logo madu vitummy
Search
Close this search box.

Menyelamatkan Keluarga Dari Ancaman Penyakit Demam Berdarah: Mommy Harus Ketahui Penyebabnya!

penyakit demam berdarah

Nyamuk bisa mengalahkan manusia hanya dengan satu gigitan ya, Moms. Nah, hal ini seperti yang terjadi pada kasus penyakit demam berdarah. Pasalnya, penyakit ini disebabkan oleh gigitan nyamuk. 

Meski hanya terkesan gigitan nyamuk kecil, akan tetapi Moms tidak boleh meremehkannya. Alasannya, apabila gigitan nyamuk penyebab penyakit demam berdarah dibiarkan maka dapat mengakibatkan kematian. 

Oleh karena itu, artikel berikut akan membahas tentang penyebab penyakit demam berdarah. Tujuannya agar Moms bisa menyelamatkan keluarga dari ancaman penyakit ini. 

Simak di bawah ini ya, Moms! 

Apa itu Penyakit Demam Berdarah?  

penyakit demam berdarah

Pertanyaan tersebut sering diungkapkan oleh beberapa orang, meskipun memang sebagian besar telah mengetahui jawabannya. Kondisi ini menunjukkan masih perlunya banyak referensi informasi mengenai penyakit demam berdarah. 

Yuk Baca Nih: 5+ Cara Mengobati Tipes Paling Ampuh

Dilansir dari laman Siloam Hospitals, penyakit Demam Berdarah Dengue (DBD) merupakan sebuah penyakit yang disebabkan virus dengue. Virus ini ditularkan melalui gigitan nyamuk Aedes aegypti. 

Indonesia termasuk salah satu negara dengan kasus DBD yang tinggi. Hal ini seperti dinyatakan dalam laman Kemenko PMK RI, bahwa kasus penyakit ini terus mengalami peningkatan dari tahun ke tahun. 

Datanya menunjukkan bahwa pada 2021 terjadi sebanyak 73.512 kasus dengan angka kematian 705 orang. Tahun 2022 sebanyak 131.265 kasus dengan angka kematian 1.183 orang. Pada periode Januari–Juli 2023, sebanyak 42.690 orang terinfeksi DBD dan 317 orang meninggal.

Orang dengan penyakit demam berdarah dapat diketahui dari gejala yang ditunjukkan, seperti rasa nyeri hebat hingga seluruh tulang dan persendian seakan-akan terasa patah. Kondisi ini harus segera mendapatkan penanganan medis. 

Apabila sampai terjadi seseorang mengalami gejala penyakit demam berdarah, akan tetapi dibiarkan begitu saja maka bisa mengakibatkan komplikasi. Bahkan pada beberapa kasus, dampak yang paling parah adalah menyebabkan kematian.

Oleh karena itu, setiap orang perlu waspada terhadap penyakit demam berdarah. 

Penyakit Demam Berdarah Disebabkan Oleh Apa?

penyakit demam berdarah

Moms pasti pernah bertanya, penyakit demam berdarah disebabkan oleh apa? Disebutkan dalam laman Dinas Kesehatan Bangka Belitung, penyakit ini disebabkan oleh infeksi virus dengue dalam tubuh manusia. 

Infeksi ini ditularkan kepada manusia melalui gigitan nyamuk yang terinfeksi virus dengue. Adapun jenisnya adalah nyamuk Aedes aegypti dan Aedes albopictus. Nyamuk ini biasanya menggigit seseorang pada pagi dan sore hari. 

Setiap orang berpotensi mengalami gigitan nyamuk penyebab penyakit demam berdarah. Akan tetapi, anak-anak berusia kurang dari 15 tahun dan orang dewasa memiliki risiko lebih tinggi. 

Apabila seseorang telah positif mengidap demam berdarah maka ada kemungkinan terjadi pula pada orang di sekitarnya. Sebabnya, penyakit ini ditularkan dari orang yang satu ke orang lain oleh nyamuk yang sudah terkontaminasi virus. 

