logo madu vitummy
Search
Close this search box.

Memasuki Hari Liburan Panjang? Ini Daftar 7 Kegiatan Liburan Anak

Hari Liburan

Sebagian besar anak Indonesia sedang menjalani masa libur sekolah yang mana merupakan hari liburan panjang. Anak-anak menjadi punya banyak waktu untuk melakukan berbagai aktivitas, tentunya selain aktivitas sekolah. 

Meski demikian, berbagai aktivitas hari liburan panjang anak sekolah sering kali justru terasa membosankan. Pasalnya, mereka selalu melakukan kegiatan yang sama setiap harinya. 

Padahal nih, Moms, ada banyak kegiatan liburan yang bisa dilakukan oleh anak-anak. Nah, artikel berikut akan membahas mengenai hal tersebut. 

Simak di bawah ini ya, Moms! 

Daftar Kegiatan Liburan Anak 

Hari Liburan

Banyak kegiatan yang bisa dilakukan anak-anak untuk mengisi hari liburan panjang seperti libur sekolah. Berbagai kegiatan ini bertujuan agar mereka dapat melepas penat dari aktivitas sekolah. 

Setelah bisa melepas penatnya selama liburan maka anak akan lebih siap untuk kembali ke sekolah dan mengikuti berbagai aktivitas lainnya.

Selain itu, melakukan banyak kegiatan selama liburan juga bisa membantu anak untuk meningkatkan kemampuan dalam dirinya. 

Baca Juga: Kegiatan Anak Setelah Bangun Tidur.

Nah, berikut daftar kegiatan liburan anak sekolah yang bisa menjadi referensi untuk Moms dan si kecil.

Liburan Bersama Keluarga 

Banyak orang tua yang memilih mengadakan liburan bersama keluarga untuk mengisi hari liburan sekolah anak. Cara ini dinilai paling efektif untuk menghabiskan waktu yang berkualitas bersama keluarga. 

Adapun kegiatan yang bisa dilakukan ketika liburan bersama keluarga, di antaranya mengunjungi tempat wisata, staycation, tracking, camping, dan bepergian ke sanak saudara di luar kota. 

Berbagai kegiatan tersebut sangat bermanfaat untuk melepas penat dari aktivitas sekolah. Selain itu, juga untuk membangun kedekatan (bonding) antaranggota keluarga. 

Bermain Bersama Teman 

Hari liburan anak sekolah biasanya terjadi secara seragam untuk hampir seluruh sekolah di Indonesia. Kondisi ini menjadikan anak bisa bermain bersama teman seusianya, baik yang merupakan teman sekolahnya maupun teman di lingkungan sekitarnya. 

Bermain bersama teman ketika liburan sekolah bisa dilakukan dengan banyak kegiatan, seperti bermain bola, bersepeda, petak umpet, dan berbagai kegiatan olahraga lainnya. 

Kegiatan tersebut sangat efektif untuk mengisi waktu liburan sekolah anak. Selain itu, juga bermanfaat untuk melatih interaksi sosial anak dengan lingkungannya. 

Belajar Bahasa Asing 

Bahasa asing merupakan salah satu skil atau kemampuan yang sangat perlu dikuasai pada era sekarang, terutama oleh anak-anak. Selain karena menjadi salah satu mata pelajaran di sekolah, bahasa asing juga sudah banyak digunakan dalam aktivitas sehari-hari. 

Hari liburan sekolah adalah waktu yang panjang, sehingga sangat cocok untuk melakukan kegiatan belajar bahasa asing. Misalnya, bisa dengan menonton video, membaca buku, praktik berbicara, dan lain sebagainya. 

Belajar bahasa asing selama liburan selain untuk mengisi waktu libur juga bermanfaat untuk meningkatkan kemampuan berbahasa asing. Hal ini akan membantu memudahkan aktivitas sehari-hari. 

Melakukan Hobi 

Hobi adalah kegemaran atau kesukaan seseorang akan sesuatu, seperti belajar, bermain, berolahraga, bercerita, menonton film, dan lain sebagainya. 

Berbagai hobi tersebut bisa dijadikan kegiatan untuk hari liburan sekolah anak. Selain bermanfaat untuk refreshing, melakukan hobi juga bermanfaat untuk meningkatkan produktivitas diri. 

Menjalani hari-hari yang produktif akan menghindarkan seseorang dari rasa bosan dan penat, sehingga bisa lebih siap untuk menghadapi aktivitas selanjutnya. 

Bermain Games 

Games sering dipandang sebagai suatu hal negatif oleh masyarakat. Alasannya karena bisa memberikan banyak dampak negatif, terutama pada anak-anak. Padahal, kondisi ini hanya terjadi apabila dalam penggunaannya berlebihan. 

Bermain games sesuai durasi yang disarankan oleh ahli justru bisa dijadikan sebagai salah satu kegiatan mengisi hari liburan anak. Hal ini dikarenakan bermain games juga bisa memberikan pengaruh positif. 

