logo madu vitummy
Search
Close this search box.

10+ Tips Makan Sehat Saat Lebaran, Intip Yuk!

makan sehat saat lebaran

Moms, hari kemenangan sudah di depan mata, artinya sebentar lagi kita akan merayakan hari raya Idul Fitri atau lebaran.

Lebaran ini merupakan momen yang paling ditunggu setelah kita menjalankan sebulan penuh puasa, dan menjadi momen untuk kumpul atau bersilaturahmi, mulai dari kerabat, keluarga, hingga tetangga-tetangga.

Untuk menambah kemeriahan saat lebaran, orang-orang biasanya akan menyiapkan berbagai macam hidangan, seperti kue atau makanan olahan yang mengandung banyak lemak untuk disajikan pada tamu yang berkunjung ke rumah.

Namun, tak semua orang bisa menyantap hidangan-hidangan tertentu, terutama anak-anak atau orang dengan penyakit tertentu, seperti kolesterol dan diabetes.

Nah, agar semua orang turut menikmati hidangan yang kita siapkan, tentunya kita harus menyiapkan panduan atau tips makan sehat saat lebaran beserta makanan sehat saat lebaran.

Tips Makan Sehat Saat Lebaran

vitummy | 10+ Tips Makan Sehat Saat Lebaran, Intip Yuk!

Moms, makanan lebaran biasanya mengandung kadar kolesterol, lemak, dan gula yang tinggi.

Agar kita tetap sehat meski mengonsumsi makanan-makanan tersebut, berikut adalah tips dan panduan makan sehat saat lebaran:

Atur Porsi Makan

vitummy | 10+ Tips Makan Sehat Saat Lebaran, Intip Yuk!

Moms, dilansir dari Kementerian Kesehatan RI, tips makan sehat saat lebaran ialah dengan mengatur pola makan.

Baca Juga : Resep Kue Kering Sehat Anti Gagal untuk Lebaran

Jika moms mengalami kesulitan mengatur jam makan saat berkunjung ke rumah saudara atau kerabat, cobalah untuk mencicipi makanan dalam porsi sedikit tapi lebih sering.

Cobalah untuk menggunakan piring berukuran kecil guna mencegah makan secara berlebihan dalam porsi besar.

Batasi Makanan Bersantan dan Berlemak

vitummy | 10+ Tips Makan Sehat Saat Lebaran, Intip Yuk!

Tips makan sehat saat lebaran selanjutnya ialah membatasi makanan tinggi lemak dan santan. Pasalnya, hidangan lebaran sangat identik dengan santan, contohnya opor ayam dan lontong sayur.

Jika dikonsumsi secara berlebihan, makanan bersantan tersebut bisa meningkatkan kadar minyak alami yang ada di bawah kulit jadi terkontaminasi lemak jenuh.

Hal tersebut bisa memicu penyumbatan pori-pori, jumlah komedo, dan jerawat.

Tak hanya itu, mengonsumsi makanan bersantan secara berlebih juga bisa berdampak pada kesehatan.

Santan berlebih bisa meningkatkan kadar kolesterol jahat dalam darah (LDL) sehingga bisa meningkatkan risiko penyakit jantung dan stroke.

Sebab, lemak atau LDL bisa menyebabkan timbunan plak dan menyumbat pembuluh darah.

Jadi, meskipun rasanya nikmat dan gurih, yuk konsumsi makanan berlemak dan bersantan secukupnya.

Pilih Daging Rendah Lemak

vitummy | 10+ Tips Makan Sehat Saat Lebaran, Intip Yuk!

Moms, memilih daging rendah lemak merupakan salah satu panduan makan sehat saat lebaran.

Pasalnya, tak hanya mengandung banyak santan, hidangan lebaran pun biasanya dibuat dengan berbagai macam daging yang cenderung mengandung tinggi lemak, seperti daging sapi, kambing, dan ayam.

Untuk itu, pilihlah daging rendah lemak, misalnya dada ayam atau daging sapi sirloin.

Batasi Makanan dan Minuman Manis

Selain makanan tinggi lemak dan santan, makanan dan minuman manis pun kerap menghiasi meja tamu.

Dilansir dari Kementerian Kesehatan RI, makanan atau minuman tinggi gula bisa menyebabkan obesitas, diabetes, bahkan hipertensi. Pada si kecil, hidangan tersebut bisa meningkatkan risiko kesehatan gigi.

Jadi, jika ingin mengonsumsi hidangan manis, pastikan moms membatasi porsinya ya.

Selain itu, pilihlah hidangan manis yang sehat, seperti jus, puding buah, atau potongan buah lainnya, terutama yang mengandung banyak vitamin serat.

Itulah tips makan sehat saat lebaran, lumayan merepotkan ya moms, tapi tak apa demi kesehatan kita harus tetap melakukannya.

Makanan Sehat Saat Lebaran

vitummy | 10+ Tips Makan Sehat Saat Lebaran, Intip Yuk!

Moms, selain menjaga dan memperhatikan pola makan sehat saat lebaran, alangkah baiknya kita menyiapkan hidangan makanan sehat saat lebaran.

Berikut merupakan ide makanan sehat saat lebaran yang cocok untuk dihidangkan saat lebaran.

Daging Tanpa Lemak

Seperti yang kita sadari, daging memang tidak lepas dari menu lebaran. Namun, tak semua orang bisa mengonsumsi daging dengan sembarangan, apalagi jika daging tersebut mengandung banyak lemak.

Daging yang mengandung tinggi lemak bisa meningkatkan risiko tekanan darah tinggi, pengerasan pembuluh darah, bahkan serangan jantung dan stroke.

