10+ Bahaya Begadang bagi Kesehatan

Sudahkah kamu tahu akan bahaya begadang? Mengantuk merupakan salah satu efek dari begadang yang paling umum dirasakan.

Begadang membuat Anda menjadi lebih mudah menguap dan merasa lelah. Tidak hanya itu saja, begadang yang dilakukan secara terus-menerus akan mengakibatkan gangguan pada kondisi kesehatan tubuh bahkan mental.

Semua orang membutuhkan waktu untuk beristirahat dan waktunya berbeda-beda, semua bergantung usia, aktivitas, dan kegiatan sehari-hari yang dilakukan.

Waktu tidur yang baik bagi orang dewasa adalah sekitar 7-9 jam perhari, sedangkan bagi anak-anak membutuhkan minimal waktu tidur sekitar 10-13 jam per harinya.

Ketika proses tidur terjadi, tubuh akan beristirahat, menghasilkan energi, hingga memperbaiki jaringan tubuh yang rusak.

Tidur juga berperan dalam memperbaiki kondisi fisik hingga mental, sementara pada anak kecil dan remaja, tidur adalah waktu yang tepat untuk menghasilkan hormon pertumbuhan.

Penyebab Terjadinya Begadang

penyebab bahaya begadang

Begadang sendiri disebabkan karena berbagai hal, diantaranya seperti:

  • Gangguan tidur: Insomnia, sleep apnea, narkolepsi, sindrom kaki gelisah, bisa mengakibatkan waktu tidur menjadi berkurang.
  • Usia: Untuk yang sudah berusia 65 tahun keatas bisa mengalami kesulitan tidur karena obat yang dikonsumsi, kondisi medis, atau faktor usia.
  • Kondisi Medis: Kurangnya waktu tidur cukup dialami oleh para penderita depresi, stroke, nyeri kronis, kanker, hingga penyakit alzheimer.
  • Faktor lain: Terkadang, begadang juga disebabkan karena stress dan terjadinya perubahan kebiasaan atau jadwal, seperti ibu yang baru melahirkan atau memiliki bayi pasti akan mengatur jadwal tidurnya.

Bahaya Begadang Bagi Kesehatan

bahaya begadang bagi kesehatan

Begadang merupakan aktivitas yang banyak menimbulkan masalah negatif seperti mengantuk, kelelahan, dan kurang tidur akibat begadang dapat berpengaruh terhadap kondisi emosi hingga psikologis.

Bahkan aktivitas begadang yang dilakukan secara terus menerus dapat menimbulkan risiko berbagai macam penyakit yang mempengaruhi kesehatan tubuh, seperti obesitas, jantung, tekanan darah tinggi, hingga diabetes.

Selain itu, berikut ini adalah efek-efek bahaya begadang yang penting untuk dikenali, yaitu:

1. Meningkatnya Berat Badan

Mengutip dari berbagai sumber penelitian, bahwa begadang dapat menimbulkan naiknya berat badan lebih banyak apabila dibandingan dengan orang yang tidurnya cukup setiap hari.

Dengan hal tersebut, begadang dapat menimbulkan risiko terkena obesitas, terdapat beberapa alasan mengenai efek begadang dengan naiknya berat badan.

Yaitu karena begadang dapat menimbulkan gangguan pada metabolisme tubuh, dan kurang tidur dapat membuat tubuh mudah lapar, sehingga pola makan menjadi tidak teratur.

Ditambah dengan seringnya begadang maka dapat memicu kebiasaan banyak makan ketika stress, hal ini dapat membuat berat badan menjadi bertambah, maka jika ingin menjaga berat badan, kebiasaan begadang perlu dihentikan.

2. Penuaan Dini

Begadang membuat Anda menjadi kurang tidur, sehingga tubuh akan menghasilkan lebih banyak hormon kortisol (hormon stress), hormon ini dapat membuat struktur kolagen pada kulit menjadi rusah dan pecah, yaitu protein yang memiliki fungsi untuk membuat kulit menjadi lebih kencang dan elastis.

