

Chat Customer Service
Konsultasi Vitummy
Halo Kak, Promo Madu Vitummy Masih Adakah?