10+ Manfaat Temulawak untuk Wanita, Bisa Untuk Ibu Hamil

Moms, siapa sih yang tidak kenal dengan temulawak? Temulawak merupakan tumbuhan herbal yang telah lama dijadikan sebagai bahan pengobatan tradisional. Hal ini dikarenakan manfaatnya yang sangat luar biasanya. 

Banyak manfaat yang bisa diberikan temulawak, salah satunya adalah untuk wanita dalam hal kecantikan. Manfaat ini tentunya menjadikan temulawak semakin mendapat perhatian sebagai bahan alami untuk kecantikan. 

Nah, sebenarnya apa saja manfaat temulawak untuk wanita ya, Moms? Artikel berikut akan membahas mengenai hal tersebut.

Simak di bawah ini ya, Moms! 

Mengapa Banyak Manfaat Temulawak untuk Wanita? 

Manfaat Temulawak untuk Wanita

Temulawak atau yang memiliki nama ilmiah Curcuma xanthorrhiza memang dikenal memiliki banyak manfaat, salah satunya untuk wanita. Manfaat temulawak untuk wanita dalam banyak hal disebabkan adanya kandungan senyawa atau zat tertentu di dalamnya. 

Salah satu senyawa dalam temulawak yang paling terkenal adalah kurkumin (curcumin). Senyawa ini merupakan senyawa alami dalam temulawak yang  sering dimanfaatkan sebagai obat tradisional. Alasannya karena sifat zat ini mengandung banyak manfaat

Adapun beberapa manfaatnya, seperti antioksidan, antiinflamasi, perlindungan kardiovaskular, antikanker, mengatasi gula darah, melindungi otak, dan mengendalikan berat badan. 

Itulah alasan banyaknya manfaat temulawak untuk wanita yang harus Moms ketahui. 

Apa Manfaat Temulawak untuk Wanita? 

Manfaat Temulawak untuk Wanita

Seperti telah disebutkan, banyak manfaat temulawak untuk wanita yang harus diketahui. Hal ini dikarenakan adanya senyawa kurkumin di dalamnya. Nah, berikut beberapa manfaat temulawak untuk wanita. 

Mengurangi Rasa Nyeri Saat Haid 

Wanita sering mengalami nyeri haid yang dapat sangat mengganggu. Temulawak memiliki sifat relaksan yang dapat membantu meredakan nyeri haid. Konsumsi temulawak membuat tubuh rileks dan mengurangi rasa sakit.

Mengobati Kanker Endometrium 

Kanker endometrium adalah jenis kanker di lapisan rahim yang perlu diatasi dengan serius. Temulawak mengandung kurkumin yang bisa membantu dalam pengobatan kanker ini secara tradisional.

Meningkatkan Produksi Air Susu Ibu (ASI) 

Temulawak digunakan dalam penyembuhan pasca melahirkan dan juga membantu meningkatkan produksi ASI pada ibu baru melahirkan. Ini berkontribusi pada pasokan ASI yang lebih melimpah untuk bayi.

Mengobati Endometriosis 

Endometriosis, kondisi pertumbuhan jaringan di luar rahim, perlu ditangani dengan serius. Temulawak memiliki antioksidan tinggi yang bermanfaat untuk kesehatan rahim. Penggunaan temulawak bisa menjadi pengobatan alternatif untuk endometriosis.

Baca Juga: 5+ Manfaat Temulawak untuk Wajah, Bikin Glowing Maksimal

Membantu Penyembuhan Setelah Melahirkan 

Temulawak adalah salah satu dari 40 jenis herbal yang digunakan dalam penyembuhan pascamelahirkan. Campuran temulawak dan herbal lain direbus, lalu air rebusan diminum oleh ibu baru melahirkan. Temulawak dipercaya membantu mencegah peradangan rahim pada ibu baru melahirkan.

Melancarkan Sirkulasi Darah Setelah Melahirkan 

Meskipun tidak secara spesifik mengacu pada rahim, temulawak dikaitkan dengan melancarkan sirkulasi darah setelah melahirkan. Ramuan temulawak dan tanaman lain membantu sirkulasi darah selama masa nifas.

Mengurangi Fibroid 

Temulawak memiliki kandungan antioksidan yang bisa membantu mengurangi fibroid, yaitu jaringan yang tumbuh di rahim.

Membantu Mengatasi Kontraksi 

Studi pada tikus menunjukkan bahwa kurkumin dalam temulawak dapat membantu mengurangi kontraksi rahim pada tikus yang tidak hamil. Namun, penelitian lebih lanjut masih diperlukan.

Meningkatkan Daya Tahan Tubuh 

Temulawak mengandung nutrisi dan antioksidan yang dapat memperkuat sistem kekebalan tubuh. Ini membantu sel darah putih bekerja lebih baik dan memproduksi antibodi untuk melawan penyakit. Imunitas yang kuat juga mengurangi risiko sakit.

Mencegah dan Mengatasi Infeksi 

Temulawak mengandung zat antimikroba yang dapat menghambat pertumbuhan bakteri penyebab penyakit. Ekstrak temulawak juga memiliki efek antivirus dan antijamur. Minuman temulawak memiliki efek antiradang dan pereda demam alami, baik untuk pemulihan saat sakit.

Melancarkan Pencernaan 

Temulawak dalam bentuk jamu atau minuman herbal dapat membantu meredakan gejala gangguan pencernaan seperti diare, sakit perut, dan sembelit. Studi menunjukkan potensi temulawak dalam mengobati radang lambung.

Menjaga Kesehatan dan Fungsi Hati 

Penelitian menunjukkan temulawak membantu menjaga kesehatan hati dan mengurangi peradangan. Efek antioksidan dan antiradangnya memberikan manfaat ini, meski tetap perlu berkonsultasi dengan dokter.

Itulah beberapa manfaat temulawak untuk wanita yang perlu Moms ketahui. 

Vitummy Mengandung Manfaat Temulawak untuk Wanita 

Manfaat Temulawak untuk Wanita

Vitummy adalah produk vitamin penambah nafsu makan anak dan daya tahan tubuh yang dilengkapi dengan Selenium Silver Pro. Vitamin ini dibuat dari madu herbal dengan ekstrak bahan alami, salah satunya adalah temulawak. 

Kandungan temulawak dalam Vitummy tentunya memberikan manfaat temulawak untuk wanita. Beberapa di antaranya dapat mengobati masalah cacingan, diare, malaria, melancarkan pencernaan, meningkatkan nafsu makan dan daya tahan tubuh. 

Oleh karena itu, mengonsumsi Vitummy secara rutin akan mendapatkan manfaat temulawak untuk wanita. 

Bagaimana cara mendapatkan produk Vitummy? Moms, produk Vitummy bisa didapatkan dengan memeasan langsung melalui website resminya di www.maduvitummy.id sekarang juga. 

Pesan Vitummy sekarang juga dan dapatkan manfaatnya ya, Moms!


Share on:

Seorang content writer brand support Madu Vitummy di Erdigma Indonesia. Dia menulis artikel tentang kesehatan, pola asuh, dan gaya hidup sehat. Selain itu, dia juga menyukai riset, membaca buku, dan menulis.

Tinggalkan komentar