logo madu vitummy
Search
Close this search box.

Buah yang Bisa Menyembuhkan Flu dan Batuk, Rasanya Enak dan Menyehatkan

buah yang bisa menyembuhkan flu dan batuk

Flu dan batuk seringkali memang mengganggu kesehatan si Kecil, terutama pada musim peralihan cuaca seperti ini ya, Moms. Meski demikian, sebagai orang tua tentunya tidak perlu khawatir. 

Pasalnya, ada solusi alami yang bisa membantu menyembuhkan flu dan batuk, terutama pada anak-anak. Salah satunya adalah dengan mengonsumsi berbagai jenis buah-buahan yang kaya akan nutrisi dan antioksidan. 

Artikel ini akan membahas buah yang bisa menyembuhkan flu dan batuk karena kaya nutrisi dan antioksidan. 

Yuk, simak selengkapnya di bawah ini! 

Jeruk 

Jeruk mengandung vitamin C yang tinggi, sehingga terkenal akan kemampuannya dalam memperkuat sistem kekebalan tubuh si Kecil. Manfaat vitamin C ini tidak hanya membantu dalam memerangi penyakit flu, tetapi juga mendukung proses penyembuhan secara keseluruhan. 

Melansir artikel Vitamin C and Immune Function, kelebihan vitamin C dalam jeruk memainkan peran penting dalam merangsang produksi sel-sel kekebalan tubuh. Fungsinya untuk bertanggung jawab atas perlawanan terhadap infeksi dan penyakit ya, Moms.

Namun, manfaat jeruk tidak hanya itu. Buah yang menyegarkan ini juga dikenal mengandung antioksidan yang kuat, seperti flavonoid dan beta-karoten. Antioksidan tersebut bertugas melawan radikal bebas dalam tubuh yang dapat menyebabkan kerusakan sel dan memicu penyakit. 

Dengan demikian, konsumsi jeruk secara teratur tidak hanya membantu menjaga kesehatan si Kecil, tetapi juga dapat melindunginya dari serangan penyakit yang berpotensi merugikan.

Jadi, tidak ada salahnya memberikan segelas jus jeruk segar kepada si Kecil sebagai bagian dari strategi perawatan flu dan batuknya. Dengan begitu, Moms tidak hanya memberikan rasa segar yang menyenangkan, tetapi juga memberikan suntikan nutrisi yang bermanfaat bagi kesehatan si kecil.

Oleh karenanya, jeruk termasuk buah yang bisa menyembuhkan flu dan batuk. 

Pisang 

Pisang sering dianggap sebagai buah yang sepele, padahal punya manfaat luar biasa bagi kesehatan, terutama dalam mengatasi masalah saluran pernapasan seperti batuk. 

Kandungan kalium yang tinggi dalam pisang sangat bermanfaat bagi kesehatan saluran pernapasan si Kecil. Kalium memiliki peran penting dalam menjaga keseimbangan cairan dalam tubuh dan membantu menjaga fungsi normal dari otot dan saraf, termasuk otot-otot di saluran pernapasan.

Selain itu, menurut The Nutrition Source, Harvard T.H. Chan School of Public Health, pisang juga merupakan sumber vitamin B6 yang signifikan. Vitamin ini memiliki peran penting dalam metabolisme protein, karbohidrat, dan lemak, serta dalam pembentukan sel darah merah. 

Kekurangan vitamin B6 dapat menyebabkan gangguan pada sistem kekebalan tubuh dan mempengaruhi kesehatan saluran pernapasan.

Saat si Kecil mengalami batuk kering, pisang dapat menjadi pilihan yang tepat. Kandungan kalium dalam pisang membantu mengurangi gejala batuk kering dengan cara menjaga kelembaban pada saluran pernapasan. 

Bahkan, tekstur lembut dan mudah dicerna dari pisang membuatnya menjadi camilan yang nyaman dikonsumsi oleh si kecil, terutama ketika sedang mengalami batuk.

Jadi, Moms dapat mempertimbangkan untuk memberikan pisang sebagai bagian dari diet si Kecil saat mengalami batuk kering. Pisang tidak hanya memberikan rasa yang enak dan menyegarkan, tetapi juga memberikan manfaat kesehatan yang signifikan.

Apel 

Buah apel dengan kelembutan dan kelezatannya, bukan hanya sekadar buah yang menyegarkan, tetapi juga merupakan sumber nutrisi yang sangat baik untuk kesehatan saluran pernapasan. 

