Jenis Bahasa Cinta Anak yang Harus Dipahami

Mommies pernah gak sih kebingungan dalam memahami maksud atau keinginan si kecil? Jika demikian, yuk kita simak sama-sama bahasa cinta anak yang penting untuk dipahami oleh orang tua.

Moms, tak hanya sepasang kekasih, bahasa cinta juga bisa dimiliki oleh seorang anak untuk menunjukan rasa cinta dan kasih sayangnya kepada kedua orang tua, atau sebaliknya.

Bahasa cinta ini tidak semata-mata hanya diungkapkan dengan puisi atau ungkapan puitis lainnya.

Namun, bisa juga diungkapkan dengan berbagai cara, seperti sentuhan fisik, pemberian hadiah, atau sebuah tindakan yang dapat memberikan perasaan bahwa mereka merasa aman, dicintai dan dihargai.

Jenis Jenis Bahasa Cinta Anak

Memahami bahasa cinta anak dapat membantu orang tua untuk mengerti kondisi dan perasaan anak, dengan demikian orang tua tidak akan frustasi ataupun kesulitan dalam mengasuh anak karena mereka telah mengetahui apa yang diinginkan dan dibutuhkan oleh anak.

Lantas, apa saja jenis-jenis bahasa cinta anak?

Berikut adalah penjelasannya.

Bahasa Cinta Anak Melalui Kata (Word of Affirmation)

Word of affirmation merupakan bahasa cinta yang paling sering digunakan untuk mengungkapkan cinta dan perasaan melalui kata-kata, baik itu kata-kata romantis, pujian, ucapan terima kasih, atau pesan sederhana yang tulus seperti kata semangat.

Contoh dari word of affirmation adalah dengan memberikan pujian atas apa yang dilakukan si kecil dalam hal positif. Misalnya, “anak moms hebat sekali ya” atau “anak moms pintar sekali ya”, dan juga “terimakasih ya sudah melakukan kebaikan hari ini“.

Selain itu, cobalah untuk memberikan kata-kata cinta pada anak sesering mungkin ya moms.

Bahasa Cinta Anak Melalui Sebuah Tindakan (Act of Service)

Moms, act of service merupakan bahasa cinta yang diungkapkan dengan sebuah tindakan atau aksi. Anak akan merasa dicintai atau dihargai apabila orang tua melakukan tindakan nyata untuknya. Misalnya, membuatkan makanan kesukaannya, mendukung hobi yang ia sukai, atau membantunya mengerjakan pekerjaan rumah.

Meskipun act of service ini merupakan bahasa cinta yang penting untuk dilakukan, namun sebagai orang tua moms juga harus selektif dalam memberikan bantuan pada si kecil. Jangan sampai ia menjadi terlalu bergantung kepada orang tuanya.

Bahasa Cinta Anak Melalui Sentuhan Fisik (Physical Touch)

vitummy | Jenis Bahasa Cinta Anak yang Harus Dipahami

Anak dengan bahasa cinta sentuhan fisik akan merasa dicintai apabila ia mendapatkan sentuhan lembut dari orang tuanya.

Bahasa cinta sentuhan fisik ini dapat diungkapkan melalui sebuah pelukan, ciuman, dan belaian lembut yang menunjukan kasih sayang orang tua pada anak.

Misalnya, memberikan pelukan saat anak merasa sedih atau menangis, memberikan ciuman jidat sebelum ia tidur, atau usapan pada bahu anak.

Memiliki Waktu yang Berkualitas (Quality Time)

vitummy | Jenis Bahasa Cinta Anak yang Harus Dipahami

Anak dengan bahasa cinta quality time akan merasa dicintai dan merasa bahagia ketika menghabiskan waktu bersama keluarga.

Oleh karena itu, luangkanlah waktu untuk anak agar ia merasa dirinya dan disayangi oleh mommies dan daddies.

Misalnya, membawa anak jalan-jalan bersama, melakukan aktivitas seperti memasak bersama, atau hanya sekedar kumpul dan duduk di kursi untuk mendengarkan anak bercerita.

Bahasa Cinta Anak dengan Sebuah Hadiah (Gifts)

Siapa sih yang tidak senang ketika diberikan hadiah? Hampir semua orang pasti menyukai hadiah, termasuk anak-anak.

Hadiah ini bisa menjadi sebuah simbol atau bahasa cinta dan kasih sayang antara anak dan orang tua. Hadiah dapat membuat anak merasa istimewa dan dihargai.

Tak perlu hadiah mahal, memberikan hadiah dapat berupa makanan kesukaan atau mainan kesukaannya. Ingat!

