8 Cara Menjaga Keseimbangan Gizi Anak Agar Terhindar Dari Stunting

Belakangan ini, stunting menjadi isu yang mendapatkan perhatian serius, terutama dari segi kesehatan. Masalahnya karena hal ini menyangkut gangguan tumbuh kembang anak akibat kekurangan gizi kronis dan infeksi berulang. 

Kondisi ini mengakibatkan dampak kesehatan dan ekonomi. Dampak kesehatan berkaitan dengan gagal tumbuh dan gangguan metabolik pada saat dewasa. Adapun dampak ekonomi berkaitan dengan potensi kerugian 2-3 % GDP. 

Oleh karena itu, menjaga keseimbangan gizi adalah salah satu cara agar anak terhindar dari stunting. Lalu, bagaimana cara? Jangan khawatir karena artikel berikut akan membahas mengenai hal tersebut. Jadi, simak di bawah ini ya, Moms! 

Pentingnya Keseimbangan Gizi Pada Anak 

Keseimbangan Gizi

Sebelum membahas tentang caranya, Moms perlu mengetahui terlebih dahulu pentingnya keseimbangan gizi pada anak. Pasalnya, gizi seimbang memiliki peran penting dalam proses tumbuh kembang anak. 

Berikut beberapa peran keseimbangan gizi dalam tumbuh kembang anak yang harus Moms ketahui. 

Anak Tumbuh Sehat 

Moms, siapa sih yang tidak menginginkan anaknya untuk tumbuh sehat? Pastinya tidak ada satu pun orang tua yang menginginkannya ya, Moms. 

Nah, perlu Moms ketahui bahwa anak tumbuh sehat tidak terlepas dari gizi seimbang dalam tubuhnya. Alasannya karena gizi seimbang menjadikan tubuh, kecerdasan, dan kemampuan anak bisa berkembang pesat. 

Sehingga, pentingnya keseimbangan gizi adalah untuk menjadikan anak tumbuh sehat dan tidak mudah terkena sakit. 

Menyempurnakan Perkembangan Otak 

Selain anak tumbuh sehat, pentingnya gizi seimbang pada anak juga untuk menyempurnakan perkembangan otak. Hal ini berkaitan dengan peran gizi dalam membentuk saraf tubuh, salah satunya saraf otak. 

Saraf otak yang dibentuk dengan sempurna tentunya menjadikan perkembangan otak juga sempurna, sehingga kecerdasan anak bisa maksimal. 

Menguatkan Daya Tahan Tubuh 

Moms, perlu diketahui bahwa anak yang memiliki keseimbangan gizi cenderung daya tahan tubuhnya lebih baik dibanding anak lainnya. Misalnya, jadi jarang terserang penyakit, seperti flu, batuk, dan demam. 

Selain itu, juga memengaruhi kondisi mereka ketika dewasa. Hal ini dikarenakan masalah kesehatan ketika dewasa, seperti diabetes biasanya disebabkan adanya riwayat gizi buruk saat masih kecil. 

Oleh karena itu, pentingnya keseimbangan gizi anak adalah untuk menguatkan daya tahan tubuh. 

Mendukung Konsentrasi Anak 

Pentingnya keseimbangan gizi pada anak adalah dapat mendukung konsentrasi, terutama ketika berpikir atau belajar. Pasalnya, anak yang gizinya seimbang biasanya karena kebutuhan makanannya terpenuhi. 

Kondisi tersebut menjadikan anak tidak kelaparan dan lemas karena kekurangan zat besi dan gula, sehingga bisa mengikuti kegiatan sekolah tanpa adanya gangguan. 

Memiliki Energi Lebih 

Keseimbangan gizi sangat penting bagi tubuh si kecil karena membantu memiliki energi lebih dalam menjalani aktivitas sehari-hari. Sebabnya adalah terpenuhinya kebutuhan kalori harian anak, sehingga energinya pun lebih banyak. 

Menurunkan Risiko Terkena Penyakit Ketika Dewasa 

Moms, pentingnya keseimbangan gizi pada anak salah satunya adalah untuk mendukung tumbuh kembangnya. Hal ini dikarenakan kondisi masa anak-anak akan menentukan ketika dewasa, misalnya aspek kesehatan. 

Anak-anak yang keseimbangan gizinya terjaga maka akan menurunkan risiko terkena penyakit ketika dewasa. Alasannya karena kebanyakan penyakit yang dialami orang dewasa, salah satu sebabnya karena kekurangan gizi tertentu ketika masih anak-anak. 

