logo madu vitummy
Search
Close this search box.

Kenapa Puasa Bikin Ngantuk? Ternyata Inilah Penyebabnya!

Puasa bikin ngantuk

Moms, sudah hampir setengah bulan kita menjalankan ibadah puasa, apakah masih semangat? Atau sudah mulai merasa lelah dan ngantuk saat puasa?

Tentunya, sudah menjadi rahasia umum bahwa selain menyebabkan lapar dan haus, puasa bikin ngantuk juga, lho!

Mengantuk saat puasa wajar terjadi. Kondisi ini terjadi lantaran saat puasa kadar gula dalam tubuh menurun. Dengan begitu, tubuh menjadi lebih lemas dan mudah mengantuk dari biasanya.

Tentunya, kondisi ini bisa mengganggu aktivitas sehari-hari, seperti belajar ataupun bekerja, karena saat ngantuk tubuh menjadi lebih sulit untuk berkonsentrasi.

Lantas, apa saja sih penyebab puasa bikin ngantuk dan bagaimana cara mengatasinya?

Yuk, kita simak bersama penjelasannya!

Baca Juga: Benarkah puasa bikin gemuk?

Penyebab Puasa Bikin Ngantuk

vitummy | Kenapa Puasa Bikin Ngantuk? Ternyata Inilah Penyebabnya!

Ada banyak sekali penyebab kenapa puasa bikin ngantuk, selain karena turunya kadar gula darah, ngantuk saat puasa juga bisa terjadi karena perubahan gaya hidup, serta jam biologis tubuh.

Saat puasa, kita harus bangun lebih awal untuk melaksanakan sahur. Bahkan, kebanyakan orang tidak kembali tidur setelah sahur untuk melanjutkan ibadah sholat subuh, kuliah subuh, atau olahraga pagi.

Dengan begitu, kombinasi turunya kadar gula darah karena keterbatasan asupan makanan dan kurang tidur pun menimbulkan rasa ngantuk yang luar biasa di siang hari.

Selain itu, akibat harus bangun tidur lebih pagi dari sebelum puasa, jam biologis tubuh pun mengalami perubahan. Jam biologis ini merupakan jadwal kerja sistem serta organ tubuh manusia.

Saat sebelum puasa, organ pencernaan bekerja keras di siang hari karena tubuh lebih banyak mengonsumsi makanan di siang hari.

Sementara saat puasa, organ pencernaan menjadi lebih kerja keras di malam hari karena tubuh mendapatkan asupan makanan setelah buka puasa, alias malam hari.

Nah, perubahan sistem tersebut bisa menyebabkan seseorang lebih mudah mengantuk atau berkonsentrasi di siang hari.

Selain itu, di bulan Ramadhan, kebanyakan orang lebih sering menunda jam tidurnya agar bisa memiliki lebih banyak waktu untuk makan, minum, dan melakukan aktivitas lainnya di malam hari.

Hal tersebut bisa menyebabkan perubahan pola tidur sehingga puasa bikin ngantuk, terutama di jam-jam 2 siang hingga jam 4 sore.

Tak hanya itu, tidak ada asupan kafein dan nikotin di siang hari juga menjadi alasan kenapa puasa bikin ngantuk pada sebagian orang.

Cara Mengatasi Kantuk Saat Puasa

vitummy | Kenapa Puasa Bikin Ngantuk? Ternyata Inilah Penyebabnya!

Puasa bikin ngantuk memang benar adanya. Kondisi ini tentu sangat mengganggu aktivitas. Bahkan, pada beberapa orang, ngantuk tak tertahan bisa menimbulkan sensasi pusing yang tak tertahan.

Bagi sebagian orang, rasa ngantuk tersebut bisa diatasi oleh tidur siang atau beristirahat sejenak. Namun, tidak semua orang bisa melakukan aktivitas tersebut karena beberapa alasan, seperti pekerjaan atau jam belajar di sekolah.

Namun, jangan terlalu khawatir, karena masih ada beberapa hal yang bisa mengatasi ngantuk saat puasa, seperti:

Melakukan Pergerakan

Moms, rasa ngantuk bisa dipicu oleh rasa bosan atau aktivitas yang terlalu monoton.

Oleh karena itu, bergerak seperti melakukan peregangan atau jalan santai di luar ruangan bisa menjadi salah satu cara untuk menghilangkan ngantuk saat puasa.

Dilansir dari Kementerian Kesehatan RI, berjalan santai di luar ruangan bisa menghilangkan rasa kantuk dan meningkatkan kinerja otak secara signifikan.

