logo madu vitummy
Search
Close this search box.

Bolehkah Ibu Menyusui Makan Tape?

Ibu menyusui makan tape

Indonesia kaya akan makanan atau jajanan tradisional, salah satunya adalah tape. Tape merupakan makanan hasil fermentasi yang banyak dikonsumsi oleh masyarakat Indonesia. Namun, bolehkah ibu menyusui makan tape?

Sebenarnya boleh-boleh saja ibu menyusui makan tape, asalkan dalam jumlah terbatas dan dengan pengaturan waktu yang baik antara makan tape dan menyusui.

Sebab, ibu menyusui harus memperhatikan berbagai asupan makanan yang dikonsumsi karena bisa saja kandungan alkohol dalam tape ikut terkonsumsi oleh kecil melalui ASI.

Baca Juga: Menu Makanan Sehat Ala Korea

Mitos dan Fakta Tape Dapat Meningkatkan Produksi ASI

vitummy | Bolehkah Ibu Menyusui Makan Tape?

Banyak mitos yang beredar di masyarakat bahwa mengonsumsi tape dapat meningkatkan produksi ASI. Padahal, mengonsumsi tape justru dapat menurunkan produksi ASI.

Kandungan alkohol dalam tape dapat menurunkan produksi ASI serta menyebabkan bayi minum ASI lebih sedikit, atau sekitar 20% lebih sedikit dari biasanya.

Selain itu, dr. Riska Larasati, salah satu dokter dari laman alodokter juga mengatakan bahwa Ibu menyusui sebaiknya menghindari mengonsumsi tape karena makanan tersebut merupakan makanan yang diperoleh dari hasil fermentasi singkong atau ketan dengan ragi.

Nah, fermentasi tersebut menghasilkan probiotik dan alkohol yang dapat mempengaruhi produksi dan kualitas ASI. Kadar alkohol dalam tape dapat mengganggu tumbuh kembang bayi.

Sebab, alkohol yang masuk ke dalam tubuh bayi tidak dapat dicerna oleh hati sehingga dapat menyebabkan terhambatnya proses perkembangan maupun kondisi kesehatan pada bayi.

Alih-alih ibu menyusui mengonsumsi tape untuk melancarkan ASI, lebih baik ibu menyusui mengonsumsi sayuran hijau, seperti bayam, brokoli, kale, daun katuk yang telah teruji secara klinis dapat meningkatkan produksi ASI dengan aman, serta mengandung gizi penting untuk pertumbuhan bayi.

Hal-hal yang Penting untuk Diperhatikan Sebelum Ibu Menyusui Makan Tape

vitummy | Bolehkah Ibu Menyusui Makan Tape?

Sebenarnya tidak ada pantangan untuk ibu menyusui makan tape. Hanya saja, kadar alkohol dalam tape takut ikut terserap oleh bayi melalui ASI apabila ibu menyusui makan tape secara berlebihan.

Oleh karena itu, jika ibu menyusui ingin makan tape, maka perlu memperhatikan kadar alkohol yang terkandung dalam tape. Berikut ini adalah tips-tips untuk ibu hamil yang ingin makan tape.

Konsumsi Tape yang Masih Baru

vitummy | Bolehkah Ibu Menyusui Makan Tape?

Menurut penelitian yang dilakukan oleh Universitas Islam Negeri Malang, tentang Pengaruh Lama Fermentasi Terhadap Kadar Alkohol Tape Singkong, semakin lama fermentasi dilakukan, akan semakin tinggi kandungan alkoholnya.

Pada hari pertama, kadar alkohol dalam tape hanya sebesar 0,84%, namun akan meningkat seiring berjalannya waktu.

Jadi, jika ibu menyusui ingin makan tape, konsumsilah tape yang matang di hari pertama fermentasinya selesai.

Selain itu, tape juga merupakan makanan yang mudah rusak. Oleh karena itu, akan lebih baik jika ibu menyusui makan tape yang masih baru.

Buang Air Tape

Selain mengonsumsi tape yang masih baru, sebaiknya ibu menyusui makan tape dengan cara membuang air tape.

Caranya, gunakan sendok untuk memeras airnya, kemudian makan bagian beras ketan atau singkongnya saja.

Makan Secukupnya

Meskipun tidak ada larangan untuk ibu menyusui makan tape, namun alangkah baiknya untuk membatasi porsi tape yang dikonsumsi.

Sebab, porsi tape yang dikonsumsi oleh ibu hamil menentukan kadar alkohol yang terkandung dalam ASI.

Semakin banyak asupan tape, maka akan semakin tinggi kadar alkohol di dalam ASI sehingga akan membutuhkan waktu yang lebih lama untuk menghilangkan kadar alkoholnya.

Menyusui Setelah 3 Jam Mengonsumsi Tape

Kadar tertinggi alkohol dalam ASI adalah pada 30-60 menit pertama setelah tape dimakan, dan akan bertahan hingga 2-3 jam kemudian.

Oleh karena itu, tunggulah tiga jam setelah makan tape sebelum moms menyusui si kecil agar kadar alkohol pada ASI berkurang.

Menyusui atau Memompa ASI Sebelum Makan Tape

vitummy | Bolehkah Ibu Menyusui Makan Tape?

Jika moms memang ingin makan tape, cobalah untuk menyusui si kecil sebelum makan tape. Selain itu, moms juga bisa memompa ASI lalu menyimpannya di kulkas, dengan demikian, si kecil bisa minum ASI yang belum tercampur alkohol.

Itulah informasi tentang ibu menyusui makan tape. Menyusui merupakan tanggung jawab seorang ibu setelah melahirkan.

Oleh karena itu, menjaga kualitas atau jumlah ASI agar selalu dalam keadaan baik merupakan hal yang penting untuk dilakukan dan diperhatikan.

Salah satunya dengan memperhatikan makanan yang dikonsumsi oleh ibu menyusui, sebab makanan yang dikonsumsi dapat secara langsung dirasakan oleh bayi.

Share:
Facebook
Twitter
LinkedIn

Tinggalkan komentar

On Key

Related Posts

Chat Customer Service
Konsultasi Vitummy
Halo Kak, Promo Madu Vitummy Masih Adakah?