logo madu vitummy
Search
Close this search box.

6+ Ide Ngabuburit Antibosan dan Edukatif

ngabuburit

ayo mandi, nanti kita ngabuburit” begitulah kira-kira bujukkan moms pada si kecil yang lumayan susah disuruh untuk mandi di saat bulan Ramadhan.

Berbicara tentang bulan Ramadhan, pasti rasanya tidak akan lengkap tanpa diisi dengan ngabuburit.

Fenomena ngabuburit ini sudah melekat, bahkan menjadi salah satu budaya atau kebiasaan yang kerap dilakukan pada saat bulan suci Ramadhan menjelang buka puasa.

Lantas, Apa Itu Ngabuburit?

vitummy | 6+ Ide Ngabuburit Antibosan dan Edukatif

Secara umum, ngabuburit adalah kegiatan yang biasa dilakukan untuk menunggu waktu buka puasa.

Biasanya orang-orang melakukan waktu ngabuburit dengan cara mengunjungi tempat wisata viral, seperti pesisir pantai atau tempat yang banyak menjual takjil.

Baca Juga: Apa Itu Bukber? Kenapa Banyak Ruginya Yaa? Ketahui Yuk!

Meski kebanyakan orang melakukan ngabuburit dengan cara berkendara atau mengunjungi suatu tempat, namun ngabuburit juga bisa dilakukan dengan cara-cara yang bermanfaat, lho!

Misalnya, berolahraga, mengikuti webinar, membaca buku, membaca al-quran, mendengarkan ceramah, atau berdzikir.

Asal-Usul Ngabuburit

Meski sudah populer sejak lama dan menjamur di seluruh Indonesia, ternyata istilah ngabuburit berasal dari bahasa Sunda.

Dilansir dari Laman Universitas Pasundan, ngabuburti berasal dari kata burit yang artinya sore atau petang. Istilah ini mengacu pada kegiatan untuk mengisi waktu santai sambil menunggu waktu sore tiba.

Istilah ini sudah ada sejak kebudayaan Islam memasuki tandah sunda. Namun, fenomena ngabuburit ini sudah mulai berkembang dan beragam dibandingkan saat awal kemunculannya.

Pada zaman dahulu, anak-anak melakukan ngabuburit dengan bermain permainan tradisional Jawa Barat, seperti bermain meriam bambu, petak umpet, atau egrang.

Sementara saat ini, kegiatan ngabuburit banyak disesuaikan dengan budaya dari daerah masing-masing.

Tentunya diarahkan pada kegiatan yang lebih kreatif untuk mengisi waktu santai di sore hari untuk menunggu waktu buka puasa tiba, sambil menikmati momen bulan Ramadhan.

Tips Ngabuburit yang Produktif dan Anti Bosan bersama Si Kecil

Berikut ini adalah beberapa tips ngabuburit antibosan bersama si kecil, agar anak riang dan semangat dalam menjalani harinya, ketahui yuk.

Mengunjungi Tempat Wisata Edukasi

Untuk mengisi kegiatan ngabuburit bersama si kecil, moms bisa mencoba untuk mengunjungi tempat wisata yang edukatif, atau tempat-tempat lainnya.

Jika moms jauh dari tempat atau taman-taman edukatif, cobalah untuk membawa si kecil ke tempat dengan pemandangan indah yang tidak membosankan, misalnya taman pinus.

Moms juga bisa membawa si kecil ke tempat-tempat unik, seperti tempat yang bisa melihat pesawat terbang atau kereta api melintas.

Di samping itu, tetap perhatikan keamanan si kecil ya moms. Jangan lupa untuk mematuhi peraturan yang ada untuk keselamatan moms dan si kecil.

Berburu Takjil

vitummy | 6+ Ide Ngabuburit Antibosan dan Edukatif

Tips ngabuburit selanjutnya yaitu dengan berburu takjil. Ngabuburit identik dengan berburu takjil, lho!

Untuk mengisi waktu santai di sore hari, moms bisa mengajak si kecil ke pasar kaget atau tempat-tempat yang banyak jualan takjil.

Bermain ke Alun-Alun atau Tempat Sejenisnya

Selain berburu takjil, moms juga bisa mengisi waktu ngabuburit bersama si kecil dengan bermain di alun-alun atau tempat sejenisnya.

Di tempat tersebut biasanya ada berbagai wahana yang bisa moms dan si kecil mainkan, seperti odong-odong, mobil atv mini, perosotan dan ayunan, hingga penyewaan menggambar.

Selain penyewaan wahana, di tempat-tempat tersebut biasanya terdapat banyak penjual takjil.

Jadi, sambil main bersama si kecil, moms juga bisa memilih dan membeli takjil favorite.

Meski demikian, jangan lupa untuk selalu mengawasi si kecil ya moms! Apalagi jika tempat yang dikunjungi dekat dengan jalan raya.

Sepeda Santai

Moms, anak-anak biasanya senang melakukan aktivitas, contohnya yaitu bermain sepeda.

Nah, untuk mengisi ngabuburit, cobalah untuk mengajak si kecil bermain sepeda santai.

Selain menghilangkan rasa bosan dalam menunggu waktu buka puasa, bersepeda dengan santai juga bisa menyehatkan tubuh.

Bermain Permainan Tradisional

vitummy | 6+ Ide Ngabuburit Antibosan dan Edukatif

Moms, zaman dulu, kita mengisi waktu ngabuburit dengan melakukan permainan tradisional bersama keluarga atau teman.

