logo madu vitummy
Search
Close this search box.

Wisata Keluarga? Ini 13+ Rekomendasi Wisata Keluarga Terdekat, Murah Meriah

Wisata Keluarga

Memasuki masa-masa libur sekolah? Banyak masyarakat yang memilih menikmatinya dengan melakukan wisata keluarga. 

Banyak rekomendasi wisata keluarga yang dekat, bahkan murah meriah. Berbagai tempat wisata ini tersebar di berbagai daerah Indonesia. 

Lalu, tempat wisata masa saja yang dekat dan murah? Artikel berikut akan membahas mengenai hal tersebut.

Simak di bawah ini ya, Moms! 

PILIHAN Wisata Keluarga Terdekat, Bisa Kamu Coba!

Wisata Keluarga

Wisata keluarga biasanya memilih untuk mengunjungi tempat-tempat terdekat. Pilihan ini disebabkan karena banyak anggota keluarga yang akan ikut. 

Adapun beberapa destinasi wisata keluarga terdekat setiap orang berbeda-beda tergantung daerahnya, di antaranya sebagai berikut.

Baca Juga: Memasuki Hari Liburan Panjang? Ini Daftar 7 Kegiatan Liburan Anak

1. Dunia Fantasi (Dufan)

Wisata keluarga yang pertama adalah Dunia Fantasi (Dufan). Tempat ini bisa menjadi salah satu pilihan masyarakat Jabodetabek. Pasalnya lokasinya berada di kawasan Taman Impian Jaya Ancol, Jakarta Utara. 

Dufan termasuk salah satu taman hiburan yang di dalamnya terdapat kawasan, seperti Fantasi Keliling Dunia, Fantasi Hikayat, Modern Dufan Era, dan Kawasan Terdahulu. Berbagai kawasan ini menyajikan banyak wahana dan tempat imajinatif.  

2. Grand Puri Waterpark 

Grand Puri Waterpark bisa menjadi rekomendasi wisata keluarga terdekat untuk masyarakat Yogyakarta dan sekitarnya. Taman rekreasi air ini menyajikan berbagai wahana air, baik untuk anak-anak maupun dewasa. 

Mencoba berbagai wahana air bisa memberi kesan menyenangkan dan menyegarkan. Selain itu, juga bisa melatih kemampuan anak untuk berenang dan menghadapi ketakutannya terhadap berbagai hal. 

3. Grafika Cikole 

Masyarakat Bandung dan sekitarnya, banyak tempat wisata keluarga yang bisa dikunjungi ketika liburan sekolah. Salah satunya adalah Grafika Cikole. 

Tempat ini menyajikan berbagai wahana, seperti flying fox dan flying board. Jika tidak mau menaiki wahana tersebut, Moms dan keluarga bisa sekedar menikmati pemandangan alam Lembang, Bandung Barat yang sangat indah. 

Mengunjungi tempat ini bersama keluarga tentunya akan memberikan pengalaman yang hangat dan berkesan. 

4. Kota Lama 

Salah satu tempat wisata keluarga yang paling sering dikunjungi wisatawan di Jawa Tengah dan sekitarnya adalah Kota Lama. Tempat ini merupakan salah satu tempat bersejarah yang bisa dijadikan wisata edukasi bagi keluarga. 

Mengunjungi tempat ini bersama keluarga selain bisa memberikan edukasi mengenai sejarah tempat ini, juga bisa menjadi momen foto keluarga yang mengesankan. 

5. Kebun Binatang Surabaya 

Mengunjungi kebun binatang bisa menjadi salah satu rekomendasi wisata keluarga yang menarik. Salah satunya Kebun Binatang Surabaya sebagai tempat wisata terdekat masyarakat Surabaya dan sekitarnya. 

Koleksi kebun binatang ini merupakan yang terlengkap se-Asia Tenggara, yaitu terdapat 2.806 binatang dari 31 spesies. Banyaknya ragam spesies tersebut tentunya menarik untuk dijadikan wisata edukasi bagi setiap keluarga.  

6. Taman Budaya Garuda Wisnu Kencana

Sebagai salah satu pulau wisata di Indonesia, Bali memiliki banyak tempat wisata keluarga. Salah satunya adalah Taman Budaya Garuda Wisnu Kencana. 