Beberapa di antaranya adalah meningkatkan kecerdasan, konsentrasi, dan daya kreatifitas anak. Selain beberapa manfaat tersebut, bermain games juga bisa menyegarkan otak dari rasa penat akan aktivitas sehari-hari. 

Melakukan Kegiatan Sosial 

Anak-anak adalah masa yang sangat ideal untuk menerima pendidikan, salah satunya pendidikan sosial. Caranya bisa dilakukan dengan mengajak anak untuk melakukan kegiatan sosial. 

Contoh kegiatan sosial yang bisa diikuti anak-anak, seperti mengikuti kerja bakti bersama warga lingkungan sekitar, membantu korban bencana atau orang yang berada dalam kesulitan, atau bahkan dengan mengumpulkan uang untuk disedekahkan. 

Berbagai kegiatan tersebut dapat mengenalkan anak terhadap nilai-nilai sosial yang ada di masyarakat. Selain itu, anak juga memiliki kegiatan liburan yang bermanfaat, baik untuk diri sendiri maupun orang lain. 

Mengikuti Pertukaran Pelajar 

Mengikuti pertukaran pelajar bisa menjadi best experience selama hari liburan sekolah. Beberapa institusi secara resmi mengadakan acara ini untuk memberikan pengalaman akademik yang kuat, terutama untuk anak sekolah. 

Harvard Summer School misalnya, merupakan salah satu program yang membuka kesempatan untuk tinggal atau belajar di kampus. Acara ini diadakan dengan tujuan memberikan pengalaman akademik yang ketat bagi pelajar dari segala usia. 

Itulah daftar kegiatan hari liburan sekolah untuk anak-anak yang bisa Moms jadikan referensi untuk liburan si kecil. 

Manfaat Melakukan Kegiatan di Hari Liburan Sekolah

Hari Liburan

Melakukan kegiatan di hari liburan sekolah ada banyak manfaatnya. Seperti kita tahu bahwa manfaat utama liburan adalah untuk menghilangkan penat, tidak terkecuali bagi anak-anak sekolah. 

Selain bisa menghilangkan penat dari aktivitas sekolah, hari liburan yang diisi dengan berbagai kegiatan juga bisa memberikan manfaat seperti berikut. 

Membangkitkan Semangat Baru 

Anak-anak yang melakukan kegiatan di hari liburan sekolah bisa mendapatkan banyak manfaat, salah satunya membangkitkan semangat baru. Hal ini akan membantu menyiapkan anak kembali ke sekolah. 

Suasana hati (mood) anak-anak setelah liburan biasanya lebih baik dibanding sebelumnya. Oleh karena itu, kondisi ini memungkinkan anak untuk fokus belajar dan meningkatkan prestasi akademiknya. 

Menjaga Kesehatan Fisik dan Psikis 

Menjaga kesehatan fisik dan psikis termasuk manfaat memiliki banyak kegiatan ketika hari liburan. Pasalnya, berbagai kegiatan tersebut akan membantu anak untuk menyegarkan tubuh, jiwa, dan pikiran. 

Ketiga hal tersebut merupakan faktor pendukung untuk menjaga kesehatan fisik dan psikis. Anak-anak dengan kesehatan fisik dan psikis yang baik akan lebih mudah melakukan aktivitas rutin, misalnya ketika di sekolah. 

Memiliki Banyak Teman 

Mengisi hari liburan dengan melakukan berbagai kegiatan bersama teman juga bisa bermanfaat untuk anak loh, Moms. Salah satunya adalah anak jadi memiliki banyak teman. 

Anak-anak yang bermain bersama teman-temannya, menjadikan mereka saling mengenal dan berteman. Nah, semakin sering bermain bersama maka secara alami mereka akan saling berteman dan memiliki banyak teman. 

Itulah beberapa manfaat hari liburan sekolah yang dipenuhi dengan banyak kegiatan. Selain bisa melakukan berbagai hal, anak-anak juga bisa mendapatkan banyak manfaat dari hal tersebut. 

Hari Liburan

Untuk memastikan anak bisa menghabiskan hari liburan sekolah dengan dengan melakukan banyak kegiatan, Moms harus menjaga daya tahan tubuhnya. Salah satu cara menjaga daya tahan tubuh anak adalah dengan memberikan Madu Vitummy. 

Vitummy adalah madu herbal dengan ekstrak bahan alami yang bermanfaat untuk menambah nafsu makan anak dan meningkatkan daya tahan tubuh. Yuk, Moms, berikan si kecil Vitummy sekarang juga untuk mendukung anak menjalani masa liburan yang menyenangkan!

Share:
Facebook
Twitter
LinkedIn

Tinggalkan komentar

On Key

Related Posts

Chat Customer Service
Konsultasi Vitummy
Halo Kak, Promo Madu Vitummy Masih Adakah?