Nah, untuk mengisi waktu luang menjelang buka puasa, moms bisa mengajak si kecil bermain permainan tradisional, misalnya congkak atau permainan ular tangga.

Selain memperkenalkan budaya, bermain permainan tradisional membantu si kecil menghilangkan rasa bosan karena menunggu waktu buka, dan tentunya membawa kita untuk bernostalgia ke masa muda.

Menyiapkan Hidangan Buka Puasa

vitummy | 6+ Ide Ngabuburit Antibosan dan Edukatif

Tips ngabuburit anti bosan lainnya yaitu menyiapkan hidangan buka puasa bersama si kecil.

Mengajak si kecil menyiapkan hidangan buka puasa bisa membantu ia untuk makan lebih lahap, lho!

Mengajak si kecil untuk menyiapkan hidangan bisa meningkatkan nafsu makan. Anak akan lebih merasa senang dan antusias untuk menikmati makanan yang dibuat bersamanya.

Moms bisa melakukan kegiatan ini mulai dari mengajak si kecil berbelanja sayuran dan bahan makanan, membersihkan sayuran, hingga menyiapkan makanan untuk ditata di meja.

Selain itu, mengajak si kecil menyiapkan hidangan buka puasa bisa membantu ia untuk memilih makanan yang dikonsumsinya.

Kondisi tersebut bisa mencegah rasa bosan yang dialami si kecil terhadap makanan yang moms siapkan.

Berkebun

vitummy | 6+ Ide Ngabuburit Antibosan dan Edukatif

Tips anti bosan menunggu adzan magrib yang lainnya yaitu dengan berkebun bersama si kecil.

Berkebun tak hanya menambah wawasan dan ilmu pengetahuan tentang alam pada si kecil, tapi bisa membantu meningkatkan kualitas kesehatan mental dan fisik.

Dilansir dari Kementerian Kesehatan RI, berkebun memiliki banyak manfaat untuk kesehatan mental dan fisik si kecil, lho!

Berkebun bisa meningkatkan kualitas tidur sehingga pertumbuhan si kecil menjadi optimal.

Tak hanya itu, kegiatan ini juga membantu si kecil untuk menjadi lebih fokus karena harus memusatkan pikiran pada tanaman yang akan ia tanam.

Selain membuatnya menjadi lebih fokus, kegiatan ini pun membantu ia untuk merasa lebih damai, terhindar dari pikiran negatif, ataupun perasaan negatif.

Bermain di Pesisir Pantai

vitummy | 6+ Ide Ngabuburit Antibosan dan Edukatif

Jika moms tinggal di daerah yang dekat dengan pantai, cobalah untuk mengajak si kecil bermain di pesisir pantai. Moms bisa mengajak si kecil untuk berjalan santai di tepi pantai atau bermain pasir.

Pantai memang identik dengan udara yang panas, namun jika mengunjunginya di sore hari tidak akan begitu panas.

Bahkan angin laut yang meniup ke tubuh pun bisa membuat si kecil menjadi ngantuk. Tapi, jangan sampai ketiduran ya! Tetap lakukan aktivitas yang menyenangkan di pantai.

Meski begitu, selalu perhatikan keselamatan si kecil ya. Hindari membiarkannya bermain sendirian, apalagi bermain air laut sendirian.

Ikut Pengajian

Biar puasanya lebih berkah, moms bisa mengisi kegiatan ngabuburit bersama si kecil dengan mengajaknya ikut ke pengajian. Mengajaknya ke pengajian membantu ia untuk mengenal agama.

Meski demikian, mengajak si kecil ke pengajian berisiko membuatnya untuk merengek atau menangis minta pulang.

Berburu Sunset

Moms, berburu sunset atau senja bisa membuat diri kita menjadi lebih tenang.

Selain itu, berburu sunset juga bisa mengajarkan si kecil tentang untuk bersyukur dan menghargai waktu karena masih diberikan kesehatan, keselamatan, dan umur panjang.

Selain itu, moms juga bisa mengabadikan momen bersama si kecil di bawah matahari yang mulai terbenam atau dikenal sebagai golden hour.

Pasalnya, saat matahari mulai terbenam, ia akan memantulkan cahaya merah yang terlihat lebih hangat, lembut, dan bercorak keemasan.

Nah, itulah tips ngabuburit anti bosan dan edukatif. Jadi, mau pilih tips yang mana? Atau, moms sudah melakukan semuanya?

Untuk mendapatkan informasi seputar pola asuh dan kesehatan si kecil, terutama di bulan Ramadhan ini, yuk ikuti terus blog vitummy yang akan selalu update dalam menyajikan konten menarik.

Selain itu, untuk menjaga kesehatan sehingga si kecil tetap bugar meski sedang berpuasa, jangan lupa untuk mengonsumsi Madu Vitummy setiap sahur dan berbuka puasa.

Madu Vitummy merupakan madu yang mengandung ekstrak rempah-rempah pilihan, seperti temulawak, temu hitam, bawang putih, dan pepaya yang bermanfaat untuk menjaga kesehatan pencernaan.

Selain itu, Madu Vitummy bermanfaat untuk meningkatkan nafsu makan, meningkatkan daya tahan tubuh, dan mencegah anak dari risiko infeksi cacingan.

Yuk, rutin minum Madu Vitummy sehari dua kali untuk mendapatkan daya tahan tubuh yang kuat dan bebas cacingan selama puasa.

Share:
Facebook
Twitter
LinkedIn

Tinggalkan komentar

On Key

Related Posts

Chat Customer Service
Konsultasi Vitummy
Halo Kak, Promo Madu Vitummy Masih Adakah?