Tempat ini menyajikan pemandangan patung Garuda Wisnu Kencana (GWK) karya I Nyoman Nuarta. Karyanya menjadi salah satu yang tertinggi di dunia. Mengunjungi GWK menjadi salah satu rekomendasi wisata keluarga untuk masyarakat Bali dan sekitarnya. 

7. Pulau Pamutusan 

Mengunjungi Pulau Pamutusan bisa menjadi salah satu wisata keluarga terdekat. Terutama untuk masyarakat Padang dan sekitarnya. Alasannya karena lokasinya berada di Sumatera Barat. 

Sebagai destinasi wisata, pulau ini menyajikan pantai pasir putih, hamparan laut yang luas, dan air yang sangat jernih. Mengunjungi tempat ini bisa menjadi aktivitas untuk melepaskan penat dari aktivitas sehari-hari. 

8. Danau Toba 

Masyarakat Sumatera Utara dan sekitarnya memiliki tempat wisata keluarga yang sangat terkenal, yaitu Danau Toba. Lokasinya berada di Kabupaten Samosir. 

Banyak aktivitas yang bisa dilakukan di tempat ini, seperti mengelilingi area danau, menaiki kayak, atau mengunjungi museum. Berbagai aktivitas tersebut akan menarik jika dilakukan bersama keluarga. 

9. Tugu Khatulistiwa 

Moms dan keluarga yang berada di Kalimantan dan sekitarnya tidak perlu khawatir, ada banyak tempat wisata keluarga yang recomended. Tugu Khatulistiwa adalah salah satunya. 

Lokasi tempat wisata ini berada di Sintang, Pontianak, Kalimantan Barat. Adapun pembangunannya dilakukan pada tahun 1928 berdasarkan persetujuan internasional. 

Mengunjungi tempat ini tentunya akan menjadi momen yang sangat berkesan. Pasalnya, tidak semua tempat dilewati oleh garis khatulistiwa, yaitu sebagai garis yang membagi bumi menjadi dua bagian (utara dan selatan). 

10 Raja Ampat 

Kepulauan Raja Ampat berada di bagian paling barat Papua. Meski demikian, tempat ini bisa menjadi rekomendasi wisata keluarga terdekat bagi masyarakat Papua dan sekitarnya. 

Raja Ampat memiliki banyak keistimewaan, seperti  wilayah perairan terbaik di dunia, keunikan spesies laut, dan pemandangan atas laut yang mempesona. Menikmati beberapa hal tersebut tentunya bisa momen liburan yang tidak akan terlupakan. 

11. Pantai Losari 

Moms, siapa nih yang berada di daerah Sulawesi Selatan dan sekitarnya? Daerah ini punya tempat yang sangat mempesona, misalnya Pantai Losari. 

Pantai Losari menjadi salah satu destinasi wisata wajib dikunjungi. Alasannya karena banyak keindahan yang disajikan di tempat ini. Beberapa di antaranya adalah hamparan laut, pemandangan sunset, dan berbagai kuliner khas daerah setempat. 

Mengunjungi tempat ini sebagai salah satu destinasi wisata terdekat bisa menjadi pilihan yang tepat. 

Itulah beberapa wisata keluarga terdekat di berbagai daerah sekitar Moms dan keluarga yang bisa dicoba. 

Wisata Keluarga Murah Meriah 

Wisata Keluarga

Meski banyak tempat wisata keluarga terdekat, namun belum tentu murah ya, Moms. Nah, kondisi ini tentunya menjadi catatan penting, terutama bagi orang tua. Banyak yang menginginkan bisa berwisata bersama keluarga, akan tetapi dengan budget yang murah.  

Sebenarnya, banyak tempat wisata keluarga murah meriah yang juga tersebar di beberapa daerah. Kira-kira tempat wisata murah meriah di sekitar tempat tinggal Moms dan keluarga ada nggak ya? Simak di bawah ini ya, Moms! 

1. Kepulauan Seribu, Jakarta 

Meskipun lokasinya berada di Jakarta, akan tetapi Kepulauan Seribu masih menjadi salah satu tempat wisata keluarga murah meriah. 