Kandungan serat alami dalam apel menurut Nutrition Journal dapat memberikan manfaat luar biasa bagi sistem pencernaan. Tapi,  manfaatnya tidak berhenti di situ saja, sebab serat dalam apel juga memiliki efek positif pada kesehatan saluran pernapasan.

Salah satu manfaat utama serat dalam apel adalah kemampuannya untuk membersihkan saluran pernapasan. Serat membantu membersihkan lendir dan kotoran yang menempel pada dinding saluran pernapasan, sehingga memungkinkan udara untuk mengalir dengan lebih lancar. 

Kondisi Ini sangat penting saat si Kecil mengalami batuk atau pilek, karena dapat membantu meredakan gejalanya dan mempercepat proses penyembuhan.

Selain itu, apel juga kaya akan antioksidan, seperti flavonoid dan vitamin C. Antioksidan tersebut membantu melawan radikal bebas dalam tubuh yang dapat menyebabkan peradangan dan merusak sel-sel tubuh. 

Dengan demikian, konsumsi apel secara teratur dapat membantu mempercepat proses penyembuhan flu dan batuk pada si Kecil.

Tidak hanya itu, apel juga mengandung quercetin, suatu jenis antioksidan yang telah terbukti memiliki efek antiinflamasi dan antiviral. Ini berarti bahwa apel tidak hanya membantu meredakan gejala flu dan batuk, tetapi juga dapat melawan infeksi yang mungkin menjadi penyebabnya.

Semua manfaat kesehatan yang ditawarkannya tidak mengherankan jika apel dianggap sebagai salah satu buah yang sangat baik untuk dikonsumsi. Terutama saat si Kecil sedang mengalami flu atau batuk. 

Jadi, pastikan untuk selalu menyediakan apel segar dalam daftar belanjaan Moms untuk membantu menjaga kesehatan si Kecil.

Kiwi 

Buah kiwi menurut The Nutrition Source bukan hanya lezat untuk dinikmati, tetapi juga merupakan pilihan terbaik untuk meningkatkan daya tahan tubuh si Kecil, terutama saat menghadapi flu dan batuk.

Kandungan vitamin C dalam kiwi merupakan salah satu yang tertinggi di antara semua buah-buahan, bahkan lebih tinggi dibandingkan dengan jeruk.

Vitamin C adalah nutrisi yang penting dalam memperkuat sistem kekebalan tubuh si Kecil. Meningkatkan asupan vitamin C dapat membantu tubuhnya melawan infeksi dan mempercepat proses penyembuhan flu dan batuk. 

Saat si Kecil mengalami batuk berdahak, vitamin C dalam kiwi dapat membantu melarutkan lendir yang menumpuk di saluran pernapasan, sehingga memudahkan untuk dikeluarkan dari tubuh.

Tidak hanya itu, vitamin C juga memiliki sifat antiinflamasi yang membantu meredakan peradangan dalam saluran pernapasan. Dengan demikian, konsumsi kiwi secara teratur tidak hanya membantu mengatasi gejala batuk berdahak pada si Kecil, tetapi juga membantu mencegah infeksi saluran pernapasan yang dapat memperparah kondisinya.

Selain vitamin C, kiwi juga mengandung serat alami yang baik untuk pencernaan serta kandungan antioksidan dan fitonutrien lainnya yang membantu menjaga kesehatan secara keseluruhan. 

Oleh karena itu, tambahkan kiwi dalam menu makanan si Kecil sebagai bagian dari strategi untuk meningkatkan daya tahan tubuhnya dan melawan flu dan batuk dengan efektif.

Dengan semua manfaat kesehatan yang ditawarkannya, kiwi merupakan pilihan yang sempurna untuk membantu menjaga kesehatan si Kecil sepanjang tahun, terutama saat musim flu dan batuk.

Baca Juga: Ciri Ciri Flu Singapura Pada Anak, Kondisi yang Sempat Bikin Heboh Para Mommy!

Semangka 

Semangka adalah buah yang sangat dianjurkan untuk menjaga kesehatan si kecil, terutama saat menghadapi flu dan batuk. Kandungan airnya yang tinggi menjadikannya sebagai sumber hidrasi yang sangat baik, sementara elektrolit alami yang terdapat di dalamnya membantu mempertahankan keseimbangan cairan dalam tubuh.