Mereka tidak akan menilai harga dari hadiah tersebut, namun menilai dan menghargai usaha yang dilakukan untuk memberikan hadiah kepadanya.

Cara Mengenali Bahasa Cinta Anak

Mommies, bahasa cinta setiap anak tentunya berbeda-beda. Dengan demikian, kita sebagai orang tua harus mencoba lebih paham dan peka terhadap berbagai bahasa cinta yang anak tunjukan.

Berikut adalah beberapa contoh bahasa cinta anak yang harus disadari oleh para orang tua untuk mengenali jenis bahasa cinta anak-anaknya.

Sering Meminta untuk Ditemani

Moms, apakah si kecil sering merengek ingin ditemani, menarik-narik baju, atau ingin ikut ke mana pun mommies pergi?

Jangan langsung kesal dan memarahinnya ya.

Bisa jadi itu adalah tanda bahwa si kecil membutuhkan quality time bersama mommies dan daddies. Sebagai orang tua, kita harus paham dan menyadari bahwa anak juga membutuhkan waktu berkualitas dengan keluarga.

Menanyakan Hadiah atau Memberikan Hadiah Sederhana

vitummy | Jenis Bahasa Cinta Anak yang Harus Dipahami

Mana hadiah untukku?” begitulah mungkin ucapan anak dengan bahasa cinta sebuah hadiah. Hadiah yang diberikan oleh orang tua pada anak tersebut akan menjadi simbol atau bentuk cinta dan perhatian dari orang tua kepadanya.

Meski demikian, jangan terlalu sering memberikan hadiah pada anak ya. Berikanlah hadiah pada saat momen-momen tertentu atau pada saat anak melakukan hal baik atau mendapatkan prestasi yang baik di sekolah sebagai bentuk apresiasi dari orang tua.

Selain menanyakan hadiah, anak dengan bahasa cinta gift biasanya akan memberikan hadiah seperti hasil gambarnya atau hasil karya lainnya yang ia buat kepada orang tuanya.

Jadi, jika ia sering memberikan hasil karya atau kerajinan tangan lainnya hasil buatannya, bisa jadi anak memiliki bahasa cinta hadiah.

Senang Memakan Masakan Buatan Mommies dibandingkan Makan di Luar

Moms, salah satu tanda anak yang memiliki bahasa cinta act of service adalah mereka senang dibuatkan masakan oleh orang tuanya daripada memakan masakan yang dipesan dari luar.

Selain itu, anak dengan bahasa cinta act of service biasanya akan lebih sering meminta tolong untuk dibantu atau diajarkan dalam melakukan sesuatu, seperti meminta diajarkan menaik sepeda, dan hal lainnya.

Namun, seperti yang telah dijelaskan sebelumnya, jangan terlalu sering membantunya secara penuh, ajarkan ia untuk menyelesaikan masalahnya sendiri sehingga ia dapat tumbuh menjadi pribadi yang mandiri.

Sering Menanyakan Pendapat tentang Dirinya

vitummy | Jenis Bahasa Cinta Anak yang Harus Dipahami

Moms jika si kecil sering meminta pendapat tentang dirinya, seperti menanyakan apakah ia cantik atau tidak, ini bagus atau tidak, bisa jadi itu adalah tanda bawa si kecil memiliki bahasa ibu word of affirmation.

Selain meminta pendapat tentang dirinya, anak dengan bahasa cinta ini biasanya akan sering mengucapkan I love you mommies”, atau bahasa-bahasa romantis lainnya.

Itulah beberapa informasi tentang bahasa cinta anak yang perlu moms sadari. Dengan bahasa cinta yang tepat, anak akan tumbuh menjadi pribadi yang baik tanpa merasa kekurangan perhatian dan kasih sayang.

Selain lima bahasa cinta yang disebutkan di atas, menjaga kesehatan anak dengan memberikan vitamin penambah nafsu makan dan asupan gizi yang seimbang juga merupakan bentuk bahasa cinta dan kasih sayang orang tua pada anaknya.

Baca juga nih seputar 5+ cara mengatasi anak nakal, moms harus tahu!

Jadi, berikanlah Madu Vitummy secara rutin setiap pagi dan malam sebelum tidur agar nafsu makan anak naik, pencernaannya sehat, dan terhindar dari risiko infeksi cacingan. Yuk miliki Madu Vitummy sekarang juga!


Share on:

Seorang pembelajar yang tertarik dengan hal-hal kesehatan dan digital, serta gemar dalam membuat konten artikel terkait gaya hidup sehat.

Tinggalkan komentar