Inilah yang menjadi bahaya begadang bagi wajah, karena dengan aktivitas begadang yang sering dilakukan kulit dan wajah menjadi gelap dan kusam, serta kering.

Selain itu, hal ini juga menimbulkan terjadinya flek atau bintik-bintik hitam pada wajah, hingga munculnya garis kerutan di wajah, serta membuat mata menjadi bengkak dan muncul lingkaran hitam pada sekitar mata (mata panda).

3. Gangguan Kesehatan Jantung

Jantung adalah organ vital yang sangat penting pada tubuh manusia, dan bahaya begadang bagi kesehatan dapat menimbulkan masalah pada kesehatan jantung.

Dikutip dari CBS News pada penelitian di tahun 2017 menyatakan bahwa bahaya begadang berpengaruh pada kesehatan jantung.

Salah satu penelitian yang dilakukan akan bahaya begadang terhadap kesehatan jantung adalah yang dilakukan oleh University of Arizona.

Dengan menggunakan social jet lag asisten penelitian tersebut yaitu Sierra Forbush, mengenai bahaya begadang pada kesehatan tubuh, dan hubungan kesehatan jantung berkata,

“Begadang bisa menyebabkan social jet lag, dan ini berpotensi terhadap kesehatan jantung. Efek yang dirasakan sehari-hari adalah membuat tubuh mudah terasa lelah, hingga kondisi emosi yang tidak bisa dikontrol.

Dan bahaya begadang bagi kesehatan jantung akan meningkat sekitar 11 persen apabila Anda terlambat tidur selama satu jam.

4. Melemahkan Fungsi Kerja Otak

Bahaya begadang lainnya yang bisa dirasakan adalah turunnya kinerja otak, dikutip dari perusahaan medis ResMed, bahwa begadang dapat menyebabkan terjadinya penurunan fungsi kerja otak.

Otak adalah bagian tubuh yang vital dan paling parah terkena dampak dari bahaya begadang.

Begadang membuat otak menjadi sulit dalam berkonsentrasi, hingga tidak fokus dan sulit menerima informasi baru.

Tentunya ini menjadi berbahaya ketika mengendari kendaraan, dan bisa menyebabkan terjadinya kecelakaan.

5. Meningkatkan Risiko Stroke

Kurangnya istirahat atau tidur dapat meningkatkan terjadinya penyakit stroke. Walaupun dalam silsilah keluarga tidak memiliki gen yang mengidap penyakit stroke.

Kurangnya jam tidur akibat begadang bagi remaja bisa memberikan tekanan pada kerja jantung dan berujung pada terjadinya stroke hingga serangan jantung.

6. Membuat Mudah Lupa

Dengan tidur, jaringan sel-sel saraf pada otak akan diperbaiki, dengan dibentuknya jaringan otak baru yang sehat, sehingga fungsi otak tetap terjaga, dengan hal ini otak menjadi lebih kuat dalam mengingat, konsentrasi, dan berpikir.

Namun, dengan begadang dapat menimbulkan bahaya seperti rusaknya sel-sel syaraf pada otak dan sulit untuk diperbaiki, dengan hal tersebut otak menjadi lebih sulit dalam mengingat dan membuat Anda menjadi mudah mengantuk hingga mudah lupa karena sulit berkonsentrasi.

7. Turunnya Gairah Seksual

Bahaya begadang bagi wanita dan pria tidak jauh dari turunnya libido atau gairah seksual. Kurangnya jam tidur membuat tubuh merasa lebih lelah, kurang energi, mengantuk hingga mudah stress. Efek begadang ini akhirnya membuat Anda menjadi kurang bergairah dalam berhubungan seksual.

8. Risiko Gangguan Mental

Terdapat beberapa riset yang menunjukkan apabila begadang yang terlalu sering dilakukan dapat menimbulkan gangguan pada otak sehingga berisiko menimbulkan gangguan mental, seperti depresi hingga gangguan cemas.

