Tips Memilih Baju Baru Lebaran untuk Si Kecil

Moms, selain menjadi ajang silaturahmi dan kumpul dengan keluarga besar, hari raya Idul Fitri juga identik dengan tradisi memakai baju baru lebaran.

Meski bukan hal yang diwajibkan, tapi memakai baju baru lebaran diartikan sebagai bentuk kebahagiaan dan rasa syukur kepada Allah SWT atas segala kenikmatan yang telah diberikan sehingga berhasil melaksanakan ibadah di bulan Ramadan.

Tak hanya itu, mengenakan baju baru atau bersih saat lebaran juga mengisyaratkan diri yang suci atau bersih dari dosa setelah sebulan puasa, atau sebagai lambang lahir kembali ke dunia dengan diri yang bersih.

Tips Memilih Baju Lebaran Anak

Nah, agar si kecil merasa senang dibelikan baju lebaran setelah satu bulan puasa, berikut beberapa tips atau cara memilih baju baru lebaran untuk anak.

Pilih Bahan yang Nyaman

vitummy | Tips Memilih Baju Baru Lebaran untuk Si Kecil

Moms, tips pertama memilih baju baru lebaran untuk anak tentunya pilih bahan yang nyaman.

Setiap baju memiliki jenis kain yang berbeda-beda sehingga tingkat kenyamanan dan kelembutannya pun berbeda.

Baca Juga: 2+ Resep Kue Kering Rendah Gula Dan Kalori

Dari sekian banyak kain, Mindy menyarankan pilihlah baju dengan bahan yang lembut, adem, dan mudah menyerap keringat. Misalnya, baju dengan kain katun.

Bahan baju tersebut bisa meminimalisir risiko biang keringat atau ruam kemerahan di kulit.

Perhatikan Ukuran Pakaian

vitummy | Tips Memilih Baju Baru Lebaran untuk Si Kecil

Selain bahan, tips memilih baju baru lebaran ialah dengan memperhatikan ukuran pakaian.

Ketika memilih baju baru lebaran, pilihlah ukuran yang sesuai atau mendekati ukuran tubuh si kecil.

Hal ini bisa membuat si kecil merasa nyaman, bebas bergerak, dan tidak sesak saat lebaran.

Mudah Dikenakan

vitummy | Tips Memilih Baju Baru Lebaran untuk Si Kecil

Ada banyak model pakaian anak, mulai dari yang ramai meriah hingga simple alias sederhana.

Nah, sebagai bahan pertimbangan, pilihlah model yang sekiranya mudah dipakai oleh si kecil, terutama tidak menyulitkan ia saat hendak buang air.

Pilih Motif atau Gambar yang Disukai Anak

vitummy | Tips Memilih Baju Baru Lebaran untuk Si Kecil

Moms, agar si kecil senang mendapatkan baju baru lebaran, pilihlah motif atau gambar kesukaannya. Misalnya, gambar minion, atau karakter film yang ia sukai.

Jika memungkinkan, ajaklah si kecil untuk ikut membeli baju lebaran agar ia bisa memilih baju yang ia inginkan.

Pertimbangkan Harga Baju

vitummy | Tips Memilih Baju Baru Lebaran untuk Si Kecil

Moms, tak hanya motif, bahan, dan ukuran, memilih baju baru lebaran juga harus disesuaikan dengan budget yang kita miliki.

Tak hanya untuk berhemat, membeli sesuai dengan kondisi keuangan kita juga bisa membantu si kecil untuk belajar hidup sederhana, dan memilih sesuatu dengan kualitas bagus dengan harga yang affordable.

Doa Dan Anjuran Rasulullah SAW untuk Memakai Baju Lebaran

vitummy | Tips Memilih Baju Baru Lebaran untuk Si Kecil

Moms, apakah kita pernah bertanya-tanya kenapa harus memakai baju baru saat lebaran, dan dari mana asal usulnya?

Dalam sebuah hadits Rasulullah SAW menganjurkan umatnya untuk menggunakan pakaian terbaik di dua hari raya, yaitu hari Raya Idul Fitri dan Idul Adha.

عَنِ الْحَسَنِ ابْنِ عَلِيٍّ قَالَ: أَمَرَنَا رَسُولُ اللهِ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّم فِى الْعِيدَيْنِ أَنْ نَلْبِسَ أَجْوَدَ مَا نَجِدُ … (رواه البيهقي والحاكم)

Artinya: “Diriwayatkan dari Al-Hasan bin Ali RA, ia berkata, ‘Rasulullah SAW telah memerintahkan kami pada dua hari raya agar memakai pakaian terbaik yang kami temukan.” (HR Al-Baihaqi dan Al-Hakim).

Selain itu, ada juga hadits atsar yang menerangkan hukum memakai baju baru saat lebaran, yang berbunyi:

عَنْ نَافِعٍ : أَنَّ ابْنَ عُمَرَ كَانَ يَلْبَسُ فِى الْعِيدَيْنِ أَحْسَنَ ثِيَابِهِ. (رواه البيهقي وابن أبي الدنيا بإسناد صحيح

Artinya: “Diriwayatkan dari Nafi’ bahwa Ibnu Umar RA memakai baju terbaiknya di dua hari raya.” (HR Al-Baihaqi dan Ibnu Abid Dunya dengan sanad shahih).

Jadi, memakai baju baru lebaran hukumnya dianjurkan, bukan diwajibkan. Adapun jika memang kita tidak ada dana untuk membeli baju lebaran, maka pakailah pakaian bersih yang kita anggap paling terbaik.

Nah, itulah tips memilih baju baru lebaran. Untuk mendapatkan informasi seputar pola asuh dan kesehatan si kecil, terutama di bulan Ramadan ini, selalu kunjungi blog Vitummy yang akan selalu update menyajikan konten menarik.

Selain itu, untuk menjaga kesehatan sehingga si kecil tetap bugar meski sedang berpuasa, jangan lupa untuk mengonsumsi Madu Vitummy setiap sahur dan berbuka puasa.

Mengandung ekstrak rempah-rempah pilihan, seperti temulawak, temu hitam, bawang putih, dan pepaya yang bermanfaat untuk menjaga kesehatan pencernaan.

Madu Vitummy bermanfaat untuk meningkatkan nafsu makan, meningkatkan daya tahan tubuh, dan mencegah anak dari risiko infeksi cacingan.


Share on:

Seorang pembelajar yang tertarik dengan hal-hal kesehatan dan digital, serta gemar dalam membuat konten artikel terkait gaya hidup sehat.

Tinggalkan komentar