8 Tips Menciptakan Suasana Lebaran yang Hangat

Lebaran Idul Fitri merupakan hari besar umat muslim yang paling dinanti-nanti, terutama bagi para perantau yang jauh dari keluarga dan kampung halaman.

Maka dari itu, lebaran ini selalu dijadikan sebagai hari untuk berbagi kebahagiaan dan kehangatan, di mana setiap orang biasanya akan berkumpul untuk bersilaturahmi dan saling bermaafan.

Tak jarang, kehangatan suasana lebaran pun ikut dimeriahkan dengan berbagai dekorasi ruangan maupun suguhan makanan.

Suasana lebaran ini biasanya dirasakan mulai dari dua hari sebelum hingga dua hari setelah hari raya lebaran.

Meski terkesan singkat, apalagi bagi keluarga yang jauh dan jarang jumpa, tapi suasana lebaran yang hangat ini selalu melekat dan selalu menjadi momen yang paling ditunggu.

Agar suasana lebaran semakin terasa hangat, yuk simak bersama tips menciptakan kehangatan suasana lebaran bersama keluarga!

Tips Menciptakan Kehangatan Suasana Lebaran Bersama Keluarga

vitummy | 8 Tips Menciptakan Suasana Lebaran yang Hangat

Berikut ini adalah tips menciptakan suasana lebaran yang hangat bersama keluarga:

Piknik Bersama

vitummy | 8 Tips Menciptakan Suasana Lebaran yang Hangat

Setelah melewati masa pandemi yang sangat panjang, dimana kita diharuskan untuk tinggal di rumah dan menjaga jarak, sepertinya piknik bersama keluarga bisa menjadi salah satu opsi yang tepat.

Baca Juga: Kenapa Anak Sering Lemas Saat Puasa? Bagaimana Cara Atasinya?

Apalagi di Indonesia ini banyak sekali tempat wisata yang menyuguhkan berbagai kebutuhan untuk rekreasi, salah satunya adalah pantai yang indah yang cocok untuk dijadikan tempat untuk kumpul bersama keluarga besar.

Meski demikian, moms harus mempertimbangkan risiko kepadatan wisatawan ya. Jadi, jika tempat-tempat wisata tersebut penuh, bisa ada opsi lain, seperti makan bersama di restoran atau villa.

Makan Bersama

vitummy | 8 Tips Menciptakan Suasana Lebaran yang Hangat

Moms, hangatnya suasana lebaran rasanya tidak akan sempurna tanpa makan besar bersama keluarga.

Selain kumpul dengan keluarga besar, makan bersama juga sesuatu yang paling dinanti-nanti.

Jadi, ciptakanlah suasana lebaran yang hangat dengan menyantap hidangan seperti opor, kue kering, ketupat, atau menu makan sehat saat lebaran.

Selain itu, moms dan keluarga juga mungkin bisa mengunjungi restoran untuk kumpul dan makan bersama. Namun biasanya, makan di resto cenderung dilakukan setelah h+2 hingga 3.

Membuat Hidangan Bersama

vitummy | 8 Tips Menciptakan Suasana Lebaran yang Hangat

Jika pilihan sebelumnya ialah makan bersama, maka opsi selanjutnya ialah membuat hidangan bersama untuk dinikmati bersama.

Meski terlihat merepotkan, tapi menyantap hidangan yang dibuat bersama-sama akan terasa lebih nikmat dan menyenangkan.

Ada banyak hidangan yang bisa dibuat bersama, seperti nasi liwet dan ikan atau ayam bakar.

Selain itu, membuat hidangan bersama bisa meningkatkan kerjasama dan kekompakan keluarga.

Saat membuat hidangan, moms bisa berbagi tugas dengan yang lain. Misalnya, ada yang membuat nasi, hidangan pembuka, atau penutup.

Berbagi THR

vitummy | 8 Tips Menciptakan Suasana Lebaran yang Hangat

Berbagi THR merupakan hal yang paling dinantikan, terutama bagi anak-anak kecil.

