logo madu vitummy
Search
Close this search box.

5+ Manfaat Bawang Putih bagi Kesehatan

manfaat bawang putih

Pernahkah moms mendengar istilah “Biarlah makananmu menjadi obatmu, dan obatmu menjadi makananmu”?

Istilah tersebut merupakan kata-kata terkenal dari Hippocrates, seorang dokter dari Yunani kuno yang sering disebut sebagai bapak kedokteran.

Lantas apa kaitannya dengan manfaat bawang putih? 

Pada zaman sekarang, bawang putih dikenal sebagai bumbu masak yang memiliki aroma gurih dan kerap menggugah selera bagi siapapun yang menghirupnya, terutama ketika dijadikan sebagai bumbu masakan tumis.

Padahal pada zaman dulu, sebelum bawang putih digunakan sebagai bumbu penyedap masakan, bawang ini kerap dijadikan sebagai obat untuk perawatan medis. Manfaat bawang putih untuk kesehatan telah digunakan oleh peradaban Cina, Mesir, dan Romawi.

Hal ini telah dibuktikan oleh sebuah penelitian yang menunjukkan bahwa bawang putih mengandung Allicin, senyawa yang mengandung belerang, yang memiliki banyak manfaat bagi tubuh. Namun, sifat Allicin sangat tidak stabil dan mudah berkurang. Oleh sebab itu, bawang putih lebih bagus apabila dikonsumsi secara langsung alias dikonsumsi mentah.

Dalam satu siung bawang putih dengan berat 3 gram, terdapat kandungan nutrisi seperti, 2% mangan, 2% vitamin B6, 1% vitamin C, 1% selenium, dan 0,06 gram serat.

Apa saja manfaatnya? Berikut adalah penjelasannya.

Manfaat Bawang Putih

vitummy | 5+ Manfaat Bawang Putih bagi Kesehatan
Manfaat Bawang Putih

Berikut adalah manfaat bawang putih bagi kesehatan tubuh:

Meningkatkan Imun Tubuh

Menurut sebuah penelitian, anak-anak rentan terkena 6-8 kali flu setiap tahunnya, sedangkan orang dewasa biasanya terkena flu 2-4 kali setiap tahunnya.

Mengonsumsi bawang putih mentah, dapat melindungi tubuh dari batuk, demam, dan penyakit flu. Senyawa aktif Allicin yang terdapat pada bawang putih mampu membunuh kuman penyebab infeksi, flu, dan radang tenggorokan.

Selain itu, bawang putih mengandung fitonutrien yang dapat mengurangi stress oksidatif sehingga dapat meningkatkan sistem imun tubuh.

Manfaat Bawang Putih untuk Atasi Cacingan

Rutin mengonsumsi bawang putih mentah dalam keadaan perut kosong disebut-sebut dapat menyembuhkan penyakit cacingan. Bawang putih termasuk ke dalam golongan obat cacing alami karena mengandung sifat antibakteri, antijamur, dan antiinflamasi yang dapat membasmi cacing parasit di dalam perut.

Menurunkan Tekanan Darah

Senyawa aktif dalam bawang putih dipercaya dapat menurunkan tekanan darah. Dilansir dari Healthline, sebuah penelitian menunjukkan bahwa 600-1.500 mg ekstrak bawang putih sama efektifnya dengan obat Atenolol dalam menurunkan tekanan darah selama periode 24 minggu.

Manfaat Bawang Putih dalam Menurunkan Kadar Kolesterol

Menurut sebuah penelitian, bawang putih dapat memperbaiki kadang kolesterol yang berisiko menyebabkan gangguan pada jantung. Hal ini disebabkan karena bawang putih mengandung zat ajoene, senyawa yang bersifat antikolesterol.

Selain itu, hasil penelitian yang diterbitkan dalam International Journal of Medical Science and Public Health menunjukkan bahwa rutin mengonsumsi 3 gram bawang putih mentah setiap hari selama 90 hari dapat membantu mengurangi 10-13% kadar kolesterol.

Manfaat Bawang Putih untuk Cegah Alzheimer dan Demensia

vitummy | 5+ Manfaat Bawang Putih bagi Kesehatan
Ilustrasi Demensia

Bawang putih memiliki sifat antioksidan tinggi yang dipercaya dapat mencegah kerusakan sel tubuh dan memelihara kesehatan otak, sehingga mengonsumsi bawang putih dapat terhindar dari penyakit alzheimer dan demensia.

Manfaat Bawang Putih untuk Memelihara Kesehatan Tulang

Penelitian yang dilakukan oleh Journal of Nutrition in Gerontology and Geriatrics pada tahun 2012 menunjukkan bahwa kandungan flavonoid dalam bawang putih berpotensi dalam meningkatkan pembentukan tulang dan memperlambat proses pengeroposan mineral tulang.

