logo madu vitummy
Search
Close this search box.

Liburan Sekolah Telah Usai? Yuk Abadikan Momenmu dalam Cerita Pendek!

Liburan Sekolah

Moms, tidak terasa ya kalau liburan sekolah telah usai? Meski termasuk libur panjang, liburan sekolah sering dirasa sangat singkat, terutama oleh anak-anak. 

Kondisi ini sebenarnya dikarenakan anak-anak menikmati masa liburannya. Banyak dari mereka yang melakukan berbagai aktivitas atau kegiatan selama liburan. 

Beberapa aktivitas yang sering dilakukan, seperti liburan bersama keluarga, mengunjungi destinasi wisata, atau bahkan liburan di rumah. Selain itu, anak-anak juga menghabiskan waktu bersama keluarga dan teman-temannya. 

Aktivitas tersebut tentunya memberikan kesan yang mendalam. Oleh karena itu, anak bisa mengabadikan momen liburan sekolah dalam cerita pendek. 

Lalu, bagaimana caranya? Artikel berikut akan membahas tentang hal tersebut. Simak di bawah ini ya, Moms! 

Kapan Libur Sekolah 2023 Berakhir?

Liburan Sekolah

Liburan sekolah semester genap tahun 2023 secara umum akan berakhir 16 Juli 2023. Meskipun, ada beberapa daerah di Indonesia yang masa liburannya sudah berakhir sebelum tanggal tersebut. 

Berakhirnya masa liburan menandakan setiap anak harus kembali ke sekolah. Tujuannya untuk memenuhi hak dan kewajibannya, baik sebagai seorang anak maupun sebagai siswa. 

Baca Juga: Ingin Berlibur Bersama Keluarga? Ketahui nih Ide Liburan Bareng Keluarga, Ada 13+ Destinasi Wisata Keluarga Yang Bisa Kamu Coba, Murah Meriah

Kembali ke sekolah setelah menjalani masa liburan sekolah tentunya menjadi momen yang ditunggu-tunggu. Pasalnya, setiap anak telah melepaskan penat dari aktivitas sekolah selama liburan. 

Oleh karena itu, anak menjadi lebih siap untuk kembali ke sekolah dan menjalani proses belajar. Selain itu, juga lebih bersemangat karena sudah merasa lebih segar dibanding sebelumnya. 

Cara Membuat Cerita Pendek tentang Liburan Sekolah 

Liburan Sekolah

Kembali ke sekolah setelah masa liburan sekolah memang menjadi hal yang selalu dinanti. Hal ini dikarenakan anak-anak akan bisa bercerita tentang aktivitasnya selama liburan, misalnya dengan teman-teman. 

Selain itu, aktivitas selama liburan sekolah juga sering dijadikan sebagai tugas membuat cerita pendek. Nah, bagaimana sih cara membuatnya? Simak di bawah ini ya! 

Menentukan Ide 

Menentukan ide merupakan langkah pertama untuk membuat cerita pendek. Hal ini dikarenakan ide adalah tema cerita yang akan ditulis. Banyak ide cerita pendek tentang liburan sekolah. Beberapa di antaranya sebagai berikut. 

  1. Kegiatan selama liburan sekolah di rumah. 
  2. Liburan sekolah bersama keluarga. 
  3. Mengunjungi destinasi wisata saat liburan sekolah. 
  4. Destinasi wisata liburan sekolah bersama keluarga. 
  5. Liburan sekolah terdekat. 

Itulah beberapa ide cerita pendek tentang liburan sekolah yang bisa menjadi referensi untuk tugas si kecil. 

Membuat Kerangka Tulisan 

Membuat kerangka tulisan adalah langkah kedua dalam membuat cerita pendek. Caranya bisa dilakukan dengan menentukan alur (jalan cerita). Adapun jalan cerita dalam cerpen, yaitu sebagai berikut. 

  • Pengenalan, yaitu bagian awal cerita pendek yang isinya mengenalkan latar dan tokoh dalam cerita. 
  • Pemunculan masalah, yaitu bagian cerita pendek yang isinya tentang masalah-masalah yang mulai muncul dalam tokoh. 
  • Klimaks, yaitu bagian cerita pendek yang isinya tentang puncak permasalahan yang dihadapi tokoh. 
  • Antiklimaks (Penyelesaian), yaitu bagian cerita pendek yang isinya mengulas penyelesaian masalah tokoh. 
  • Penutup, yaitu bagian cerita pendek yang berisi tentang penutup sebuah cerita dari semua penyelesaian yang dilakukan tokoh. 

Itulah kerangka tulisan yang bisa digunakan untuk membuat cerita pendek tentang liburan sekolah anak. 

Membuat Tokoh dan Penokohan 

Membuat tokoh dan penokohan merupakan langkah ketiga dalam membuat cerita pendek. Tokoh adalah pelaku dalam cerita, sedangkan penokohan adalah watak pelaku. Cerita pendek tentang liburan sekolah biasanya dibuat berdasarkan pengalaman pribadi. 

Oleh karena itu, tokoh utama dalam cerita bisa secara langsung menyebutkan nama anak yang memiliki cerita tersebut. Adapun wataknya disesuaikan dengan kejadian sebenarnya. 