Adapun penyakit yang biasanya diakibatkan karena hal ini, yaitu penyakit tulang atau darah. 

Cara Menjaga Keseimbangan Gizi Anak 

Keseimbangan Gizi

Setelah mengetahui pentingnya keseimbangan gizi pada anak, selanjutnya Moms harus tau juga tentang caranya. Apa saja sih cara menjaga keseimbangan gizi anak? Pada poin ini akan diuraikan beberapa caranya ya, Moms. 

Mengonsumsi Makanan yang Beragam 

Mengonsumsi makanan yang beragam bukan berarti makan berlebihan ya, Moms. Hal ini dikarenakan satu jenis makanan belum tentu mengandung zat gizi yang diperlukan tubuh. Oleh karena itu, perlu dilengkapi dengan jenis makanan lain. 

Dengan makan makanan beragam maka kekurangan zat gizi pada satu jenis makanan akan dipenuhi atau dilengkapi oleh makanan. Sehingga, bisa dijadikan cara menjaga keseimbangan gizi anak. 

Mengonsumsi Makanan Sumber Energi 

Cara menjaga keseimbangan gizi anak juga bisa dilakukan dengan mengonsumsi makanan sumber energi. Makanan ini biasanya mengandung karbohidrat, protein, dan lemak, sehingga dapat memenuhi kebutuhan energi dalam tubuh. 

Baca Yuk: Madu Murni Dengan Sejuta Manfaat Bagi Kesehatan, Salah Satu Sumber Energi Bagi Tubuh!

Minimalkan Konsumsi Lemak 

Seperti telah disebutkan bahwa lemak adalah salah satu sumber energi dalam tubuh, akan tetapi mengonsumsi lemak berlebihan bisa berakibat terjadinya penyumbatan pembuluh darah. Oleh karena itu, meminimalkan konsumsi lemak termasuk cara menjaga keseimbangan gizi pada anak. 

Mengonsumsi Makanan Sumber Zat Besi 

Zat besi termasuk gizi anak yang harus dipenuhi. Hal ini mengingat pentingnya peran zat besi dalam tubuh, yaitu untuk membentuk sel darah merah. Adapun makanan yang mengandung zat besi, di antaranya kuning telur, daging, kacang-kacangan, dan sayuran hijau. 

Memberikan ASI Eksklusif 

Moms, memberikan ASI eksklusif sebaiknya dilakukan selama 6 bulan seperti yang telah dicanangkan. Selain itu, juga bisa diberikan hingga bayi berusia 2 tahun. Pasalnya, ASI merupakan makanan terbalik yang dapat menjaga keseimbangan gizi anak. 

Memberikan Sarapan Secara Rutin 

Memberikan sarapan secara rutin termasuk cara menjaga keseimbangan gizi anak loh, Moms. Hal ini dikarenakan kebutuhan gizi harian anak dapat terpenuhi dengan sarapan. Sehingga, anak bisa melakukan aktivitasnya dengan maksimal. 

Memenuhi Kebutuhan Cairan dalam Tubuh 

Sebagian besar unsur dalam tubuh manusia adalah air, yaitu sekitar 60-70 %. Kondisi ini menjadikan setiap orang harus memenuhi kebutuhan cairan dalam tubuhnya. Misalnya dengan minum air 6-8 gelas setiap hari untuk keseimbangan gizi anak. 

Memberikan Madu Vitummy

Keseimbangan Gizi

Madu Vitummy adalah madu herbal dengan campuran ekstrak bahan alami, seperti buah pepaya, bawang putih, rimpang temulawak, rimpang temu hitam, dan rasa jeruk. Salah satu manfaatnya dapat mengatasi pertumbuhan anak yang terhambat.

Seperti dijelaskan sebelumnya, pertumbuhan yang terhambat pada anak bisa dikarenakan kurang gizi. Adapun kurang gizi kronis merupakan penyebab stunting.

Oleh karena itu, memberikan Madu Vitummy bisa dijadikan sebagai cara menjaga keseimbangan gizi anak agar terhindar dari stunting ditambah vitummy juga berfungsi sebagai vitamin penambah nafsu makan yang baik dengan formulasi berkualitas. 

Nah, itulah beberapa cara menjaga keseimbangan gizi anak yang bisa Moms lakukan di rumah. Selamat mencoba ya, Moms!


Share on:

Seorang content writer brand support Madu Vitummy di Erdigma Indonesia. Dia menulis artikel tentang kesehatan, pola asuh, dan gaya hidup sehat. Selain itu, dia juga menyukai riset, membaca buku, dan menulis.

Tinggalkan komentar