Dengan begitu, pilihlah daging-daging rendah lemak untuk digunakan sebagai bahan makanan sehat saat lebaran agar moms dan para tamu bisa makan sehat saat lebaran.

Sup

vitummy | 10+ Tips Makan Sehat Saat Lebaran, Intip Yuk!

Moms, selain kuah bersantan, moms juga bisa menyediakan makanan sehat saat lebaran seperti sup bening dengan campuran sayur dan daging rendah lemak.

Sup membantu tubuh untuk mendapatkan asupan serat, mencegah dehidrasi, dan meningkatkan asupan protein.

Ikan Tim

Moms, selain daging ayam, kambing, dan sapi, bagaimana jika menambahkan ikan? Ikan bisa menjadi salah satu makanan sehat saat lebaran karena mengandung banyak manfaat bagi kesehatan tubuh.

Ikan merupakan sumber protein tinggi, rendah lemak jenuh, dan mengandung asam lemak omega-3.

Dengan begitu, menu ikan tim sangat cocok untuk dihidangkan saat lebaran. Sebab, prosesnya yang dikukus tidak akan menambah asupan minyak atau lemak dalam daging ikan.

Ketupat Beras Merah

Lebaran rasanya tak akan lengkap tanpa ketupat. Ketupat merupakan makanan khas lebaran yang terbuat dari beras putih dan dipadukan dengan makanan bersantan, seperti opor ayam.

Nah, perpaduan tersebut bisa meningkatkan kadar kolesterol tubuh dan berat badan.

Alih-alih membuat ketupat dari beras putih, bagaimana jika moms menggunakan beras merah untuk bahan ketupat?

Dilansir dari laman Halodoc, beras merah memiliki indeks glikemik yang rendah sehingga cenderung lebih sehat dan aman dikonsumsi daripada beras putih, terutama bagi pengidap diabetes.

Biskuit Almond dan Oat

Lebaran kurang lengkap tanpa hidangan kue-kue kering di atas meja. Nah, untuk menciptakan pola makan sehat saat lebaran, biskuit almond dan oat bisa menjadi pilihan terbaik. Apalagi jika moms membuat sendiri dengan versi rendah gula.

Oat dan almond merupakan makanan kaya nutrisi penting yang dibutuhkan oleh gula. Selain

Selain tinggi serat, makanan-makanan tersebut bisa mengurangi rasa lapar alias mengenyangkan lebih lama.

Dengan begitu, kita bisa mengatur pola makan sehat saat lebaran dengan tidak mengonsumsi makanan berlebih karena merasa kenyang lebih lama.

Kurma

Moms, bagaimana jika menyajikan kurma saat lebaran? Kurma memiliki banyak manfaat untuk kesehatan tubuh, seperti mengontrol kadar gula darah dan membantu memenuhi kebutuhan asupan gizi.

Salad

Kehadiran sayur mungkin sangat jarang terlihat saat hari raya. Namun, tidak masalah jika moms ingin menambahkan salad pada menu hidangan hari lebaran.

Salad bisa membantu tubuh mencegah masalah pencernaan saat lebaran karena makanan-makanan yang kurang sehat.

Moms bisa membuat salad dari selada, bayam, tomat, brokoli, dan paprika. Jangan lupa untuk melengkapinya dengan saus dressing yang sehat, seperti minyak zaitun.

Roti Gandum

Selain salad, roti gandum pun tak kalah sehat untuk dikonsumsi saat lebaran. Roti gandum mengandung banyak nutrisi, seperti protein, antioksidan, dan mineral. Moms bisa menyajikan roti gandum dengan selai buah alami atau olahan alpukat.

Roti Sourdough

vitummy | 10+ Tips Makan Sehat Saat Lebaran, Intip Yuk!

Moms, pernah mendengar roti sourdough? Sourdough merupakan roti yang difermentasi dengan ragi atau bakteri yang terbentuk secara alami.

Roti ini dinilai lebih menyehatkan dari roti biasa karena adonan asam dibuat bersama Lactobacilli dan ragi alami.

Roti ini memiliki banyak manfaat dan keunggulan, seperti kaya protein, mudah dicerna, membantu mengontrol gula darah, hingga bisa menjaga berat badan tubuh.

Ayam Bakar

Selain menyediakan ayam olahan santan, bagaimana jika moms menambahkan pilihan makanan sehat saat lebaran seperti ayam bakar?

Ayam bakar dianggap lebih sehat keran tidak mengandung minyak goreng. Jadi, tidak akan ada tambahan kalori atau lemak pada makanan tersebut.

Untuk membuatnya semakin lezat, moms bisa menyajikan sambal kecap.

Buah-Buahan

Ide menu makanan sehat saat lebaran lainnya ialah buah-buahan. Tak hanya menyehatkan, buah-buahan bisa dijadikan sebagai hidangan penutup.

Selain buah utuh, moms bisa menyajikan buah-buah tersebut dengan cara dibuat menjadi minuman jus. Namun, tanpa menambahkan gula di dalamnya ya.

Menu ini bisa menjadi minuman menyegarkan yang sehat saat lebaran karena mengandung banyak nutrisi yang dibutuhkan oleh tubuh.

Itulah informasi tentang tips makan sehat saat lebaran. Agar pencernaan tetap sehat sehingga siap menerima hidangan lebaran, jangan lupa untuk rutin mengonsumsi Madu Vitummy setiap pagi dan malam sebelum tidur.

Share:
Facebook
Twitter
LinkedIn

Tinggalkan komentar

On Key

Related Posts

Chat Customer Service
Konsultasi Vitummy
Halo Kak, Promo Madu Vitummy Masih Adakah?