logo madu vitummy
Search
Close this search box.

5+ Cara Mengobati Tipes Paling Ampuh

cara mengobati tipes

Indonesia menempati urutan ketiga di dunia berdasarkan jumlah penderita penyakit tipes. Hal ini dibuktikan dengan angka kesakitan pertahun mencapai 157/100.000 populasi pada daerah semi rural dan 810/100.000 populasi pada daerah urban.

Perlu Moms ketahui bahwa kondisi tersebut cenderung meningkat setiap tahunnya. Menghindari terjadinya hal ini sebenarnya bisa dilakukan dengan mengetahui cara mengobatinya. 

Artikel berikut akan membahas mengenai cara mengobati tipes. Selain itu, juga mengetahui beberapa penyebab dan cara pencegahannya. 

Yuk, simak di bawah ini! 

Apa itu Penyakit Tipes? 

cara mengobati tipes

Sebelum membahas tentang cara mengobati tipes, Moms sebaiknya memahami terlebih dahulu apa itu penyakit tipes? Dilansir dari laman Kemenkes RI, demam tifoid atau yang lebih dikenal dengan tipes merupakan penyakit yang disebabkan oleh infeksi bakteri Salmonella typhi. 

Infeksi bakteri tersebut kemudian menyebar ke seluruh tubuh. Akibatnya, fungsi berbagai organ dalam tubuh dapat terganggu. Kondisi ini menjadikan tipes harus ditangani dan diobati dengan cepat. Pasalnya, tanpa pengobatan yang cepat dapat berakibat fatal. 

Akibat fatal penyakit tipes sebenarnya dapat dihindari dengan memahami berbagai gejalanya. Meskipun beberapa gejalanya sangat bervariasi, akan tetapi Kemenkes RI dalam lamannya menyebutkan beberapa hal berikut. 

  • Demam tinggi, biasanya terjadi selama lebih dari satu minggu. Pada kondisi ini, seseorang biasanya tidak dapat merespon obat penurun panas. Padahal, demam dapat meningkat secara bertahap setiap harinya dan berlangsung hingga tiga minggu. Demam selama ini bisa terjadi apabila tidak diobati. 
  • Kelelahan 
  • Sakit kepala 
  • Persendian otot terasa nyeri 
  • Perut kembung atau nyeri 
  • Diare atau sembelit (susah buang air besar) 
  • Mual dan muntah
  • Batuk 
  • Berat badan dan nafsu makan menurun 
  • Gelisah 

Itulah beberapa gejala penyakit yang perlu Moms ketahui sebelum memahami cara mengobati tipes. 

Baca Yuk: Waspadai Penyakit Tipes, Kenali 5 Penyebabnya!

Cara Mencegah Penyakit Tipes 

cara meng

Setelah mengetahui beberapa gejalanya, kini saatnya Moms memahami cara pencegahannya. Beberapa cara bisa dilakukan untuk mencegah tipes. Seperti dilansir dari laman Kemenkes RI berikut. 

1. Tinggal di Daerah Bersih 

Cara mencegah tipes yang pertama adalah dengan tinggal di daerah atau lingkungan yang bersih. Hal ini dikarenakan lingkungan tidak bersih merupakan sumber infeksi penyakit ini. Oleh karena itu, menghindari lingkungan dengan tingkat infeksi penyakit tipes yang tinggi menjadi suatu hal yang sangat disarankan. 

2. Menjaga Kebersihan Sanitasi 

Sanitasi adalah upaya menjaga kebersihan lingkungan dan kesehatan masyarakat melalui pengawasan lingkungan. Hal ini menjadikan upaya menjaga kebersihan sanitasi termasuk cara mencegah penyakit tipes. 

3. Mengonsumsi Makanan Sehat 

Seperti kita ketahui, salah satu penyebab infeksi tipes karena mengonsumsi makanan yang tidak higienis. Pasalnya, jenis makanan ini berpotensi mengandung bakteri Salmonella typhi. Oleh karena itu, mengonsumsi makanan sehat termasuk cara mencegah tipes. 

4. Menghindari Makanan Mentah 

Cara lain mencegah tipes adalah dengan menghindari makanan mentah. Hal ini sangat dianjurkan karena makanan mentah berpotensi mengandung bakteri penyebab infeksi tipes. Terlebih pada negara-negara yang sistem pengolahan makanannya belum terlalu canggih. 

Kondisi tersebut meningkatkan potensi seseorang dengan mengonsumsi makanan mentah dapat terinfeksi bakteri penyebab tipes. Oleh karena itu, mengonsumsi makanan yang telah melewati masa pengolahan (masak) lebih dianjurkan sebagai cara mencegah tipes. 

5. Membiasakan Cuci Tangan

Cuci tangan adalah kebiasaan yang seharusnya dilakukan oleh setiap orang. Kebiasaan ini sangat dianjurkan untuk dilakukan dengan sabun. Alasannya, sabun dapat membantu membersihkan tangan dari bakteri yang menyebabkan infeksi tipes. 

Membiasakan cuci tangan harus dilakukan, terutama ketika sebelum makan dan setelah keluar dari toilet. Pasalnya, kedua aktivitas ini berpotensi dapat memasukkan bakteri penyebab tipes ke dalam tubuh apabila tidak terbiasa mencuci tangan dengan sabun. 

6. Mendapatkan Vaksinasi 

Vaksinasi merupakan prosedur untuk memasukkan vaksin ke dalam tubuh yang dilakukan untuk memicu sistem imun, sehingga ada imunitas terhadap suatu penyakit tertentu. Salah satu yang biasa dilakukan adalah vaksin tifoid. 