Saat si Kecil sakit flu atau batuk, tubuhnya membutuhkan asupan cairan yang cukup untuk membantu melawan infeksi dan mempercepat proses penyembuhan. 

Semangka, dengan kandungan airnya yang mencapai sekitar 90%, merupakan pilihan yang sempurna untuk menjaga tubuh si Kecil tetap terhidrasi. Hidrasi yang cukup juga membantu dalam melarutkan lendir di saluran pernapasan, sehingga memudahkan untuk dikeluarkan dari tubuh.

Selain air, menurut laman Harvard T.H. Chan School of Public Health, semangka juga mengandung elektrolit alami, seperti kalium dan magnesium. Elektrolit ini penting untuk menjaga keseimbangan cairan dalam tubuh, serta mempertahankan fungsi normal dari otot dan saraf. 

Apabila flu atau batuk dialami oleh anak, tubuhnya dapat kehilangan cairan melalui demam atau keringat yang berlebihan, sehingga penting untuk menggantinya dengan minuman yang mengandung elektrolit.

Tidak hanya itu, semangka juga mengandung antioksidan, seperti likopen, yang membantu melawan radikal bebas dalam tubuh dan mendukung sistem kekebalan tubuh anak. 

Dengan semua manfaat kesehatan yang ditawarkannya, semangka merupakan pilihan yang sangat baik untuk dimasukkan dalam menu makanan si Kecil saat mengalami flu atau batuk.

Jadi, pastikan untuk menyajikan segelas jus semangka segar atau potongan semangka sebagai camilan untuk si kecil saat mengalami flu atau batuk ya, Moms. Ini tidak hanya menyegarkan, tetapi juga membantu menjaga kesehatannya.

Pir 

Pir adalah pilihan yang sangat baik untuk membantu meredakan batuk kering pada si Kecil. Salah satu komponen utama dalam pir adalah pektin, sejenis serat larut dalam air yang ditemukan dalam daging buahnya. 

Pektin ini memiliki kemampuan untuk membentuk lapisan pelindung di tenggorokan, sehingga membantu meredakan iritasi dan mengurangi gejala batuk kering.

Ketika mengalami batuk kering, tenggorokan seringkali terasa gatal dan teriritasi. Pektin dalam pir membantu mengatasi masalah ini dengan membentuk lapisan pelindung yang menenangkan di sepanjang dinding tenggorokan. 

Lapisan ini bertindak sebagai penghalang alami yang melindungi jaringan tenggorokan dari iritasi lebih lanjut akibat gesekan atau kontak dengan zat-zat yang mungkin memperparah batuk.

Selain itu Moms, pir juga mengandung air dalam jumlah yang signifikan, sehingga membantu menjaga kelembaban di tenggorokan dan saluran pernapasan si Kecil. Ketika saluran pernapasan terhidrasi dengan baik, lendir menjadi lebih mudah untuk dikeluarkan, yang pada gilirannya membantu meredakan gejala batuk kering.

Pir juga kaya akan nutrisi penting lainnya, seperti vitamin C dan vitamin K, yang membantu memperkuat sistem kekebalan tubuh dan mendukung kesehatan secara keseluruhan. 

Dengan demikian, jangan ragu untuk menyajikan potongan pir atau jus pir segar sebagai bagian dari perawatan alami untuk meredakan batuk kering pada si kecil. Ini bukan hanya menyenangkan untuk dinikmati, tetapi juga membawa manfaat kesehatan yang besar.

Itulah beberapa jenis buah yang bisa menyembuhkan flu dan batuk. Apabila si Kecil masih saja flu atau batuk setelah mengonsumsi buah-buahan tersebut maka bisa memberikan Vitummy. 

Dibuat dari madu hutan asli dan ekstrak bahan alami, Multivitamin Vitummy mengandung Selenium Silver Pro. Formula ini berfungsi untuk meningkatkan daya tahan tubuh anak dan nafsu makannya. 

Salah satu manfaatnya adalah bisa membantu mencegah atau mengatasi flu dan batuk pada anak. Yuk, bebaskan flu dan batuk dengan menjaga daya tahan tubuhnya melalui konsumsi Vitummy! 

Share:
Facebook
Twitter
LinkedIn

Tinggalkan komentar

On Key

Related Posts

Chat Customer Service
Konsultasi Vitummy
Halo Kak, Promo Madu Vitummy Masih Adakah?