10+ Khasiat Temulawak Untuk Kesehatan

Siapa yang belum pernah dengar khasiat temulawak? Hampir semua orang pasti pernah mendengarnya. Rempah dengan segudang khasiat ini telah dikenal dan digunakan oleh masyarakat Indonesia secara turun temurun sebagai bahan jamu atau obat tradisional.

Khasiat temulawak dapat digunakan sebagai obat untuk meningkatkan nafsu makan, mengatasi gangguan lambung, sembelit, diare, demam, radang sendi, hingga gangguan pada fungsi hati.

Tak hanya itu, akar dari temulawak atau yang memiliki nama latin Curcuma zanthorrhiza ini dapat digunakan sebagai bumbu masak, pewarna makanan, hingga campuran untuk bahan produk kosmetik.

Dari studi ilmiah yang telah dilakukan oleh para pakar kesehatan, temulawak terbukti memiliki kandungan senyawa yang baik untuk kesehatan tubuh. Kandungan senyawa tersebut berupa xanthorrizol, kurkuminoid, dan terpenoid. Kandungan senyawa aktif tersebut memiliki sifat antiradang, antimikroba, antikanker, antioksidan, serta antidiabetes.

Bagian dari temulawak yang paling berkhasiat adalah rimpang induk dan akar dari temulawak. Bagian tersebut sering diambil untuk digunakan sebagai obat tradisional atau bahan herbal alami.

Ingin tahu lebih tentang manfaat temulawak? Yuk, simak manfaat temulawak berikut ini.

Baca juga: Manfaat pepaya untuk kesehatan yang bisa kamu gunakan

Manfaat Senyawa Temulawak Untuk Kesehatan Tubuh

khasiat temulawak bagi tubuh

1. Menjaga dan memperkuat imunitas

Temulawak memiliki fungsi antiradang yang dapat membantu meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Lebih lanjut lagi, kandungan antibakteri  dan antivirus yang dimiliki oleh temulawak membuatnya semakin ampuh untuk melindungi tubuh dari serangan penyakit akibat infeksi.

2. Mencegah dan mengatasi terjadinya infeksi

Kandungan xanthorrhizol dan kurkuminoid dalam temulawak berfungsi sebagai antimikroba. Beberapa penelitian mengatakan bahwa ekstrak temulawak dapat membasmi dan menghambat pertumbuhan bakteri penyebab penyakit seperti bakteri Salmonella dan E.coli.

Ekstrak temulawak juga diketahui memiliki efek antijamur dan antivirus yang baik untuk mengatasi infeksi. Selain itu, temulawak juga memiliki efek antiradang dan Pereda demam alami sehingga baik untuk mendukung proses pemulihan ketika sakit, misalnya demam atau flu.

3. Mengatasi masalah pada pencernaan

Tak hanya untuk meningkatkan imunitas tubuh, khasiat temulawak juga terkenal untuk meningkatkan gejala pada masalah pencernaan, seperti diare, sakit perut, atau sembelit.

Beberapa penelitian menyebutkan bahwa temulawak memiliki khasiat untuk mengobati penykit lambung atau gastritis.

Kendati demikian, efektivitas dan keamanan khasiat temulawak ini masih perlu diteliti lebih lanjut.

4. Menjaga kesehatan dan fungsi hati

Beberapa penelitian menunjukkan bahwa efek antioksidan dan antiradang dalam temulawak dapat menjaga kesehatan dan pungsi hati serta mengurangi peradangan pada hati.

Meski demikian, konsultasilah terlebih dahulu dengan dokter sebelum menggunakan temulawak untuk pengobatan penyakit hati.

5. Menurunkan risiko terkena kanker

Efek dari antiradang, antioksidan, dan antikanker yang cukup kuat dalam temulawak disebut-sebut dapat mencegah dan menghambat pertumbuhan sel-sel kanker. Seperti, kanker payudara, kanker serviks, serta kanker hati.

Meskipun demikian, penggunaan temulawak sebagai obat kanker belum dapat dilakukan. Penelitian terhadap efektivitas temulawak untuk mengobati kanker masih sangat terbatas dan diperlukan riset lebih lanjut lagi.