Vaksin tifoid merupakan vaksin yang digunakan untuk mencegah penyakit tipes. Jenis vaksin ini sangat disarankan untuk anak usia 2 tahun dan diulang setiap 3 tahun. Hal ini harus dilakukan sampai anak berusia 18 tahun. 

Selain itu, vaksin ini sebenarnya juga diperuntukkan oleh orang dewasa, terutama yang berpotensi terkena penyakit tipes. Berikut beberapa faktor yang meningkatkan risiko seseorang terserang tipes menurut Kemenkes RI

  • Orang yang tinggal berdekatan dengan penderita tifus. 
  • Tenaga medis atau pekerja laboratorium yang terpapar bakteri typhi. 
  • Bekerja atau bepergian ke daerah di mana demam tifoid sering terjadi. 

Oleh karena itu, cara mencegah penyakit tipes adalah dengan mendapatkan vaksinasi tifoid. 

Cara Mengobati Penyakit Tipes 

cara mengobati tipes

Moms, banyak loh cara mengobati tipes yang perlu diketahui, terutama apabila seseorang sudah terlanjur mengalaminya. Seperti dilansir dari laman Kemenkes RI, berikut beberapa cara mengobati tipes yang bisa dilakukan. 

1. Istirahat yang Cukup

Cara mengobati tipes yang pertama adalah dengan melakukan istirahat yang cukup. Salah satunya bisa dengan berhenti melakukan berbagai aktivitas. Tujuannya agar bisa istirahat secara maksimal, sehingga sel-sel dan jaringan tubuh bisa melakukan perbaikan dengan cepat. 

Orang dengan penyakit tipes, sel dan jaringan tubuhnya mengalami banyak kerusakan. Penyebabnya adalah infeksi bakteri Salmonella typhi. Oleh karena itu, dengan istirahat yang cukup dapat menjadi cara mengobati tipes seseorang. 

2. Memenuhi Nutrisi Tubuh 

Cara mengobati tipes selanjutnya adalah dengan memenuhi nutrisi dalam tubuh penderita. Pasalnya, penderita tipes sangat membutuhkan nutrisi untuk meningkatkan daya tahan tubuh, sehingga dapat melawan infeksi virus. 

Kondisi tersebut menjadikan asupan nutrisi dalam tubuh harus sesuai. Bahkan, tambahan nutrisi melalui cairan infus sangat diperlukan apabila penderita sulit makan karena mual dan muntah. 

Oleh karena itu, memenuhi asupan nutrisi termasuk cara mengobati tipes. 

3. Memberikan Antibiotik 

Memberikan antibiotik sebagai cara mengobati tipes harus dilakukan sesuai anjuran dokter. Alasannya, antibiotik yang dikonsumsi dipilih berdasarkan tingkat keparahan penyakit. Selain itu, juga berdasarkan sensitivitas individu terhadap antibiotik. 

Kondisi tersebut menjadikan pemberian antibiotik pada penderita tipes termasuk cara mengobati tipes. 

4. Mengonsumsi Obat Penurun Panas (Demam) 

Demam merupakan salah satu gejala yang muncul dikarenakan seseorang mengalami penyakit tipes. Seperti telah disebutkan, demam pada penyakit ini terjadi cenderung lama dan selalu mengalami kenaikan. 

Cara mengobati tipes yang bisa dilakukan dengan gejala ini adalah dengan mengonsumsi obat penurun panas (demam). Cara ini dinilai dapat mengurangi gejala demam pada penderita. 

Meski demikian, konsumsi obat penurun panas harus tetap dilakukan berdasarkan saran dokter. Sebabnya, ada aturan minum tertentu yang harus dipenuhi. 

5. Obat Mengatasi Gejala Tipes 

Selain obat penurun panas, penderita juga sangat disarankan untuk mengonsumsi berbagai obat untuk mengatasi gejala lain. Beberapa di antaranya obat untuk mengatasi mual, muntah, nyeri perut, dan gangguan pencernaan. 

Oleh karena itu, mengonsumsi berbagai obat untuk mengatasi gejala termasuk cara mengobati tipes. 

Cara Mengobati Tipes Secara Herbal 

cara mengobati tipes

Tipes merupakan salah satu penyakit yang bisa sembuh dengan cara herbal. Ada beberapa bahan alami yang dapat membantu mempercepat proses pemulihan. Dilansir dari laman Siloam Hospitals, berikut cara mengobati tipes secara herbal. 

  • Cengkeh 
  • Bawang Putih 
  • Pisang 
  • Jeruk 
  • Oralit 
  • Kunyit 
  • Temulawak 
  • Jahe 
  • Daun Selasih 

Beberapa bahan tersebut terdapat dalam Madu Vitummy, yaitu madu daya tahan tubuh yang dilengkapi dengan formula Selenium Silver Pro. Madu ini dibuat dari madu hutan asli dengan campuran bahan alami. 

Bahan alami dalam Madu Vitummy, yaitu ekstrak buah pepaya, bawang putih, rimpang temulawak, rimpang temu hitam, dan rasa jeruk. Hasilnya, Madu Vitummy berkhasiat untuk meningkatkan daya tahan tubuh dan melancarkan pencernaan. 

Mengonsumsi Madu Vitummy secara rutin dapat menjadi cara mengobati tipes secara herbal. Oleh karena itu, segera dapatkan produk Madu Vitummy melalui website resminya di www.maduvitummy.id

Share:
Facebook
Twitter
LinkedIn

Tinggalkan komentar

On Key

Related Posts

Chat Customer Service
Konsultasi Vitummy
Halo Kak, Promo Madu Vitummy Masih Adakah?