Dibilang murah meriah karena setiap orang yang berkunjung ke tempat ini tidak dipungut biaya alias gratis. Akan tetapi, pengunjung hanya perlu menyewa kapal dengan tarif relatif terjangkau. 

Tarif tersebut tentunya tidak sebanding dengan pesona keindahan laut yang luas. Selain itu, juga kepuasan bermain air di sekitar pantai. Oleh karena itu, bagi masyarakat Jakarta dan sekitarnya, tempat ini bisa jadi referensi liburan murah meriah. 

2. Jalan Braga, Bandung 

Bandung selain punya banyak tempat wisata favorit, juga punya banyak tempat wisata keluarga murah meriah. Salah satunya adalah Jalan Braga, Bandung. 

Tempat ini menyajikan bangunan-bangunan klasik yang kaya akan sejarah. Bahkan, beberapa bangunan menjadi ikon yang keren untuk swafoto. Tidak hanya itu, banyak pula jajanan kuliner yang bisa dinikmati setiap pengunjung. 

3. Malioboro, Yogyakarta 

Bergeser ke Kota Yogyakarta, ada tempat wisata keluarga yang estetik dan murah meriah. Misalnya, yang paling terkenal adalah Malioboro. 

Malioboro merupakan jalan yang dipenuhi dengan angkringan, kafe, mal, penginapan, pasar tradisional, museum, taman wisata, dan berbagai fasilitas wisata lainnya. 

Berbagai hal tersebut menjadi daya tarik bagi setiap orang yang ingin wisata murah meriah. Terutama bagi masyarakat Yogyakarta dan sekitarnya. 

4. Kebun Raya Cibodas, Cianjur 

Masyarakat Cianjur dan sekitarnya juga memiliki destinasi wisata keluarga murah meriah. Alasannya karena di Cianjur terdapat Kebun Raya Cibodas dengan pemandangan indah dan asri yang bisa dinikmati dengan biaya murah.  

Keindahan dan keasrian pemandangan tersebut terbentuk dari aneka ragam bunga, pohon, dan tanaman tematik lainnya. Sehingga, sangat cocok dijadikan sebagai spot-spot menarik berswafoto. 

5. Kampung Keling, Medan 

Wisata keluarga murah meriah tidak hanya terdapat di Jawa, namun juga di luar Jawa seperti Medan. Kampung Keling merupakan tempat wisata murah meriah yang bisa dinikmati. 

Dikatakan murah meriah karena berkunjung ke tempat ini tidak dipungut biaya masuk (gratis). Padahal, tempat ini menyajikan keindahan arsitektur India. Kondisi ini sering menjadikan Kampung Keling dijuluki “The Little India”. 

6. Museum Angkut, Batu 

Museum masih menjadi salah satu tempat wisata keluarga murah meriah, salah satunya di Batu, Malang, Jawa Timur. Nama museumnya adalah Museum Angkut. 

Museum ini menyimpan banyak koleksi angkutan, baik tradisional maupun modern. Bahkan, asalnya dari berbagai negara. 

Mengunjungi tempat ini bersama keluarga bisa menjadi wisata yang murah meriah, akan tetapi tetap bisa memberikan banyak edukasi. 

Itulah beberapa wisata keluarga murah meriah yang bisa Moms coba pada periode liburan sekolah kali ini. 

Kira-kira, Moms dan keluarga akan mencoba wisata keluarga terdekat atau yang murah meriah? Kalau bisa dua-duanya ya, Moms.

Wisata Keluarga

Nah, untuk memastikan anak mengikuti wisata keluarga, Moms juga harus menjaga daya tahan tubuhnya. Misalnya, dengan memberikan vitamin untuk meningkatkan daya tahan tubuh anak. 

Vitummy merupakan vitamin untuk meningkatkan daya tahan tubuh anak dan menambah nafsu makan. Yuk, beli Vitummy sekarang juga untuk memastikan daya tahannya kuat agar bisa mengikuti wisata keluarga!

Share:
Facebook
Twitter
LinkedIn

Tinggalkan komentar

On Key

Related Posts

Chat Customer Service
Konsultasi Vitummy
Halo Kak, Promo Madu Vitummy Masih Adakah?