Benarkah Minum Oralit Bikin Kenyang Saat Puasa?

Moms, kita pasti sudah tidak asing dengan obat oralit. Obat yang sering dicari saat tubuh mengalami diare ini, disebut-sebut bisa membantu tubuh untuk menahan lapar saat puasa, lho!

Dilansir dari beberapa situs kesehatan, katanya minum oralit diyakini bisa mempertahankan rasa kenyang dan menjaga tubuh terhindar dari dehidrasi.

Lantas, benarkah minum oralit bikin kenyang saat puasa? Jangan sampai salah kaprah, mari kita simak bersama fakta tentang minum oralit bantu tubuh tetap kenyang.

Apa Itu Oralit?

vitummy | Benarkah Minum Oralit Bikin Kenyang Saat Puasa?

Oralit merupakan obat yang berfungsi untuk membantu menggantikan cairan dan elektrolit tubuh yang hilang karena diare, demam, muntah, atau kondisi lainnya yang serupa agar tubuh terhindar dari dehidrasi.

Baca Juga: Ketahui Yuk Makna Takjil Yang Sebenarnya

Bahkan, tak hanya mengatasi dehidrasi, minum oralit bisa membantu mencegah hilangnya cairan tubuh dalam jumlah yang banyak.

Oralit ini mengandung dua zat penting yang dibutuhkan oleh tubuh, yaitu elektrolit (garam) dan karbohidrat (dalam bentuk gula).

Nah, kedua kandungan tersebut membuat oralit berfungsi sebagai pengganti garam dan mineral yang hilang dari tubuh karena diare, muntah, atau kondisi lain yang serupa. sehingga kadar elektrolit dan mineral kembali dalam jumlah normal.

Takaran garam dan gula dalam oralit pun telah disesuaikan dengan kebutuhan tubuh untuk mengatasi dehidrasi.

Produk oralit dijual bebas di apotek dalam bentuk sachet bubuk, tablet, ataupun bentuk minuman, serta tersedia dalam berbagai rasa.

Selain itu, osmolaritas oralit juga bisa mengurangi frekuensi BAB pada orang-orang yang sedang diare.

Lalu, bagaimana cara minum oralit? Apakah bisa dikonsumsi secara bebas karena kandungan zat dalam oralit telah disesuaikan dengan kebutuhan tubuh untuk mengatasi dehidrasi?

Obat ini bisa dikonsumsi oleh siapapun, mulai dari bayi, anak-anak, hingga orang dewasa. Selain itu, oralit pun bisa diminum oleh ibu hamil dan ibu menyusui yang sedang diare.

Namun sebelum minum oralit, ibu hamil atau ibu menyusui perlu berkonsultasi dengan dokter terlebih dahulu.

Lantas, Benarkah Oralit Minum Oralit Bikin Kenyang saat Puasa?

vitummy | Benarkah Minum Oralit Bikin Kenyang Saat Puasa?

Moms, belakangan ini sedang ramai perbincangan tentang minum oralit bisa bikin kenyang saat kita berpuasa. Bahkan, fenomena tersebut membuat orang-orang mengalami panic buying terhadap oralit.

Namun, benarkah demikian?

Menurut dr. Theresia Rina Yunita, yang dilansir dari laman Klikdokter, minum oralit memang bisa membantu tubuh menjadi kenyang dan terhidrasi lebih lama saat puasa.

Hal ini dikarenakan kandungan oralit yaitu garam dan gula, bisa membantu tubuh menjadi kenyang dan terhidrasi lebih lama.

Namun, tergantung pada kondisi tubuh masing-masing, karena waktu pengosongan lambung setiap orang berbeda-beda. Ada yang waktu pengosongan lambungnya cepat, ada juga yang lama.

Bahkan, melansir dari BioSpace minum oralit telah lama dilakukan oleh umat muslim yang berpuasa, terutama bagi mereka yang tinggal di daerah panas dan kering.

Mereka mengonsumsi tablet oralit saat sahur dan berbuka untuk mempertahankan keseimbangan elektrolit tubuh dengan optimal selama berpuasa.

Pasalnya, berpuasa di daerah yang panas dan gersang sangat berisiko terkena dehidrasi sehingga mereka membutuhkan cairan tambahan untuk mencegah dehidrasi.