Selain itu, aktivitas bergerak pun bisa membuat seseorang menjadi lebih terjaga karena aliran darah yang mengalir ke otak saat melakukan pergerakan bisa membuat otak menjadi lebih aktif.

Duduk Tegak

Selain dengan melakukan pergerakan, mengatasi ngantuk saat puasa bisa dilakukan dengan cara duduk tegak.

Duduk tegak bisa mengaktifkan saraf simpatis, saraf yang mengontrol sistem saraf pusat agar tubuh tetap terbangun dan waspada.

Mengobrol

Moms, mengobrol juga bisa mengatasi ngantuk saat puasa, lho. Cobalah untuk melakukan diskusi kecil, di sela-sela kesibukan aktivitas pekerjaan atau belajar.

Cuci Muka

vitummy | Kenapa Puasa Bikin Ngantuk? Ternyata Inilah Penyebabnya!

Cuci muka merupakan hal yang paling sering dilakukan oleh banyak orang saat ngantuk karena bisa membuat tubuh menjadi lebih segar dan rileks.

Dengan begitu, ketika merasa ngantuk, cobalah untuk pergi ke toilet dan mencuci muka dengan air dingin agar tubuh kembali menjadi kembali segar.

Mengalihkan Tugas

Tugas yang monoton bisa memicu rasa kantuk lebih cepat, terutama saat puasa. Dengan begitu, saat mengantuk, cobalah untuk beralih sejenak dari pekerjaan dan tugas monoton agar otak kembali lebih fokus dan rasa kantuk pun menghilang.

Tidur Siang

Bagi yang memiliki waktu luang di sela-sela jam istirahat makan siang, cobalah untuk tidur siang selama 15-30 menit.

Tidur siang selama 30 menit bisa membuat tubuh kembali lebih segar saat terbangun nanti.

Hindari tidur siang terlalu lama karena bisa mengacaukan jadwal tidur di malam hari.

Tips Mencegah Kantuk Saat Puasa

vitummy | Kenapa Puasa Bikin Ngantuk? Ternyata Inilah Penyebabnya!

Seperti kata pepatah, lebih baik mencegah daripada mengobati. Berikut ini adalah tips-tips untuk mencegah ngantuk saat puasa di siang hari:

  • Tidur yang cukup selama 6-8 jam bisa mencegah ngantuk saat puasa.
  • Tidak bermain gadget sebelum tidur, karena cahaya layar gadget bisa membuat tubuh tetap terjaga dan lebih susah tidur. Hal ini merupakan salah satu penyebab kenapa puasa bikin ngantuk.
  • Tetap Melakukan Sahur karena apabila puasa tapi tidak sahur bisa membuat turun kadar gula darah. Kadar gula darah yang rendah bisa menyebabkan ngantuk saat puasa.
  • Mencukupi kebutuhan cairan karena salah satu penyebab puasa bikin ngantuk adalah kekurangan cairan.
  • Mengonsumsi makanan sehat, terutama yang mengandung tinggi protein, karbohidrat kompleks, dan lemak sehat saat sahur atau berbuka puasa. Selain menjaga tubuh tetap sehat saat puasa, kandungan-kandungan tersebut bisa menambah energi dan mencegah ngantuk saat puasa.
  • Berolahraga saat puasa bisa membuat tubuh menjadi lebih bugar. Selain itu, olahraga juga bisa meningkatkan kualitas tidur yang baik.

Itulah informasi tentang alasan kenapa puasa bikin ngantuk. Untuk menjaga tubuh tetap bugar dan melawan penyebab ngantuk saat puasa, konsumsilah Madu Vitummy setiap sahur dan buka puasa.

Madu Vitummy merupakan madu yang mengandung ekstrak rempah-rempah pilihan, seperti temulawak, temu hitam, bawang putih, dan pepaya yang bermanfaat untuk menjaga kesehatan pencernaan.

Selain itu, Madu Vitummy bermanfaat untuk meningkatkan nafsu makan, meningkatkan daya tahan tubuh, dan mencegah anak dari risiko infeksi cacingan.

Yuk, rutin minum Madu Vitummy sehari dua kali untuk mendapatkan daya tahan tubuh yang kuat dan bebas cacingan selama puasa.

Share:
Facebook
Twitter
LinkedIn

Tinggalkan komentar

On Key

Related Posts

Chat Customer Service
Konsultasi Vitummy
Halo Kak, Promo Madu Vitummy Masih Adakah?