6. Meringankan osteoartritis

Khasiat temulawak selanjutnya adalah untuk mengatasi osteoarthritis. osteoarthritis adalah peradangan yang terjadi pada persendian. Khasiat temulawak untuk penyakit osteoarthritis ini telah didukung oleh Journal of Alternative and Complentary Medicine. Dalam jurnal tersebut dikatakan bahwa efek temulawak hampir sama seperti efek ibuprofen (penghilang rasa sakit) yang diberikan kepada pengidap osteoarthritis.

7. Mengendalikan kadar gula darah

Temulawak diketahui dapat menurunkan kadar gula dalam darah sehingga tetap stabil. Khasiat temulawak ini berasal dari efek antioksidan dan antiradang yang dapat menekan stres oksidatif dan peradangan. Selain itu, temulawak juga diketahui dapat meningkatkan efektivitas insulin dalam mengontrol gula darah.

Khasiat Temulawak Untuk Kecantikan dan Kesehatan Kulit

khasiat temulawak untuk kecantikan kulit

Meskipun temulawak identik dengan obat herbal untuk kesehatan, namun khasiat temulawak juga dapat digunakan sebagai obat untuk kecantikan.

Nah, penasaran apa saja manfaatnya? Yuk kita simak khasiat temulawak untuk kecantikan berikut ini.

1. Mencegah dan mengatasi jerawat

Jerawat yang membandel merupakan masalah pada kulit yang hampir dialami oleh seluruh wanita bahkan pria di dunia. Selain mengganggu penampilan, rasa nyeri akibat peradangan sering mengganggu kenyamanan juga.

Untuk mengatasi hal tersebut, gunakan temulawak dengan cara diiris kemudian tempelkan di area kulit yang berjerawat.

2. Mengurangi kulit keriput pada wajah

Temulawak mengandung antioksidan yang sangat tinggi, oleh sebab itu, khasiat temulawak dapat digunakan untuk mengatasi keriput yang mulai muncul, terutama pada wanita yang berusia 30 tahun ke atas.

3. Menghaluskan kulit wajah

Salah satu khasiat temulawak untuk kecantikan adalah untuk membantu menghaluskan kulit wajah. Temulawak dapat mengikis atau mengangkat sel kulit mati penyebab wajah kusam.

Gunakan irisan temulawak sebagai masker wajah sekitar 10-15 menit. Lakukan secara rutin untuk mendapatkan kulit cerah dan lembap.

Khasiat Temulawak dan Gula Aren

khasiat temulawak dan gula aren

Temulawak dikenal sebagai bahan jamu yang berperan penting untuk menjaga kesehatan tubuh. Lantas, bagaimana jika temulawak dipadukan dengan gula aren? Dibandingkan dengan gula pasir, kandungan kalori pada gula aren jauh lebih sedikit. Selain itu, gula aren juga memiliki kandungan penting seperti vitamin C, Vitamin B1, asam folat, hingga zat besi yang dibutuhkan oleh tubuh.
Lalu, apa saja khasiat temulawak dan gula aren? Mari kita simak berikut ini.

1. Meredakan nyeri haid

Hampir semua perempuan pasti pernah merasakan nyeri ketika menjelang haid. Hal tersebut dikarenakan kontraksi otot pada Rahim yang diakibatkan oleh hormon prostaglandin.

Rasa nyeri saat menjelang haid tersebut dapat diatasi dengan berbagai cara, misalnya dengan mengonsumsi temulawak dengan tambahan gula aren. Kandungan flavonoid pada gula aren berfungsi efektif untuk meredakan rasa nyeri ketika sedang menstruasi.
Dikenal sebagai tanaman untuk menyehatkan tubuh, ternyata temulawak yang dicampur dengan gula aren mampu meredakan nyeri ketika haid.

2. Meningkatkan energi

Khasiat temulawak dan gula aren selanjutnya adalah dapat meningkatkan energi. Gula aren kaya akan karbohidrat. Karbohidrat ini dipercaya mampu menyumbangkan energi bagi tubuh.

