Tips Menjaga dan Melancarkan Pencernaan

Bagaimana cara melancarkan pencernaan secara alami? Sistem pencernaan pada manusia memiliki organ-organ tambahan dan saluran pencernaan. Semuanya saling berkaitan dan bekerja sama dalam menguraikan makanan untuk menjadi zat gizi yang dibutuhkan oleh tubuh seperti karbohidrat, protein, vitamin, dan mineral.

Yuk simak penjelasan berikut ini, sehingga kamu tahu bagaimana cara menjaga sistem pencernaan agar selalu sehat.

Pencernaan Tidak Lancar? Apa Penyebabnya?

melancarkan pencernaan

Pencernaan tidak lancar biasanya disebabkan oleh gaya hidup dan pola makan yang tidak baik. Supaya pencernaan lancar maka harus makan makanan yang mengandung serat dan memperbanyak minum air putih.

Berikut ini beberapa penyebab terjadinya pencernaan tidak lancar:

  • Kurangnya mengonsumsi makanan berserat
  • Jarang berolahraga sehingga membuat feses lebih lama di usus besar
  • Terlalu lama menahan BAB yang membuat feses semakin kering dan keras
  • Konsumsi obat-obatan yang dapat memicu pencernaan tidak lancar seperti antasida, antidepresan, hingga suplemen zat besi
  • Terdapat kondisi medis tertentu seperti hiperkalsemia, kanker usus besar, hingga diabetes

Cara Melancarkan Pencernaan agar Sehat

agar melancarkan pencernaan

Dengan pencernaan yang bermasalah tentu membuat rasa tidak nyaman pada orang yang mengalaminya, untuk menjaga pencernaan lancar dan sehat lakukan tips berikut:

1. Melancarkan Pencernaan dengan Memilih Makanan Alami

Makanan alami merupakan makanan yang tidak mengalami proses atau pemberian zat aditif (bahan tambahan), contohnya penambah rasa ataupun gula.

Beberapa riset sudah membuktikan jika makanan alami bisa melindungi lambung dari berabgai jenis penyakit pencernaan.

Sebaliknya, Memakan makanan olahan dapat meningkatan risiko gangguan pencernaan. Garam dan gula tambahan contohnya, yang mana dapat meningkatkan risiko terjadinya peradangan usus yang mengakibatkan sindrom usus bocor.

2. Melancarkan Pencernaan dengan Makanan Berserat

Agar organ pencernaan tetap terjaga dan tidak bermasalah seperti terjadinya sembelit, diare, dan permasalahan pencernaan lainnya, maka pilihlah makanan yang berserat dan menyehatkan usus.

Serat memiliki manfaat dalam melancarkan BAB dan meminimalisir terjadinya penyakit seperti wasir, radang usus, hingga iritasi pada usus besar (IBS).

3. Mencukupi Kebutuhan Cairan

Dengan kurangnya asupan air minum membuat BAB tidak lancar dan akhirnya menyebabkan konstipasi.

Maka mencukupi kebutuhan cairan dengan mengurangi konsumsi kafein dan lebih meningkatkan makanan sehat seperti buah dan sayuran dengan kadar air yang tinggi.

Beberapa rekomendasi makanan yang bisa dijadikan sebagai asupan cairan bagi tubuh diantaranya seperti timun, melon, tomat, stroberi, dan seledri yang diyakini menyehatkan pencernaan.

4. Melancarkan Pencernaan dengan Mengelola Stress

Tubuh yang berada dalam keadaan stress juga memberikan pengaruh terhadap kesehatan pencernaan, seperti diare, hingga konstipasi.

Cobalah untuk mengelola stress dengan cara bermeditasi, relaksasi sehingga dapat meningkatkan kesehatan pencernaan.

5. Melancarkan Pencernaan dengan Olahraga Secara Rutin

agar pencernaan lancar dan sehat

Agar tubuh sehat dan pencernaan menjadi lebih terjaga maka lakukanlah olahraga secara rutin, dengan melakukan olahraga teratur dapat meningkatkan kesehatan pencernaan dan mengurangi terjadinya sembelit.

Tidak sampai disitu, olahraga juga memberikan dampak positif pada kondisi tubuh dan pencernaan sehingga dapat mencegah terjadinya peradangan usus.

6. Makan Lemak Sehat

Untuk tetap menjaga pencernaan agar selalu sehat, maka asupan lemak sehat juga perlu diperhatikan, lemak bisa membantu kamu merasa kenyang setelah makan dan digunakan dalam penyerapan nutrisi yang tepat.

Selain itu, asam lemak omega-3 berdasarkan penelitian yang sudah dilakukan membuktikan bahwa bisa menurunkan terjadinya penyakit radang usus seperti kolitis ulserativa.

Untuk makanan dengan lemak sehat contohnya seperti rami, biji chia, kacang kenari, salmon, sarden, dan mackerel.

7. Mengunyah Makanan dengan Baik dan Khusyuk

Makanan yang dikunyah dengan baik akan lebih mudah dicerna oleh sistem pencernaan, enzim yang diproduksi dalam mulut akan memproduksi air liur yang dibutuhkan guna mencampur makanan didalam lambung setelahnya.

Pastikan ketika makan untuk menghentikan segala aktivitas seperti bermain gawai, menonton, bermain, dengan hal tersebut gangguan pencernaan seperti maag dan kembung akan jarang terjadi.

8. Melancarkan Pencernaan dengan Menghentikan Kebiasaan Buruk

melancarkan pencernaan

Kebiasaan yang buruk dan sering dilakukan tidak disadari juga menjadi pengaruh terhadap kesehatan pencernaan, contohnya seperti merokok, meminum alkohol secara berlebihan, begitu pula pola makan yang tidak teratur.

Makan ketika sudah larut malam juga bisa mempengaruhi terhadap kelancaran pencernaan, setidaknya berikan waktu kurang lebih 3-4 jam setelah memakan makanan sebelum tidur agar makanan dapat diproses dan berpindah ke usus kecil.

9. Perhatikan Posisi Duduk di Toilet

Posisi duduk ketika BAB juga dapat memberi pengaruh terhadap kelancaran pencernaan. Agar pencernaan lancar maka disarankan untuk duduk dengan mengarahkan tubuh ke depan ketika sedang buang air besar.

Lalu, lemaskan lengan dan paha, dan angkat sedikit tumit kaki, teknik ini membuat tubuh lebih condong sehingga mengikuti gravitasi yang membuat feses lebih mudah untuk dikeluarkan.

10. Melancarkan Pencernaan dengan Mengatur Waktu BAB

Cara lain agar menjaga kesehatan pencernaan adalah dengan mengatur jadwal BAB. Kebanyakan orang, pagi hari merupakan waktu terbaik untuk BAB, akan tetapi hal ini berbeda-beda pada setiap orang.

Untuk mengatur waktu BAB adalah dengan melakukan hidup sehat, makan secara teratur, dan menjaga daya tahan tubuh, sehingga pencernaan lebih teratur dan proses BAB menjadi lancar.

Pencernaan yang tidak sehat mengakibatkan masalah pada sistem pencernaan sehingga menyebabkan masalah seperti sembelit, diare, hingga radang usus, maka dari itu menjaga kesehatan pencernaan adalah hal penting yang harus dilakukan.

Itulah tips dalam menjaga kesehatan dan melancarkan pencernaan, semoga bermanfaat, terimakasih.


Share on:

Kami adalah Team Research Content yang menyajikan konten artikel di blog madu vitummy dengan interaktif, serta berdasarkan sumber yang akurat.

Tinggalkan komentar