logo madu vitummy
Search
Close this search box.

Berapa Lama Si Kecil Boleh Bermain Gadget? Ini 9 Dampak Negatif Gadget

Dampak Negatif Gadget

Moms, siapa nih yang anaknya belum pernah main gadget? Sebagian besar anak zaman now pasti pernah main gadget ya, Moms. 

Sebagai salah satu bentuk kemajuan teknologi, gadget memang memiliki banyak manfaat. Namun terlepas dari hal tersebut, banyak juga dampak negatif gadget, terutama bagi anak-anak. 

Kira-kira apa sih Moms dampak negatif gadget pada anak-anak? Artikel berikut akan membahas tentang apa itu gadget, dampak negatifnya pada anak, dan cara mengatasinya. 

Oleh karena itu, simak di bawah ini untuk tau jawabannya ya, Moms! 

Berapa Lama Durasi Anak Bermain Gadget?

Dampak Negatif Gadget

Sebelum membahas tentang durasi anak bermain gadget, Moms perlu memahami terlebih dahulu apa itu gadget

Gadget adalah perangkat elektronik yang memiliki fungsi khusus. Definisi inilah yang kemudian menjadikan gadget sering dikaitkan dengan smartphone.  

Pasalnya, gadget atau smartphone, keduanya memiliki berbagai aplikasi, seperti untuk mendapatkan informasi, jejaring sosial, dan masih banyak lagi. Kondisi ini menjadikan gadget bermanfaat untuk memudahkan aktivitas manusia. 

Seiring dengan perkembangannya, selain memudahkan aktivitas manusia, gadget juga memenuhi segala kebutuhan hiburan. Berbagai hiburan yang ditawarkan, di antaranya video dan games. 

Meski hampir semua aktivitas manusia bisa dilakukan dengan gadget, akan tetapi penggunaannya perlu dibatasi, terutama pada anak-anak. Tujuannya agar anak bisa terhindar dari dampak negatif gadget jika digunakan secara berlebihan. 

Moms pasti bertanya-tanya, berapa lama si kecil boleh bermain gadget? Mimin kasih tau jawabannya di bawah ini ya, Moms. 

Berdasarkan jurnal The Relationship between the Duration of Playing Gadget and Mental Emotional State of Elementary School Students, lama bermain gadget pada anak-anak sebaiknya kurang dari 40 menit/hari. Adapun frekuensinya <3 kali/hari dan 1-3 hari/minggu. 

Itulah durasi yang dianjurkan untuk anak apabila ingin bermain gadget. Saran tersebut tentunya diberikan kepada orang tua atau guru yang ikut berperan dalam membatasi penggunaan gadget pada anak. 

Tujuannya agar orang tua, guru, atau lingkungan sekitarnya bisa mendukung anak agar menggunakan gadget sesuai dengan durasi yang dianjurkan.

Baca Juga Yuk: Penuhi Asupan Gizi Dengan Resep Masakan Rumah Yang Mudah Dibuat

Apa Dampak Negatif Gadget Pada Anak?

Dampak Negatif Gadget

Durasi anak bermain gadget tentunya dibuat bukan tanpa alasan. Pasalnya, penggunaan gadget yang melebihi batas waktu bisa memberikan dampak negatif gadget pada anak. 

Kira-kira apa saja dampak negatif gadget pada anak? Banyak loh, Moms, dampak negatif gadget, terutama untuk anak-anak. Apalagi jika anak menggunakan gadget berlebihan, misalnya dengan konsisten menggunakan gadget melebihi durasi yang dianjurkan. 

Nah, berikut beberapa dampak negatif gadget pada anak. Simak di bawah ini ya, Moms! 

Perkembangan Otak yang Drastis 

Moms, tahu kan bahwa anak-anak terutama masa balita memiliki ukuran otak yang terus berkembang? Nah, perkembangan otak balita bahkan bisa mencapai tiga kali lipat. Kondisi ini biasanya terjadi hingga usia dewasa. 

Penggunaan gadget melebihi durasi yang disarankan dapat memengaruhi perkembangan otak anak. Adapun beberapa dampak negatif gadget pada anak berdasarkan penelitian, misalnya dapat menurunkan fungsi otak. 

Selain itu, dilansir dari laman playgroundequipment.com, dampak negatif gadget juga bisa 

menyebabkan kekurangan perhatian, keterlambatan kognitif, gangguan belajar, peningkatan impulsif, dan penurunan kemampuan kontrol diri. 

Oleh karena itu, orang tua disarankan untuk memprioritaskan waktunya untuk anak, seperti bernyanyi, berbicara, dan membaca buku bersama dengan anak. Tujuannya agar anak-anak lebih banyak menghabiskan waktu beraktivitas dengan orang tua dibanding bermain gadget. 

Obesitas 

Obesitas, kok bisa? Mungkin Moms bertanya-tanya kenapa obesitas bisa menjadi salah satu dampak negatif gadget pada anak. Mimin kasih tau alasannya ya, Moms. 

Obesitas dilansir dari laman siloamhospitals.com adalah kondisi medias berupa berat badan di atas normal karena penumpukan lemak berlebih. Selain karena makanan, obesitas juga bisa disebabkan karena kurangnya aktivitas fisik untuk membakar kalori dalam tubuh. 

Nah, anak yang bermain gadget berlebihan biasa lebih suka menghabiskan waktunya di depan layar dibanding bermain dengan teman-temannya di luar rumah. Kondisi ini menjadikan aktivitas fisiknya sangat kurang, sehingga terjadi penumpukan kalori dalam tubuh. 

Padahal, dampak negatif gadget tersebut bisa dihindari dengan mendorong anak untuk lebih banyak bermain di luar. Banyak aktivitas bermain yang bisa dilakukan, seperti berjalan, berlari, melompat, atau aktivitas olahraga lainnya. 