Khasiat Temulawak dan Kunyit

Temulawak dan kunyit telah digunakan sejak lama sebagai obat tradisional untuk mengatasi berbagai macam masalah kesehatan. Kunyit putih memiliki bentuk yang mirip dengan kunyit biasa, akan tetapi, kunyit putih memiliki warna daging yang berwarna putih dan tekstur yang lembut.

Penasaran apa saja khasiat temulawak dan kunyit putih? Yuk simak berikut ini.

Produk Vitummy

Madu Herbal Alami, Solusi Tingkatkan Nafsu Makan, Diracik dengan ekstrak temulawak dan bawang putih yang berkhasiat membasmi cacingan hingga ketelurnya.

Beli Segera! Banyak Diskonnya

madu herbal solusi cacingan

1. Meningkatkan fungsi otak

Jika mom atau si kecil kesulitan untuk fokus, mengonsumsi temulawak dan kunyit putih dapat membantu mom atau si kecil untuk tetap fokus. Kandungan curcuma di dalam kunyit putih dan temulawak diketahui dapat meningkatkan kadar hormon BDNF otak yang dapat meningkatkan pertumbuhan neuron baru dan melawan berbagai proses degeneratif otak, lho!

2. Meredakan nyeri otot

Selain mengatasi berbagai macam masalah penyakit, temulawak dan kunyit putih juga dapat meredakan pegal-pegal dan nyeri otot. Menurut Journal of Biological Chemistry tahun 2011, curcumin menunjukkan dapat mencegah rasa sakit dengan mencegah inflamasi tertentu pada sel tendon manusia. Selain itu, temulawak juga dapat menambah stamina tubuh sehingga tubuh terasa lebih segar dan bugar.

3. Sebagai antiinflamasi alami

Peradangan dalam tubuh berfungsi sebagai perlindungan tubuh terhadap serangan virus, bakteri, hingga benda asing. Namun, peradangan dalam jangka Panjang bisa menyerang jaringan tubuh.

Sebagai jamu dengan banyak manfaat, khasiat temulawak dan kunyit putih dapat membantu tubuh mendeteksi racun penyebab peradangan sehingga dapat mengurangi peradangan dengan cepat.

4. Meredakan rasa nyeri

Manfaat temulawak dan kunyit putih juga dapat meredakan rasa nyeri. Kunyit putih memiliki sifat analgesik sehingga cukup efektif dalam mengurangi rasa sakit.

Riset menunjukkan bahwa kandungan curcumin dalam temulawak dan kunyit putih dapat mengurangi nyeri haid, nyeri payudara, sakit kepala, sakit punggung, hingga meringankan rasa sakit akibat operasi pencabutan gigi bungsu.

Waspadai Efek Samping Temulawak

efek samping temulawak

Meskipun temulawak merupakan bahan herbal alami, namun temulawak juga tidak boleh dikonsumsi sembarangan. Hal ini dikarenakan temulawak dapat menimbulkan efek samping atau reaksi interaksi obat, terutama jika dikonsumsi bersamaan dengan obat-obatan dari dokter.

Selain itu, belum ada riset yang menunjukkan bahwa temulawak aman untuk dikonsumsi oleh setiap orang sembarangan. Ada beberapa kelompok yang dianjurkan untuk tidak mengonsumsi temulawak sebagai obat herbal, misalnya wanita hamil, ibu menyusui, serta penderita penyakit tertentu, seperti gangguan empedu, maag kronis, dan kelainan darah.

Meskipun demikian, belum ada informasi yang jelas terkait penggunaan dosis aman dan dosis maksimal secara medis. Oleh sebab itu, temulawak tidak disarankan untuk dikonsumsi secara berlebihan, terutama jika mom memiliki penyakit atau sedang menjalani pengobatan tertentu. Sebaiknya, mom berkonsultasi terlebih dulu dengan dokter sebelum mengonsumsi temulawak sebagai obat herbal.


Share on:

Seorang pembelajar yang tertarik dengan hal-hal kesehatan dan digital, serta gemar dalam membuat konten artikel terkait gaya hidup sehat.

Tinggalkan komentar