Jadi, ciptakanlah suasana lebaran yang hangat dengan berbagi THR pada kerabat, keluarga, atau para anak tetangga yang bersilaturahmi ke rumah.

Tak perlu besar, berikanlah mereka THR semampunya dengan penuh ikhlas dan hati yang gembira.

Mendekorasi Rumah

vitummy | 8 Tips Menciptakan Suasana Lebaran yang Hangat

Moms, untuk menciptakan suasana lebaran yang hangat saat kumpul lembaran, rasanya tak akan lengkap tanpa dekorasi rumah.

Tak harus dengan barang-barang baru yang mewah, mendekorasi rumah juga bisa dilakukan dengan cara yang sederhana.

Seperti, mengatur kembali tata letak ruangan agar rumah terasa lebih luas untuk kumpul bersama.

Kemudian, mengecat salah satu dinding untuk suasana yang berbeda di dalam rumah, atau menambahkan beberapa aksesoris untuk mempercantik ruangan.

Karokean Bersama

vitummy | 8 Tips Menciptakan Suasana Lebaran yang Hangat

Jika keluarga kita gemar bernyanyi, bagaimana jika moms menambahkan karokean bersama pada susunan acara untuk menciptakan suasana lebaran yang lebih hangat?

Selain menambah kehangatan dengan cara bernyanyi bersama, karoke juga bisa membantu melepaskan stres, mengekspresikan perasaan, dan menciptakan ikatan yang lebih erat dengan satu sama lain.

Menonton Film

vitummy | 8 Tips Menciptakan Suasana Lebaran yang Hangat

Moms, selain karaoke, menonton film bersama juga bisa jadi opsi yang baik. Ada banyak film seru yang bisa dinikmati bersama keluarga melalui streaming.

Selain itu, buatlah suasana rumah seperti di bioskop dengan memutar film melalui proyektor jika memang tidak ada televisi yang cukup besar.

Jangan lupa untuk menambahkan sajian popcorn sebagai makanan khas dalam bioskop.

Board Games

vitummy | 8 Tips Menciptakan Suasana Lebaran yang Hangat

Siapa yang tidak rindu memainkan board game seperti monopoli atau mainan ular tangga?

Mainan yang dulu sering kita mainkan saat berkumpul atau ngabuburit ini sudah mulai redup dan tergeserkan dengan mainan-mainan streaming yang ada dalam smartphone.

Selain membawa kembali pada masa kecil, memainkan board game bersama si kecil bisa membantu melatih kecerdasan, mengasah strategi, dan membantu ia untuk belajar mengambil keputusan.

Nah, selain monopoli dan ular tangga, sekarang ada banyak board game yang populer untuk dimainkan ramai-ramai, seperti Werewolf: One Night Ultimate Werewolf, Ticket to Ride, The Game of Life, Jenga Game, Uno, atau Ludo.

Itulah tips menciptakan suasana lebaran yang hangat bersama keluarga. Untuk mendapatkan tips lainnya, terutama tentang pola asuh dan kesehatan si kecil, ikuti terus blog Vitummy yang selalu menyajikan konten menarik.

Untuk mendapatkan informasi seputar pola asuh dan kesehatan si kecil, terutama di bulan Ramadan ini, selalu kunjungi blog Vitummy yang akan selalu update menyajikan konten menarik.

Selain itu, guna menjaga kesehatan sehingga si kecil tetap bugar meski sedang berpuasa, jangan lupa untuk mengonsumsi Madu Vitummy setiap sahur dan berbuka puasa.

Madu Vitummy merupakan madu yang mengandung ekstrak rempah-rempah pilihan, seperti temulawak, temu hitam, bawang putih, dan pepaya yang bermanfaat untuk menjaga kesehatan pencernaan.

Yuk, rutin minum Madu Vitummy sehari dua kali untuk mendapatkan daya tahan tubuh yang kuat dan bebas cacingan selama puasa.


Share on:

Seorang pembelajar yang tertarik dengan hal-hal kesehatan dan digital, serta gemar dalam membuat konten artikel terkait gaya hidup sehat.

Tinggalkan komentar