Sering Melakukan Kekerasan 

Moms, biasanya apa yang terjadi ketika anak terlalu sering bermain gadget? Banyak orang tua menyadari bahwa anaknya jadi sering melakukan kekerasan. 

Kondisi ini disebabkan karena ketika bermain gadget yang terlalu lama, anak-anak menjadi lebih agresif. Adapun bentuk paling umumnya pada anak-anak adalah tantrum. 

Sehingga, dampak negatif gadget pada anak adalah sering melakukan kekerasan, seperti melawan dan tidak mematuhi orang tua.

Namun apabila anak sudah terlanjur kecanduan gadget maka Moms harus melakukan berbagai cara, di antaranya mewarnai buku bersama dan bermain bola bersama. 

Paparan Radiasi 

Dampak negatif gadget pada anak juga bisa dikarenakan adanya paparan radiasi. Pasalnya, gadget memiliki paparan frekuensi radio yang dianggap sangat berisiko untuk anak-anak. 

Misalnya, ponsel dan perangkat nirkabel lainnya yang termasuk dalam kategori 2B memiliki emisi radiasi sangat berisiko. 

Kondisi ini bisa dihindari dengan memberikan tips melindungi anak-anak dari bermain gadget secara berlebihan. 

Mengurangi Interaksi dengan Orang Lain 

Moms, anak-anak yang bermain gadget pasti lebih senang berada di ruangannya daripada berinteraksi dengan orang lain. Kondisi ini kemudian memengaruhi keterampilan komunikasinya, baik dengan orang tua maupun dengan lingkungan sekitarnya. 

Seperti banyak kasus yang menunjukkan bahwa balita sering gagal memperbaiki kemampuan berkomunikasi mereka dengan orang tua. Sebabnya karena anak-anak lebih sering dikelilingi oleh benda mati, misalnya gadget. 

Oleh karena itu, dampak negatif gadget pada anak adalah dapat mengurangi interaksi dengan orang lain. Namun, hal ini bisa diatasi dengan cara mengalihkan perhatian anak dari gadget dengan berbicara, berdiskusi, atau bermain bersama.

Kurang Tidur 

Anak-anak yang kecanduan bermain gadget biasanya akan banyak kehilangan waktu istirahat. Salah satu hal yang paling sering terjadi adalah kurang tidur. 

Kondisi ini bisa terjadi karena bermain gadget sering dijadikan sebagai pil tidur, sehingga anak-anak menjadi pemarah dan agresif jika tanpa gadget. Sehingga, kurang tidur menjadi salah satu dampak negatif gadget pada anak. 

Cara mengatasi anak kurang tidur karena kecanduan gadget, misalnya dengan menjauhkan gadget dari tempat tidurnya dan membuat ruangannya nyaman untuk tidur. 

Tidak Punya Kedekatan dengan Alam 

Sejak anak-anak mengenal gadget dan menggunakannya dalam aktivitas sehari-hari, mereka jadi jauh dari kehidupan alam. Terlebih apabila anak sudah kecanduan, ia bahkan menjadi terasing dari alam, seperti dengan tumbuhan, hewan, danau, dan langit. 

Kondisi tersebut menunjukkan bahwa dampak negatif gadget adalah menjadikan anak tidak punya kedekatan dengan alam. Padahal, kondisi ini bisa diatasi dengan mendorong anak untuk bermain di luar, misalnya di taman bermain. 

Bermain di taman dapat membantu anak untuk berdekatan dengan alam, melatih interaksi dengan lingkungan sosial, dan bersosialisasi dengan banyak orang. 

Kerusakan Penglihatan 

Moms, seperti kita tahu bahwa bermain gadget berlebihan dapat mengakibatkan terjadinya paparan layar ke mata yang terlalu lama. Aktivitas ini tentunya menjadikan terjadinya ketegangan pada mata. 

Padahal, banyak ahli yang menyebutkan bahwa anak-anak yang kecanduan bermain gadget berpotensi lebih tinggi mengalami masalah mata. Hal ini tentunya jika dibandingkan dengan anak yang tidak suka bermain gadget. 

Oleh karena itu, kerusakan penglihatan menjadi dampak negatif gadget pada anak. 

Kecanduan 

Kecanduan adalah dampak negatif gadget yang paling sering dialami oleh anak-anak. Apalagi jika orang tua justru menuruti keinginan anak untuk bermain gadget. Tindakan ini justru membuat kecanduannya meningkat. 

Orang tua seharusnya lebih mendukung anak-anak untuk mengekspos dunia luar dibanding meninggalkan mereka di rumah dengan gadget. Tujuannya agar anak terpapar aktivitas yang meningkatkan perkembangan mental, fisik, dan emosionalnya. 

Nah, itulah beberapa dampak negatif gadget pada anak dan cara mengatasinya. Adapun berbagai cara mengatasi anak kecanduan gadget kebanyakan adalah mendorong anak untuk melakukan aktivitas luar rumah. 

Dampak Negatif Gadget

Agar anak bisa beraktivitas di luar dengan baik maka Moms perlu menjaga daya tahan tubuhnya. Misalnya, Moms bisa memberikan Madu Vitummy sebagai vitamin untuk menjaga daya tahan tubuh anak

Selain itu, Madu Vitummy juga dilengkapi dengan selenium silver pro yang bagus untuk anak. Yuk, Moms, beri anak Madu Vitummy secara rutin dan dapatkan manfaatnya!

Share:
Facebook
Twitter
LinkedIn

Tinggalkan komentar

On Key

Related Posts

Chat Customer Service
Konsultasi Vitummy
Halo Kak, Promo Madu Vitummy Masih Adakah?