5+ Manfaat Temulawak untuk Wajah

Moms, siapa sih yang tidak ingin memiliki wajah glowing? Setiap orang pasti menginginkan wajah yang glowing ya, Moms. Pasalnya, selain sebagai tolok ukur kesehatan kulit, wajah glowing juga menjadi impian setiap orang. 

Perlu Moms ketahui bahwa manfaat temulawak untuk wajah salah satunya dapat menjadikan wajah glowing. Meskipun, selain itu masih banyak manfaat temulawak untuk wajah lainnya. 

Apa saja sih manfaat temulawak untuk wajah ya, Moms? Nah, artikel berikut akan membahas mengenai hal tersebut. 

Simak di bawah ini ya, Moms! 

Kandungan Zat Aktif dalam Temulawak 

Manfaat Temulawak untuk Wajah

Sebelum membahas tentang manfaat temulawak untuk wajah, Moms harus memahami kandungannya terlebih dahulu. Hal ini dikarenakan temulawak mengandung beberapa zat aktif di dalamnya. 

Kandungan zat aktif ini yang menjadikan temulawak memiliki banyak manfaat untuk tubuh. Adapun secara umum, manfaat temulawak dilansir dari laman iainpurwokerto.ac.id adalah sebagai berikut. 

  • Meningkatkan fungsi hati
  • Meredakan peradangan 
  • Meningkatkan sistem imun 
  • Mengatasi masalah pencernaan 
  • Mengurangi risiko diabetes 
  • Menyehatkan jantung 

Itulah beberapa manfaat yang bisa didapatkan dari temulawak untuk kesehatan tubuh. Banyaknya manfaat ini tidak terlepas dari kandungan zat aktif dalam temulawak. Moms, berikut beberapa kandungan zat aktif dalam temulawak. 

  • Kurkumin 
  • Desmetoksikurkumin 
  • Bisdesmetoksikurkumin 
  • Minyak atsiri 
  • Kamfer 
  • Flandern
  • Turmeron 

Kandungan zat aktif tersebut memiliki fungsinya masing-masing di dalam tubuh. Oleh karena itu, memahami kandungan yang terdapat dalam temulawak akan sangat bermanfaat untuk menyehatkan tubuh. 

Manfaat Temulawak untuk Wajah, Apa Saja? 

Manfaat Temulawak untuk Wajah

Moms, selain memberikan manfaat untuk kesehatan tubuh, temulawak juga memiliki manfaat untuk wajah. Manfaat temulawak untuk wajah seperti dilansir dari artikel Manfaat Temulawak untuk Kecantikan Kulit Wajah sebagai berikut. 

Mencerahkan Kulit Wajah 

Manfaat temulawak untuk wajah yang pertama adalah dapat mencerahkan kulit. Hal ini dikarenakan zat-zat aktif dalam temulawak bermanfaat untuk mengangkat sel-sel kulit mati pada wajah. 

Kulit wajah memang sering mengalami tantangan, seperti paparan sinar matahari, debu, dan polusi. Berbagai hal ini menjadi penyebab kulit kusam dan gelap. 

Mencerahkan kulit wajah yang kusam dan gelap bisa dengan rutin melakukan eksfoliasi. Dilansir dari laman liputan6, temulawak bisa dimanfaatkan untuk eksfoliasi kulit wajah agar lebih cerah, yaitu dengan mengangkat sel kulit mati. 

Baca Juga: 5 Penyebab Cacingan Pada Orang Dewasa, Pahami Gejalanya Sebelum Terlambat!

Menyamarkan Bekas Jerawat 

Manfaat temulawak untuk wajah selanjutnya adalah dapat menyamarkan bekas jerawat ya, Moms. Alasannya karena temulawak mengandung zat-zat yang dapat mengatasi radikal bebas. 

Jerawat merupakan salah satu tanda gangguan pada kulit dikarenakan adanya radikal bebas. Tidak hanya itu, kulit pada wajah juga sering mengalami paparan sinar matahari secara langsung dan gejala penuaan secara alami. 

Rutin mengonsumsi temulawak sangat bermanfaat untuk mengatasi berbagai hal tersebut. 

Menyamarkan Keriput dan Garis Halus pada Kulit 

Keriput dan garis halus pada wajah berpotensi muncul seiring bertambahnya usia. Kondisi ini disebabkan adanya radikal bebas pada kulit. Selain itu, juga karena kebutuhan nutrisi kulit yang tidak terpenuhi. 

Manfaat temulawak untuk wajah juga bisa untuk menyamarkan keriput dan garis halus pada kulit. Temulawak mengandung zat yang dapat membantu meremajakan kulit. 

Oleh karena itu, mengonsumsi temulawak secara rutin dapat membantu merawat, menutrisi, dan menjadikan kulit lebih sehat. Sehingga, kulit wajah terlihat lebih sehat dan muda. 

Menghidrasi Kulit 

Menghidrasi kulit atau yang lebih dikenal dengan melembapkan kulit adalah bentuk manfaat temulawak untuk wajah. Manfaat ini bisa didapatkan dari kandungan zat-zat dalam temulawak yang berperan untuk melembapkan. 

Kulit wajah yang lembap adalah impian semua orang. Sebabnya, banyak orang memiliki kulit kering dikarenakan paparan sinar matahari dan debu. Nah, mengatasi kulit kering bisa dilakukan dengan rutin mengonsumsi temulawak. 