Perlu Moms ketahui bahwa terdapat beberapa jenis virus dengue, yaitu DENV-1, DENV-2, DENV-3 dan DENV-4. Dilansir dari laman IHC Telemed, seseorang yang telah terinfeksi salah satu virus tersebut apabila sembuh maka akan kebal terhadapnya. 

Salah satu contoh yang sering terjadi, yaitu seseorang yang telah sembuh dari penyakit demam berdarah yang disebabkan oleh DENV-1. Orang ini akan kebal terhadap virus tersebut selama hidupnya. 

Kondisi tersebut berbanding terbalik dengan seseorang yang telah sembuh dari virus dengue. Pasalnya, orang ini akan memiliki risiko gejala yang lebih parah apabila terkena virus dengue yang berbeda. 

Oleh karena itu, langkah-langkah pencegahan perlu dilakukan, meskipun seseorang telah sembuh. 

Penyakit Demam Berdarah Apakah Menular? 

penyakit demam berdarah

Penyakit demam berdarah apakah menular, Moms? Pertanyaan ini mungkin sering dilontarkan oleh sebagian besar orang. Oleh karena itu, berikut akan diuraikan mengenai jawabannya. 

Dilansir dari laman Kemenkes RI, penyakit demam berdarah disebutkan termasuk penyakit yang menular ya, Moms. Penyebabnya, nyamuk Aedes aegypti yang membawa virus demam berdarah dapat menularkan virus dari satu orang ke orang lainnya. 

Pernyataan tersebut menunjukkan bahwa nyamuk menjadi media atau perantara penularan penyakit ini. Caranya, yaitu melalui gigitan nyamuk Aedes aegypti yang dapat memindahkan virus tersebut dari seseorang ke orang lain. 

Sebagai penyakit yang disebabkan oleh virus dari gigitan nyamuk, penyakit ini bisa diketahui gejalanya apabila telah melalui masa inkubasi. Adapun masa inkubasi terjadi sekitar 4–10 hari pascagigitan. 

Setelah melalui masa inkubasi, virus kemudian menyebabkan seseorang mengalami demam. Suhu paling tinggi yang biasanya terjadi adalah 40-41 derajat celcius. 

Pada keadaan tersebut, gejala yang dirasakan adalah nyeri otot dan sendi, munculnya ruam atau bintik merah pada permukaan kulit. Selain itu, seseorang juga akan mengalami mimisan dan pendarahan ringan pada gusi. 

Itulah beberapa alasan penyakit demam berdarah menular yang harus dipahami oleh setiap orang. 

Proteksi Daya Tahan Tubuh dengan Madu Vitummy

penyakit demam berdarah

Seperti telah disebutkan, penyakit demam berdarah disebabkan oleh virus dengue yang masuk ke dalam tubuh melalui gigitan nyamuk. Menangkal dampak virus ini bisa dilakukan dengan meningkatkan daya tahan tubuh. 

Meningkatkan daya tahan tubuh bisa dengan memberikan Madu Vitummy. Alasannya, Madu Vitummy dilengkapi formula Selenium Silver Pro yang ampuh meningkatkan daya tahan tubuh. 

Mengonsumsi Madu Vitummy secara rutin akan memberikan efek terhadap kekebalan tubuh tubuh. Dengan daya tahan tubuh yang baik maka akan memiliki potensi yang lebih besar untuk terhindar dari penyakit demam berdarah. 

Yuk, dapatkan produk Madu Vitummy sekarang juga dan dapatkan manfaatnya melalui website resminya di www.maduvitummy.id!

Share:
Facebook
Twitter
LinkedIn

Tinggalkan komentar

On Key

Related Posts

Chat Customer Service
Konsultasi Vitummy
Halo Kak, Promo Madu Vitummy Masih Adakah?