Apakah Minum Oralit Setiap Hari Aman untuk Tubuh?

vitummy | Benarkah Minum Oralit Bikin Kenyang Saat Puasa?

Masih melansir dari Klikdokter, mengonsumsi oralit aman dilakukan asalkan dalam jumlah yang tidak berlebihan. Misalnya, 1-2 sachet saat sahur atau sesuai dosis pada kemasan.

Meski demikian, sebaiknya tidak minum oralit setiap hari selama puasa, apalagi jika tubuh dalam keadaan sehat dan terhidrasi dengan baik.

Jika diminum secara berlebihan atau penggunaanya tidak tepat, minum oralit justru bisa membuat kadar elektrolit dalam tubuh lebih tinggi dari kadar normal. Hal tersebut bisa memicu efek samping seperti mual dan muntah ringan, bahkan keracunan.

Moms dan keluarga bisa memenuhi kebutuhan cairan tubuh dengan minum air putih yang cukup, dan mengonsumsi makanan atau buah yang mengandung banyak cairan, seperti semangka, air kelapa, atau sop.

Meskipun oralit bisa membuat kenyang, minum oralit tidak bisa menggantikan peran makanan dengan kandungan gizi yang lebih kompleks.

Jadi, tubuh tetap membutuhkan asupan makanan yang mengandung protein, karbohidrat, dan serat agar kebutuhan gizi tubuh tetap terpenuhi, seperti nasi, telur, dan sayur.

Jika moms tetap ingin minum oralit saat puasa, sebaiknya berkonsultasi dengan dokter terlebih dahulu, khususnya bagi yang menderita penyakit kronis, seperti gagal jantung, ginjal, diabetes dan gangguan keseimbangan elektrolit.

Cara Mengembalikan Cairan Tubuh Yang Hilang saat Puasa

vitummy | Benarkah Minum Oralit Bikin Kenyang Saat Puasa?

Untuk mengembalikan cairan dan menjaga tubuh tetap terhidrasi, pastikan moms dan keluarga mengonsumsi air putih dengan cukup, yaitu 8 gelas air putih per hari.

Nah, berikut ini adalah tips untuk memenuhi cairan tubuh:

  • Minum 2 gelas air putih saat berbuka puasa, yaitu saat adzan magrib dan sebelum tarawih.
  • Minum 4 gelas air putih saat makan malam, yaitu 2 gelas saat makan dan 2 gelas sebelum tidur.
  • Lalu, 2 gelas air putih saat sahur.

Selain itu, untuk memenuhi kebutuhan cairan tubuh, moms juga bisa mengonsumsi makanan berkuah, jus buah, buah yang mengandung banyak air, atau minuman yang mengandung elektrolit, seperti air kelapa.

Moms bisa melihat apakah tubuh kekurangan cairan atau tidak dengan cara melihat warna urine.

Jika urine berwarna kuning muda dan transparan, tandanya cairan tubuh sudah terpenuhi, namun jika warna urine pekat, itu menandakan tubuh membutuhkan cairan yang cukup.

Gimana, apa moms tertarik minum oralit saat puasa? Atau sudah melakukannya?

Nah, itulah informasi tentang minum oralit yang dianggap bisa mengenyangkan saat puasa.

Untuk mendapatkan informasi seputar pola asuh dan kesehatan si kecil, terutama di bulan Ramadan ini, selalu kunjungi blog Vitummy yang akan selalu update menyajikan konten menarik.

Selain itu, untuk menjaga kesehatan sehingga si kecil tetap bugar meski sedang berpuasa, jangan lupa untuk mengonsumsi Madu Vitummy setiap sahur dan berbuka puasa.

Madu Vitummy merupakan madu yang mengandung ekstrak rempah-rempah pilihan, seperti temulawak, temu hitam, bawang putih, dan pepaya yang bermanfaat untuk menjaga kesehatan pencernaan.

Madu Vitummy bermanfaat untuk meningkatkan nafsu makan, meningkatkan daya tahan tubuh, dan mencegah anak dari risiko infeksi cacingan.

Yuk, rutin minum Madu Vitummy sehari dua kali untuk mendapatkan daya tahan tubuh yang kuat dan bebas cacingan selama puasa.


Share on:

Seorang pembelajar yang tertarik dengan hal-hal kesehatan dan digital, serta gemar dalam membuat konten artikel terkait gaya hidup sehat.

Tinggalkan komentar