Mengontrol Minyak pada Wajah 

Beberapa orang mengalami kondisi minyak berlebih pada wajah. Kondisi ini biasanya menjadi pemicu orang memiliki jerawat dan komedo. Apabila dibiarkan terus-menerus maka bisa menyebabkan permasalahan kulit lainnya. 

Manfaat temulawak untuk wajah apabila dikonsumi secara rutin, yaitu dapat mengontrol minyak pada wajah. Hal ini dikarenakan temulawak mengandung zat-zat yang dapat membantu mengatasi masalah ini. 

Sebagai Antiinflamasi 

Kulit wajah merupakan bagian yang paling sering terkena inflamasi, seperti paparan sinar matahari, debu, dan berbagai kotoran lainnya. Hal ini menjadikan seseorang perlu memenuhi asupan zat antiinflamasi dalam tubuh. 

Manfaat temulawak untuk wajah adalah sebagai zat antiinflamasi. Alasannya karena antiinflamasi dalam temulawak dapat mengurangi peradangan pada kulit, seperti jerawat dan ruam. 

Sebagai Eksfoliasi Alami 

Manfaat temulawak untuk wajah lainnya adalah sebagai bahan eksfoliasi alami. Sebabnya, temulawak mengandung bahan alami eksfoliasi. Bahan ini membantu mengangkat sel kulit mati dan merangsang pertumbuhan sel baru. 

Itulah beberapa manfaat temulawak untuk wajah yang harus Moms ketahui. 

Vitummy Mengandung Manfaat Temulawak untuk Wajah 

Manfaat Temulawak untuk Wajah

Vitummy dibuat dari madu herbal dengan ekstrak bahan alami, seperti buah pepaya, bawang putih, rimpang temulawak, rimpang temu hitam, dan rasa jeruk. Hal ini menjadikan Vitummy mengandung manfaat temulawak untuk wajah. 

Mengonsumsi Vitummy secara rutin dapat bermanfaat untuk menghindarkan kulit wajah dari berbagai masalah. Adapun masalah-masalah yang sering muncul sebagai berikut. 

Jerawat

Jerawat adalah masalah kulit wajah yang sering terjadi dikarenakan tidak menjaga kebersihan kulit. Kulit wajah yang tidak bersih akan memunculkan jerawat, komedo, dan ruam, selain itu juga akan menyumbat pori-pori dan jerawat. 

Oleh karena itu, diperlukan manfaat temulawak untuk wajah yang terhindar dari jerawat. 

Kulit Kering atau Berminyak 

Kulit kering atau berminyak biasanya disebabkan karena ketidakseimbangan dalam perawatan. Kulit kering dapat terasa sangat kasar dan terkelupas. Adapun kulit berminyak sangat rentan terhadap jerawat. 

Oleh karena itu, diperlukan manfaat temulawak untuk wajah agar terhindar dari dampak tersebut. 

Penuaan Dini 

Penuaan dini merupakan dampak dari kebiasaan tidak merawat kulit. Bentuknya, seperti munculnya garis-garis halus, kerutan, dan kehilangan elastisitas kulit. 

Adapun bentuk tidak merawat kulit wajah, di antaranya membiarkan kulit terkena paparan matahari, polusi, dan gaya hidup yang tidak sehat. 

Hiperpigmentasi 

Hiperpigmentasi adalah peningkatan pigmen kulit yang dapat mengakibatkan nada gelap atau bintik-bintik pada kulit. Hal ini disebabkan karena kebiasaan tidak melindungi kulit dari paparan sinar matahari. 

Peradangan dan Kemerahan 

Kurangnya perawatan kulit dapat menyebabkan peradangan dan kemerahan. Bentuknya seperti ruam atau reaksi alergi terhadap bahan-bahan tertentu. 

Kulit Kusam

Tidak menjaga kesehatan kulit dapat membuat kulit terlihat kusam dan tidak bercahaya. Kulit yang tidak dirawat dengan baik tidak akan memiliki tampilan yang sehat dan bersinar. 

Kehilangan Kelembapan Kulit 

Kurangnya perawatan dapat mengakibatkan kelembapan kulit juga berkurang. Kondisi ini biasanya mengakibatkan seseorang memiliki kulit yang kering dan kasar. 

Menurunkan Rasa Percaya Diri 

Kurang merawat kulit akan memengaruhi tingkat kepercayaan diri seseorang. Hal ini disebabkan seseorang tidak nyaman atas kondisi kulitnya. Ketidaknyamanan ini berasan dari penampilan kulit wajah yang kurang sehat. 

Itulah beberapa akibat apabila seseorang tidak merawat kulit wajah dengan baik. Menghindari hal ini bisa dilakukan dengan rutin mengonsumsi Vitummy. Madu Vitummy mengandung manfaat temulawak untuk wajah. 
Yuk, dapatkan produk Vitummy sekarang juga melalui website resminya di www.maduvitummy.id!


Share on:

Seorang content writer brand support Madu Vitummy di Erdigma Indonesia. Dia menulis artikel tentang kesehatan, pola asuh, dan gaya hidup sehat. Selain itu, dia juga menyukai riset, membaca buku, dan menulis.

Tinggalkan komentar