Mengeluarkan Racun dari Tubuh

Pada dosis tinggi, senyawa belerang yang terkandung dalam bawang putih terbukti dapat melindungi organ tubuh dari kerusakan yang diakibatkan oleh keracunan logam berat.

Sebuah studi menunjukkan bahwa bawang putih mengurangi kadar timbal dalam darah sebesar 19%. Selain itu, mengoncumsi bawang putih diketahui dapat mengurangi gejala keracunan, seperti mual, muntah, dan sakit kepala.

Manfaat Bawang Putih untuk Mengatasi Jerawat

vitummy | 5+ Manfaat Bawang Putih bagi Kesehatan
Ilustrasi Jerawat

Kandungan vitamin dan mineral dalam bawang putih dipercaya dapat mengatasi masalah peradangan pada kulit, contohnya peradangan akibat jerawat.

Kandungan Allicin dalam bawang putih memiliki sifat antibakteri, antijamur, dan antiseptik yang berkhasiat untuk membunuh bakteri penyebab jerawat.

Manfaat Bawang Putih untuk Meningkatkan Stamina

Dalam budaya kuno, bawang putih kerap digunakan untuk mengurangi kelelahan dan meningkatkan stamina, terutama pada atlet Olimpiade di Yunani Kuno.

Mencegah Kanker

Mengonsumsi bawang putih mentah dipercaya dapat menurunkan risiko terkena kanker. Bawang putih mentah mengandung sulfur aktif yang dapat mencegah pembentukan sel kanker dan menghambat penyebarannya dalam tubuh.

Meski bawang putih dapat mencegah penyakit kanker, namun pola hidup sehat juga berperan penting dalam menurunkan risiko penyakit kanker.

Menurunkan Kadar Gula Darah

Dilansir dari Healthline, sebuah penelitian pada tahun 2006 menemukan bahwa bawang putih mentah dapat membantu menurunkan kadar gula darah dalam tubuh, dan mengurangi risiko aterosklerosis (kondisi pengerasan arteri yang disebabkan oleh timbunan plak).

Selain itu, bawang putih juga mengandung vitamin C yang diketahui dapat menjaga kadar gula darah.

Meski demikian, penelitian tentang bawang putih sebagai obat diabetes masih membutuhkan lebih lanjut. Pada saat ini, penelitian bawang putih untuk menurunkan kadar gula baru berhasil pada tikus. Namun, tidak menutup kemungkinan apabila nantinya ada harapan bahwa bawang putih dapat menjadi alternatif terapi penyakit diabetes.

Cara Menghilangkan Bau Mulut Usai Mengonsumsi Bawang Putih

vitummy | 5+ Manfaat Bawang Putih bagi Kesehatan
Tips Mengonsumsi Bawang Putih

Bawang putih memang memiliki banyak manfaat bagi kesehatan tubuh. Namun tidak dapat dipungkiri bahwa mengonsumsi bawang putih mentah dapat menyebabkan bau mulut dan bau badan.

Untuk menghindari hal tersebut, berikut adalah tips menghilangkan bau mulut usai mengonsumsi bawang putih mentah.

  • Cuci bersih bawang putih mentah dengan air dingin yang mengalir.
  • Konsumsi bawang putih mentah dengan dengan jeruk nipis atau teh untuk mengurangi aromanya yang terlalu tajam.
  • Minum segelas susu rendah lemak atau yogurt setelah mengonsumsi bawang putih mentah.
  • Menggosok gigi dan berkumur dengan cairan pembersih mulut setelah mengonsumsi bawang putih.

Itulah informasi tentang manfaat bawang putih bagi kesehatan. Jika moms ingin menggunakan bawang putih sebagai obat, sebaiknya konsultasi dengan dokter terlebih dahulu untuk menjamin keamanannya.

Namun, jika moms sehat dan tidak memiliki riwayat gangguan kesehatan, moms bisa mengonsumsi bawang putih mentah setiap hari sebanyak 1-2 siung saja. Mengonsumsi terlalu banyak bawang putih ditakutkan malah akan mengganggu sistem pencernaan tubuh.

Untuk memudahkan moms dan si kecil dalam mengonsumsi bawang putih, Madu Vitummy hadir sebagai madu herbal pelindung kesehatan anak.

Mengandung ekstrak bawang putih dan tanaman jamu pilihan, Madu Vitummy dipercaya dapat meningkatkan kesehatan pencernaan anak dan meningkatkan nafsu makannya.

Yuk miliki Madu Vitummy.

Share:
Facebook
Twitter
LinkedIn

Tinggalkan komentar

On Key

Related Posts

Chat Customer Service
Konsultasi Vitummy
Halo Kak, Promo Madu Vitummy Masih Adakah?