Risiko gangguan akan lebih meningkat apabila Anda memiliki kebiasaan yang kurang sehat, seperti merokok, stress, tidak berolahraga, hingga pola makan yang tidak teratur.

9. Turunnya Kekebalan Tubuh (Imunitas)

Riset menunjukkan jika kurangnya waktu tidur atau begadang, terutama pada orang yang tidurnya kurang dari 6 jam setiap hari, dapat membuat daya tahan tubuh lemah. Hal ini membuat tubuh menjadi lebih mudah terserang penyakit, virus, dan penyakit bahaya lainnya.

Maka kamu harus tahu nih bagaimana cara meningkatkan daya tahan tubuh untuk menjaga kesehatan badan.

10. Risiko Terkena Kanker

Bahaya begadang juga dirasakan pada terhadap kesehatan yaitu risiko terkena penyakit berbahaya, seperti kanker. Terdapat penelitian yang mengungkapkan bahwa kurang tidur, dan sering begadang akan lebih berisiko terkena kanker, apabila dibandingkan dengan orang yang memiliki jam tidur cukup.

Namun, belum diketahui secara pasti bahaya begadang terhadap munculnya kanker, akan tetapi diduga berkaitan dengan stress dan rusaknya sel-sel jaringan tubuh.

Bahaya Begadang Bagi Ibu Hamil

bahaya begadang bagi ibu hamil

Bahaya begadang juga dirasakan oleh ibu hamil. Banyak ibu hamil yang kesulitan dalam menjaga kualitas tidurnya, hal ini tentu bisa menimbulkan berbagai macam risiko kesehatan janin.

Nah untuk beberapa risiko yang ditimbulkan oleh ibu hamil yang begadang diantaranya seperti:

  • Meningkatkan risiko preeklampsia
  • Risiko tinggi terhadap persalinan premature
  • Meningkatkan tekanan darah pada ibu hamil
  • Berisiko pada komplikasi persalinan
  • Berisiko menimbulkan hambatan pada saat persalinan
  • Terjadinya gangguan metabolisme

Bahaya Begadang Bagi Remaja

Tidak hanya berbahaya bagi ibu hamil, bahaya begadang juga dapat dirasakan oleh para anak-anak remaja.

Beberapa kondisi remaja membuatnya sulit untuk tidur, dan akhirnya jam tidur para remaja menjadi kurang dari waktu normal.

Bahaya begadang bagi remaja sendiri diantaranya seperti:

  • Anak menjadi lebih mudah sakit
  • Mental yang terganggu
  • Memiliki permasalahan terkait kecemasan dan suasana hati
  • Dapat menimbulkan risiko penyakit berbahaya
  • Hingga menyebabkan terjadinya bunuh diri

Jam Tidur Terbaik Sesuai dengan Usia

jam tidur terbaik

Agar terhindar dari berbagai bahaya begadang, Anda perlu tahu kebutuhan waktu tidur yang harus dicukupi setiap harinya.

Inilah jam tidur yang harus dipenuhi setiap hari berdasarkan usia:

  1. Usia 3-5 tahun (prasekolah) dianjurkan untuk tidur 10-13 jam setiap hari, termasuk tidur siang.
  2. Usia 6-12 tahun (sekolah) dianjurkan untuk tidur 9-12 jam setiap hari.
  3. Usia 13-18 tahun (remaja) dianjurkan untuk tidur 8-10 jam setiap hari.
  4. Usia 18-60 tahun (dewasa) dianjurkan untuk tidur 7 jam atau lebih setiap hari.

Maka agar kebutuhan waktu tidur terpenuhi, sebaiknya jangan lakukan begadang, apabila tidak memiliki keperluan yang mendesak.

Itulah berbagai informasi mengenai bahaya begadang yang bisa menimbulkan berbagai macam masalah kesehatan pada tubuh Anda, semoga bermanfaat, terimakasih.


Share on:

Kami adalah Team Research Content yang menyajikan konten artikel di blog madu vitummy dengan interaktif, serta berdasarkan sumber yang akurat.

Tinggalkan komentar