Menentukan Latar (Setting) 

Menentukan latar (setting) merupakan langkah keempat yang harus dilakukan dalam membuat cerita pendek tentang liburan sekolah. Adapun latar dalam cerita, yaitu waktu, tempat, dan suasana. 

Cerita pendek tentang liburan sekolah biasanya mengambil latar tempat di sebuah destinasi wisata. Adapun latar waktu siang hari atau pada saat liburan, sedangkan latar suasananya menyenangkan. 

Mulai Menulis Cerita Pendek 

Mulai menulis cerita pendek adalah langkah selanjutnya yang harus dilakukan. Prosesnya harus disesuaikan dengan langkah-langkah yang telah disiapkan sebelumnya. 

Itulah langkah-langkah yang harus dilakukan untuk membuat cerita pendek tentang liburan sekolah. 

Contoh Cerita Pendek tentang Liburan Sekolah 

Liburan Sekolah

Cerita pendek tentang liburan sekolah telah banyak dibuat dan dipublikasikan dalam berbagai media. Nah, untuk lebih menjelaskan tentang bentuknya, berikut akan disajikan contohnya. 

Cerita Pendek Liburan Sekolah ke Pantai 

Liburan sekolah lalu, Om dan Tanteku mengajakku untuk berlibur bersama ke pantai. Aku sangat senang diajak berlibur ke pantai. Di sana aku bisa bermain pasir, bermain air, dan berlarian di pantai sepuasnya. 

Hari yang dijanjikan Om dan Tanteku akhirnya tiba. Kami bertiga akhirnya pergi ke pantai dengan membawa banyak bekal makanan. Sepanjang perjalanan, aku sangat senang dan menyanyikan lagu kesukaanku. 

Ketika kami tiba di pantai, matahari bersinar cerah dah angin pun berhembus dengan kencang. Aku langsung meminta izin kepada Om untuk bermain di air. Mereka kemudian mengizinkan, asal aku hati-hati dan tidak terlalu jauh. 

Aku pun menurutinya dan hanya bermain di pinggiran pantai saja. Aku melihat Tante sedang menyiapkan tempat untuk kami makan dari bekal yang sudah disiapkan. Sungguh berlibur ke pantai sangatlah menyenangkan. 

Dilansir dari laman Inews Jateng dengan perubahan seperlunya. 

Cerita Pendek Berlibur ke Dieng Bersama Keluarga 

Dieng adalah salah satu destinasi wisata yang terkenal di Indonesia. Lokasinya berada di kabupaten Banjarnegara dan Kabupaten Wonosobo, Jawa Tengah. Maka dari itu, Aku dan Ayah memutuskan untuk berlibur ke Dieng.

Ketika baru saja tiba di Dieng dan turun dari mobil, Aku langsung merasa kedinginan karena udaranya sangat sejuk dan dingin. Kata Ayah, udara dingin ini terjadi dikarenakan Dieng adalah kawasan pegunungan tinggi.

Ada dua tempat wisata di Dieng yang Aku kunjungi, yakni komplek Candi Arjuna dan Kawah Sikidang. Kedua tempat wisata tersebut sangat unik. Aku pun kagum dengan kawah yang begitu besar dan panas. 

Aku sangat senang liburan kali ini dapat berkunjung ke Dieng. Ayahku juga pasti senang seperti aku.

Dilansir dari laman Inews Jateng dengan perubahan seperlunya. 

Cerita Pendek tentang Bercocok Tanam Selama Liburan Sekolah 

Tidak bisa dipungkiri bahwa liburan di rumah sangat membosankan karena hal yang dilakukan setiap hari selalu monoton. 

Lalu entah mengapa, dua hari berikutnya mulailah muncul musim tanaman. Banyak masyarakat yang pada akhirnya memutuskan menghabiskan waktu untuk bercocok tanam dan mengoleksi tanaman. 

Pada akhirnya Aku dan Ibuku mulai tertarik untuk mengikuti musim tersebut. Ternyata hal ini membawa pengalaman baru dalam hidup bahwa bercocok tanam merupakan pengalaman liburan di rumah yang paling menyenangkan. 

Setiap hari Aku merawat bunga-bunga di halaman rumah. Aku juga menyiramnya dan membersihkan daun-daun yang runtuh. Merawat bunga dan membersihkan halaman menjadi salah satu kegiatan favoritku selama liburan sekolah.

Itulah beberapa contoh cerita pendek tentang liburan sekolah sebagai salah satu media untuk mengabadikan momen liburan. Kira-kira cerita seperti apa yang bisa si kecil buat ya, Moms? Pastinya akan sangat menarik. 

Nah, untuk memastikan anak bisa kembali ke sekolah setelah liburan maka Moms juga harus memastikan daya tahan tubuhnya. Memastikan daya tahan tubuh anak yang sehat bisa dilakukan dengan selalu memberikan Vitummy

Vitummy adalah vitamin untuk meningkatkan daya tahan tubuh anak dan penambah nafsu makan. Yuk, dapatkan Vitummy sekarang juga dan pastikan daya tahan tubuh anak kuat!

Share:
Facebook
Twitter
LinkedIn

Tinggalkan komentar

On Key

Related Posts

Chat Customer Service
Konsultasi Vitummy
Halo Kak, Promo Madu Vitummy Masih Adakah?